No ratings yet.

Ingin membuat website untuk sekolah atau lembaga pendidikan lainnya? Pastikan domain kamu benar – benar diperuntukkan untuk tujuan pendidikan, ya. Mengapa? Ini karena ekstensi domain “pendidikan” sebenarnya ditujukan untuk lembaga pendidikan dan membuatnya lebih mudah diidentifikasi. 

Lalu, apa saja contoh ekstensi domain untuk pendidikan? jangan khawatir. Jawabannya ada di artikel ini. Pelajari apa itu domain pendidikan, manfaatnya, dan tips untuk memilih nama domain pendidikan. menarik, bukan? Yuk simak artikelnya!

Apa Itu Domain Untuk Pendidikan?

Domain untuk pendidikan sesuai namanya, adalah domain yang khusus diperuntukkan bagi lembaga atau instansi yang bergerak dibidang pendidikan. Baik yang bersifat formal seperti sekolah dan universitas hingga lembaga non formal seperti kursus bahasa dan seni. Salah satu ekstensi domain pendidikan yang sering dijumpai adalah .sch.id

Domain pendidikan memiliki beragam ekstensi yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan dari instansi pendidikan kamu. Sebagai contoh, ekstensi domain .sch.id diperuntukkan bagi lembaga sekolah baik TK hingga SMA, sedangkan ekstensi .college biasa digunakan untuk website perguruan tinggi.

Manfaat Nama Domain Untuk Pendidikan

Kamu telah mengetahui apa itu domain untuk pendidikan, saatnya untuk mengulas beberapa manfaat menggunakan nama domain pendidikan bagi lembaga pendidikan kamu. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

Kepercayaan pengguna meningkat

Bagaimana kesan kamu ketika menemukan lembaga pendidikan yang alamat websitenya adalah belajarbahasa.blogspot.com? Kamu pasti merasa situs tersebut kurang terpercaya bukan? Lain halnya jika kamu menemukan website dengan nama domain belajarbahasa.academy, misalnya. Ekstensi domain pendidikan yang digunakan akan membuat situs tersebut lebih autentik. 

Apalagi jika website tersebut menggunakan domain .ac.id jika target audiens nya adalah orang Indonesia. Kenapa begitu? Selain menunjukkan lokasi yang tepat kepada publik, website akan tampil lebih terpercaya, karena pendaftaran nama domain tidak bisa sembarangan. Kamu memerlukan ID resmi seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya untuk memilikinya.

Tak heran, salah satu manfaat ekstensi domain pendidikan adalah meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website lembaga pendidikan.

Domain yang ringkas

Dengan menggunakan nama domain jenis ini, nama domain website bisa lebih ringkas. Maka nama domain kamu akan mudah dieja dan diingat pengunjung. Misalnya, Piano Academy, adalah akademi yang berfokus pada alat musik piano yang berlokasi di Jerman, menggunakan domain pendidikan .academy untuk situs webnya. Alih-alih menggunakan domain pianoacademy.com, mereka memilih piano.academy untuk mempersingkat nama domain tetapi dengan jelas mendefinisikan bidangnya.

Email professional

Dengan menggunakan layanan email gratis seperti Yahoo! atau Gmail bukanlah hal yang salah. Namun, email gratisan akan terasa kurang menarik jika digunakan oleh sebuah institusi pendidikan. Sebab, siapapun bisa memilikinya tanpa syarat ribet.

Untuk memberikan kesan yang lebih formal dan profesional, kamu bisa menggunakan email yang mencantumkan nama domain website tersebut. Misalnya, email yang digunakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Negeri Surabaya menggunakan alamat @unesa.ac.id, mengikuti domain websitenya: unesa.ac.id.

7 Ekstensi Domain Untuk Pendidikan

1. .ac.id

Ekstensi .ac.id merupakan salah satu domain yang diperuntukkan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mendaftarkan nama domain ini diperlukan beberapa persyaratan khusus, seperti KTP, SK untuk mendirikan instansi, sampai SK rektor. Domain ini digunakan oleh banyak universitas di Indonesia. Misalnya Universitas Negeri Surabaya menggunakan nama domain unesa.ac.id untuk websitenya.

2. .sch.id

.sch.id adalah ekstensi domain yang berarti sekolah. Domain .sch.id diperuntukkan bagi website sekolah di Indonesia mulai dari TK hingga SMA. Selain itu, bidang pendidikan ini juga dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan non formal. Asalkan fasilitas tersebut telah disetujui oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Sebagai contoh, website SD Plus Al Amin memiliki alamat website sdplusalamin.sch.id. SD Plus Al Amin berlokasi di kabupaten Bekasi memiliki visi untuk mengembangkan siswa – siswi yang cerdas dengan tetap mengutamakan nilai moral dalam pendidikan.

3. .edu

Contoh domain pendidikan .edu dapat digunakan untuk situs web lembaga pendidikan umum di seluruh dunia. Tidak hanya pendidikan formal, platform berbagi laporan penelitian seperti Academia juga bisa menggunakan domain ini.

4. .university

Ekstensi domain .university adalah ruang online baru untuk universitas, perguruan tinggi dan situs web apapun yang berfokus pada pendidikan. Banyak universitas telah menyediakan pembelajaran online, membuka pintu bagi badan siswa yang lebih inklusif. Program universitas online menawarkan mahasiswa cara yang terjangkau dan mudah untuk mengakses pendidikan tinggi. Dari profesional yang bekerja hingga siapa pun yang tidak dapat menghadiri kelas secara fisik di kampus, opsi eLearning memberikan kesempatan pendidikan bagi semua. Ekstensi domain .university adalah cara yang jelas untuk mempromosikan kursus online universitas Anda.

5. .academy

Untuk program eLearning yang didedikasikan untuk bidang pembelajaran seperti studi klasik, pelatihan seni, atau kemajuan bidang ilmu tertentu, ekstensi domain .academy adalah pilihan yang cocok untuk digunakan. Selain dari bidang – bidang seni seperti yang telah disebutkan diatas, akademi musik, akademi militer, dan akademi ilmu olahraga sama-sama dapat mencocokkan spesialisasi mereka dengan . academy untuk nama domain yang jelas, tertarget, dan mudah diingat.

Misalnya, kamu dapat membantu orang mempelajari cara membuat kode dengan domain seperti koding.academy atau bantu orang mendapatkan pelatihan seperti yang dilakukan oleh nvision dengan nvision.academy. Seperti yang kamu lihat, domain ini adalah cara yang bagus untuk membedakan situs web kamu dari yang lain. Plus, karena ini adalah salah satu ekstensi domain terbaru, kamu cenderung menemukan nama domain yang benar-benar kamu inginkan.

6. .courses

.courses adalah domain tingkat atas di ICANN. Ekstensi domain Ini berguna khususnya bagi kamu yang ingin membuat website untuk sebuah kursus. Ekstensi domain ini mendefinisikan kursus, jadi jika audiens tertentu menemukan jenis kursus apa pun, mereka pasti mengklik situs web kamu di mesin pencari.

7. .college

Ekstensi domain .college adalah ekstensi yang digunakan untuk institusi akademik, bisnis, dan individu yang mencari tempat untuk berbagi pengetahuan dan mendorong inovasi. Institusi akademik dapat memperluas kehadiran online mereka dan menjangkau ekstensi domain yang khusus untuk mereka

Jika perguruan tinggi kamu menawarkan program kelas online, pilihan pembelajaran jarak jauh, atau hanya mencari cara yang jelas untuk memasarkan instansi mereka secara online, maka menggunakan ekstensi domain .college adalah pilihan yang sangat tepat. Promosikan program akademik online dan kursus pelatihan kejuruan kamu dengan ekstensi nama domain yang akan langsung dikenali oleh mahasiswa.

Tips Memilih Nama Domain yang Digunakan Untuk Pendidikan

Gunakan Nama Lembaga

Saat memilih nama domain, pastikan menggunakan nama yang mewakili lembaga. Dengan cara ini, pengunjung dapat dengan mudah mengenali situs web kamu. Seperti pada SD Plus Al Amin yang memiliki alamat website sdplusalamin.sch.id dimana akan memudahkan pengunjung menemukan website mereka.

Pilih Domain Pendidikan yang Sesuai

Pastikan untuk memilih ekstensi yang tepat untuk tujuan situs kamu. Misalnya, jika kamu membuat situs web untuk lembaga pendidikan nonformal, seperti pusat kegiatan belajar masyarakat, kamu dapat menggunakan ekstensi .sch.id atau .edu.

Kreasikan Domain Pendidikanmu

Tips terakhir dalam memilih nama domain adalah mencoba berkreasi dengan domain yang berbeda untuk pendidikan yang ada. Salah satu contohnya dari nama domain yang digunakan untuk institusi pendidikan adalah guideto.college dari MyAdvisorSays. Pemilihan domain website sangat sejalan dengan tujuan website tersebut, yaitu menawarkan kursus online untuk persiapan kuliah. Menariknya, alih-alih menggunakan nama domain yang sesuai dengan nama brand-nya, MyAdvisorSays memilih nama guideto.college untuk menampilkan produk yang ditawarkan.

Miliki Nama Domain Untuk Pendidikan Sekarang!

Dalam artikel ini, kamu sudah mengetahui bahwa domain pendidikan adalah ekstensi domain khusus untuk lembaga pendidikan formal dan informal. Contoh domain pendidikan yang bisa digunakan antara lain .college, .edu, dan .courses.

Jadi, jika Anda berencana untuk membangun situs web pendidikan, pastikan kamu membeli domain pendidikan yang sesuai dengan jenis situs web tersebut. Temukan domain pendidikan yang sesuai dengan website pendidikan kamu di Reseller Domain RNA sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds