No ratings yet.

Seiring pertumbuhan e-niaga, begitu pula jumlah marketplace di seluruh dunia. Penting untuk memanfaatkan opsi pasar ini. Melakukan hal itu akan meningkatkan penjualan Anda dan membiarkan Anda memanfaatkan peluang sensasional.

Amazon dan eBay adalah dua situs e-commerce yang mungkin sudah Anda kenal. Tapi, masih ada lagi! Ketika kamu mulai mencari marketplace, kamu akan melihat beberapa ada yang lebih populer di wilayah tertentu daripada yang lain. Dan, situs tertentu lebih baik untuk satu jenis produk di atas yang lain.

Jika kamu pernah mencoba sesuatu seperti Facebook marketplace di masa lalu, kamu pasti menyadari situs-situs ini bermanfaat. Sekarang saatnya untuk menjelajahi marketplace ini lebih jauh. Lebih tepatnya yang berasal dari luar negeri untuk memperluas wilayah bisnis kamu! 

Mengenal Marketplace Luar Negeri Online

Marketplace adalah situs e-commerce tempat beberapa penjual pihak ketiga mendaftarkan produk mereka. Di marketplace, transaksi diproses oleh marketplace sendiri, bukan penjual. Jadi kamu hanya perlu daftar dan menyediakan produk yang akan kamu jual untuk di upload ke website marketplace tersebut.

Manfaat Menggunakan Toko Online Luar Negeri

Target Audiens yang Besar

Marketplace seperti Amazon sudah memiliki basis pengguna yang besar dan konsisten, menjadikannya target pemasaran yang efektif. Selain itu, pasar online sangat berguna untuk bisnis kecil karena membantu menumbuhkan basis pelanggan kamu dan menarik prospek baru.

Kepercayaan Pelanggan

Salah satu manfaat terbesar: basis pelanggan yang sudah ada sebelumnya. Pasar online sudah dipercaya oleh ratusan juta pembeli yang memeriksa pasar tersebut terlebih dahulu ketika mereka perlu membeli sesuatu.

Menjual di pasar online juga bisa lebih mudah dan lebih cepat daripada membangun situs web e-niaga kamu sendiri karena antarmuka dibuat untuk kamu – yang sering menjadikannya pengalaman yang lebih baik bagi pembeli yang sudah akrab dengan situs tersebut. Setelah kamu disetujui sebagai penjual pihak ketiga di pasar online, kamu cukup membuat daftar produk kamu, maka kamu siap untuk menjual!

Meningkatkan Brand Awareness

Sebagai pemilik bisnis, jika kamu memasukkan deskripsi produk dengan benar, produk kamu dapat muncul di etalase dalam ribuan hasil pencarian pasar internasional. Ketika produk kamu muncul di hasil pencarian, secara tidak sadar meningkatkan brand awareness dan brand awareness produk kamu di benak konsumen.

11+ Rekomendasi Marketplace Luar Negeri

1. Amazon

Amazon Marketplace adalah salah satu saluran pemasaran paling terkenal untuk pengecer online – yang juga menjadikannya salah satu yang paling kompetitif. Untuk menjual di Amazon, kamu harus memilih paket, membuat akun penjual, dan mengunggah produk kamu ke Amazon. Untuk panduan lengkap untuk menjual di Amazon Biaya untuk menjual di Amazon tergantung pada paket mana yang kamu pilih.

Biaya penjual Amazon untuk penjual profesional meliputi:

  • Biaya berlangganan bulanan sebesar $ 39,99 (sekitar Rp 600.000)
  • Biaya rujukan untuk setiap barang yang terjual (bervariasi menurut kategori)
  • Biaya penutupan variabel (bervariasi menurut kategori)

Biaya penjual Amazon untuk penjual perorangan meliputi:

  • Tidak ada biaya berlangganan bulanan
  • Biaya USD$ 0.99 (Rp 15.000) untuk setiap item yang terjual
  • Biaya penutupan variabel (bervariasi menurut kategori)

2. Walmart

Walmart.com mendatangkan 127 juta pengunjung unik setiap bulan, dan menurut riset konsumen yang dikumpulkan oleh Tinuiti, ada tumpang tindih besar antara pembeli Amazon.com dan Walmart.com: Lebih dari 57% pembeli Amazon juga berbelanja di Walmart.com. Memiliki kehadiran di kedua pasar memberi kamu kesempatan yang lebih baik untuk menangkap pembeli tersebut.

Untuk menjual di Walmart.com, kamu perlu mengisi Marketplace Application, yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikannya. Jika aplikasi kamu disetujui, kamu harus membuat Selanjutnya, kamu akan mendaftar dan melengkapi profil kamu, memverifikasi rekening bank kamu, mengunggah produk, dan meluncurkan akun kamu. Setelah tim Walmart Marketplace menyetujui akun kamu, produk kamu akan ditayangkan dalam waktu 24 jam. Walmart Marketplace tidak membebankan biaya penjual untuk mengelola akun penjual kamu; mereka hanya membebankan biaya rujukan berdasarkan kategori produk.

3. eBay

Dengan 182 juta pembeli di seluruh dunia, eBay tetap menjadi salah satu pengecer online terbesar secara internasional, dengan hampir setiap kategori produk yang dapat kamu bayangkan.

eBay menawarkan panduan “Mulai Cepat” untuk membantu kamu mulai menjual dalam 4 langkah mudah. Pedagang dapat membuat halaman “eBay Saya” untuk menjawab pertanyaan dan melihat informasi penjualan. eBay juga menawarkan konsultasi bisnis (gratis), Panduan Efisiensi Bisnis, dan Sumber Daya Pengembangan Penjual, yang merupakan program eBay yang dirancang untuk membantu pedagang dalam berhasil menjual produk mereka.

eBay membebankan 2 jenis biaya penjualan yang berbeda: biaya penyisipan saat kamu membuat daftar, dan biaya nilai akhir saat barang kamu terjual. 

4. Newegg

Newegg adalah situs e-niaga populer yang berbasis di AS dengan fokus yang tajam pada produk teknologi. Newegg berspesialisasi dalam item teknologi dan merupakan salah satu pasar berbasis teknologi teratas. Ini juga menawarkan produk dari kategori lain, termasuk rumah, peralatan, kesehatan, dan olahraga.

Penjual membayar biaya komisi mulai dari 8-15%. Biaya komisi yang tepat akan tergantung pada produk yang dijual. kamu juga dapat memilih di antara beberapa paket keanggotaan, mulai dari gratis hingga $ 99.95 / bulan.

5. Alibaba

Alibaba adalah raksasa e-commerce China. Apa yang dulunya startup hanya mempekerjakan 18 orang sekarang memiliki lebih dari 22.000 karyawan. Kapitalisasi pasar perusahaan internasional baru-baru ini menembus $ 400 miliar, dan mereka saat ini menyumbang 80% dari penjualan online di China.

Alibaba dapat menjadi marketplace yang sangat baik untuk pemasok, tetapi vendor baru harus ingat bahwa perlu waktu bertahun-tahun untuk naik ke puncak hasil pencarian Alibaba dan memperhitungkan biaya – jadi pastikan bahwa itu bermanfaat untuk bisnis kamu sebelum kamu memulai.

Jika kamu memutuskan untuk menjual produk kamu di Alibaba, kamu harus mendaftar untuk sebuah akun, membuat profil perusahaan kamu, dan mendaftarkan produk kamu. Lalu, Berapa biaya untuk menjual di Alibaba? Harga tergantung pada jenis produk yang kamu jual dan portal Alibaba tempat kamu menjualnya (ada banyak – termasuk beberapa yang bahkan bebas biaya). Ada juga biaya berlangganan dan transaksi dalam beberapa kasus.

Sementara penjual dapat bergabung secara gratis, keanggotaan dasar di Alibaba sangat membatasi jumlah produk yang ditampilkan serta akses ke alat promosi, menjadikannya tidak berguna bagi sebagian besar perusahaan yang berharap untuk berkembang. Menjual di Alibaba bisa menjadi penghalang biaya bagi pengecer kecil. Setiap biaya penjual merupakan tambahan dari biaya 1% yang terkait dengan Alipay, pemroses pembayaran seperti PayPal perusahaan.

6. Etsy

Etsy adalah pasar online utama untuk digunakan jika kamu menjual produk vintage atau buatan tangan.Ini adalah situs populer untuk usaha kecil dan vendor pengrajin yang baru memulai. Ini juga merupakan cara ideal untuk mencoba penjualan online untuk pertama kalinya.

Dan, jangan khawatir tentang lalu lintas situs. Etsy banyak digunakan oleh pembeli online dan akan menarik pelanggan potensial. Dengan 33 juta pembeli di seluruh dunia, ini adalah situs yang menjanjikan untuk barang-barang toko vendor kamu. Etsy mengenakan biaya daftar $ 0,20 per item. Situs ini juga membebankan biaya transaksi 5% dan biaya pemrosesan pembayaran 3% + $ 0,25.

7. Overstock

Overstock menjual obral dan dekorasi rumah baru, furniture, tempat tidur, pakaian, dan banyak kategori produk lainnya. Pasar e-niaga dikenal dengan harga terjangkau dan banyak pilihan.  Overstock bekerja dengan bisnis dan pengusaha yang bergabung dengan “Jaringan Pasokan” mereka, yang memungkinkan Overstock untuk mendaftarkan produk pedagang ini di toko online mereka. Ini membantu pemasok meningkatkan kehadiran online mereka dan memungkinkan masuknya produk mereka ke pasar. Untuk mendaftar untuk menjual di Overstock, kamu dapat mengirimkan formulir permintaan online. Jika kamu disetujui sebagai Pedagang Overstock, kamu akan mengunggah SKU, konten, dan gambar, lalu menetapkan harga eceran kamu sendiri.

Ada informasi terbatas yang tersedia secara online tentang berapa biaya untuk menjual di Overstock. Biaya listing berkisar dari $ 0,10 hingga lebih dari $ 3, dengan biaya tambahan untuk peningkatan daftar.

8. Rakuten

Rakuten adalah situs marketplace terbesar keempat di dunia. Pasar virtual ini bagus untuk digunakan jika kamu ingin mulai berjualan di Jepang. Plus, ini adalah situs terkemuka dan sering digunakan untuk pembeli di Jepang.Rakuten memiliki 105 juta pengguna aktif yang berarti penjual memiliki basis pelanggan yang sangat besar.

Selain menjadi platform e-commerce Jepang terkemuka, Rakuten memiliki jangkauan global dengan beragam produknya. Rakuten menyediakan setiap vendor dengan ruang mereka sendiri untuk menjual produk. Manfaat dari pengaturan ini adalah kamu memiliki toko online untuk menelepon kamu sendiri. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun nama merek kamu! Penjual membayar $ 39 per bulan untuk menjual di Rakuten. Mereka juga membayar biaya komisi untuk setiap item yang terjual (harga berdasarkan kategori) dan biaya $ 99,<> per item yang terjual.

9. Taobao

TaoBao adalah marketplace Cina yang dimiliki oleh Alibaba Group. Didirikan pada tahun 2003 dan memungkinkan bisnis untuk menjual kepada audiens lebih dari 876 juta pengguna aktif bulanan. Platform ini menyediakan cara mudah untuk memfasilitasi ritel konsumen-ke-konsumen dengan memungkinkan usaha kecil dan pengusaha perorangan membuka toko untuk pelanggan yang tinggal di China yang berbicara terutama bahasa Mandarin atau Kanton. Ada tangkapan jika Anda ingin melakukan bisnis di Taobao: sementara pengaturan toko mudah, setelah kamu mendaftarkan akun penjual, kamu harus memiliki perusahaan terdaftar untuk melakukan bisnis di situs ini.

10. Wayfair

Jika kamu menjual dekorasi rumah, furniture, kasur, atau barang rumah tangga lainnya, Wayfair bisa menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk kamu. Diluncurkan hampir 17 tahun yang lalu, situs ini memiliki lebih dari 11 juta pengguna aktif dan menawarkan rata-rata checkout yang sangat tinggi.

Cara menjual di Wayfair: Wayfair beroperasi sebagai model dropship dan menyebut penjual pihak ketiga mereka “mitra.” Saat pembelanja memesan di Wayfair, Wayfair meneruskan pesanan ke gudang kamu, lalu kamu memilih, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan — sementara Wayfair menanggung biaya pengiriman. Wayfair tidak membebankan biaya atau mengambil persentase dari penjualan mitra. Sebaliknya, Wayfair membayar mitra biaya grosir barang, kemudian menetapkan harga eceran yang lebih tinggi.

11. Jet

Jet.com sebenarnya dimiliki oleh Walmart, tetapi pasarnya benar-benar terpisah dari yang utama perusahaan. Ini adalah situs yang bagus untuk barang-barang yang biasanya dibeli dalam jumlah besar, karena memberi penghargaan kepada pelanggan dengan diskon dan gratis berdasarkan berapa banyak yang mereka tambahkan ke keranjang mereka. Jet memanggil penjual pihak ketiga mereka Mitra Ritel Jet.

Semua Mitra Ritel Jet diharuskan terhubung dengan Jet melalui integrasi API — kamu tidak dapat mengunggah daftar secara manual melalui .csv — jadi pastikan kamu memiliki kemampuan teknis untuk menjual di Jet sebelum mendaftar. Untuk mendaftar untuk bermitra dengan Jet, lihat aplikasi di situs web mereka. Seperti Walmart, standar penjual cukup tinggi dengan Jet, jadi pastikan kamu siap untuk proses persetujuan yang panjang. Untuk barang apa pun yang dijual di Jet, jumlah Komisi yang dibebankan = Tingkat Komisi yang Berlaku * Harga Pengecer + Penyesuaian Berbasis Dolar. Harga pengecer = harga barang + harga pengiriman.

12. Wish

Dengan lebih dari 300 juta pelanggan, mudah untuk melihat bahwa Wish ada di benak banyak pembeli online. Biaya penjual masuk akal dan pedagang Wish hanya perlu membayar saat penjualan dilakukan. Tidak ada biaya listing yang dikenakan. Ini berarti tidak ada biaya tersembunyi atau biaya daftar selangit yang harus kamu khawatirkan.

Wish beroperasi pada platform bagi hasil. Ketika semua dikatakan dan dilakukan, kamu biasanya akan menerima sekitar 85% dari total harga jual. Jika kamu ingin Wish menangani pengiriman dan pergudangan untuk kamu, layanan Pemenuhan oleh Wish akan berguna. Ini sangat cocok untuk vendor yang lebih suka lepas tangan dalam hal aspek penyimpanan dan pengiriman penjualan online.

13. Target Plus

Target adalah marketplace populer di AS yang dikunjungi pembeli untuk pakaian, aksesori, dekorasi rumah, mainan, elektronik, bahan makanan, dan banyak lagi. Target meluncurkan Target Plus untuk lebih memperluas penawaran online-nya. Situs baru ini adalah cara bagi pembeli untuk berbelanja mitra yang disetujui dan menikmati manfaat Target pada saat yang bersamaan. 

Target Plus masih dalam tahap awal, tetapi kamu tidak perlu ragu mengenai potensi penjualan. Mari kita breakdown mengapa kamu tidak perlu khawatir dengan potensi penjualan mereka. Nama Target cukup terkenal untuk menarik kerumunan besar pembeli yang bersemangat. Jika Target memilih kamu sebagai vendor Target Plus, kamu akan dapat menjual produk kamu di situs web yang diakui secara global ini. Cukup keren, bukan? Pembeli Target Plus berduyun-duyun ke situs ini karena mereka telah memperluas penawaran produk. Plus, mereka dapat menikmati pengiriman gratis dan diskon pemegang RedCard 5%. Sebagai penjual, kamu mendapat manfaat ketika orang-orang ini berbelanja Target Plus. Mereka terhubung dengan kamu sebagai vendor pihak ketiga dan membeli produk kamu.

Buat Marketplace Sendiri dengan Nama Domain Impian Anda Sekarang! 

Seberapa tertarik kamu untuk membeli dan menjual di pasar luar negeri di atas, atau kamu malah lebih tertarik untuk membuat toko online sendiri? Jika begitu, kamu dapat mulai membuat situs marketplace kamu sendiri dengan mencari nama domain yang tepat untuk itu. Kunjungi Reseller Domain RNA dan temukan domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds