No ratings yet.

Email adalah sudah menjadi bagian yang penting dalam komunikasi sehari-hari. Ada dua cara untuk menyimpan email kamu. Kamu dapat menggunakan client email seperti Outlook atau menggunakan email web seperti Gmail. Webmail pada dasarnya adalah tempat dimana semua email kamu disimpan. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan komputer atau smartphone. Kemudian, kamu dapat masuk ke webmail melalui browser kamu kapanpun dan dimanapun kamu berada. 

Apa Itu Webmail?

Webmail adalah layanan berbasis cloud yang disediakan oleh perusahan dan ISP (Internet Service Provider) tertentu. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengakses email mereka melalui internet tanpa perlu instalasi software, tidak seperti Microsoft Outlook atau Thunderbird.

Akun webmail memungkinkan pengguna untuk mengirim, membalas, membaca, mengatur email mereka seperti menyimpan lampiran dan folder tanpa perlu menginstal atau menggunakan software mereka. Layanan webmail memberi kamu halaman web untuk mengakses akun email kamu dan menyimpan semua email kamu di sistem komputer dan sistem penyimpanan mereka.

Manfaat Webmail

Webmail memudahkan siapa saja untuk mengakses layanan email karena kamu tidak perlu menginstal aplikasi khusus apa pun. Kelebihan webmail adalah:

  • Akses layanan email dengan mudah dari browser web kamu
  • Akses email tanpa menginstal aplikasi email khusus
  • Gratis untuk digunakan, tetapi dengan catatan kamu dapat mengakses internet 
  • kamu dapat menggunakan fungsi layanan email terbaru tanpa memperbarui versi aplikasi

Kelebihan Webmail

Karena webmail memungkinkan kamu untuk mengakses dan menggunakan email kamu hanya dengan mengakses internet, ini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa kamu manfaatkan. Diantaranya sebagai berikut:

Kenyamanan

Salah satu keuntungan terpenting dari webmail adalah kenyamanan, yang bermanfaat pada saat kamu sering bepergian dan tidak selalu membawa komputer. Dengan bantuan koneksi internet, kamu dapat mengakses dan menggunakannya melalui perangkat apapun dimanapun. 

Biaya

Biasanya, penyedia besar menyediakan layanan webmail dasar secara gratis. Juga, beberapa layanan premium seringkali ditawarkan oleh beberapa penyedia. Kamu bisa mendapatkan layanan yang mumpuni tanpa perlu membayar apapun, dan jika kamu perlu untuk mengupgrade layanan ke premium, kamu selalu bisa memilih layanan apa saja yang ingin kamu upgrade dan tidak. Ini tentu akan membantu kamu untuk lebih hemat bukan?

Penyimpanan Besar

Salah satu keuntungan terbesar dari webmail adalah kapasitas penyimpanannya yang besar. Biasanya penyedia layanan webmail menawarkan penyimpanan dalam gigabyte atau penyimpanan unlimited yang memungkinkan kamu menyimpan sejumlah besar pesan serta lampiran dengan ukuran yang besar pula. Oleh karena itu, kamu tidak perlu lagi menata dan menyimpan semua data ke komputer kamu sendiri.

Kekurangan Webmail

Meskipun webmail menawarkan banyak manfaat kepada penggunanya, ia juga memiliki beberapa keterbatasan, antara lain:

Nama Pribadi

Kamu mungkin tidak dapat membuat alamat di webmail menggunakan nama kamu sendiri karena webmail yang memiliki basis pelanggan yang besar. Setiap kali kamu mencoba membuat alamat di webmail dengan nama kamu sendiri, mungkin nama ini telah diambil dan digunakan oleh orang lain. Sebagai gantinya, kamu dapat membuat alamat dengan alamat email yang mudah diingat dan sederhana lain yang tersedia. 

Lebih Banyak Spam

Karena basis pelanggan yang besar, spammer cenderung menargetkan layanan webmail dibandingkan dengan penyedia tradisional. Oleh karena itu, spammer dapat menemukan alamat email kamu dan memborbardir inbox webmail kamu.

Tidak Bisa Digunakan Saat Offline

Karena webmail hanya dapat digunakan ketika penggunanya terhubung dengan internet, sudah jelas kamu tidak akan dapat menulis, mengirim, dan meninjau email ketikan kamu tidak terhubung ke internet. 

Contoh Webmail 

Gmail

Gmail adalah jenis webmail, layanan email berbasis web gratis yang memungkinkan pengguna menyimpan data hingga dalam gigabyte untuk pesan dan data lainnya. Ini adalah layanan email yang sangat populer yang dikembangkan oleh Google. Diperkirakan pengguna aktif Gmail saat ini mencapai 1,5 miliar.

Yahoo Mail

Yahoo Mail juga menawarkan email versi web yang dapat kamu akses secara gratis. Dari segi tampilan dan fungsionalitas, antarmuka Yahoo Mail di Webmail sedikit berbeda tergantung pada jenis akun, perangkat, dan negara tempat pengguna berada.

Webmail Yahoo Mail mungkin juga menampilkan iklan, dan bisa sedikit mengganggu. Tetap saja, Yahoo Mail ternyata menjadi pilihan yang bagus jika kamu menginginkan layanan webmail dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan terintegrasi dengan berbagai layanan Yahoo lainnya seperti Yahoo News dan Yahoo Finance.

Hotmail

Zoho Mail

Layanan ini memiliki banyak potensi untuk bisnis meskipun masih banyak orang yang tidak mengenal layanan webmail ini. Ini adalah layanan email yang sangat ramah pengguna. Zoho menyediakan cara yang lebih mudah untuk menyelesaikan semua tugas harian kamu dengan mengintegrasikan dengan Google Drive, pengelola file berbasis cloud, Box, dsb.

Proton Mail

ProtonMail didirikan pada tahun 2013. Tidak seperti Gmail dan Outlook.com, ia menggunakan enkripsi sisi klien untuk melindungi data pengguna dan konten email. Proton Mail memiliki banyak keunggulan dibandingkan webmail, antara lain: Keamanan yang kuat dengan enkripsi end-to-end, dukungan untuk Pretty Good Privacy (PGP) sehingga hanya kamu yang dapat membaca pesan kamu, dan juga memiliki antarmuka yang ramah pengguna.

Sayangnya, Proton Mail versi gratis memiliki ruang penyimpanan dan fitur yang terbatas, sehingga kamu harus meningkatkan ke versi premium jika menginginkan pengalaman yang lebih optimal.

Microsoft Exchange Office 365

Sistem email berbasis web populer dan banyak digunakan lainnya adalah Office 365: Microsoft Exchange. Webmail ini memungkinkan kamu untuk membuat alamat email domain Anda sendiri. Office 365 memiliki banyak manfaat lainnya: Microsoft Exchange. Salah satu fitur ini memungkinkan kamu menautkan pesan email ke kalender kamu. Ini juga memberi kamu akses ke penyimpanan online dan layanan office suite yang disebut Office Web Apps. Biaya bulanan dibebankan untuk menggunakan layanan ini.

GSuite

Layanan email berbasis web selanjutnya adalah G Suite. Sistem perpesanan yang satu ini memiliki antarmuka yang mudah dinavigasi. Dengan G Suite, kamu dapat menulis email dengan nama domain kamu sendiri. Sederhananya, ini adalah versi bisnis dari sistem email web Gmail.

Dengan berlangganan dan membayar biaya bulanan, Anda dapat memanfaatkan fitur G Suite yang mempermudah pengelolaan bisnis kamu. Fitur hebatnya berkisar dari dokumen, spreadsheet, presentasi, kalender, video hingga aplikasi konferensi audio untuk rapat online.

Ingin Buat Email Profesional dengan Domain Sendiri? Webmail

Webmail adalah solusi untuk akses mudah ke email kamu kapan saja, di mana saja. Bagi orang yang sering bepergian atau menggunakan banyak perangkat, menggunakan layanan webmail adalah pilihan yang tepat.

Namun yang harus kamu perhatikan adalah, keamanan webmail juga sangat rentan karena bergantung pada server yang digunakan oleh penyedia layanan email. Jika ada masalah dengan server penyedia email web kamu, data kamu juga dapat terpengaruh. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu menginginkan webmail dengan sistem keamanan terbaik, yang sesuai dengan nama domain kamu, RNA menawarkan domain murah dan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kunjungi RNA dan miliki webmail dengan domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds