No ratings yet.

Perbedaan Digital Marketing, Pemasaran Tradisional dan Internet Marketing

Digital marketing menggunakan saluran digital seperti situs web dan media sosial sebagai alat untuk komunikasi pemasaran. Kamu mungkin sering menjumpai iklan ketika kamu bermain media sosial. Nah, itu adalah salah satu bentuk dari digital marketing.

Pemasaran tradisional di sisi lain melibatkan saluran tradisional seperti papan reklame dan media cetak. Iklan yang biasanya muncul di televisi, papan billboard yang berada di pinggir jalan adalah salah satu contoh pemasaran tradisional. 

Perbedaan paling mendasar dari digital marketing dan pemasaran tradisional adalah media dimana audiens menemukan pesan pemasaran. Sedangkan untuk internet marketing atau online marketing adalah setiap kegiatan atau usaha untuk memasarkan produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Ruang lingkup pemasaran online seluas pemasaran digital.

Contoh Digital Marketing Channel

Search Engine Optimization (SEO)

Dengan menggunakan SEO, pemasar dapat menentukan peringkat di halaman hasil pencarian untuk kata kunci mereka yang paling relevan dan menjangkau banyak pelanggan potensial. SEO membantu pemasar dengan pemasaran media sosial mereka dan mengoptimalkan kehadiran online mereka sehingga akan mendatangkan traffic website berkualitas tinggi dengan potensi konversi tinggi.

Strategi SEO yang efektif terdiri dari beberapa teknik sinergis, termasuk penelitian kata kunci, pembuatan konten, pembuatan backlink, dan pengoptimalan website. Namun, SEO bisa menjadi agak rumit dan memakan waktu bagi pemilik bisnis terutama karena algoritma yang digunakan search engine seperti Google untuk menentukan peringkat konten diperbarui setiap saat. 

Search Engine Marketing (SEM)

Sementara SEO membantu pemasar memberi peringkat secara organik untuk kata kunci target mereka, SEM adalah tentang meningkatkan traffic website mereka dari search engine melalui iklan berbayar. Dua layanan SEM yang paling umum digunakan adalah Bing Ads dan Google AdWords. 

SEM membantu pemasar menempatkan iklan berbayar di halaman hasil pencarian. Iklan ini terlihat hampir identik dengan hasil penelusuran organik di Google. Mereka muncul dibagian atas hasil pencarian dan memberi kamu visibilitas yang hebat dan brand awareness secara instan. 

Pay Per Click Ads

Pay per click atau juga dikenal sebagai PPC adalah salah satu jenis digital marketing yang paling umum. Ini adalah model periklanan khusus dimana kamu hanya membayar untuk jumlah klik yang kamu dapatkan pada iklan kamu. PPC berada dibawah payung SEM ketika berlaku untuk iklan di hasil penelusuran search engine. 

Jika pelanggan mengklik iklan kamu, kamu membayar biaya minimal. Jika tidak ada yang mengkliknya, maka kamu tidak perlu membayar apa – apa. Ini membuatnya menarik bagi usaha kecil yang memiliki anggaran terbatas. Namun juga sulit untuk memprediksi berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan. 

Email Marketing

Email marketing adalah cara yang bagus bagi kamu untuk mempromosikan produk dan layanan kamu, membangun hubungan, menginspirasi loyalitas pelanggan, dan mendapatkan feedback berharga dari pelanggan. Caranya adalah dengan membangun dan membuat konten email marketing yang menarik dan menargetkan audiens atau pelanggan kamu, membuat baris subjek yang menarik dan menyusun strategi waktu terbaik untuk mengirim email. 

Content Marketing

Jika biasanya bisnis memasarkan diri mereka sendiri dengan mempromosikan produk, layanan, atau branding mereka, content marketing mengalihkan fokus audiens untuk mempromosikan nila kamu melalui konten yang relevan dan bermanfaat. Jenis content marketing beragam, seperti blog, video, postingan media sosial, dsb.

Strategi content marketing yang efektif adalah tentang bagaimana membuat konten yang ingin dilihat audiens kamu, dengan tujuan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Kelebihan lain dari content marketing adalah bahwa hal itu terkait dengan baik dengan upaya digital marketing. Konten yang bagus harus menjadi dasar strategi digital marketing kamu. 

Social Media Marketing

Seperti namanya, social media marketing adalah tentang menggunakan kekuatan konten di media sosial untuk memasarkan bisnis kamu. Jaringan media sosial telah mendominasi media digital selama dekade terakhir dan menarik jutaan pengguna di seluruh dunia. Ini menjadikan mereka sumber traffic yang berharga.

Kunci keberhasilan kampanye pemasaran media sosial adalah membuat konten yang dapat dibagikan (bahkan jika memungkinkan hingga viral). Saluran media sosial adalah bagian penting dari setiap strategi digital marketing yang efektif karena ini adalah salah satu dari sedikit saluran yang menawarkan komunikasi dua arah antara merek dan pelanggan. 

Influencer Marketing

Influencer marketing mengacu pada pembuat konten media sosial yang memiliki banyak pengikut dalam niche atau komunitas tertentu. Sederhananya, influencer marketing adalah versi upgrade dari platform pemasaran dari mulut ke mulut. 

Dengan bermitra dengan influencer, kamu mendapat akses ke followers mereka. Followers ini sering mempercayai dan mengagumi influencer yang membuat mereka jauh lebih mungkin untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer. 

Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang paling menguntungkan. Ini melibatkan kemitraan dengan online retailer dimana kamu mendapat komisi dari setiap penjualan atau prospek yang kamu bawa. Ada dua cara paling umum untuk melakukan ini adalah dengan menawarkan kode diskon unik kepada audiens atau menautkan link ke website kamu dari web atau konten mereka.

Setiap kali pengguna memasukkan kode diskon atau mengklik link tersebut, kamu membayar mitra afiliasi kamu untuk traffic atau penjualan yang dilakukan pengguna. 

Video Marketing

Video dapat menjadi alat digital marketing yang kuat jika kamu tahu cara menggunakannya. Melalui video marketing, kamu dapat mempromosikan bisnis kamu, meningkatkan traffic ke website kamu, mendorong keterlibatan, dan bahkan potensi untuk viral. 

Contoh Digital Marketing yang Sukses & Strateginya 

Netflix

Contoh pertama adalah dari platform streaming AS yaitu Netflix. Menjual kualitas premium berbagai fasilitas dan berbagai film. Benar, jumlah langganannya cukup mahal. Dibandingkan dengan berbagai pesaing seperti Disney Plus dan Catchplay, platform ini menawarkan pengalaman yang berbeda. Kisah sukses pemasaran digital ini memahami apa yang diinginkan audiens mereka.

Gojek

Nama Gojek sudah pasti dikenal karena layanan ini membawa begitu banyak perubahan di Indonesia. Lompatan seperti ini harus dimanfaatkan dan bisa ditiru oleh generasi mendatang. Pengendara ojek memiliki citra yang kuat sebagai sosok yang mengintimidasi, namun Gojek menawarkan kemudahan untuk bisa pergi kemanapun tanpa rasa takut. Apalagi pengembangan sayapnya tergolong beragam, dengan hampir semua divisinya ada. Mulai dari makanan hingga layanan antar barang mereka memastikan kebutuhan pelanggan selalu tersedia. 

Tokopedia

Ada berbagai penyedia e-commerce di Indonesia, namun harus diakui Tokopedia adalah yang pertama dan masih memiliki tempat di hati dan pikiran pelanggannya. Selama diskon besar tidak berhenti, perusahaan berlogo burung akan terus berkembang dengan baik. Tawaran tersebut seolah memenuhi keinginan pembeli. Kunci untuk mengembangkan metode pemasaran digital adalah memahami apa yang diinginkan pasar. 

Jika kamu berpikir sejenak tentang apa yang kamu inginkan dan kemudian mengumumkan sebuah inovasi, orang biasanya menertawakan kamu. Secara alami, kami masih terlalu baru untuk menerima semua perubahan ini. Namun, setelah itu, mereka yang mengolok-olok pada akhirnya akan menjadi pelanggan juga. Tokopedia menerapkan strategi ini.

ByU

Selanjutnya, By.U adalah operator seluler yang menonjol sebagai penyedia paling sukses dalam hal memenangkan hati dan pikiran penyedia layanan lainnya. Mereka bekerja sama untuk menerapkan teknik pemasaran digital untuk mencapai hasil. Pada dasarnya, pemasaran digital mengikuti ide keuntungan.

Poin pertama, tidak peduli seberapa kecil atau besar, adalah masa lalu. Baru setelah itu kamu bisa memikirkan langkah-langkah yang sudah baik dan yang perlu diperbaiki. Selain itu, operator ini juga menjadi pionir dalam menciptakan kemudahan pembelian nomor baru. Hanya menggunakan ponsel sebagai perantara, tidak memiliki sistem offline, dan memiliki pangsa pasar yang sangat jelas. Plus, memiliki keuntungan menggunakan jaringan Telkomsel yang dikenal lancar, prima dan selalu dengan kualitas terbaik. Mereka juga mengerti apa yang diinginkan anak muda.

Saatnya Raih Kesuksesan Online dengan Domain Website Sendiri 

Sekarang kamu sudah lebih tahu contoh digital marketing yang sukses dan patut untuk dicoba. Beragam jenis digital marketing yang telah dijelaskan diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Kamu hanya perlu mengetahui kebutuhanmu dan memilih jenis digital marketing mana yang paling cocok untuk kamu terapkan.

Anyway, jika kamu ingin menerapkan SEO, SEM, atau Pay Per Click Ads, kamu dapat mulai membangun website kamu sendiri. Namun sebelum itu, kamu membutuhkan domain yang sesuai dengan image website kamu. RNA datang dengan berbagai domain berkualitas dengan harga yang terjangkau. Yuk kunjungi RNA dan miliki domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds