No ratings yet.

Website tanpa diragukan lagi adalah elemen terpenting dari internet. Namun istilah ini sering digunakan secara tidak konsisten, jadi untuk memperjelas artikel ini akan menjawab apa sebenarnya website itu. Simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Website

Website adalah lokasi pusat halaman web yang terhubung dan diakses dengan mengakses halaman beranda website menggunakan browser. Serangkaian website yang saling berhubungan berbagi satu nama domain dan terbuka untuk umum. 

Secara sederhana, website adalah kumpulan halaman web. Halaman web adalah halaman online yang dapat kamu lihat dengan menggunakan internet dan layanan web di komputer atau smartphone. Misalnya, rna.id adalah situs web dan saat ini kamu sedang melihat halaman web didalamnya (artikel ini) dengan bantuan internet.

Website dibangun dengan beberapa perangkat lunak atau kumpulan kode. Dibelakang layar, ketika kamu mengetikkan alamat web di browser, ia mulai mencari website tertentu di server tempat ia berada. Kemudian, browser mengambil file situs web dan kode HTML dari server itu dan memformatnya ke halaman web dan menampilkannya di jendela browser. 

Sejarah Website

Situs web pertama dibangung oleh Tim Berners Lee, seorang ilmuwan komputer inggris. Diluncurkan pada 6 Agustus 1991 di CERN, Swiss. Ia memperkenalkan server, browser, dan editor pertama bersama dengan HTTP dan HTML.

Kemudian, pada tahun 1996, sebuah inovasi bernama CSS (Cascading Style Sheets) memasuki pasar. CSS adalah teknik yang digunakan untuk membuat situs web terlihat cantik. Pada tahun yang sama, bahasa pemrograman JavaScript dirilis ke publik sebagai bahasa untuk membuat website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Teknologi Flash kemudian diperkenalkan pada tahun 2000-an untuk membuat animasi dan video interaktif di halaman web.

Inovasi lain dalam pengembangan website adalah munculnya desain responsif. Website responsive adalah halaman website yang dapat menyesuaikan dengan ukuran layar pengguna. Inovasi ini penting mengingat tren penggunaan smartphone dan tablet untuk mengakses internet.

Fungsi Website

Situs web, yang sekarang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari hampir semua orang, juga memberi banyak keuntungan. Ini juga dapat digunakan ketika kamu ingin membeli sesuatu tetapi tidak tahu di mana menemukannya di toko fisik. Cukup cari di Google, klik untuk checkout, dan produk akan diantar ke rumah kamu. Berikut adalah fungsi umum dari situs ini dalam kehidupan kita:

1. Personal branding

Fungsi paling mendasar dari sebuah website adalah personal branding, terutama bagi mereka yang ingin mencoba memonetisasi websitenya. Dari memamerkan pekerjaan Anda hingga portofolio Anda, situs web Anda memberitahu semua orang siapa kamu dan apa keahlian kamu.

2. Peningkatan kepercayaan pelanggan

Bagi pemilik bisnis, manfaat utama memiliki website adalah membangun kepercayaan pelanggan. Karena kebanyakan orang sekarang perlu mencari detail secara online, terutama melalui Google.

Oleh karena itu, memiliki website bisnis yang terpelihara dengan baik akan membuat calon pelanggan kamu semakin percaya diri berbisnis dengan kamu. Pelanggan kamu tahu di mana menemukan informasi tentang produk dan layanan yang kamu tawarkan, yang dapat meningkatkan tingkat konversi.

3. Media promosi

Situs web di Internet tidak memiliki batasan ruang atau waktu dan dapat diakses oleh siapa saja kapan saja. Transaksi dapat dilakukan secara otomatis 24/7. Setiap pengusaha ingin dapat memperoleh pelanggan baru dari mana saja.

Namun, perlu diingat bahwa kamu harus menggunakan teknik SEO yang tepat untuk memaksimalkan pemasaran kamu melalui situs web kamu. Selain itu, kamu dapat mencoba iklan mesin telusur berbayar untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web kamu.

Unsur Website

Domain

Domain pada dasarnya adalah identitas situs web kamu. Dengan domain, pengunjung dapat mengidentifikasi dan membedakan situs web kamu dari jutaan situs web diluar sana. Anggap saja domain sebagai alamat online yang dapat diakses orang – orang di internet dan mengetiknya ke bilah URL browser mereka. Sebagai contoh, nama domain situs web kami yaitu rna.id.

Untuk mendapatkan domain, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkannya ke domain registrar. Namun sebelum melakukannya pastikan bahwa nama domain yang kamu pilih mudah diingat, singkat dan sederhana, dan yang paling penting belum terdaftar dan digunakan oleh orang lain.

Hosting

Hosting pada dasarnya adalah rumah domain anda, yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan untuk file konten situs web kamu. Jadi, jika alamat rumah kamu adalah domain, maka server hosting akan menjadi rumah kamu yang sebenarnya. Situs web kamu membutuhkan hosting agar dapat dilihat secara online, baik secara publik maupun pribadi. 

Tanpa layanan hosting, kamu tidak akan memiliki tempat untuk file kamu hidup. Sehingga domain kamu akan menjadi seperti nomor telepon yang kadaluarsa di buku telepon. Singkatnya, situs web kamu tidak akan memiliki kehadiran online tanpa hosting.

Platform Website

Platform website adalah tools atau alat yang kamu gunakan ketika membuat suatu situs web. Ini bisa dengan coding atau Content Management System (CMS) seperti WordPress, website builder dan Joomla.

Bagi seorang developer, platform ini menyediakan serangkaian kemampuan dasar yang dapat mereka gunakan saat membuat website. Sebagai pengguna, platform ini membantu mengkategorikan kemampuan komputer dan memungkinkan mereka untuk mengetahui apakah suatu produk kompatibel dengan komputer mereka.

Konten

Bentuk konten yang paling umum dan seringkali paling dianggap sepele adalah kata – kata tertulis yang sederhana. Konten tertulis adalah cara paling sederhana untuk mengkomunikasikan siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan kepada audiens kamu. 

Rencanakan struktur konten pada halaman. Ini akan membantu kamu membuat konten yang lebih efektif. Setelahnya, kamu juga perlu menetapkan cara untuk mengukur keberhasilan konten kamu. Jika kamu tidak mengukurnya, maka kamu tidak akan tahu apakah konten yang kamu buat berhasil atau tidak. 

Jenis Website

Blog / Website Pribadi

Blog adalah situs web yang sering dibuat oleh seseorang untuk menyimpan daftar entri yang menarik minat mereka. Blog ini biasanya berisi komentar pribadi tentang suatu topik. Blog seperti jurnal pribadi yang menawarkan pengguna cara untuk mendiskusikan suatu topik secara publik. Meskipun sebagian besar ditulis secara informal, blogging professional telah menjadi cara yang sangat umum untuk menghasilkan uang secara online.

Website Company Profile

Website jenis ini biasanya dimiliki oleh sebuah perusahaan atau instansi. Perannya merupakan salah satu strategi pemasaran digital, untuk meningkatkan reputasi perusahaan. Situs web semacam itu sering berfungsi sebagai profil perusahaan yang menunjukkan kesuksesan dan profesionalisme perusahaan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai informasi tentang company profile mereka di website mereka adalah Gojek Indonesia. Perusahaan ini memaksimalkan situs webnya, termasuk konten perusahaan, logo, kontak, profil, lokasi, layanan, kisah sukses, dan produk yang ditawarkan. Karena hampir semua pelanggan pertama kali mencari informasi secara online, sangat disarankan agar semua bisnis memiliki situs web semacam itu. Menggunakan teknik SEO akan membuat website Anda lebih mudah dicari di Google dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Website E-Commerce

Berikutnya adalah website e-commerce. Tentu saja, mengingat e-commerce saat ini menjadi tren digital yang sangat populer di kalangan masyarakat umum, Website jenis ini biasanya merupakan website yang dinamis. Dengan kata lain, itu menyesuaikan dengan preferensi setiap pengunjung.

Contoh paling umum dari jenis situs web yang kita lihat adalah toko online. Karena fungsi website seperti ini sebenarnya untuk berbisnis, banyak bisnis kecil hingga perusahaan internasional yang menggunakannya.

Website Organisasi atau Pemerintahan

Website organisasi atau pemerintahan adalah situs web yang tujuannya adalah untuk mengelola kehadiran perusahaan di internet, memfasilitasi informasi tentang perusahaan, menampilkan dan menjual produk dan layanan mereka, dan berfungsi sebagai sarana komunikasi dengan pemasok dan pelanggan di antara pemangku kepentingan lainnya. 

Website Berita

Website berita adalah situs web yang menyediakan liputan berita tepat waktu, pendapat ahli, dan informasi lain tentang peristiwa terkini. Jenis website ini sering berafiliasi dengan surat kabar, majalah, jaringan televisi, bisnis, asosiasi profesional, dan sejenisnya. 

Ada dua tipe dasar situs berita: umum dan subjek-spesifik. Situs berita umum menyediakan berita utama dan pelaporan tentang politik dan pemerintahan, ekonomi dan pasar, teknologi konsumen, serta cuaca dan olahraga. Mereka dirancang untuk menarik khalayak luas, dan sering berfungsi sebagai perpanjangan dari outlet media tradisional seperti surat kabar dan majalah. Situs berita khusus subjek juga menyediakan berita dan komentar, tetapi fokus pada bidang atau disiplin tertentu dan seringkali teknis. Situs berita teknik dan situs berita sains adalah dua contohnya.

Situs web adalah kendaraan penting untuk mengkomunikasikan informasi, membangun branding, dan menjual produk dan layanan secara online. Jadi pastikan Anda menempatkan situs web Anda pada layanan hosting yang berkualitas dengan nama domain yang unik dan mudah diingat.

Jika kamu tertarik untuk menjadi Reseller Domain yang berkualitas, kunjungi RNA dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds