No ratings yet.

Apa Itu Website Portfolio?

Situs website portofolio adalah cara unik untuk memamerkan karya kamudan memberitahu orang lain tentang diri kamu. Ini seperti platform evergreen untuk proyek, studi kasus, dan informasi tentang kamu. Selain itu, ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan kepribadian, pengalaman, dan kemampuan kamu.

Memiliki situs web kamu sendiri berarti pelanggan selalu dapat menemukan kamu dan jika tertarik, hubungi kamu. Jika kamu tidak memiliki kehadiran online saat ini, kamu ketinggalan zaman. Portofolio adalah cara yang bagus untuk Fotografer, desainer, pengembang, dan berbagai seniman untuk mempresentasikan karya mereka secara online. Ini memungkinkan kamu mencerminkan identitas kamu melalui karya kamu- foto, desain grafis, sketsa, dll.

Halaman Apa Saja yang Wajib Ada di Website Portfolio

Formula dasar situs web portofolio akan mencakup logo, tagline, karya terbaik kamu, dan informasi kontak. Terkadang ini berhasil tetapi dalam banyak kasus, ini adalah implementasi yang buruk. Untuk menyoroti portofolio kamu dengan cara lain, pertimbangkan untuk memasukkan elemen kunci lainnya yang akan meningkatkan pengalaman pengguna portofolio kamu: studi kasus, testimonial, blog, dan bahkan proyek yang sedang kamu kerjakan saat ini. Ini adalah elemen vital.

Karya kamu

Klien potensial kamu akan melihat visual terlebih dahulu dan jika mereka menyukai apa yang mereka lihat, mereka akan terus mencari detail lebih lanjut. Dengan kata lain, kamu membutuhkan presentasi karya kamu yang mengagumkan dan menarik.

Ini dapat dilakukan dengan banyak cara – tayangan slide foto, presentasi video, galeri thumbnail, dll. Misalnya, jika kamu seorang desainer logo, pastikan kamu menampilkan gambar logo berkualitas tinggi dalam variasi yang berbeda. Letakkan logo pada produk, kartu nama, tunjukkan dalam berbagai warna – ini akan memperluas kompetensi kamu.

Halaman tentang kamu

Halaman tentang kamumemungkinkan Klien potensial Lihat siapa yang berada di balik pekerjaan itu, lihat siapa kamu, dan apakah mereka ingin bekerja dengan kamu.Untuk mempermudah, berikut adalah checklist penting tentang elemen halaman:

Namamu

Kedengarannya jelas tetapi begitu banyak portofolio tidak memilikinya. Bagaimana jika klien potensial kamu ingin melakukan penelitian tentang kamu Jadi mulai dengan mencantumkan namamu

Foto kamu

Sebuah gambar memberikan sentuhan yang lebih pribadi. Potret kamu atau foto bagus kamu sedang mengerjakan desain baru. Ini adalah cara paling orisinal untuk memberi pengunjung rasa siapa kamu. Buatlah sederhana namun mengundang.

Informasi Tentang Diri kamu

Tunjukkan kepribadianmu dengan menceritakan sebuah kisah tentang pengalaman profesional dan pribadi kamu. Pendidikan kamu, apa yang telah kamu pelajari untuk dilakukan, proyek yang kamu sukai, penghargaan, dan pengakuan. Gunakan halaman ini untuk menunjukkan keahlian kamu, cara kamu berpikir dan apa gairah hidup kamu. Buatlah singkat, menyenangkan dan mudah diingat.

Studi kasus

Studi kasus atau presentasi adalah cara terbaik untuk menunjukkan cakupan penuh proyek kamu. Setiap proyek harus memiliki ceritanya sendiri yang menunjukkan kemajuan seluruh proses, dari awal hingga hasil akhir. Uraikan proses kreatif ini dengan banyak foto dan catatan yang mengungkapkan apa yang ada di balik setiap proyek.

Dengan cara ini pengunjung kamu bisa merasakan seperti apa proyek kamu, dan bagaimana kamu pindah dari tahap perencanaan awal hingga selesai. Berikut adalah komponen untuk disertakan dalam studi kasus kamu:

  • Tujuan proyek: Mengapa kamu memulai proyek.
  • Obyektif: Apa yang kamu capai.
  • Mendekati: Bagaimana kamu mencapainya.
  • Durasi proyek: Berapa lama waktu yang kamu butuhkan.
  • Peran kamu: Bagaimana kamu berkontribusi pada tim atau proyek.
  • Ikhtisar produk akhir: Gambar, video, tautan, dll.

Testimonial

Memiliki beberapa kata dari klien kamu bisa sangat berarti bagi mereka yang baru saja mendarat di halaman kamu. kamu dapat membuat daftar keterampilan kamu dan mengatakan betapa hebatnya kamu, tetapi membiarkan orang lain mengatakan itu dapat memiliki pengaruh besar. Hubungi klien kamu sebelumnya dan minta penawaran yang dapat kamu gunakan di situs web kamu. Orang-orang yang senang bekerja dengan kamu akan dengan senang hati memuji pekerjaan baik kamu dengan kesaksian.

Ajakan bertindak

Ajakan bertindak melengkapi tujuan portofolio kamu. Untuk membantu kamu membuat ajakan bertindak untuk situs kamu, ingatkan diri kamu tentang tujuan situs web kamu. Tindakan apa yang kamu ingin pengunjung lakukan? Situs web kamu harus menyediakan berbagai cara klien dapat menghubungi kamu. Pastikan untuk menyertakan alamat email bisnis kamu bahkan jika kamu menggunakan formulir kontak karena beberapa klien lebih menyukainya daripada formulir.

Contoh Template Website Portfolio

ePortfolio

ePortfolio adalah salah satu template untuk membuat website portofolio. Template ePortfolio menampilkan iklan dengan cara yang elegan dan minimalis, membuat situs web kamu terlihat lebih cerah saat kamu mengunjunginya. Template ini mendukung full screen atau layar penuh dengan 3 kolom untuk melihat foto. Selain itu, template ini juga responsif

Perfect Portofolio

Perfect Portofolio merupakan template WordPress portfolio gratis premium yang sempurna untuk pekerja lepas, fotografer, desainer grafis, produser video, dan desainer situs web yang ingin memamerkan karya mereka dalam tata letak yang menarik.

Keunggulan dari template ini adalah mobile friendly sehingga kamu dapat dengan mudah membukanya di perangkat apapun. Selain itu, Perfect Portfolio juga memiliki fitur speed optimization yang membuat loading website kamu menjadi lebih cepat.

Ignis

Kali ini templatenya unik banget ya Ignis. Template ini memiliki tampilan header yang cukup lebar. Kemudian, posting satu foto yang paling sesuai dengan pekerjaan kamu dan jelaskan keterampilan yang telah kamu pelajari. kamu juga dapat menggunakan video yang menunjukkan potensi kamu sebagai seorang profesional. Kami bertujuan untuk memudahkan pengunjung dengan cepat mengenali poin yang ingin mereka sampaikan melalui tampilan header yang lebar. Pengunjung scroll ke bawah dan langsung temukan bukti karya terbaik kamu. Tata letak kisi yang menarik dan animasi hover membuat kreasi kamu terlihat menarik dan profesional.

Integral

Tema Integral WordPress adalah salah satu templat terbaik untuk situs web portofolio. Header ini memiliki area gambar yang besar dan dapat menggunakan teks overlay atau tombol untuk ajakan bertindak. Sebagai tema satu halaman, kamu dapat mengakses beberapa baris konten. Integral membantu kamu mempresentasikan proyek kamu dengan cara yang sederhana dan elegan.

Contoh Website Portofolio Terbaik

Melissa Sunjaya

Portofolio desainer Melissa Sunjaya adalah contoh sempurna jika karya kamu memerlukan deskripsi mendetail. Meskipun tampilan beranda sederhana, halaman kedua berisi banyak informasi.

Itu dikemas dengan informasi, tetapi pilihan font dan kombinasi warna Melissa tidak membuat mata pembaca tegang sama sekali. Manfaat lain dari situs web portofolio Melissa adalah tombol Sebelumnya, Berikutnya, dan Semua Karya memudahkan untuk melihat karya Melissa lainnya tanpa kembali ke halaman beranda. .

Emily Ridge

Contoh situs web portofolio berikut berasal dari pengembang dan perancang WordPress Emily Ridge. Tampilan halaman muka penuh dengan gambar, tetapi pengunjung tidak peduli sama sekali. Halaman kedua menyerupai slide presentasi, tetapi lebih mudah dibaca. Setiap uraian disajikan dalam bentuk catatan dan ilustrasi untuk memudahkan pemahaman pembaca.

BLUWave

Contoh website portfolio ini dari digital marketing agency di Indonesia. BLUWave memastikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan dengan klasifikasi di beranda. Bentuk klasifikasi ini sangat cocok bila hasil karya kamu sangat luas dan bervariasi. Jadi setiap orang dapat dengan mudah menemukan apa yang ingin mereka lihat.

Agnes Project Asia

Situs web portofolio Agnes Project Asia akan menjadi inspirasi besar bagi kamu. Selain bermain dengan kategorisasi, fitur chat yang terhubung langsung dengan WhatsApp memudahkan orang lain untuk menghubungi web developer Indonesia ini.

Tidak diperlukan tampilan yang rumit. Gerakkan kursor kamu ke bawah untuk melihat hasil pekerjaannya dengan klien dari berbagai negara dengan cepat. Berkat kategorisasinya, setiap bagian terlihat jelas dan mudah ditemukan.

David O’leary

Jika kamu memiliki portofolio sulih suara, Soundcloud mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk menyimpan semua pekerjaan kamu. Namun, tidak ada salahnya membuat web hanya untuk portofolio narasi kamu. Mengklik proyek akan memberi kamu beberapa opsi audio untuk didengarkan. Dengan perspektif ini, akan sulit untuk menolak mendengarkan karyanya.

BimaCreative

Contoh lain dari portofolio web berasal dari firma agensi digital kreatif Bima Creative. Saat pertama kali masuk ke beranda, kamu akan melihat animasi bentuk geometris yang bergerak secara acak. Agar tidak terlalu ramai, Bima Creative memadukannya dengan layout minimalis yang berisi informasi tentang layanan yang ditawarkan.

Geser ke bawah untuk melihat kreasi kamu dalam kisi visual. kamu juga dapat dengan mudah menemukan informasi kontak di sini untuk bekerja dengan Bima Creative.

Island Media

Agensi digital Island Media mencoba memberikan tampilan profesional dengan memilih kombinasi warna hitam dan biru sebagai dua warna utama untuk tampilan dan nuansa situs web mereka. 

Selain permainan warna, transisi di halaman kedua juga memberikan kesan profesional. Tentunya hal ini didukung oleh gambar dan font serta menyatu dengan baik dengan elemen lainnya.

Himawan Pradipta

Siapa bilang kotak tulisan kamu hanya bisa berisi font yang membuat mata kamu tegang?UX writer dan copywriter Himawan Pradipta membagikan tulisannya melalui website portofolionya yang mudah dibaca.

Himawan tidak ingin teks yang padat merusak tampilan dan nuansa website yang minimalis. Jadi dia memutuskan untuk meringkas tulisannya dalam kalimat pendek. Saya juga menyertakan tautan ke artikel lengkap jika kamu ingin membaca lebih lanjut.

Rifat Najmi

Namun, portofolio desainer UI dan UX Rifat Najmi adalah salah satu contoh portofolio terbaik di sini. Rifat tidak hanya memfokuskan portofolionya pada desain, tetapi juga memperhatikan faktor lain seperti struktur konten dan gaya bahasa yang digunakan.

Rifat berhasil memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung. Ini adalah situs web yang tampak hebat dengan banyak konten tetapi tidak terlalu berat. kamu dapat dengan mudah memahami apa yang ingin dia sampaikan.

Dapatkan Domain Murah Terbaik Untuk Website Portfoliomu hanya di RNA

Anyway, jika kamu sedang bingung ingin memulai untuk membangun website portfolio sendiri, kamu pasti memerlukan nama domain. Nah, tidak perlu bingung karena RNA memiliki layanan penyedia domain murah dengan kualitas yang terbaik. Atau, kamu bisa bergabung menjadi Reseller Domain RNA. Yuk kunjungi website RNA dan daftarkan dirimu segera!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds