No ratings yet.

Siapa yang tidak kenal Instagram, Twitter, Spotify, di era digitalisasi total ini, kebanyakan orang pasti sudah menggunakan banyak aplikasi yang bisa diunduh dengan mudah ke smartphone mereka. Dari anak-anak hingga remaja hingga orang dewasa, berbagai kalangan dapat dengan mudah mengakses berbagai aplikasi yang diunduh di smartphone mereka. Aplikasi ini terdapat dalam platform digital. Lalu, apa sebenarnya platform digital ini? Yuk simak penjelasan lebih detailnya dibawah ini. 

Apa Itu Platform Digital?

Setiap kali kamu memesan taxi online di Gojek, kamu mengakses platform digital. Setiap kali memesan hotel di Traveloka, kamu memesan akomodasi melalui platform digital. Kamu mungkin sudah membeli sesuatu di Tokopedia, dan lagi-lagi kamu telah mengakses platform digital.

Secara konseptual, platform digital adalah model bisnis berbasis teknologi. Misi mereka adalah untuk menghubungkan minat dan orang – orang dan mempromosikan interaksi yang berharga antara mereka yang terlibat. Platform digital telah menjadi jalan terpendek menuju kinerja bisnis yang hebat.Oleh karena itu, dalam praktiknya, platform digital bertindak sebagai fasilitator online dari hubungan yang sudah terjadi secara offline. 

Jenis Platform Digital 

Platform ECommerce

Platform e-commerce ditujukan untuk memudahkan transaksi jual beli secara online. Jenis platform ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan nyaman membeli produk dan layanan melalui Internet.  Contoh platform e-commerce digital antara lain Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Aplikasi tersebut memungkinkan pembeli untuk menikmati pengalaman belanja yang mudah, aman, dan tentunya kaya pilihan.

Pedagang juga bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan aplikasi ini. Contoh kecilnya adalah ketika kamu membutuhkan headphone untuk ponsel kamu. kamu tinggal mencari aplikasi platform digital yaitu Shopee atau Tokopedia. Apapun barang yang kamu butuhkan, kebanyakan mudah ditemukan di e-commerce. Keberadaan e-commerce terbukti sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Platform Edukasi

Dunia pendidikan juga memiliki platform digital seperti Ruang Guru dan Coursera. Platform ini menyediakan akses ke kursus penyelesaian yang fleksibel dan materi pembelajaran online. Platform ini memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri, mengakses sumber daya pendidikan, dan mengembangkan keterampilan baru.

Platform Media Sosial

Platform media sosial memberi pengguna lingkungan untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Pengguna juga dapat memperluas jejaring sosial mereka dan berpartisipasi dalam komunitas online.

Contoh platform digital jenis ini adalah Instagram, Facebook, dan Twitter. Misalnya, pada platform digital, kamu dapat dengan cepat menemukan semua informasi sosial yang sedang terjadi.

Platform Keuangan Digital

Perubahan mekanisme pembayaran juga dapat dilihat di banyak platform keuangan digital yang tersedia seperti PayPal, Dana, OVO, GoPay, dll. Platform keuangan digital menyediakan layanan pembayaran dan transfer uang online, memfasilitasi transaksi keuangan dalam skala global. Selain platform pembayaran digital, ada juga platform keuangan yang menawarkan layanan pinjaman online.

Platform Transportasi Online

Terakhir, ada platform transportasi online yang menjadi kebutuhan saat ini. Pengguna hanya perlu memesan layanan transportasi melalui aplikasi yang di instal di smartphone masing – masing. Sebagai contoh Gojek adalah platform transportasi online paling sering digunakan oleh masyarakat berkat kemudahan platform digitalnya. 

Manfaat Platform Digital

Mudahnya akses dan keterjangkauan

Platform digital menyediakan akses mudah ke berbagai layanan dan konten di Internet. Pengguna dapat mengakses informasi, berbelanja, dan berpartisipasi dalam aktivitas lain tanpa harus berada di sana. Selain itu, banyak platform digital menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan saluran tradisional.

Meningkatkan Efisiensi

Platform digital mempercepat proses bisnis dan meningkatkan efisiensi. Misalnya, platform ecommerce masuk akal untuk mengizinkan pedagang menjual produk secara online tanpa memiliki toko fisik. Biaya operasional juga berkurang, memperluas jangkauan pasar. Selain itu, platform kolaborasi seperti Google Drive dan Slack juga memungkinkan kerja tim dan kolaborasi yang efisien dalam proyek.

Meningkatkan Keterlibatan Pengguna

Platform digital memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain secara online tanpa harus bertatap muka. Ide dapat dibagikan dan dipertukarkan melalui platform yang ada, menciptakan peluang untuk berinteraksi dengan orang-orang dengan minat dan tujuan yang sama.

Meningkatnya Peluang Bisnis

Platform digital memungkinkan bisnis menjangkau konsumen potensial di lokasi geografis yang berbeda. Selain itu, platform e-commerce juga menawarkan peluang usaha kecil untuk menjual produk tanpa harus memiliki toko fisik.

Contoh Platform Digital 

Kamu mungkin pernah mendengar satu atau dua nama aplikasi yang umum digunakan dari jenis atau kategori platform digital tersebut. Namun, jika kamu ingin membangun platform digital, kamu bisa belajar dari praktik terbaik ini.

Platform ECommerce : Amazon & Alibaba

Amazon dan Alibaba adalah dua platform e-commerce terkemuka di dunia. Didirikan oleh pengusaha AS Jeff Bezos, Amazon menawarkan berbagai produk mulai dari elektronik dan pakaian hingga buku dan layanan digital. Alibaba, yang didirikan oleh Jack Ma, tidak terkecuali, berkembang menjadi platform e-commerce terkemuka di China, menawarkan berbagai macam produk dari pedagang di seluruh dunia.

Platform Edukasi : Udemy, Coursera, Ruangguru

Udemy, Coursera, dan Ruang Guru adalah beberapa platform pendidikan online yang populer. Udemy menawarkan berbagai kursus online yang diajarkan oleh instruktur independen. Pengguna dapat memilih kursus sesuai minat dan belajar secara mandiri. Coursera sekarang bekerja dengan institusi pendidikan terkemuka untuk memberikan kursus online berkualitas. Coursera memberi semua pengguna Internet kesempatan untuk belajar dari para ahli materi pelajaran. Begitu juga dengan Ruang Guru yang semakin berkembang dengan banyaknya peminat kursus online di Indonesia.

Platform Media Sosial : Facebook, Instagram, Twitter

kamu mungkin tahu nama-nama platform media sosial terkenal seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Facebook adalah platform media sosial terbesar dengan milyaran pengguna di seluruh dunia, diikuti oleh Instagram, yang berfokus pada berbagi foto dan video. Twitter, di sisi lain, adalah platform untuk berbagi pemikiran, opini, dan konten dalam bentuk pesan singkat yang disebut “tweet”.

Platform Keuangan Digital : Paypal, Dana

PayPal adalah platform pembayaran elektronik global. Pengguna dapat mengirim dan menerima secara online dengan aman, bahkan dalam mata uang yang berbeda. Sedangkan Dana adalah platform keuangan digital asli buatan anak bangsa. Dimana ia menjadi salah satu pilihan utama dalam pembayaran cashless di Indonesia. 

Platform Transportasi Online : Grab, Gojek

Grab dan Gojek adalah dua contoh platform transportasi online populer di berbagai negara. Keduanya menawarkan layanan pemesanan transportasi melalui aplikasi seluler. Pengguna dapat dengan mudah memesan ojek, taksi, mobil, dan layanan transportasi lainnya. Ini adalah platform yang mewujudkan kenyamanan dan efisiensi perjalanan dengan menghubungkan pengemudi dan penumpang.

Saatnya Raih Kesuksesan Online dengan Domain Website Sendiri

Ternyata banyak sekali ya jenis platform digital yang mungkin selalu kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari memesan ojek online, belanja via ecommerce, hingga kursus online semua adalah contoh dari penggunaan platform digital. Kini saatnya kamu meraih kesuksesan online kamu dengan domain website sendiri. Tidak harus dengan membuat website dengan skala sebesar platform digital ini, kamu dapat memulai dengan membuat blog atau website pribadi yang sesuai dengan passion kamu! Dapatkan domain impianmu dengan harga terjangkau hanya di RNA!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds