No ratings yet.

Di dunia digital ini, dimana perilaku konsumen berubah setiap hari. Bisnis perlu beradaptasi untuk memenuhi permintaan konsumen. Salah satu cara paling efisien untuk mencapainya adalah dengan memiliki website baik untuk bisnis maupun penggunaan pribadi. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari banyak manfaat yang akan didapat jika memiliki website. Terutama untuk kehadiran online. Nah, kabar baiknya, RNA telah merangkum manfaat website bagi perusahaan, bisnis dan pribadi. Yuk simak daftarnya dibawah ini!

Manfaat Website Bagi Pribadi

Membagikan Pengalaman Pribadi

Apakah kamu suka menulis, bepergian, atau mencari pengalaman menarik lainnya? Jika benar maka website adalah cara sempurna untuk menuangkan pemikiran kamu ke dalam blog yang dinikmati banyak orang. Selain itu, situs ini memungkinkan kamu mengubah desain blog kamu menjadi buku harian atau iklan berdasarkan minat kamu. Isinya bisa didesain sesuai dengan keinginan kamu mulai dari konten hingga menu apa saja yang akan ada didalamnya. 

Membuat Portfolio Online

Tidak peduli kamu bergerak di industri apa, kemampuan untuk memamerkan portfolio pekerjaan yang telah kamu selesaikan adalah salah satu penggunaan terbaik dari sebuah website. Orang tidak akan mau membeli karya kamu atau merekrut jasa kamu jika kamu tidak memiliki bukti sosial yang menunjukkan apa yang kamu kuasai. 

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan memiliki website portfolio. Biasanya, ini berisi halaman “portfolio”, “project”, dan “testimonial”. Itu akan menunjukkan bahwa kamu benar – benar kredibel dan tidak hanya menawarkan layanan tetapi pengunjung akan mengetahui bagaimana proses kamu dalam menyelesaikan suatu project. Dalam halaman portfolio, perlu diingat bahwa penting juga untuk menyertakan banyak testimonial klien. Ulasan sangat penting agar kamu memiliki banyak peluang menemukan klien baru. 

Manfaat Website Bagi Perusahaan & Bisnis

Sebagai Sarana Branding

Manfaat utama dan paling mendasar dari memiliki website adalah dapat membantu kamu dalam melakukan branding dan membangun brand awareness. Tanpa brand awareness, kamu tidak akan dapat memiliki bisnis yang sukses terutama jika kamu adalah pebisnis pemula.brand awareness berarti bahwa orang mengenali brand atau merek kamu. Ini nantinya akan berdampak positif dalam membantu kamu untuk menumbuhkan basis audiens dan pendapatan kamu.

Jika seseorang tidak tahu tentang brand kamu, kemungkinan besar mereka tidak akan mempercayai dan tidak akan menemukan saluran penjualan kamu atau bahkan mempelajari lebih lanjut tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan. Aspek lain dari brand awareness yang sering diabaikan adalah bahwa semakin banyak orang telah mendengar tentang bisnis kamu, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk atau layanan kamu.

Sebagai Sarana Marketing Promosi

Website dapat kamu manfaatkan sebagai sarana marketing dan promosi. Baik ketika kamu menyediakan produk atau layanan, website adalah lokasi yang bagus untuk mempromosikan bisnis kamu. Kamu dapat menjangkau klien yang berada di kota atau negara lain hanya dengan memiliki kehadiran online melalui website. 

Dengan gaya hidup yang semakin cepat, pelanggan cenderung lebih memilih untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan secara online daripada melewati hari – hari melelahkan untuk dihabiskan di toko – toko fisik untuk memeriksa produk. Sebuah website dapat mempromosikan produk kamu 100 kali lebih cepat daripada kamu mendisplay produk kamu di etalase. 

Sebagai Sarana Informasi & Komunikasi

Ketika kamu memiliki toko fisik, kamu harus berurusan dengan beberapa pelanggan sekaligus. Ini bisa menciptakan situasi chaos sehingga kamu tidak dapat mengelola traffic dan pelanggan tidak bisa mendapatkan layanan berkualitas secara tepat waktu. 

Lain halnya dengan menggunakan website. Banyak orang dapat menggunakan website sekaligus dan kamu tidak perlu khawatir tentang manajemen pelanggan. Setiap orang bisa mendapatkan dan menyampaikan informasi, layanan, dan produk dengan tepat waktu. Ini akan membuat pertukaran informasi dan komunikasi berjalan secara cepat dan efektif. Kamu dapat mencantumkan FAQ terlebih dahulu yang menjawab semua pertanyaan yang paling sering diajukan. 

Misalnya, jika kamu menjual pakaian dengan bahan rajut, kamu dapat membuat artikel blog tentang cara mencucinya. Dengan cara ini, ketika pelanggan bertanya bagaimana cara merawat baju nya, kamu tidak perlu menjelaskannya dari awal setiap kali ada pelanggan yang bertanya. Kamu cukup mengarahkan mereka ke blog panduan cara mencuci yang telah kamu buat. Singkatnya, dengan memiliki website, kamu memberi pelanggan kamu informasi yang mereka butuhkan dan melakukannya dengan cara jelas dan cepat. 

Sebagai Sarana Transaksi Online (eCommerce)

Ini adalah manfaat yang sangat jelas bukan? Kamu dapat menjual produk kamu secara online dengan memanfaatkan website bisnis kamu. Dengan menggunakan website, toko kamu akan selalu buka 24 jam sehingga orang – orang akan tetap dapat mengunjungi dan melakukan transaksi online kapan saja dan dimana saja. 

Jutaan orang menggunakan website untuk tujuan yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa mereka menemukan cara untuk mendapatkan informasi, membeli produk serta layanan dengan mudah. Adanya website ecommerce memudahkan proses transaksi. Penjual memiliki sarana untuk menjual produknya, dan pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka butuhkan hanya dengan berselancar di internet.

Lalu bagaimana dengan bisnis penyedia layanan? Tidak perlu khawatir, kamu masih dapat menjual produk digital kamu seperti ebook dan kursus dan menjualnya di website kamu. Misalnya, jika kamu adalah seorang pelatih kebugaran. Kamu dapat menawarkan layanan kamu seperti kursus “olahraga sehat untuk menambah massa otot” atau menjual ebook “10 tips diet melangsingkan tubuh” untuk audiens website kamu. 

Meningkatkan Kredibilitas

Salah satu alasan kamu harus memiliki website untuk bisnis kamu adalah untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan kamu. Kemungkinan ada beberapa penyedia yang menawarkan layanan serupa dengan bisnis kamu. Salah satu cara kamu dapat menonjol adalah dengan memiliki website yang terlihat profesional dan dengan jelas mengkomunikasikan informasi berkualitas kepada konsumen kamu.

Tanpa website, orang mungkin mempertanyakan legitimasi perusahaan dan bisnis kamu. Memiliki website adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang hebat dan memberi orang kenyamanan bahwa kamu adalah bisnis yang benar adanya dan bukan bisnis abal – abal. 

Mendapatkan Wawasan Tentang Audiens

Mendapatkan lebih banyak wawasan tentang audiens kamu dengan mudah adalah salah satu manfaat memiliki website untuk bisnis kamu. Ada banyak analytic tools seperti Google Analytics, yang dapat melacak banyak hal tentang orang – orang yang mengunjungi website kamu. Kamu dapat menemukan demografis jangkauan audiens, halaman yang paling sering dikunjungi, query penelusuran yang dicari orang di Google yang mengarah ke website kamu, dan banyak lagi.

Analytics dapat membantu kamu menyempurnakan penawaran produk kamu. Dan jika kamu tidak memanfaatkan alat ini, maka kamu akan benar – benar kehilangan beberapa informasi (gratis) yang sangat berguna tentang website pelanggan potensial kamu. 

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Membuat website bukan hanya tentang menjual produk kamu secara online, tetapi juga tentang bagaimana website dapat menarik pelanggan baru, bagaimana produk kamu dapat dikenal oleh banyak orang, dan bagaimana website ini bisa bermanfaat untuk kamu baik secara komersial maupun tidak. Sebab, di zaman sekarang ini memiliki website adalah suatu keharusan. Jika tidak, audiens potensial kamu akan pergi ke pesaing dan kamu akan ditinggalkan dengan mudah.Oleh karena itu segera buat website kamu baik untuk bisnis maupun personal. Kamu dapat memulainya dengan memilih nama domain yang sesuai dengan image yang akan kamu tunjukkan untuk website yang akan kamu bangun. Bingung harus pilih nama domain apa? Kunjungi Reseller Domain RNA dan temukan nama domain impian dan dapatkan dengan harga yang terjangkau sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds