No ratings yet.

Seperti yang kamu ketahui, situs web memainkan peran penting dalam bisnis kamu. Ini menjadi identitas bisnis kamu, menjadikan kamu lebih profesional dan terpercaya.  Situs web juga dapat mengiklankan barang dan jasa yang ditawarkan. Ini memudahkan calon pelanggan untuk memesan.

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara membangun website secara gratis, berikut adalah opsi platform pembuat website mudah dan gratis. Langsung saja simak daftarnya dibawah ini!

Cara Membuat Website Gratis di Berbagai Platform

WordPress

WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat website atau blog kamu sendiri. WordPress adalah content management system open source yang berlisensi dibawah GPLv2. Ini berarti bahwa siapapun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis. 

Untuk menambahkan desain baru ke website kamu, kamu hanya cukup mendownload theme. Jika kamu perlu menambahkan fungsi baru, seperti contact form, kamu cukup menginstal plugin. Kamu juga dapat mengoptimalkan SEO dengan menginstal plugin SEO seperti Yoast SEO. ini akan meningkatkan peringkat website kamu di search engine. 

Wix

Wix adalah platform yang sangat populer dalam industri pembuat website. Platform ini memiliki paket pembuat website gratis yang memberi akses ke hampir setiap fitur secara gratis.. Wix menawarkan lebih dari 800 template dengan lebih dari 90 kategori. Ini akan memberikan kamu untuk bebas memilih template mana yang sesuai dengan website yang akan kamu bangun.

Fitur lain seperti drag and drop juga menjadi fitur andalan WIx. kamu dapat membuat website dengan hanya melakukan drag and drop konten website dimana saja pada halaman website. Ini memberi pengguna kebebasan untuk menata layout mereka sendiri. 

Yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan Wix adalah, ketika kamu memilih untuk membangun website dengan Wix secara gratis adalah nama domain kamu akan memiliki unsur wix sebagai subdomain (misalnya, contohdomainkamu.wix.com). Jika kamu ingin menghilangkan subdomain wix, kamu dapat meningkatkan ke paket berbayar.

Weebly

Weebly adalah pembuat website lain yang menawarkan layanan yang sama dengan Wix namun dengan versi gratis tanpa domain khusus, dan opsi untuk meningkatkan ke domain khusus dengan paket berbayar. Alih – alih fitur drag and drop, Weebly menggunakan editor terstruktur. Ini berarti kamu mengatur halaman web kamu berdasarkan kolom dan baris. Meskipun ini memberikan fleksibilitas yang lebih sedikit, editor terstruktur seringkali lebih dari cukup untuk membuat website khusus yang sederhana.

Blogger

Blogger adalah platform pelopor untuk blog sejak tahun 1988 dengan konten gratis yang dimiliki oleh Google dimana kamu dapat mempublikasikan postingan yang dikategorikan berdasarkan tema dan tanggal. Ini ditandai dengan pengguna yang memiliki editor sendiri dan kemudahan penerbitan oleh siapa saja tanpa perlu mengetahui teknisnya. Ini adalah platform bebas iklan dimana blogger dapat membuat konten mereka dan dengan mudah mengubah gaya blog mereka menggunakan template. 

Blogger memudahkan pembuatan situs web yang sesuai dengan kebutuhan kamu berkat tampilannya yang ramah pengguna. Dengan beragam template dan tema situs web yang dapat dipilih, kamu dapat memilih desain situs web yang sempurna untuk branding toko kamu.  Dengan layanan gratis dari blogger, kamu akan mendapatkan nama domain yang diakhiri dengan .blogspot. Namun, kamu juga dapat menyesuaikannya dengan berlangganan layanan premium.

Squarespace

Ada alasan bagus kenapa squarespace menjadi platform pembuat website gratis populer. Squarespace cepat, terlihat bagus, dan menawarkan hampir semua fungsi yang mungkin kamu butuhkan. Editor grid ini memberikan banyak kebebasan desain, tetapi mempertahankan struktur yang cukup untuk memastikan bahwa website kamu tidak keluar jalur. 

Squarespace memiliki lebih dari 140 template berkualitas tinggi mulai dari blog hingga pengumuman event. Bandwidth dan penyimpanan tidak terbatas juga menjadi alasan kenapa ini banyak digunakan. Kamu dapat mengunggah konten sebanyak mungkin ke website kamu tanpa perlu khawatir kehabisan storage.

Webnode

Webnode adalah layanan untuk membuat website. Ini didasarkan pada alat yang memungkinkan kamu menggunakan teknologi drag and drop berbagai elemen, mulai dari teks, blog, foto, video, widget, dan sebagainya. Platform ini menawarkan paket dasar dan gratis sehingga pengguna dapat mencoba fungsi yang disediakan Webnode, dan kemudian meningkat ke paket pembayaran sesuai dengan kebutuhan website.

Yang membuat webnode menonjol adalah kamu dapat membuat website multibahasa, SEO tools, menawarkan desain yang beradaptasi dengan layar tablet dan smartphone, serta memiliki galeri template yang menawarkan tampilan yang sangat profesional.

GoDaddy

GoDaddy menawarkan sejumlah template yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan website kamu. Layanan ini menawarkan alat pembuatan situs web yang komprehensif untuk pemula dan pemilik usaha kecil yang telah membeli hosting dan domain.

GoDaddy memungkinkan kamu membuat situs web fungsional dengan editor drag and drop, templat sederhana dan bersih, sertifikat SSL aman, dan dukungan untuk alat media sosial. GoDaddy menawarkan layanan yang memudahkan untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis online kamu.

Selain itu, GoDaddy dapat membantu kamu membuat situs web yang responsif dan mobile-friendly. Bahkan, kecepatan loading halamannya sangat cepat sehingga pengguna tidak akan kecewa saat mengunjungi website tersebut.

Mozello

Website builder gratis berikutnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan Mozello. Mozello mungkin tidak setenar layanan pembuatan situs web lainnya, tetapi masih memiliki keunggulan dibandingkan para pesaingnya. Ini adalah layanan pembuatan website gratis dalam berbagai bahasa dan satu-satunya layanan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

kamu tidak dapat membuat situs web multibahasa menggunakan layanan pembuatan situs web lainnya. Oleh karena itu Mozello adalah solusi yang tepat jika kamu ingin memulai bisnis internasional dan membiarkan semua pelanggan kamu di seluruh dunia mengetahui lebih banyak tentang merek kamu. Mozello hadir dengan fitur blog, toko online, dan alat SEO canggih untuk membantu kamu menjalankan situs web bisnis.

Jimdo

Jimdo memiliki lebih dari 100 template yang bagus, aplikasi pembuat situs yang layak, paket gratis yang bagus, beberapa add on, dan fitur ecommerce. Template yang disediakan oleh Jimdo terlihat bagus dan memiliki fokus yang kuat pada fitur SEO dan marketing. Jimdo juga menangani kebutuhan hosting email bisnis kamu. Ini adalah paket yang sangat solid!

Jimdo adalah pilihan yang baik jika kamu membutuhkan lebih dari sekadar situs dasar tetapi tidak ingin menghabiskan terlalu banyak membuang waktu untuk menyesuaikan desain. Jimdo juga menawarkan sistem ecommerce yang cukup lengkap untuk pemula. Ini juga menawarkan integrasi dengan Facebook dan Instagram untuk penjualan, pengiriman gratis untuk pesanan besar. Kabar baiknya, Jimdo tidak membebankan biaya apapun atas pembayaran yang diterima!

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Dari berbagai platform pembuat website gratis yang telah dijelaskan diatas, kamu lebih tertarik untuk menggunakan platform yang mana? Kamu bisa memilih platform seperti wix yang sepaket dengan nama domain. Namun jika kamu lebih menginginkan membuat domain impianmu secara custom kamu dapat menemukannya di RNA! Kunjungi RNA dan miliki domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds