No ratings yet.

Apa Itu Iklan?

Iklan adalah proses mengembangkan pesan komunikasi berbayar yang dimaksudkan untuk memberi tahu orang tentang sesuatu atau memengaruhi mereka untuk membeli, mencoba, atau melakukan sesuatu. Iklan mengharuskan pengiklan (juga bisa disebut dengan sponsor) membayar untuk membuat pesan iklan, membeli slot media iklan, dan memantau upaya periklanan. Iklan dapat bersifat non pribadi seperti iklan TV, radio, atau bersifat sangat pribadi sebagai contoh iklan dalam media sosial dan ikan berbasis cookie lainnya. 

Iklan adalah metode yang dijamin untuk menjangkau audiens. Dengan membuat iklan yang menarik, kamu bisa menjangkau target audiens kamu dan akan berdampak langsung pada bisnis. Efek ini dapat dilihat dalam peningkatan penjualan atau peningkatan brand awareness. 

Jenis Iklan

Ada dua jenis iklan, pertama, iklan institusional, yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan daripada mempromosikan produk atau layanan tertentu. Yang kedua adalah iklan produk, yaitu iklan yang ditujukan untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada khalayak pelanggan atau calon pelanggan. Jenis iklan ini umum di berbagai platform tradisional dan digital.

Fungsi Iklan

Ada tiga fungsi utama periklanan yaitu untuk menginformasikan tentang merek atau penawaran, untuk membujuk orang untuk membeli atau melakukan sesuatu dan untuk mengingatkan dan memperkuat pesan merek

1. Untuk menginformasikan

Iklan digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan eksposur merek di target market. Menginformasikan pelanggan potensial tentang merek dan produk adalah langkah pertama untuk mencapai tujuan bisnis.

2. Untuk membujuk

Membujuk pelanggan melakukan sesuatu adalah fungsi iklan yang selanjutnya. Biasanya ini melibatkan aktivitas membeli atau mencoba produk dan layanan yang ditawarkan, membentuk citra merek, mengembangkan sikap yang menguntungkan terhadap merek, dll.

3. Untuk mengingatkan

Iklan membantu merek untuk mempertahankan kesadaran top-of-mid dan untuk menghindari kompetitor mencuri pelanggan. Ini juga membantu dalam pemasaran dari mulut ke mulut. 

Perbedaan Iklan Online dengan Iklan Konvensional

Iklan online atau digital advertising adalah proses mempromosikan, mendemonstrasikan suatu produk atau layanan menggunakan internet dan saluran jejaring sosial seperti search engine, website, media sosial, atau platform lain yang dapat digunakan dan diakses secara digital.

Sedangkan iklan konvensional adalah proses pemasaran dan menjangkau prospek dan pelanggan potensial melalui media tradisional seperti siaran televisi, radio, iklan cetak di koran, pamflet, dsb. Dibawah ini adalah beberapa perbedaan mendasar dari iklan online dan iklan konvensional:

1. Gaya komunikasi

Komunikasi digital memungkinkan kamu untuk memiliki komunikasi dua arah interaktif yang mendukung feedback langsung secara real-time. Sedangkan iklan tradisional terbatas pada komunikasi satu arah dengan feedback yang tidak bisa dirasakan langsung.

2. Efektifitas biaya

Iklan tradisional memiliki metode pembayaran yang berbeda sesuai dengan kebijakan masing – masing penyedia. Seperti koran dan iklan radio yang lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di televisi. Namun, diantara itu semua iklan online adalah yang paling murah, dengan lebih banyak peluang untuk memberi kamu prospek dan pelanggan potensial. 

3. Ketersediaan

Iklan tradisional memiliki waktu terbatas untuk menampilkan suatu iklan. Ini memiliki jadwal waktu tertentu untuk waktu tampilan yang singkat. Disisi lain, iklan online sangat tersedia dan dapat ditampilkan 24/7 sehingga lebih ideal untuk menjadi pilihan pertama calon bisnis dan marketing.

Jenis-Jenis Iklan di Internet

Search Engine Marketing

Search engine marketing (SEM) adalah periklanan yang ditujukan untuk meningkatkan visibilitas situs web bisnis kamu. Kamu membayar Google untuk muncul di halaman hasil mesin pencari. Lihatlah manfaat dari iklan internet!  Tampil di laman Google situs web kamu membantu orang mengetahui tentang bisnis kamu dan cenderung melakukan pemesanan di situs web kamu.  Search Engine Marketing (SEM) sering disebut sebagai PPC (Pay Per Click) dan dapat diukur dengan CPC (Cost Per Click).

Display Ads

Jenis iklan ini umum dilakukan secara online karena biasanya berupa foto, video, grafik, atau konten visual lainnya. Iklan ini biasanya ditampilkan di situs web pihak ketiga. Ketika seseorang mengkliknya, pengguna dialihkan ke situs web perusahaan.

Email Marketing

Pemasaran email adalah bagian dari periklanan online. Iklan tersebut ditampilkan oleh Merchant secara langsung kepada Pengguna atau ke email Pengguna. Umumnya, iklan ini ditujukan untuk pelanggan yang telah menyelesaikan pembelian di website atau aplikasi kamu.

Iklan ini membantu menjaga hubungan jangka panjang antara merek dan pelanggan kamu. Email marketing ini juga dapat mendorong pembelian berulang dan pesanan berulang dari pelanggan kamu. Pemasaran email memungkinkan kamu berbagi penawaran khusus atau menarik. Seperti diskon, pengiriman gratis, penjualan kilat, dan banyak lagi.

Social Media Advertising

Jenis iklan ini yaitu iklan yang muncul di media sosial, tentunya kamu bisa mengupload segala macam iklan di media sosial seperti : poster, video, dll. Iklan yang ditampilkan di media sosial sangat mudah digunakan. Social Media Advertising selain mengupload iklan, kamu juga bisa membuat iklan berdasarkan target audiens kamu yang berasal dari usia, jenis kelamin, lokasi atau tempat tinggal, latar belakang pendidikan, minat audiens target Anda, dll.

Mobile Advertising

Mobile Ads atau Iklan Seluler berarti iklan yang ditampilkan di aplikasi seluler, pemberitahuan push, pesan atau SMS. Perangkat mobile dan ponsel sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Oleh karena itu, iklan jenis ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan penjualan. Namun, perlu diingat bahwa periklanan seluler harus dilakukan dengan hati-hati agar pemirsa tidak merasa privasinya terganggu.

Sebutkan Keunggulan Iklan di Internet

Jangkauan Luas

Tentunya dengan beriklan online, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen dari dalam negeri hingga ke Indonesia dan luar negeri. Keuntungan ini juga akan membantu bisnis kamu saat berekspansi ke pasar global. Tentu saja, menemukan pelanggan yang berbeda dari seluruh dunia hanya dapat dilakukan melalui Internet.

Hemat Biaya

Ada hal penting lainnya yang dapat dicapai dengan menggunakan iklan online. Ini adalah peluang untuk menghemat uang untuk mengiklankan bisnis kamu. Ini karena iklan online lebih murah daripada iklan tradisional seperti televisi, radio, dan brosur.

Bahkan dengan anggaran terbatas, periklanan online dapat membantu kamu menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Tetapi kamu juga perlu membuat konten promosi yang dikemas secara menarik untuk membujuk pelanggan agar membeli produk atau layanan kamu.

Akses Data dan Insight

Ketika kamu menempatkan iklan di internet, apakah itu di Facebook, Google, atau Snapchat, kamu mendapatkan data dan insight secara real time. kamu mendapatkan informasi terperinci tentang siapa yang berinteraksi dengan iklan kamu (demografi, gaya hidup, kebiasaan, dll.), Berapa banyak uang yang kamu belanjakan, dan berapa banyak keuntungan yang kamu dapatkan.

Saatnya Beriklan dengan Domain Website Sendiri

Kehadiran iklan di Internet dan platform online lainnya telah mengubah cara kami memasarkan hari ini. Promosi online ini juga akan membantu bisnis kamu meningkatkan penjualan. Namun perlu diingat bahwa iklan kamu juga harus menarik. Kamu juga dapat memulai dengan membuat website dan mengiklankan produk dan layanan kamu disana. Nah, sebelum itu kamu perlu menemukan domain yang sesuai dengan image website kamu. Tak usah khawatir karena RNA menyediakan domain berkualitas dengan harga yang ramah di kantong. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi RNA dan miliki domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds