No ratings yet.

Apa Itu Link Website?

Sebelum mengetahui cara membuat link web, kamu perlu memahami terlebih dahulu apa itu link website. Pada dasarnya, arti dari link website sangat sederhana dan mudah dipahami. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menemukan banyak link atau tautan ke situs web ini. Tautan situs web adalah gambar, teks, atau elemen lain yang disematkan di URL situs web sehingga mengklik elemen tersebut membawa kamu ke situs web di URL tersebut.

Link website memungkinkan halaman web untuk terhubung ke halaman web lain. Tanpa mereka, kamu perlu mengetahui URL untuk setiap halaman di Internet. Sebagai contoh, kamu dapat masuk ke halaman artikel pengertian website dengan hanya mengklik tautan “pengertian website”, dan tidak mengetik “https://rna.id/blog/website-adalah/” pada search bar.

Elemen target tautan atau URL situs web disebut “anchor”. Misalnya, jika kamu membuat kata “link website” dan menambahkan URL situs web ke dalamnya, kata tersebut menjadi tautan situs web. Kata “link website” disebut anchor.

Struktur Link Website

Secara umum, struktur link website terdiri dari tiga bagian yaitu protokol, nama domain, dan jalur atau path. RNA akan membahasnya satu per satu dengan menggunakan contoh link website RNA agar kamu dapat dengan mudah memahaminya. Berikut adalah link website RNA:

Protokol

Protokol adalah bagian pertama dari link website. Komponen-komponen ini mewakili fungsi spesifik atau hal spesifik yang dapat dilakukan di situs web. Protokol yang paling umum digunakan saat ini adalah HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Protokol ini digunakan untuk mengenkripsi informasi pengenal pribadi seperti kata sandi, informasi kartu kredit, dan informasi lainnya. Dengan cara ini, kamu dapat melindungi informasi pribadi kamu dari peretas. Menggunakan protokol HTTPS tidak hanya melindungi data pribadi kamu, tetapi juga meningkatkan reputasi situs web kamu di mesin telusur seperti Google dan Safari.

Mesin pencari seperti Google menganggap situs web yang menggunakan HTTPS aman bagi penggunanya. Alhasil, website yang menggunakan SSL cenderung tampil lebih tinggi. Namun, protokol link website tidak terbatas pada HTTPS saja. Ada juga protokol FTP untuk mentransfer dokumen dan file, protokol MAILTO untuk mengirim email langsung melalui Internet, dan JDBC untuk mengakses database.

Nama Domain

Selanjutnya pada bagian nama domain atau yang biasa dikenal sebagai Second Level Domain (SLD), kamu dapat melihat situs web yang sedang kamu akses. Nama domain ini dapat membantu branding website kamu. Jadi jangan asal saat memilih nama domain. Pastikan nama domain kamu selaras dengan website kamu dengan pemilihan kata yang singkat dan jelas. Sebagai contoh nama domain RNA adalah rna.id yang sesuai dengan nama website akan memudahkan pengunjung untuk mengingat dan menemukan website RNA.

Jalur atau Path

Jalur atau path berfungsi untuk menentukan lokasi file atau sumber daya yang ingin diakses pengguna. Dalam contoh dibawah ini jalur yang ditentukan adalah artikel “https-adalah”.

Fungsi Link Website

Tidak dapat dipungkiri bahwa apa yang disebut dengan link website selalu diperlukan saat melakukan aktivitas terkait situs web atau saat membuat konten tertulis seperti artikel dan berita. Selain situs web, mungkin juga terdapat tautan ke situs web dalam dokumen dalam format .doc, .pdf, dll. Meskipun terlihat sangat sederhana, tautan situs web ini memiliki beberapa fitur penting, diantaranya:

Memudahkan Pengguna Mengakses Website

Fungsi yang pertama adalah untuk memudahkan akses pengguna. Tentu saja, tautan pada sebuah kata dapat membawa pengguna langsung ke situs web tersebut berdasarkan kata yang ditunjuk oleh tautan tersebut.

Misalkan kamu menemukan rekomendasi nama domain dalam sebuah artikel RNA, kamu tidak perlu mengetikkan URL RNA di browser kamu untuk menemukan rekomendasi tersebut, cukup klik tautannya dan kamu akan langsung dibawa ke halaman yang sesuai dengan tautan tersebut.

Tautan situs web ini penting search engine dan pengguna. Setiap kali search engine menjelajah halaman web, itu mengindeks halaman web dengan mengikuti satu atau lebih tautan yang tersedia di halaman web. Mesin pencari tidak hanya mengikuti tautan untuk menemukan halaman web yang berbeda, mereka juga menggunakan teks tautan untuk menentukan permintaan pencarian mana yang sesuai untuk mencapai halaman web target.

Link memengaruhi apakah mesin telusur merasa lebih mudah untuk menautkan ke situs Anda. Masalahnya, aktivitas mesin pencari ini sulit diukur. Bisnis secara organik memberi peringkat situs web mereka lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Menambah Internal dan External Link

Link situs web mempengaruhi kemudahan mesin telusur untuk menautkan ke situs web Anda. Masalahnya adalah aktivitas mesin pencari sulit diukur. Bisnis secara alami ingin situs web mereka mendapat peringkat tinggi dalam hasil pencarian.

Teori Search Engine Optimization (SEO) menyatakan bahwa memiliki lebih banyak backlink meningkatkan reputasi domain kamu, yang mempengaruhi peringkat dan pengindeksan situs web kamu di mesin pencari. Namun backlink adalah link website yang perlu disematkan oleh website lain yang mengarahkan mereka ke website kamu.

Ada satu parameter lagi yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan SEO ini dan tentunya bisa anda lakukan sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Itu adalah dengan menambahkan tautan internal dan eksternal ke konten situs web kamu. Seperti halnya backlink, internal dan external link juga bisa meningkatkan SEO kamu.

Internal link adalah tautan situs web yang mengarah ke konten situs web. Mengapa disebut internal? Karena itu adalah URL dari situs web yang disematkan atau ditautkan. Tautan internal berisi URL internal, URL situs web kamu. Misalnya, jika kamu memiliki blog dan memiliki artikel A, B, dan C. Kamu dapat membuat tautan situs web pada artikel A dan pergi ke artikel B, atau Anda dapat membuat tautan situs web pada artikel C dan tautan tautan situs web ke artikel juga dapat dilakukan. A.

Berbeda dengan tautan eksternal. Tautan ini berisi URL eksternal, URL situs web di luar situs web Anda. Misalnya, Pasal A memiliki pernyataan tentang pembuatan situs web yang mengarah ke URL di luar situs web.

Elemen Link Website

Href

Href (Hypertext Reference) menunjukkan hubungan antara halaman ke mesin pencari. Href adalah atribut dari tag anchor dan berisi dua komponen, yaitu URL (link sebenarnya) dan teks atau objek yang dapat di klik yang akan dilihat pengguna (anchor)

Hreflang

Hreflang adalah atribut HTML yang digunakan untuk menentukan bahasa dan penargetan geografis halaman web. Jika kamu memiliki beberapa versi halaman yang sama dalam bahasa yang berbeda, kamu dapat menggunakan tag hreflang untuk memberi tahu search engine tentang variasi ini. Ini membantu mereka untuk menyajikan versi yang benar kepada pengguna.

Rel

Atribut rel mendefinisikan bagaimana link atau elemen tertentu di halaman web kamu berhubungan dengan elemen lain. Ini seperti jembatan tak terlihat yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain, dan membantu browser memahami tautan mana yang terkait.  

Target

Atribut target memberitahu browser tempat dokumen tertaut harus dimuat. Ini biasanya diikuti dengan beberapa value seperti blank untuk membuka linked document pada tab atau jendela baru, dan self untuk membuka linked document pada halaman yang sama.

Title

Title mendefinisikan judul dokumen. Judul harus berbentuk teks, dan ditampilkan di title bar browser atau di tab halaman. Isi judul halaman sangat penting untuk SEO sebab ini digunakan oleh algoritma search engine untuk menentukan urutan saat mencantumkan halaman di hasil pencarian.

Download

Atribut ini menentukan bahwa target akan diunduh ketika pengguna mengklik link website. Nilai atribut akan menjadi nama baru dari file yang diunduh dan browser akan secara otomatis mendownload ketika link telah ditekan.

Cara Membuat Link Website

Membuat link ke sebuah website tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan bahwa membuat link ke sebuah website adalah dasar dalam bidang pembuatan konten dan pembuatan website. Berikut cara membuat link web:

Menggunakan Google Docs

Cara membuat link website yang pertama adalah menggunakan Google Drive. Ini adalah alat yang sangat komprehensif untuk menjadi afiliasi di tempat kerja. Ada beberapa alat yang sangat berguna dan penting seperti Google Docs dan Docs sebagai ruang kerja Word. Kamu dapat membuat dokumen dan menyimpannya dalam format .doc atau .pdf.

Jika kamu menggunakan Google Documents, kamu dapat membuat tautan situs web dengan membuat blok teks atau kata yang kamu sematkan atau tetapkan ke URL situs web. Kemudian pilih Sisipkan Tautan dari bilah menu atas di bagian atas dokumen seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Jika sudah selesai, klik “apply” dan kata yang kamu blok tadi akan secara otomatis berubah menjadi biru dan link website telah tersematkan.

Menggunakan WordPress

Cara kedua membuat link website, selain menggunakan Google Docs, adalah melalui WordPress. Ini adalah CMS populer yang banyak digunakan untuk pembuatan konten artikel. Membuat link website di WordPress tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Pertama, blokir kata atau frasa yang ingin kamu tautkan, lalu pilih tautan atau gunakan pintasan Ctrl + K. Kemudian masukkan URL yang diinginkan.

Menggunakan Code HTML

Cara terakhir membuat link website adalah dengan kode. Ini biasanya yang Anda inginkan saat membangun situs web. Membuat tautan situs web cukup mudah, terutama jika kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat kode setiap hari. Caranya adalah dengan menggunakan tag <a>. Kemudian tambahkan tautan dengan atribut href=”” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah Cara membuat tautan situs web.

Tidak hanya cara ini banyak digunakan untuk membuat link website, sebagian besar kode yang menggunakan tag  juga digunakan untuk membuat button dan button. Untuk membuat tombol, kita perlu membuat gaya tambahan, seperti menambahkan warna latar belakang dan spasi.

Sudah Siap Untuk Membuat Link Website dengan Nama Domain Sendiri? 

Nah, sekarang kamu telah mengetahui cara membuat link website sendiri. Ternyata mudah diterapkan bukan? Kamu juga bisa membuat link website dengan nama domain sendiri, join reseller domain di RNA dan beli domain murah sekarang!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds