No ratings yet.

Mendengar kata browsing pastilah kamu sudah tidak asing lagi. Bahkan mungkin kamu melakukannya setiap hari, tapi apa sih browsing itu? Dan aplikasi yang biasa kamu gunakan untuk browsing itu sebenarnya apa? Web browser adalah aplikasi untuk menjelajahi dunia maya melalui komputer, ponsel, dan perangkat lainnya.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya apa sebenarnya browser web itu? Apa saja kemampuan browser web? Bagaimana cara kerja browser web? Silakan santai. Artikel ini akan merangkum dan menjelaskan semuanya. Pada artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang pentingnya web browser, fitur dan manfaat web browser, cara kerja web browser, dan jenis-jenis web browser yang tersedia di pasaran. Penasaran banget kan? Deskripsi lengkap akan segera diberikan di sini.

Pengertian Browsing

Browsing adalah tindakan mencari melalui serangkaian informasi dengan cepat, tanpa tujuan tertentu. Dalam konteks internet, biasanya mengacu pada penggunaan world wide web. Ini bisa dilakukan dengan tujuan tertentu, seperti menggunakan email atau memperbarui status seseorang di situs media sosial, atau hanya menggunakan web tanpa tujuan tertentu, seperti, “Oh, saya hanya browsing aja.”

Salah satu keuntungan dari sistem hypertext seperti world wide web adalah memungkinkan pengguna menemukan informasi tanpa secara khusus melihatnya, seperti seolah mereka menemukan cara baru untuk menemukan buku baru untuk dibaca. Browsing biasanya dikontraskan dengan strategi pencarian yang lebih metodis, seperti menggunakan opsi lanjutan di search engine atau browser.

Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang memungkinkan kamu melihat halaman web di komputer kamu. Kamu dapat menganggap browser sebagai pintu gerbang ke internet. Browser menerjemahkan kode yang digunakan komputer untuk membuat situs web menjadi teks, grafik, dan fitur lain dari halaman web yang biasa kita lihat hari ini. Salah satu contohnya adalah Chrome, Edge, dan Firefox.

Istilah “browsing” juga dapat diterapkan pada sistem hypertext lainnya, seperti sistem bantuan atau protokol Gopher sebelumnya. Browsing menggambarkan ketika pengguna membaca halaman web di Internet dan juga sering disebut surfing . Misalnya, kamu menjelajahi Internet dengan browser Internet sekarang jika kamu membaca halaman ini di komputer kamu.

Manfaat Browsing

Jelas bahwa aktivitas browsing dapat membawa manfaat besar jika digunakan dengan benar. Kamu bisa mendapatkan informasi terbaru tentang apapun melalui blog dan website.  Mereka yang rutin mencari informasi melalui aktivitas browsing terus memperluas pengetahuan dan belajar terlebih dahulu dibandingkan mereka yang jarang mengakses informasi melalui aktivitas searching atau browsing ini. Sebagai seorang siswa, berselancar adalah kegiatan yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan wawasan dan mendukung apa yang kamu pelajari di sekolah.

Cara Kerja Browser

Saat pertama kali membuka browser internet ketika kamu terhubung ke internet, browser akan dimuat di beranda atau menampilkan landing page dengan halaman favorit kamu. Setelah terbuka, kamu dapat menjelajah internet dengan mengikuti hyperlink atau menggunakan search bar untuk mencari apa yang ingin kamu temukan.

Setiap kali kamu mengklik tautan atau memasukkan URL, browser mengirim dan menerima informasi atau data ke dan dari bagian web lainnya. Informasi yang diterimanya di render oleh mesin rendering dan diterjemahkan ke dalam format yang mudah dimengerti. Ini kemudian ditampilkan di antarmuka pengguna. 

Browser melihat URL dalam dua bagian utama. Yang pertama adalah protokol, yang merupakan bagian dari http://. HTTP, yang merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirimkan file di internet, sebagian besar halaman web, dan komponen masing – masing. Karena browser tahu bahwa protokolnya adalah HTTP, ia tahu bagaimana untuk menafsirkan semua yang terletak atau tertulis di sebelah kanan garis miring (/).

Browser melihat www.rna.id (nama domain), yang memberi tahu lokasi server web yang dibutuhkan untuk mengambil halaman yang sesuai. Banyak browser sudah tidak lagi memerlukan protocol; untuk dapat mencari dan mengakses halaman web. Ini berarti bahwa memasukkan www.rna.id atau rna.id saja pada address bar sudah cukup. 

Ini melibatkan proses multi-langkah termasuk resolusi DNS , pertukaran HTTP antara browser dan server web, rendering , dan seterusnya, sebagai berikut:

  • kamu memasukkan URL di browser web. Contohnya, http://www.rna.id.
  • Browser menemukan alamat IP untuk domain menggunakan DNS.
  • Browser memulai koneksi dengan server.
  • Selanjutnya, ia mengirimkan permintaan HTTP ke server web.
  • Server menangani permintaan dan mengirimkan respons HTTP.
  • Browser merender dan menampilkan konten HTML, yaitu halaman web. Proses ini dilakukan hanya dalam beberapa detik. 

Fungsi Browser

Fungsi utama browser adalah menyajikan sumber daya web yang kamu pilih, dengan memintanya dari server dan menampilkannya di jendela browser. Sumber daya biasanya berupa dokumen HTML, tetapi mungkin juga berupa PDF, gambar, atau beberapa jenis konten lainnya. Lokasi sumber daya ditentukan oleh pengguna menggunakan URI (Uniform Resource Identifier).

Cara browser menafsirkan dan menampilkan file HTML ditentukan dalam spesifikasi HTML dan CSS. Spesifikasi ini dikelola oleh organisasi W3C (World Wide Web Consortium), yang merupakan organisasi standar untuk web. Selama bertahun-tahun browser hanya menyesuaikan sebagian dari spesifikasi dan mengembangkan ekstensinya sendiri. Itu menyebabkan masalah kompatibilitas yang serius bagi penulis web. Saat ini sebagian besar browser datang dengan spesifikasi yang lebih baik.

Contoh Web Browser

1. Chrome by Google

Google Chrome saat ini adalah browser web paling populer di dunia dengan pangsa pasar lebih dari 64%. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2008. Browser ini menggunakan mesin rendering Google Blink.

2. Firefox by Mozilla 

Firefox adalah browser web sumber terbuka dan gratis oleh Mozilla. Ini pertama kali dirilis pada tahun 2002. Firefox menggunakan mesin tata letak Gecko untuk merender halaman web. Menurut statistik StatCounter , saat ini memegang lebih dari 4% pangsa pasar browser global.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge pertama kali dirilis pada tahun 2015 untuk menggantikan Internet Explorer sebagai browser default di Windows 10. Kemudian, tersedia untuk Android, iOS, dan macOS.

Ini awalnya menggunakan mesin rendering EdgeHTML. Namun, pada 2019, Microsoft meluncurkan Edge berbasis Chromium baru menggunakan mesin rendering yang sama dengan Chrome, yaitu Blink. Itu masih memiliki pangsa pasar dunia yang sedikit di atas 3%.

4. Opera

Opera adalah browser web multi-platform yang dikembangkan oleh Opera Software, dirilis pada tahun 1995. Ini adalah salah satu browser web tertua di pasaran. Awalnya, ia memiliki mesin tata letak Presto miliknya sendiri. Namun, pada 2013, Opera beralih ke Chromium

5. Safari

Safari adalah browser lain yang populer di kalangan pengguna produk Apple. Ini pertama kali muncul pada tahun 2003 untuk Mac OS X, sedangkan versi seluler diperkenalkan dengan iPhone OS 1 pada tahun 2007. Ini juga memiliki versi Windows, tersedia dari tahun 2007 hingga 2012.

Safari menggunakan mesin rendering WebKit dan memiliki Google sebagai mesin telusur default. Saat ini memegang lebih dari 18% pangsa pasar browser di seluruh dunia.

Artikel ini telah membahas browser web secara mendetail. Pelajari apa itu browser web, apa fungsinya, manfaatnya, dan bagaimana browser web memungkinkan kamu dapat menampilkan konten situs web di layar perangkat kamu. 

Pada dasarnya, browser web adalah perangkat lunak yang perlu kamu instal karena memainkan peran penting dalam menghubungkan kamu ke dunia internet. Itu sebabnya RNA juga akan menunjukkan kepada kamu jenis browser web terbaik untuk menjadikan pengalaman Internet kamu lebih menyenangkan. 

Jika kamu tertarik untuk menjadi reseller domain, RNA siap memberikan pelayanan terbaiknya. Yuk kunjungi RNA dan daftarkan dirimu segera!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds