No ratings yet.

Untuk membantu kamu dalam menemukan ide bisnis online yang inovatif untuk karir digital, RNA telah menyusun daftar yang mungkin akan memberi kamu inspirasi untuk memulai bisnis online kamu sendiri. Tetapi sebelum kita menyelami ide bisnis online terbaik, mari kita bicara sedikit tentang cara menemukan jalan yang tepat untuk bisnis online kamu.

Sebelum kamu melihat ide – ide bisnis inovatif secara online, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat beberapa aspek seperti dibawah ini;

  • Apa yang kamu kuasai? Keterampilan, pengetahuan, dan bakat alami apa yang kamu miliki yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang?
  • Apa kegiatan yang kamu sukai? Tugas apa yang dapat kamu lakukan dengan nyaman sepanjang hari.
  • Sumber daya apa yang kamu miliki? Kamera HD, lisensi photoshop, akun media sosial yang populer.
  • Berapa banyak dana awal yang kamu miliki? Berapa lama kamu bisa bertahan tanpa bayaran sampai karir baru kamu menemukan pijakannya.

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu seberapa kayak setiap jalur karir. Kamu dapat meneliti ide bisnis yang kamu sukai secara online seperti pada platform pencari kerja online. Cari seberapa banyak mereka mengenakan biaya atau layanan apa yang paling diminati. Nah, sekarang saatnya untuk menyimak ide bisnis online untuk pemula!

21+ Ide Bisnis Online Menguntungkan Bagi Pemula

1. Bisnis Reseller Domain

Reseller domain adalah individu atau perusahaan yang mendistribusikan atau menjual kembali layanan pendaftaran domain. Reseller domain bekerja dengan cara yang hampir sama dengan reseller biasa seperti pakaian, kosmetik, dll. Bedanya hanya dengan produk yang ditawarkan. Reseller domain adalah layanan khusus domain resmi. Situs web itu sendiri harus menggunakan domain untuk meningkatkan kredibilitas. Karena itu, reseller domain dan hosting memiliki peluang besar untuk mendapat untung besar. Kabar baiknya, kamu dapat dengan mudah menjadi Reseller Domain di RNA. Yuk kunjungi situsnya dan segera daftarkan dirimu!

2. Bisnis Jasa Pembuatan Website.

Jika kamu paham teknologi dan pemrograman web, kamu dapat mulai membangun bisnis jasa pembuatan website. Sebab permintaan akan keterampilan teknis yang diperlukan untuk membangun aplikasi dan website akan terus tumbuh sehingga kamu mendapatkan kesempatan yang besar pula untuk terjun pada bisnis inl. 

3. Penulis dan Blogger.

Penulis konten membuat artikel blog, buku, dan ebook dan salinan situs web yang kita semua baca setiap hari. Blogger membuat konten untuk situs web mereka sendiri untuk meningkatkan traffic dan akhirnya memonetisasi blog mereka melalui hal  hal seperti link afiliasi, konten yang disponsori dan sebagainya. 

Syarat utama untuk menjadi penulis profesional adalah kemampuan menulis. Jika kamu dapat menulis sesuatu yang orang suka baca, itu sudah cukup sebagai modal. Namun untuk memaksimalkan kesuksesan kamu, kamu bisa mempelajari teknik untuk SEO atau cara membuat artikel dengan hasil yang tinggi di search engine seperti Google

4. E-Commerce: Menjual barang secara online

Menjual barang secara online pada platform e-commerce adalah hal yang paling mendasar pada bisnis online. Jika kamu telah menciptakan produk baru, pelukis, perancang busana atau perhiasan, kamu dapat dengan mudah menjual apa yang kamu buat secara online. Namun, jika kamu bukan seorang artis maka kamu bisa mulai menjual produk yang kamu sukai seperti skincare dan makeup, atau peralatan elektronik. 

Untuk memulai, kamu dapat mulai menjual produk kamu di situs seperti Tokopedia atau Shopee. Setelah kamu memiliki pengikut dan pelanggan setia yang stabil, kamu dapat membuka situs web kamu sendiri untuk kontrol lebih besar dan untuk menciptakan merek yang konsisten untuk bisnis kamu.

