No ratings yet.

DNS 1.1.1.1 adalah salah satu jenis Sistem Nama Domain paling populer di Cloudflare. Layanan ini menampilkan enkripsi sehingga permintaan DNS kamu tidak dapat dimata-matai, membantu menjaga privasi pengguna internet dengan baik. Selain mengutamakan kecepatan dan privasi, Domain Name System 1.1.1.1 juga memungkinkan kamu untuk mengakses website yang diblokir tanpa menggunakan VPN. Untuk menggunakannya, kamu dapat mengkonfigurasinya di bagian “Pengaturan” di perangkat kamu. Lihat deskripsi di bawah untuk detailnya. Langsung saja mari kita mulai!

Apa Itu DNS 1.1.1.1?

Browser dan alat jaringan lainnya tidak menggunakan nama domain untuk menemukan lokasi data yang mereka butuhkan, akan tetapi mereka menggunakan IP address. Sayangnya, IP address numerik sulit diingat manusia. Itulah sebabnya kita menggunakan nama domain seperti www.rna.id untuk menemukan situs web yang kita cari. Disinilah peran server DNS masuk.

DNS (Domain Name System) adalah database public IP address dan nama domain yang terkait pada setiap address. Ini digunakan untuk menerjemahkan nama domain yang mudah digunakan menjadi IP address yang ramah komputer. Lalu apa itu DNS 1.1.1.1?

DNS 1.1.1.1 adalah DNS resolver publik yang dioperasikan oleh Cloudflare. Mereka menawarkan cara cepat dan pribadi untuk menjelajahi internet. Tidak seperti kebanyakan DNS resolver, 1.1.1.1 tidak menjual data penggunanya kepada pengiklan. Selain itu, DNS resolver ini telah diukur dan di klaim sebagai DNS resolver tercepat yang tersedia. 

Secara khusus, Cloudflare mengklaim penyelesaiannya akan memakan waktu 14,8 ms untuk menjawab permintaan DNS. Ini mengalahkan rata – rata 70 ms diantara ISP dan waktu response 34,73 ms dari layanan public DNS Google. Cloudflare mengklaim keunggulan ketepatannya berasal dari kekuatan lebih dari 1000 servernya di seluruh dunia.

Kelebihan Menggunakan DNS 1.1.1.1

Dalam praktiknya, pengguna biasanya menggunakan DNS yang disediakan oleh Penyedia Layanan Internet (ISP) mereka atau dari penyedia lain seperti Open DNS atau Google DNS.  Menurut DNSPerf, DNS 1.1.1.1 seharusnya memiliki waktu response tercepat jika di bandingkan ketiga jenis DNS tersebut.

DNS Cloudflare memiliki keuntungan menyediakan akses browser yang lebih cepat dan lebih aman. Menggunakan DNS 1.1.1.1 memerlukan waktu response hanya 10,95 ms, yang juga dianggap sebagai DNS tercepat di dunia.

DNS 1.1.1.1 juga bertugas untuk mengamankan permintaan DNS dari mata – mata ISP, melindungi dari DNS Poisoning, memfilter malware dan konten dewasa, dan lebih menyenangkannya DNS ini tersedia di desktop dan seluler.

Fitur DNS 1.1.1.1 Cloudflare

Jika berbicara menyangkut keamanan, berdasarkan informasi yang dikumpulkan di halaman 1.1.1.1, layanan DNS Cloudflare tidak mencatat alamat IP pengguna, menyimpan log, atau menghapus riwayat penelusuran. Oleh karena itu, pengalaman menjelajah virtual pengguna lebih aman dalam hal privasi.

Cloudflare terkenal karena infrastruktur jaringan dan teknologi keamanannya, tetapi DNS Resolver 1.1.1.1 nya yang ditujukan tepat pada konsumen. Layanan ini menyembunyikan permintaan DNS kamu, melindungi informasi penting dari ISP kamu. Fitur Warp Opsional berupaya meningkatkan kecepatan penjelajahan kamu, sekaligus menawarkan beberapa perlindungan VPN. 

Cara Setting DNS 1.1.1.1

Agar kamu dapat  memanfaatkan DNS 1.1.1.1, kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk melakukan setting DNS dengan tepat. Berikut adalah cara melakukan setting DNS 1.1.1.1 pada berbagai perangkat. Mulai dari desktop hingga ponsel. Yuk simak caranya dibawah ini:

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di iPhone

  1. Hubungkan iPhone kamu ke jaringan Wifi. Kemudian tekan icon jaringan Wifi tersebut agar kamu dapat mengakses DNS 1.1.1.1
  2. Scroll menu Wifi dan pilih opsi “Configure DNS” lalu pilih “Manual”
  3. Klik tanda “-” dan hapus jika kamu menggunakan pengaturan sebelumnya. Kemudian klik tanda “+” untuk menambah DNS baru yang akan dipakai.
  4. Ketik “1.1.1.1” dan “+” sekali lagi, kemudian ketik “1.0.0.1”
  5. Jika sudah, tekan tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Android

  1. Masuk ke jaringan Wifi yang tersedia. Kemudian klik icon Wifi untuk dapat melakukan setting DNS
  2. Tekan dan tahan jaringan wifi yang sedang kamu pakai, kemudian klik “Manage Network Settings”
  3. Klik checkbox “Show advanced option” lalu klik tombol “Save”
  4. Pada bagian “IP Settings” klik DHCP dan ganti dengan “Static”
  5. Hapus semua DNS addresses yang mungkin sudah terdaftar dan ganti dengan menambahkan 1.1.1.1 pada DNS 1 dan 1,0.0.1 pada DNS 2
  6. Jika sudah selesai klik tombol “Save”. Jika kamu tidak menemukan perubahan, coba untuk disconnect dan reconnect ke jaringan wifi tersebut.

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di Windows

  1. Klik icon “Start”, kemudian cari control panel. Klik hasil teratas untuk membuka control panel
  2. Klik “Network and Internet”. Kemudian pilih “Network and Sharing Center”.
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman network and sharing center. Pilih “Change Adaptor Settings” pada bagian kiri halaman.
  4. Akan ada beberapa icon seperti bluetooth dan jaringan. Klik kanan adaptor Wifi atau ethernet yang sedang aktif dan pilih “Properties”
  5. Pilih opsi “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”. Kemudian klik tombol “Properties”
  6. Pilih “Use the following DNS server addresses”.
  7. Pada kolom “Preferred DNS Server”, ketikkan 1.1.1.1
  8. Pada kolom “Alternative DNS Server”. Ketikkan 1.0.0.1
  9. Tekan tombol “OK”

Cara Setting DNS 1.1.1.1 di MacOS

  1. Klik icon “Apple” pada bagian pojok kiri atas. Kemudian pilih “System Preferences”
  2. Setelah itu, pilih “Network” dan klik tombol “Advanced”
  3. Pilih bagian “DNS”
  4. Klik tombol “+” dan isikan angka berikut pada bagian “DNS Server”. Lakukan satu persatu sampai keempat angka tertulis semua.

1.1.1.1

1.0.0.1

2606:4700:4700::1111

2606:4700:4700::1001

  1. Jika sudah selesai, klik tombol “OK”

Dapatkan Domain Murah Terbaik hanya di RNA

Nah, kamu sudah mengetahui  cara untuk setup DNS 1.1.1 di berbagai perangkat seperti Android, Iphone, Windows 10, MacOS. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa DNS 1.1.1.1 adalah sejenis DNS  yang dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan lebih kepada pengguna saat melakukan aktivitas Internet.Sekarang kamu dapat memulai pengaturan DNS 1.1.1.1 dan merasakan pengalaman berselancar internet yang lebih cepat dan tentunya lebih aman. Anyway, jika kamu sedang mencari domain yang berkualitas dengan harga yang ramah dikantong, RNA punya solusinya untukmu. Yuk kunjungi Reseller Domain RNA dan segera miliki domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds