No ratings yet.

Apa Itu Certificate Authority?

Certificate authority adalah organisasi terpercaya yang menerbitkan sertifikat digital untuk situs web dan entitas lain. Organisasi ini memvalidasi domain situs web kemudian menerbitkan sertifikat TLS/SSL yang dipercaya oleh web browser seperti Google Chrome, Safari, dan Mozilla Firefox. Browser web menggunakannya untuk mengautentikasi konten yang dikirim dari server web dan memastikan kepercayaan pada konten yang dikirim secara online

Dengan demikian, certificate authority membantu menjaga internet menjadi tempat yang lebih aman dengan memverifikasi situs web dan entitas lain untuk memungkikan lebih banyak kepercayaan dalam komunikasi dan transaksi online.

Mengapa Harus Menggunakan Certificate Authority?

Sebagai penyedia sertifikat ini, certificate authority adalah jangkar kepercayaan yang andal dan kritis terhadap public key infrastructure (PKI). mereka membantu mengamankan internet untuk organisasi dan pengguna. 

Tujuan utama certificate authority adalah untuk memverifikasi keaslian dan kepercayaan website, domain, dan organisasi sehingga pengguna tahu persis dengan siapa mereka berkomunikasi secara online dan apakah entitas tersebut dapat dipercaya.

Tanpa otoritas sertifikat, belanja, perbankan, atau penjelajahan online akan kurang aman. Data yang dimasukkan ke dalam formulir web tidak akan diamankan dan berpotensi ditangkap oleh peretas yang mengendus data antara browser dan server.

Ketika certificate authority mengeluarkan sertifikat digital untuk situs web, pengguna tahu bahwa mereka terhubung dengan situs web resmi, bukan situs web palsu yang dibuat oleh peretas untuk mencuri informasi atau uang mereka.

Cara Kerja Certificate Authority

1. Validation

Beberapa perusahaan menggunakan email untuk memverifikasi identitas. Alamat yang tercantum sebagai kontak administratif harus menanggapi catatan untuk memulai proses. Perusahaan lain menggali lebih dalam untuk memastikan bahwa sumber terpercaya benar – benar mendukung situs tersebut

2. Generation

Kamu akan menghasilkan serangkaian kunci kriptografi, satu public key dan satu private key kamu juga akan mengisi formulir permintaan penandatanganan sertifikat. Kamu akan mengirimkan semua bagian ini ke mitra perusahaan kamu.

3. Verification

Perusahaan akan memeriksa dokumen dan key kamu. Jika semuanya beres, perusahaan akan menggunakan kriptografi public key untuk menandatangani sertifikat kamu. Kamu akan mendapatkan private key yang diterbitkan dan sertifikat yang ditandatangani kembali.

4. Stored

Kamu akan menempatkan sertifikat dan key yang tepat di website kamu.

Fungsi Certificate Authority

Verifikasi identitas pemilik website atau aplikasi

Fungsi pertama certificate authority adalah memverifikasi identitas pemilik situs web atau software builder. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir karena keamanannya telah dijamin oleh certificate authority. Pemeriksaan identitas ini biasanya bergantung pada jenis sertifikat yang diminta oleh pelanggan.

Menerbitkan sertifikat digital untuk keamanan situs web

Selain memverifikasi identitas pemilik website atau aplikasi, certificate authority juga membuat sertifikat digital sebagai bukti keasliannya. Setelah menerbitkan sertifikat digital, certificate authority meyakinkan pelanggannya bahwa:

  • Privasi. Data pelanggan dan private key disimpan dan dilindungi oleh certificate authority. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan data ID pelanggan oleh pihak lain.
  • Akses yang mudah. Semua pelanggan memiliki hak untuk mengakses dan menggunakan semua fitur yang disediakan oleh certificate authority.
  • Keamanan data. Semua data pelanggan yang disimpan di server certificate authority dilindungi dari penyadapan, pencurian, dan duplikasi yang dapat merugikan pelanggan. Dalam hal ini, lembaga sertifikasi berkewajiban untuk memberikan kompensasi kepada pelanggan atas semua kerugian yang terjadi. 
  • Akurasi informasi. Semua informasi yang diberikan kepada pelanggan harus konsisten dengan informasi yang diberikan kepada pelanggan. Misalnya, tingkat sertifikat harus sesuai dengan permintaan pelanggan.

Pantau validitas sertifikat digital

Tidak berakhir dengan pembuatan dan penerbitan sertifikat saja. Pekerjaan certificate authority selanjutnya adalah memantau validitas sertifikat yang dikeluarkan. Masa berlaku sertifikat certificate authority bervariasi tergantung pada jenisnya. Misalnya, sertifikat penandatanganan kode aplikasi berlaku hingga tiga tahun, tetapi sertifikat SSL situs web hanya berlaku selama satu tahun.

Jenis-Jenis Certification Authority 

TLS/SSL

Secure Sockets Layer atau sertifikat SSL adalah sertifikat digital yang digunakan untuk memverifikasi identitas pemilik situs web dan melindungi transmisi data yang dikirim ke server Sertifikat Transport Layer Security (TLS), di sisi lain, adalah versi yang lebih baru dari sertifikat SSL dan juga merupakan sertifikat CA dengan fitur perlindungan privasi.

Fungsi sertifikat SSL/TLS ini adalah untuk melindungi informasi sensitif dari pencurian data oleh penjahat dunia maya. Informasi yang relevan termasuk nama pengguna, kata sandi, email, dan nomor kartu kredit.

Client Signing

Sertifikat yang ditandatangani klien adalah sertifikat CA yang dapat digunakan sebagai pengidentifikasi digital untuk mengidentifikasi pengguna lain. Misalnya, pengirim email menandatangani pesan secara digital dan penerima memverifikasi tanda tangannya.

Code Signing

Sertifikat CA ini dimaksudkan untuk memastikan keaslian perangkat lunak atau file yang diunduh. Pengguna biasanya mencari sertifikat ini untuk memastikan bahwa file tersebut tidak berbahaya, seperti virus yang menginjeksi file tersebut. Jenis sertifikat penandatanganan kode ini juga berguna bagi pengembang yang menjual produknya melalui pihak ketiga untuk membuktikan bahwa datanya aman dan tidak rusak.

Tips Memilih Certificate Authority Terpercaya

Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan adalah salah satu hal yang penting untuk kamu pertimbangkan dalam memilih certificate authority. Bahkan jika kamu adalah seorang administrator server ahli, kamu mungkin memerlukan sedikit bantuan saat menerapkan sertifikat SSL. memilih certificate authority dengan layanan pelanggan yang hebat dan antarmuka manajemen yang sederhana akan membuat pekerjaan kamu lebih mudah. Cara terbaik untuk menentukan kualitas layanan pelanggan certificate authority adalah dengan membaca ulasan certificate authority tersebut.

Harga

Beberapa certificate authority menawarkan layanan nya secara gratis dan ada pula yang mengenakan biaya hingga $1500 untuk satu sertifikat yang berlangsung satu tahun. Ketika kamu membayar lebih, biasanya kamu membayar untuk merek, dukungan, dan alat yang lebih baik. Namun untuk sertifikat gratis tetap memungkinkan enkripsi yang sama dengan yang berbayar. Nah, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kamu apakah kamu perlu hal lebih dalam dukungan pelanggan atau cukup dengan otoritas yang memberikan layanan gratis.

Reputasi Keamanan

Semua certificate authority harus lulus beberapa audit dan harus sudah dipastikan keamanannya. Ketika sebuah lembaga sertifikasi dipercaya oleh jutaan penggunanya, ia berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas produk dan layanannya agar tidak mengecewakan pelanggannya. Misalnya, kami akan terus mengembangkan dan memperbaharui  teknologi untuk melindungi jaringan dari kejahatan dunia maya.

Apa Saja Certificate Authority Terbaik?

Sekarang kamu sudah mengetahui lebih dalam apa itu certificate authority dari fungsi hingga tips memilihnya. Lalu apa saja certificate authority terbaik? Simak daftarnya dibawah ini:

Sectigo.

Sectigo memiliki solusi sertifikat SSL untuk siapa saja. Perusahaan ini telah dipercaya hampir semua browser dan juga menawarkan enkripsi 256-bit. Mereka memberikan waktu garansi yang wajar, lisensi server tak terbatas, dan dukungan pelanggan yang ahli. Sertifikat SSL Sectigo dilengkapi dengan berbagai alat praktis yang dapat digunakan dengan sangat cepat.

Comodo

Comodo adalah salah satu penyedia sertifikat SSL terbesar untuk perusahaan bisnis kecil dan menengah. Ini melindungi transaksi pelanggan dan juga sangat hemat biaya. Harga sertifikat SSL Comodo mulai dari $7,27 per tahun. Meskipun terbilang ramah dikantong, Comodo tatp memberikan dukungan yang sangat baik kepada pelanggan.

Digicert

Digicert menyediakan solusi enkripsi untuk website dan Internet of Things (IoT). kelebihan Digicert adalah perusahaan ini dapat menerbitkan kembali sertifikat gratis seumur hidup di server tanpa batas. Sebagian besar browser, sistem email, dan perangkat seluler memiliki kepercayaan penuh pada perusahaan ini. Digicert digunakan oleh perusahaan multinasional seperti IBM, Verizon, dll. Ini adalah salah satu penyedia sertifikat perusahaan yang sangat populer.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Jadi, dalam artikel ini, kita mempelajari apa itu Otoritas Sertifikat, mulai dari definisinya, cara kerjanya, apa fungsinya, dan terakhir jenisnya.

Sertifikat CA sangat penting bagi pemilik situs web atau penerbit aplikasi. Sertifikat digital ini membuat aktivitas online kamu lebih aman baik untuk situs web maupun aplikasi unduhan. Anyway, jika kamu ingin membuat website kamu sendiri, step pertama sebelum meluncurkan website mu adalah dengan memiliki domain. Yuk kunjungi RNA dan temukan domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds