No ratings yet.

Di era digital saat ini, keberadaan website digunakan di sekolah untuk berbagai keperluan seperti media promosi, informasi dan pembelajaran. Ada banyak contoh website sekolah dengan desain dan fungsionalitas yang bagus di Indonesia. Situs ini merupakan alat yang berguna untuk meningkatkan kualitas sekolah, baik secara akademis maupun pemasaran. Semakin baik desain dan aksesibilitasnya, semakin profesional dan menarik.

Situs web sekolah harus dibuat secara profesional daripada dibuat sembarangan. Tujuannya adalah untuk membantu pengunjung menjelajahi dan menemukan informasi yang mereka butuhkan. Selain performa, tampilan dan kerumitan navigasi juga harus diperhatikan agar website dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Bagi yang sedang mencari inspirasi untuk membuat website sekolah, Dewaweb memberikan beberapa contoh bermanfaat dalam artikel ini. Baca artikel sampai habis, ya!

Halaman Apa Saja yang Wajib Ada di Website Sekolah

Situs web sekolah memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah bertindak sebagai brosur online untuk calon siswa dan orang tua, memberi mereka informasi sebanyak mungkin untuk membantu mereka memutuskan apakah sekolah kamu tepat untuk mereka. Tujuan kedua adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasi antara siswa, orang tua, guru, dan administrator. Berikut adalah daftar 12 hal yang harus disertakan oleh setiap situs web sekolah untuk mencapai dua tujuan tersebut.

  1. Desain yang ramah dan menarik. Orang tua mencari sekolah yang mencontohkan keunggulan, oleh karena itu sangat penting bahwa situs web sekolah – seringkali kesan pertama orang tua – mencontohkan keunggulan. Jika situs web kamu terlihat, murahan, terabaikan, usang, atau tidak teratur, orang akan menyimpulkan bahwa sekolah kamu juga demikian.
  2. Gambar siswa yang bahagia, beragam, dan berpenampilan cerdas. Ketika calon orang tua melihat gambar siswa, mereka secara tidak sadar akan bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya ingin anak saya menjadi seperti itu?”
  3. Halaman “Tentang Kami” yang menjelaskan sejarah dan filosofi pendidikan sekolah ditambah afiliasi, asosiasi, akreditasi, dan penghargaan apa pun yang mungkin diterima sekolah. Jika kamu ambisius, buat ikhtisar video singkat dan sematkan di halaman ini.
  4. Informasi pendaftaran. Harus ada setidaknya satu desain halaman khusus untuk calon siswa dan orang tua yang menggambarkan proses aplikasi, tenggat waktu, dan setiap lowongan yang mungkin dimiliki sekolah saat ini.
  5. Info kontak untuk kantor sekolah utama
  6. Guru dan staff. Sebaiknya dengan formulir kontak untuk setiap guru dan administrator sehingga orang tua dapat menghubungi guru jika mereka mau.
  7. Peta lokasi sekolah
  8. Kalender acara sekolah terbaru
  9. Jadwal untuk semua ekstrakurikuler.
  10. Berita Terkini. Halaman ini berguna sebagai wadah untuk memberitakan hal terkini baik kegiatan siswa, guru, hingga prestasi yang telah dicapai. Ini juga dapat berfungsi sebagai media branding sekolah.
  11. E-learning. Setiap guru harus memiliki halaman untuk kelas yang mereka ajar. Idealnya ini dapat diperbarui setiap minggu dengan berita dan tugas pekerjaan rumah, tetapi bahkan sesuatu yang sederhana seperti tautan ke silabus kelas sangat membantu

Contoh Website Sekolah SD Terbaik

1. SDN 21 Betung

RNA mengambil contoh pertama dari website SDN 21 Betung. Sekolah tersebut terletak di Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Letaknya sekitar 50 km dari kota Palembang.

Ketika kamu mengunjungi situs web, pertama-tama kamu akan melihat spanduk sekolah, lalu menu situs web dan tayangan slide foto kegiatan sekolah. Halaman utama menampilkan pidato kepala sekolah dan berita terbaru dari sekolah. Informasi kontak sekolah kamu akan ditampilkan di sidebar, memudahkan orang lain untuk menghubungi kamu. Desain situs webnya sangat sederhana, responsif tetapi menarik, dengan corak putih dan biru.

2. SD Plus Al-Amin

SD Plus Al Amin terletak di Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Melaksanakan program Me And My Parent, pihak sekolah ingin mengajak orang tua menjadi bagian penting dalam pencapaian tujuan pendidikannya yaitu mengembangkan siswa cerdas dengan mengutamakan nilai-nilai moral dalam pendidikan berpikir.

 Situs web SD Plus Al Amin adalah situs web yang sederhana dan bersih dengan latar belakang putih dan abu-abu yang dominan untuk spanduk tayangan slide. Sambutan kepala sekolah dan informasi terbaru dari sekolah di posting di halaman atas. Informasi tentang kegiatan pembelajaran, kinerja siswa, dan informasi kontak sekolah membantu pengunjung situs web mempelajari lebih lanjut tentang sekolah tersebut.

3. SD Muhammadiyah 1 Krian

Mirip dengan website sekolah pada umumnya, SD Muhammadiyah 1 Krian menempatkan fitur slider besar di halaman muka. Ada beberapa menu informasi berguna yang memungkinkan pengguna mengakses informasi tertentu dengan mudah. Selain itu, SD Muhammadiyah 1 Krian menambahkan fitur PPDB yang memungkinkan pengguna melakukan pendaftaran calon siswa secara online di website sekolah.

4. SD Muhammadiyah 2 Jakarta

SD Muhammadiyah 2 Jakarta yang terletak di Kecamatan Seneng Jakarta Pusat dulunya memiliki website gratis untuk para blogger. Situs web ini masih aktif dan berjalan untuk saat ini, tetapi secara visual dan menu masih tidak memuaskan.

Situs web baru yang lebih profesional terlihat lebih baik dan memiliki menu yang lebih baik. Website baru menampilkan slideshow banner, pernyataan kepala sekolah, breaking news, menu PPDB online untuk visualisasi sekolah dan SIMPEN (Sistem Pengumuman PBB Online) sebagai layanan untuk mendukung kegiatan sekolah di masa pandemi Now

Contoh Website Sekolah SMP Terbaik

1. SMP Negeri 2 Ngadirejo

SMPN 2 Ngadirejo terletak di lereng timur Gunung Sindoro di Kabupaten Temangun. Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Temanggung, pihak sekolah memahami pentingnya website bagi sekolah.

Website SMPN 2 Ngadirejo terbilang lengkap fiturnya. Diawali dengan tayangan video Sambutan Kepala Sekolah, Peraturan Sekolah, Ruang Komputer, Tinjauan Kurikulum Sekolah, membuat informasi tentang sekolah lebih mudah diakses oleh masyarakat, dilanjutkan dengan fitur online SIMPEN dan PPDB. Yang membuat website ini terlihat istimewa adalah animasi elang yang sedang terbang. Animasi ini akan lebih hidup jika diakses dari perangkat mobile.

2. SMP Negeri 1 Bangil

Website SMP Negeri 1 Bangil memiliki hal yang menarik yang jarang ditemui pada website sekolah lainnya yaitu terdapat video profile sekolah pada bagian beranda. Sehingga pengunjung akan langsung diperlihatkan video perkenalan sekolah saat pertama kali mengakses website tersebut. Ini akan membantu pengunjung untuk lebih mengenal SMP Negeri 1 Bangil dengan cara yang menyenangkan.

3. SMPIT Harapan Ummat Purbalingga

Website SMP yang menarik selanjutnya adalah website SMP IT Harapan Ummat Purbalingga. Dengan dominasi warna putih dan hijau, warna khas lembaga pendidikan Islam, tampilan website terlihat jernih dan menarik berkat headline animasi untuk setiap kategori. Mulai dari profil sekolah hingga berita hingga galeri foto kegiatan indoor dan outdoor, website tersebut memiliki informasi yang cukup untuk mengenal sekolah tersebut. Ingat, kapabilitas online PPDB dan menautkan ke akun media sosial di Facebook, Twitter, dan Instagram adalah strategi sekolah yang efektif untuk menjangkau generasi muda.

4. SMP Negeri 1 Jabon

Website SMP Negeri 1 Jabon di dominasi dengan warna cerah sebagai yang didasari pada warna dari logo sekolah. Pada website ini terdapat slider berisi foto kegiatan sekolah. Selain itu terdapat berita terbaru sekolah, e-learning, hingga video kegiatan sekolah dari channel youtube sekolah yang disematkan di website.  

Contoh Website Sekolah SMA/SMK Terbaik

1. SMA Virgo Fidelis Bawen

Ini adalah situs web sederhana berbasis putih, tetapi tidak membuat kamu merasa tua. Tampilannya sederhana, jadi ini situs yang menyenangkan untuk dilihat. Judul dengan logo sekolah atau yayasan kamu membuat situs kamu terlihat berbeda dari yang lain. Website SMA Virgo Fidelis ini merupakan salah satu rekomendasi mysch.id untuk desain website sekolah.

2. SMAN 1 Yogyakarta

Tidak sperti contoh website sekolah lainnya, SMAN 1 Yogyakarta menampilkan search bar dengan background video di homepage website. Itu tidak memiliki penggeser foto atau gambar, tetapi terlihat ramping, modern, dan rapi. Saat pengguna menggulir ke bawah, mereka akan melihat beberapa fitur seperti Pendidik, Alumni, Prestasi, Profil, dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

3. SMKN 8 Jakarta

SMKN 8 Jakarta telah membuat website yang sangat menarik dan sederhana. Tampilannya sangat didominasi warna putih yang dipadukan dengan beberapa elemen hitam dan abu-abu. Meski tidak berwarna, tetap enak dipandang. Tidak ada logo sekolah di header, namun huruf Smkn8Jkt.id tampil dengan warna biru.

4. SMKN 1 Cimahi

Contoh terakhir website sekolah adalah SMKN 1 Cimahi. Dengan keahlian rekayasa perangkat lunak dan program sistem jaringan aplikasi, sekolah memiliki situs web yang tertata dengan baik. Tampilan keseluruhan sangat responsif dan presisi tanpa mengabaikan performa kecepatan. Background website didominasi oleh kombinasi warna putih, biru tua, dan orange. Saat membuka beranda, pengguna disuguhi foto Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan seorang mahasiswa.

Dapatkan Domain Murah Terbaik Untuk Website Sekolah Maupun Pendidikan hanya di RNA 

Anyway, jika kamu sedang bingung ingin memulai untuk membangun website sekolah, kamu pasti memerlukan nama domain. Nah, tidak perlu bingung karena RNA memiliki layanan penyedia domain murah dengan kualitas yang terbaik. Atau, kamu bisa bergabung menjadi Reseller Domain Indonesia RNA. Yuk kunjungi website RNA dan daftarkan dirimu segera!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds