5/5 (2)

Mungkin di hampir semua domain registrar, tak terkecuali reseller domain RNA, menyediakan domain forwarding sebagai salah satu fasilitas DNS management yang bisa didapatkan pengguna domain. 

Bahkan dari sekian fitur pengelolaan domain, domain forwarding adalah fitur yang penting untuk diketahui sekaligus digunakan oleh pengguna domain. 

Tujuan penggunaannya pun tak jauh-jauh dari mengarahkan pengunjung website ke URL atau domain lain yang ingin dituju, baik ke website lain, akun media sosial, hingga URL marketplace tertentu. 

Dan banyak yang percaya bahwa ada beberapa alasan bagus untuk pemilik domain bisa memanfaatkan dan menerapkan layanan forwarding ini.

Fasilitas pengelolaan domain yang juga lebih dikenal dengan redirect URL ini bisa pemilik domain setting dengan mudah. Bagaimana caranya? 

Kali ini RNA akan bagikan informasi penting seputar domain forwarding, manfaat bagi website Anda, dan juga cara men-setting dengan mudah.

domain forwarding

Sumber: Envato

Pengertian Domain Forwarding

Domain forwarding adalah proses membuat satu nama domain mengarahkan semua pengunjung ke domain dan website lain. 

Misalnya diarahkan ke landing page, microsite, blog terkait, atau toko online tertentu untuk tujuan promosi atau informasi tambahan. 

Anda bahkan dapat memforward domain ke akun media sosial sehingga ketika user mengetik alamat URL Anda, mereka akan diarahkan ke akun Facebook atau Twitter Anda.

Proses yang juga dikenal dengan redirect URL ini berbeda dengan forwarding lainnya yang diterapkan melalui HTML atau script, yang biasanya mengalihkan satu halaman web tertentu ke halaman lain di domain yang sama atau ke website yang berbeda. 

Saat Anda mencoba mengunjungi domain yang menerapkan fitur forwarding, Anda akan diarahkan ke URL tujuan dan nama domain asli yang Anda masukkan tidak ada lagi di URL bar. 

Sebagai gantinya, URL yang dipilih yang menjadi tujuan domain forwarding akan ditampilkan. 

Hal ini juga berlaku jika nama domain Anda terdaftar di satu perusahaan hosting dan domain murah dan Anda membuat website dengan resource online lain, maka dengan proses memforward domain memungkinkan Anda untuk menautkan domain yang sedang Anda miliki ke website. 

Proses forwarding memberikan Anda kebebasan untuk bekerja dengan perusahaan dan resource yang terbaik untuk website pribadi atau profesional Anda. 

Domain forwarding tidak akan mempengaruhi elemen situs lainnya, salah satunya adalah email forwarding karena proses keduanya dilakukan secara terpisah.

apa itu domain forwarding

Sumber: Envato

Manfaat Domain Forwarding

Berikut ini kegunaan atau manfaat proses forward domain untuk berbagai kebutuhan website Anda.

  • Memberikan alamat online konstan untuk website pribadi atau bisnis yang dapat Anda tautkan ke domain murah dan sumber online mana pun yang Anda pilih. 
  • Memungkinkan Anda untuk menggunakan nama domain murah pilihan Anda bahkan sebelum website Anda selesai dengan menautkannya ke akun media sosial, blog, atau situs e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee. 
  • Setelah Anda memiliki website, Anda dapat menautkan beberapa nama domain murah yang Anda miliki ke situs tersebut untuk menarik lebih banyak pengunjung situs. 
  • Anda dapat mengarahkan alamat domain Anda ke lokasi online baru kapan saja dan untuk alasan apa pun.

Proses Domain Forwarding

Saat Anda memforward domain untuk menautkan pengunjung ke URL website tujuan, Anda biasanya menggunakan aplikasi forwarding saja. 

Pilihan ini mengarahkan pengunjung ke website tujuan yang Anda pilih dan menyimpan URL tujuan di URL bar pada browser. 

Misalnya, ketika user mengetikkan nama domain Anda, mereka akan diteruskan ke alamat seperti domainforward.com dan alamat tersebut akan muncul di browser.

Cara Setting Domain Forwarding

Pada dasarnya, Anda perlu pastikan telah memiliki akun di client area tempat Anda berlangganan hosting dan domain murah versi Anda. 

Lalu juga siapkan nama domain yang ingin Anda forward. Untuk selanjutnya, silakan simak tahapan-tahapannya di bawah ini.

  • Login ke Client Area

Pertama, buka client area milik penyedia hosting dan domain murah yang Anda gunakan. 

Lalu ketikkan username dan password Anda yang umumnya didapatkan saat Anda mendaftar layanan hosting dan domain.

  • Menu Domains

Jika sudah memasukkan username dan password dengan benar, maka Anda akan langsung ditampilkan halaman dashboard client area. 

Lalu carilah menu Domain dan pilih nama domain yang akan Anda beri perlakuan forwarding.

  • Setting 

  • Cari dan klik tab Addons.
  • Pilih perintah sejenis yang mengindikasikan Manage Domain Forwarding.
  • Ketikkan nama domain Anda saat ini dan nama domain yang akan menjadi lokasi forward.
  • Klik Simpan.

Sumber: Envato

Domain Forwarding Itu Mudah dan Aman!

Jadi, apakah Anda sudah paham dengan apa itu domain forwarding dan bagaimana cara setting yang mudah? 

Sesuai penjelasan artikel di atas, ternyata proses memforward domain dapat dilakukan dalam beberapa langkah mudah yang akan membantu Anda memaksimalkan investasi nama domain website. 

Hasil setting fitur forwarding URL ini bisa Anda lihat dengan estimasi waktu paling lama 24 jam setelah diaktifkan, tergantung koneksi internet yang Anda gunakan.

Pastinya, Anda harus memiliki akun hosting client area pada penyedia layanan domain murah dan terpercaya. 

Jika belum, inilah saatnya untuk berlangganan di RNA yang sudah terpercaya menyediakan pilihan domain murah dan berkualitas.

Rate this Article

About Author

Ayoni Sulthon

Leave a Reply

Your email address will not be published.