5. Dropshipping

Dibanding dengan menjalankan e-commerce, dropshipping jauh lebih sederhana. Dalam dropshipping, pemasok menangani semua penyimpanan dan pengiriman barang. Jadi kamu hanya fokus untuk melakukan penjualan, dan kemudian meneruskan penjualan ke pemasok untuk dipenuhi.

Jika kamu menyukai aspek penjualan dan pemasaran e-commerce tetapi membenci logistik, maka dropshipping sangat cocok untuk kamu. Penjual dropshipping berfokus pada strategi penjualan, promosi, iklan, dan branding. Namun, kelemahannya adalah karena pendapatan dropshipper hanya bergantung pada komisi dari pemasok.

6. Afiliasi 

Jika kamu memiliki platform online yang sukses seperti blog atau channel YouTube, kamu dapat menyewakan traffic kamu ke bisnis lain, bentuk iklan halus yang dikenal sebagai afiliasi. Misalnya jika kamu mengelola blog, perusahaan lain akan membayar kamu untuk memposting artikel yang berisi ulasan positif tentang produk mereka. Kamu hanya perlu menciptakan iklan yang lebih alami.

7. Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan lebih dari satu bahasa tetapi tidak tertarik untuk mengajar orang lain, cobalah untuk menjadi penerjemah. Banyak perusahaan membutuhkan situs web yang memiliki beberapa opsi bahasa yang luas untuk segmentasi pasar mereka, kamu dapat membantu mereka mencapainya. Perlu diingat bahwa bayaran paling umum adalah dengan menerapkan biaya per kata. Jadi hargai dengan bijak apa yang kamu kerjakan!

8. Virtual Assistant

Apakah kamu adalah orang yang suoer terorganisir dan suka bekerja di belakang layar? Jika demikian, kamu mungkin kandidat yang sempurna untuk memulai bisnis virtual assistant. Virtual assistant membantu pengusaha, bisnis, dan eksekutif mengatur kehidupan pribadi dan profesional mereka. Ada spektrum tugas yang luas, mulai dari penjadwalan janji temu hingga manajemen pemasaran dasar dan sebagainya. Dan yang terpenting semuanya dilakukan secara online.

9. Kursus digital

Membuat produk atau kursus digital mirip dengan menulis ebook. Kamu memonetisasi keahlian kamu dengan mengajarkannya kepada orang lain. Mengajar kursus online adalah ide bisnis online investasi rendah untuk menghasilkan pendapatan pasif. Yang perlu kamu lakukan adalah menyusun panduan video yang menjelaskan subjek yang kamu kuasai dan kemudian menguploadnya di situs web pribadi kamu sendiri.

Meskipun membutuhkan usaha lebih di awal, jika kamu berhasil merancang seri tutorial video yang populer dan bernilai tinggi, kamu akan menghasilkan uang secara berkelanjutan karena orang – orang terus mendaftar di kursus kamu.

10. Belajar dan kuasai SEO

Search Engine Optimization (SEO) mengacu pada mendapatkan situs web untuk peringkat lebih tinggi untuk istilah pencarian tertentu di search engine seperti Google. Ketika suatu situs web memiliki peringkat tinggi maka semakin tinggi pula pendapatan yang akan didapat. Ini adalah keterampilan yang sangat dihargai di dunia internet marketing. Jika kamu bisa menguasai SEO, perusahaan akan selalu bersedia membayar untuk mendapatkan bantuan kamu.

11. Podcasting

Jika kamu menyukai suara kamu sendiri, pertimbangkan untuk merekamnya dan meluncurkan podcast. Podcast adalah ide bisnis online yang bagus dengan beberapa opsi monetisasi yang mirip dengan memulai blog. Untuk mempromosikan podcast kamu, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan tokoh terkemuka sebagai tamu di acara podcast kamu. Dorong pendengar untuk meninggalkan ulasan dan membagikan podcast kamu dengan teman dan keluarga mereka.

12. Manajer Media Sosial

Mengelola dan mengembangkan akun media sosial secara efektif adalah sebuah keterampilan. Sebagai manajer media sosial, kamu akan bertanggung jawab untuk mempertahankan kehadiran sosial perusahaan secara online, mengembangkan strategi digital marketing nya, mengelola kampanye, dan sebagainya. Ini adalah ide bisnis dengan permintaan yang terus meningkat.

Untuk memulainya, kamu dapat membuat situs web atau media sosial kamu dan kembangkan sebagai media promosi atau portofolio kamu. Ketika kamu sudah mendapatkan lebih banyak pengalaman, kamu dapat mulai melayani berbagai kebutuhan media sosial. 

13. Voice Over

Kamu dapat melakukan voice over di rumah setelah membangun merk voice over yang dapat dipercaya oleh produsen. Kamu dapat mengisi suara buku audio, video YouTube, iklan internet, webinar, dan sebagainya. Untuk memulai, pertimbangkan untuk merekam demo reel, membuat situs web profesional, dan membangun kehadiran media sosial yang akan menarik calon pelanggan voice over kepada kamu.

14. Investasi Domain

Kamu mungkin pernah mendengar tentang orang yang membeli dan membalik real estat bukan? Mereka membeli rumah dengan harga yang relatif bagus, memperbaikinya sedikit dan kemudian menjualnya kembali untuk keuntungan yang bagus. Ini adalah ide yang sama untuk membeli dan membalik domain. Baik itu domain kamu sendiri atau kamu bisa membelinya dari orang lain. RNA telah memberikan penjelasan detail tentang investasi domain di Ingin Bisnis Investasi Domain? Berikut Strateginya! (rna.id).

15. Menjadi YouTuber

Kekuatan YouTube dalam hal menghasilkan pendapatan benar – benar tidak dapat disangkal. Platform ini dianggap sebagai salah satu platform video yang paling banyak dikunjungi. Namun, banyak orang takut untuk memulai sebab berfikir tidak memiliki konten yang bagus. Tipsnya adalah buatlah konten yang selaras dengan minat kamu. Kamu hanya harus terus fokus pada merekam video dan monetisasi channel kamu, dan kamu akan segera mendapatkan hasilnya.

16. Desain UI/UX

Desain adalah salah satu ide bisnis online terbaik untuk orang – orang yang memiliki bakat seni. Jika kamu menyukai bisnis yang memungkinkan kreativitas berkembang, desain UI/UX ini adalah hal yang perlu kamu coba. Akan lebih baik jika kamu belajar bagaimana merancang bagian – bagian yang berbeda dari situs web, termasuk merancang user interface yang menarik dan cara bekerja dengan tools desain seperti Adobe XD dan Figma.

17. Menjual Foto Online

Apakah kamu suka foto? Maka ide bisnis online ini pasti akan menginspirasi kamu. Sayang sekali jika koleksi foto kamu berubah menjadi koleksi dan postingan media sosial. Bahkan, kamu bisa mengubah koleksi foto kamu menjadi uang tunai. Caranya adalah menjualnya ke platform yang tepat. Tapi di mana tepatnya platform yang tepat?

Kabar baiknya, ada banyak tempat online yang menjual foto yang bisa Anda gunakan. Shutterstock, iStockphoto.com, dll.

18. Bisnis Jasa Titip

Hanya punya sedikit uang untuk melakukan bisnis online? Maka bisnis jasa titip ini bisa menjadi ide jualan online yang menguntungkan. Mekanismenya sederhana dan kamu bahkan tidak perlu menyimpan produk. Bisnis ini dapat beroperasi tanpa modal, tetapi ingat bahwa itu juga mengandung risiko. Apalagi jika produk tersebut ternyata stoknya kosong. Oleh karena itu, kehati-hatian harus dilakukan saat memperbarui informasi produk agar tidak mengecewakan atau menyesatkan calon pelanggan.

19. Desain Grafis

Apakah kamu memiliki bakat untuk seni atau desain? Coba keberuntungan kamu dengan melamar desainer grafis lepas. Hingga saat ini, masih banyak bisnis yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat dan mendesain branding visual mereka. Ruang kerjanya mencakup logo, postingan media sosial, infografis, dan lainnya. Kisaran pekerjaan untuk desainer grafis sangat kompetitif. Jadi siapkan portofolio dengan karakteristik unik agar kamu outstanding dari pesaing.

20. Penulis Informasi Produk

Informasi produk adalah materi digital berupa konten yang ditujukan untuk audiens. Jenisnya berkisar dari e-book, webinar hingga situs keanggotaan. Ide bisnis online unik ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja online dari rumah.

Konsepnya sama dengan kursus dan pelatihan online. Untuk benar-benar terjun ke bisnis ini, kamu harus memahami bidangnya. Kamu dapat membuat informasi produk tentang berbagai topik. Jika kamu ingin menjual ulasan kamu dengan baik, bicarakan tentang bagaimana ulasan tersebut dapat memecahkan masalah umum yang dihadapi audiens kamu. Juga, buat landing page yang berdampak untuk meningkatkan konversi

21. Proofreader

Jika kamu suka membaca, menjadi proofreader bisa menjadi ide bisnis online yang menyenangkan untuk kamu. Mintalah orang lain untuk mengirimi kamu manuskrip mereka baik untuk buku, makalah penelitian, atau apapun yang kamu minati untuk dibaca, dan beri mereka feedback baik yang jujur sebelum mereka menerbitkan karya seni mereka. Pekerjaan ini membutuhkan perhatian terhadap detail dan keahlian di bidang ini untuk memastikan bahwa semuanya telah siap untuk dicetak. 

22. Digital Marketing Agency

Digital marketing membantu menghubungkan merek dengan pelanggan potensial secara efektif melalui saluran online seperti media sosial, website, platform streaming online dan sebagainya. Jika kamu memiliki pengetahuan tentang cara kerja digital marketing, bagaimana saluran tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan produk secara efektif, kamu dapat mulai mencoba menjadi digital marketer.

23. Layanan Transkripsi

Transkripsi adalah proses mengubah audio menjadi teks dengan mengetiknya. Seorang transcriptionist biasanya mendengarkan rekaman audio dan menulisnya ke dalam format teks sesuai dengan apa yang mereka dengar. Kamu hanya memerlukan keahlian untuk mengetik dengan cepat. Kamu dapat memulai dengan menyalin wawancara audio untuk reporter, membuat teks untuk acara TV dan film, atau membuat versi transkripsi podcast dengan menawarkan layanan transkripsi online.

24. Influencer Instagram

Kamu mungkin sering menghabiskan waktu berjam – jam di platform media sosial seperti instagram, jadi mengapa tidak menggunakan waktu itu secara efektif dan menjadi influencer instagram sebagainya dengan membangun pengikut dan menghasilkan uang? 

Setelah kamu membangun media sosial kamu, kamu mungkin akan menerima permintaan kolaborasi dari bisnis untuk mempromosikan produk mereka dan mendapatkan bayaran sebagai imbalannya.

25. Bisnis Pelatihan Karir

Jika kamu memiliki latar belakang sumber daya manusia dan ingin membantu orang maju dalam karir mereka, maka memulai bisnis pembinaan karir mungkin cocok untuk kamu. Banyak orang diluar sana yang membutuhkan saran dan bimbingan tentang jalur karir mereka dari pelatih karir untuk memecahkan masalah mereka.

Sebagai pelatih karir, kamu akan membantu orang menemukan kesuksesan dan kemajuan dalam karir mereka dengan berfokus pada pengembangan pribadi.

Memulai bisnis online dari rumah tidak sesulit yang kamu kira. Yang dibutuhkan hanyalah konsistensi, waktu, energi, dan dedikasi. Jadi jika kamu berencana untuk memulai bisnis online, maka periksa ide – ide yang disebutkan dalam artikel ini dan pilih salah satu yang menurut kamu paling selaras dengan keterampilan kamu.

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds