5/5 (2)

Mungkin Anda atau pembaca lain artikel ini pernah mendengar bahwa dibutuhkan sebuah domain untuk membuat website

Yang dimaksud dalam membuat website disini bukanlah proses membangun website dengan bantuan framework dan penulisan kode-kode program komputer. 

Melainkan sebuah proses visualisasi halaman web di browser yang diakses melalui internet agar bisa dibaca oleh pengguna secara online

Berkat sebuah alamat URL, website Anda dapat diakses dengan mudah karena umumnya menggunakan deretan kata yang human friendly.

nama domain

Sumber: Envato

Tapi, sebenarnya apakah Anda tahu apa itu nama domain? Bagaimana cara kerjanya di sistem browser kita? Dan bagaimana cara memilih dan menggunakan nama URL terbaik untuk website? 

Semua pertanyaan itu akan terjawab satu per satu dengan beberapa tambahan informasi lain yang perlu Anda ketahui secara lengkap pada artikel berikut ini. 

Pengertian Nama Domain

Penjelasan paling sederhana dari nama domain adalah sebuah alamat yang digunakan browser untuk menemukan suatu website. 

Nama unik ini juga dapat dikonotasikan sebagai URL utama sebuah website yang mana Anda lihat saat mengunjungi situs itu atau yang akan Anda ketik di browser agar bisa mengunjungi sebuah website. 

Pada dasarnya, ia adalah alamat situs, yang tanpanya tidak ada situs yang dapat ditemukan.

Bila disederhanakan, website Anda adalah rumah, sedangkan nama domain Anda akan menjadi alamatnya. 

Dengan kata lain, nama tersebut adalah pengidentifikasi unik untuk website atau bahkan akun email. Spesifiknya, ia adalah semacam identitas yang human friendly dari alamat IP tertentu.

Meskipun masing-masing alamat IP dan nama domain adalah sebagai identifier unik, keduanya tidak sama. Alamat IP adalah identifier sebenarnya dari server web (atau komputer yang terhubung ke internet).

Sedangkan nama domain hanyalah nama yang mudah dibaca untuk membantu manusia menemukan server web.

Baca Juga : Beli Domain .ID Murah Terbaik

Jenis Nama Domain

Nama unik bagian dari URL ini dapat dipecah ke dalam berbagai bagian dan jenis, antara lain:

  • Top Level Domains (TLD)

TLD adalah ekstensi generik yang terdaftar di tingkat tertinggi dalam DNS. Umumnya, nama ini ada di akhir URL situs, contohnya domain id, com, org, net, dan lain sebagainya. 

  • Second Level Domains (SLD)

SLD adalah elemen utama lain dari URL yang muncul tepat sebelum TLD, seperti halnya nama “rna” yang ada sebelum domain id. SLD dapat menjadi bagian penting dari identitas dan brand website Anda.

domain

Sumber: Envato

  • Country Code Top Level Domains (ccTLDs)

Jenis TLD ini mengindikasikan  alamat khusus negara yang diakhiri dengan ekstensi kode negara pada URL. Contohnya domain .ID untuk Indonesia dan SG untuk Singapura. ccTLDs digunakan oleh website yang ingin menargetkan audiens khusus negara tertentu.

  • Sponsored Top Level Domains (sTLDs)

Jenis TLD selanjutnya lebih spesifik kepada bagian dari URL milik organisasi tertentu. Misalnya gov untuk website pemerintah atau edu untuk website instansi pendidikan (misal sekolah).

Baca Juga : Beli Domain .COM Untuk Website Profesional

Cara Kerja Nama Domain

Nama domain mirip dengan alamat karena di situlah situs Anda “tinggal” di web. Untuk alasan itu, semua alamat URL dengan TLD tertentu juga milik sistem yang disebut DNS,  jaringan luas yang dikelola oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). 

Sederhananya, DNS adalah jaringan server yang bekerja seperti buku alamat berukuran besar. Tanpa DNS, Anda harus mengingat alamat IP (Internet Protocol) setiap kali Anda mengakses website.

Dengan kata lain, jika Anda ingin mengunjungi Facebook, Anda harus memasukkan deretan angka “69.63.191.255” alih-alih “facebook.com.” 

Hal ini membuat mengingat kata atau frasa sebagai URL jauh lebih mudah daripada menggunakan rangkaian angka yang bahkan susah diingat. 

Lalu, bagaimana DNS mengubah angka menjadi alamat website yang mudah diingat? 

Ketika Anda memasukkan URL ke URL bar di web browser, Anda sama saja sedang memanggil alamat IP server situs dengan cara browser akan mencocokkan nama domain itu dengan alamat IP. 

Alamat IP akan memberi tahu browser mana server web yang menghosting website dengan nama itu.

DNS menggunakan deretan nomor tersebut untuk memetakan dan menemukan situs yang diinginkan. Kemudian, DNS hanya menerjemahkannya ke dalam format yang manusia pahami. 

Browser Anda kemudian akan terhubung ke server web dan meminta salinan website.

Baca Juga : Beli Domain .NET Harga Murah Terbaik

Cara Memilih Nama Domain Untuk Website Anda

Saat ini telah ada lebih dari 350 juta nama URL website terdaftar dan ribuan lainnya terdaftar setiap hari. Hal ini membuat banyak URL yang bagus sudah terdaftar atau akan segera didaftarkan. 

Alhasil dapat memberi banyak tekanan pada pengguna baru untuk membuat nama URL unik untuk websitenya.

Berikut adalah beberapa tips cepat untuk membantu Anda memilih nama URL untuk website Anda. 

  • Gunakan nama domain .ID atau .com karena mereka merupakan TLD yang paling populer, mudah diingat, dan mudah dipromosikan.
  • Pastikan SLD lebih pendek, mudah untuk ingat, mudah diucapkan, dan dieja.
  • Jangan gunakan angka atau tanda hubung.
  • Gunakan generator domains untuk menghasilkan ide nama dengan mudah dan cepat.

Pada dasarnya Anda dapat membeli nama URL ini di registrar domain .ID atau perusahaan yang menjual domain .ID. 

Namun, Anda juga dapat membelinya di penyedia web hosting yang sering kali merupakan opsi terbaik karena ini berarti hosting dan domain Anda akan “tinggal” di tempat yang sama sehingga memungkinkan lebih mudah dikelola.

cari nama domain

Sumber: Envato

Dapatkan Domain Id Terpercaya di RNA!

Bila disimpulkan, nama domain adalah nama unik untuk mewakili nama website yang berada di dalam kolom bar URL bagian atas web browser dan umumnya berakhiran .com, .ID, dan lain-lain. 

Fungsinya adalah untuk membantu browser menemukan website dalam jaringan internet yang sangat besar. 

Ibarat kata, ia adalah alamat yang akan menuntun Anda untuk sampai di suatu tempat yang dinotasikan sebagai website. Cari dan belilah domain .ID yang sesuai dengan identitas website Anda. 

Di luaran sana sudah banyak penyedia domain .ID menawarkan produknya dengan harga murah namun berkualitas. Apabila Anda mencari layanan penyedia domain .ID terbaik, percayakan pada RNA sebagai registrar domain .ID resmi dan terpercaya di Indonesia.

Rate this Article

About Author

Ayoni Sulthon

SEO Specialist DomaiNesia | Increase visitors with SEO strategy

Leave a Reply

daftar reseller

This will close in 0 seconds