No ratings yet.

Keamanan domain penting bagi setiap pemilik domain, terutama bagi investor domain dan bisnis. Perlindungan pertama yang harus kamu ketahui untuk melindungi domain kamu adalah dengan kode EPP. Tanpa perlindungan yang tepat seperti kode autentikasi ini, nama domain kamu berpotensi untuk dicuri dan ditiru.

Artikel ini akan membantu kamu untuk melindungi domain kamu dari penipuan atau pencurian dengan memperkenalkan kamu pada praktik keamanan terbaik industri domain, yakni EPP. kamu akan mempelajari apa itu EPP domain, beserta fungsi dan cara mendapatkannya. Mari kita mulai!

Apa Itu Kode EPP?

Extensible Provisioning Protocol (EPP) atau juga bisa dikenal dengan kode autentikasi adalah pengidentifikasian unik yang ditetapkan untuk setiap nama domain. Kode EPP menjadi standar sebagai metode keamanan untuk semua nama domain. Kamu dapat mengambil kode EPP untuk domain kamu melalui registrar tempat kamu mengelola domain. Registrar adalah organisasi yang diakreditasi oleh ICANN yang dapat mendaftarkan domain ke registry atas nama pendaftar (layanan pendaftaran nama domain).

Kode EPP muncul sebagai string acak huruf dan angka. Setiap domain yang kamu kelola akan memiliki kode autentikasi uniknya sendiri, dan registrar yang menerima permintaan transfer di domain kamu akan memerlukan kode tersebut untuk memverifikasi kepemilikan domain agar dapat memulai transfer domain.

Lalu jika tidak memiliki kode EPP, dapatkah mentransfer domain tanpa kode EPP? Jawabannya adalah tidak. Kode EPP ini adalah cara untuk memverifikasi pemilik domain asli. Jika kamu mentransfer domain, kamu harus terus menggunakan kode domain EPP.

Jika kamu tidak ingin menunggu domain kadaluarsa, tunggu hingga domain diterbitkan kembali. Namun, record domain tersebut masih tersedia dan belum diambil alih oleh orang lain. Jika kamu tertarik dengan suatu domain, kamu dapat menghubungi pemilik domain secara langsung atau menggunakan jasa broker domain untuk menegosiasikan harga domain dengan pemilik.

Baca Juga : Beli Domain .ID Murah Terbaik

Fungsi EPP Domain

Analogikan kode EPP untuk setiap domain kamu seperti akta kepemilikan rumah. Untuk mentransfer kepemilikan domain atau memindahkan domain dari satu registrar ke registrar lainnya, kamu harus memberikan kode EPP atau kode autentikasi terlebih dahulu. 

Kode EPP yang ditetapkan ke domain kamu berfungsi sebagai sandi tambahan. Ini memberikan kamu cara yang jelas dan tak terbantahkan untuk membuktikan kepemilikan domain kamu. Pada dasarnya kode EPP kamu memusatkan kontrol atas domain kamu ke satu kontak tertentu, sehingga tidak ada ruang bagi pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merebut domain tanpa akses akun. 

Ancaman terbesar terhadap kode EPP adalah pembajakan domain. Ini terjadi ketika pihak yang tidak bertanggung jawab mendapatkan akses tidak sah ke control panel domain yang kemudian memungkinkan mereka untuk dapat mengubah pengaturan. Ini termasuk mentransfer kepemilikan domain ke registrar lain atau ke orang lain.

Hacker dapat mencoba berbagai metode pencurian identitas untuk mendapatkan akses tidak sah ke domain kamu, tetapi tanpa akses ke akun kamu semua rencana pembajakan akan digagalkan.

Kode autentikasi kamu bertindak seperti kata sandi yang berdiri sebagai garis pertahanan terhadap serangan para hacker. Sebab hacker akan membutuhkan kode auth yang benar untuk mencuri atau mentransfer domain

Kode Status EPP

Ada dua jenis kode status EPP yaitu kode client dan kode server. Kode status client ditetapkan oleh registrar. Beberapa registrar secara otomatis memberlakukan kode status tertentu saat kamu mendaftarkan nama domain, sementara yang lain melakukannya sar kamu memintanya. 

Disisi lain, kode status server ditetapkan oleh registry, dan lebih diutamakan daripada kode client. Registry adalah organisasi yang membuat dan mengoperasikan ekstensi nama domain, termasuk membuat aturan untuk penggunaan ekstensi domain. Kedua jenis kode status muncul saat kamu menjalankan pencarian WHOIS untuk domain kamu. 

Kode Status Server
Kode StatusArti
addPeriodMasa tenggang setelah pendaftaran.
autoRenewPeriodMasa tenggang setelah nama domain kadaluarsa dan di ranjang secara otomatis oleh registry.
InactiveKode status yang menunjukkan nama domain tidak memiliki delegated name servers.  Nama domain tidak diaktifkan di DNS dan tidak akan diselesaikan.
OKStatus standar setelah pendaftaran. Tidak ada tindakan yang tertunda dan nama dapat diperbarui, ditransfer atau diperbarui oleh registrar.
pendingCreateKode status yang menunjukkan bahwa permintaan nama domain telah diterima dan sedang diproses
pendingDeleteMenunjukkan bahwa nama domain kamu telah beraddadalam status redemptionPeriod selama 30 hari dan kamu belum memulihkannya.
pendingRenewKode status yang menunjukkan bahwa permintaan perpanjangan nama domain telah diterima dan sedang diproses.
pendingRestoreKode status yang menunjukkan bahwa registrar ku telah meminta registry untuk memulihkan nama domain kamu dari redemptionPeriod.
pendingTransferKode status yang menunjukkan bahwa permintaan pembaruan nama domain telah diterima dan sedang di proses.
redemptionPeriodMenunjukkan bahwa registrar kamu telah meminta registry untuk menghapus nama domain kamu.
renewPeriodMasa tenggang setelah nama domain diperpanjang oleh registrar
serverDeleteProhibitedKode status mencegah nama domain kamu dihapus.
hold/serverHoldNama domain dalam status ini tidak aktif di DNS
serverRenewProhibitedKode status menunjukkan bahwa registry domain tidak akan mengizinkan registrar kamu untuk memperpanjang nama domain kamu.
serverTransferprohibitedMencegah nama domain kamu ditransfer dari registrar kamu saat ini
serverUpdateProhibitedKode status mengunci nama domain kamu dan mencegahnya untuk diperbarui.
transferperiodMasa tenggang setelah transfer nama domain antar registrar berhasil
Kode Status Client
Kode StatusArti
clientDeleteProhibitedKode status memberitahu registry domain untuk menolak permintaan untuk menghapus nama domain kamu
clientHoldKode status memberitahu registry domain untuk tidak mengaktifkan nama domain kamu di DNS, sehingga tidak akan menyelesaikannya.
clientRenewProhibitedKode status memberitahu registry domain untuk menolak permintaan untuk memperpanjang nama domain kamu.
clientTransferProhibitedKode status memberitahu registry domain untuk menolak permintaan apapun untuk mentransfer nama domain kamu dari registrar kamu saat ini ke yang lain. 
clientUpdateProhibitedKode status memberitahu registry domain untuk menolak permintaan untuk memperbarui nama domain kamu.

Baca Juga : Beli Domain .COM Untuk Website Profesional

Cara Mendapatkan EPP Domain

Kode EPP kamu disimpan dengan aman di akun kamu dan digunakan kapan pun kamu perlu mentransfer domain atau ingin mengubah kepemilikan. Tidak ada prosedur yang rumit dan panjang untuk mengambil kode otentikasi kamu. Kamu bisa mendapatkan petunjuk langkah demi langkah dalam dokumentasi registrar untuk mendapatkan kode autentikasi.

Menurut ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), kode EPP hanya diberikan kepada kontak yang tercantum dalam informasi Whois dari nama domain tertentu. Artinya, jika ada yang bisa mendapatkan akses ke akun manajemen domain kamu maka ia dapat dengan mudah mencuri informasi termasuk kode auth. Jadi sangat disarankan untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun dan nama domain kamu.

Umumnya kode EPP ini akan kadaluarsa dalam waktu 40 hari setelah penerbitan. Hal ini membantu mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab mengakses domain kamu dan membajak data kamu. Oleh karena itu, pastikan registrar baru memproses transfer dengan cepat segera setelh kamu memberikan kode EPP.

Setelah kode transfer domain kadaluarsa, kamu harus menghubungi registrar kamu saat ini untuk meminta yang baru. Hanya setelah kamu menerima kode baru, kamu dapat mencoba transfer domain lagi.Nah, sekarang kamu sudah memiliki lebih banyak informasi mengenai EPP, suatu kode yang melakukan pengamanan dalam proses transfer domain antar registrar. Terlepas dari itu, jika kamu tertarik untuk menjadi Reseller Domain, kamu dapat mengunjungi RNA dan segera daftarkan dirimu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds