No ratings yet.

Di era yang serba digital seperti saat ini, rasanya hampir tidak mungkin untuk menjalankan dan menumbuhkan sebagian besar bisnis tanpa online marketing. Dalam artikel ini, RNA akan merangkum apa itu online marketing hingga kelebihan dan strategi jitunya. Langsung saja, mari kita mulai!

Apa Itu Online Marketing?

Online marketing yang juga dikenal sebagai digital marketing atau internet marketing, adalah bentuk pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi untuk terhubung dengan pelanggan potensial. Pada dasarnya, ini adalah apapun yang kamu lakukan secara online untuk mendapatkan lebih banyak atensi audiens dan berakhir dengan pembelian produk atau layanan kamu.

Online marketing mencakup berbagai metode dan teknik untuk menarik, melibatkan, dan mengonversi pelanggan potensial. Sementara metode pemasaran tradisional seperti TV dan surat langsung memiliki jangkauan terbatas, pemasaran online dapat menargetkan pemirsa lokal, regional, nasional, atau global.

Dengan menjangkau pembeli melalui saluran di mana mereka sudah menghabiskan waktu, baik media sosial, mesin pencari, atau email, bisnis dari semua ukuran dapat menciptakan dan mempertahankan hubungan yang menguntungkan.

Kelebihan Online Marketing

Selain menawarkan jangkauan target audiens yang lebih luas, online marketing juga memiliki beberapa kelebihan yang dapat membantu bisnis kamu berkembang, diantaranya adalah:

Hemat Biaya

Salah satu manfaat terbesar dari online marketing adalah hemat biaya. Online marketing membantu kamu menghemat uang dan mendapatkan lebih banyak prospek. Dengan metode pemasaran tradisional, sulit bagi usaha kecil hingga menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar. Bisnis besar memiliki uang untuk dialokasikan untuk iklan TV, radio spot, dan banyak lagi.

Online marketing adalah cara yang terjangkau untuk memasarkan bisnis kamu kepada konsumen yang tertarik. Banyak metode pemasaran dan periklanan digital yang ramah anggaran. Misalnya, iklan bayar per klik (PPC) memungkinkan kamu memilih anggaran

Terukur

Ketika kamu menginvestasikan uang ke dalam kampanye pemasaran, kamu ingin melacak hasil kampanye. Penting untuk mengetahui apakah suatu strategi mendorong hasil yang membantu bisnis kamu tumbuh. Salah satu manfaat paling signifikan dari strategi pemasaran digital adalah kemampuan untuk mengukur hasil kamu.

Dengan metode online marketing, kamu dapat melacak hasil kampanye kamu secara akurat. Setiap jenis kampanye memiliki sistem pelacakan. Dari media sosial hingga optimisasi mesin pencari (SEO), kamu akan dapat melacak hasil kampanye kamu. Misalnya, kamu dapat memantau kinerja SEO kamu dengan Google Analytics.

Targetkan Audiens yang Tepat

Untuk memiliki kampanye pemasaran yang efektif, kamu harus menjangkau orang yang tepat. kamu harus menjangkau orang-orang yang tertarik dengan bisnis kamu dan yang ingin mendengar dari kamu. Dari semua fasilitas, keuntungan paling signifikan dari pemasaran online adalah kemampuan untuk menargetkan orang secara khusus.

Dengan pemasaran digital, kamu menjangkau orang-orang yang tertarik dengan bisnis kamu. kamu dapat secara khusus menargetkan konsumen dengan minat pada perusahaan, layanan, atau produk kamu.

Tingkatkan Konversi

Mungkin salah satu kelebihan online marketing yang paling menonjol adalah peningkatan tingkat konversi kamu. Ketika kamu berinvestasi dalam strategi pemasaran online, seperti Conversion Rate Optimization (CRO), kamu dapat meningkatkan rasio konversi kamu.

Ini karena kemampuan kamu untuk menargetkan prospek yang lebih spesifik. Ketika kamu fokus pada orang-orang yang lebih mungkin tertarik dengan bisnis kamu, kamu meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan konversi. Perusahaan kamu menghasilkan lebih banyak konversi, yang membantu kamu tumbuh.

Strategi Jitu Online Marketing

Buat Konten Video Pendek

Tidak hanya video bentuk pendek saat ini tren paling populer di kalangan pemasar, dengan 1/3 dari mereka menggunakannya, tetapi juga yang paling efektif dan memiliki ROI tertinggi. Di atas semua itu, video bentuk pendek akan melihat pertumbuhan paling besar dari tren apapun pada tahun 2023, dengan pemasar berencana untuk berinvestasi lebih banyak di dalamnya daripada tren lainnya.

Dengan popularitas TikTok yang bertahan lama, pemirsa semakin tertarik pada video berdurasi pendek. Video berdurasi pendek terus menjadi norma karena Instagram dan YouTube mendorong fitur video berdurasi pendek serupa seperti Reels dan Shorts.

Berkolaborasi dengan Influencer

Lebih dari 1 dari 4 pemasar saat ini memanfaatkan pemasaran influencer dan menawarkan ROI tertinggi ke-2 dari tren apa pun. Untungnya dapat dimanfaatkan dengan video bentuk pendek untuk memanfaatkan kedua tren ROI tertinggi secara bersamaan!

Selain itu semua, survei tren konsumen kami menunjukkan bahwa 33% Gen Z telah membeli produk berdasarkan rekomendasi influencer dalam tiga bulan terakhir. Dan ketika mereka membuat keputusan pembelian, Gen Z mengatakan rekomendasi influencer lebih penting daripada rekomendasi dari teman dan keluarga mereka.

Influencer media sosial telah memupuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan pengikut mereka. Pengikut mereka biasanya mempercayai mereka untuk memberikan panduan yang benar dan kamul tentang berbagai topik yang terkait dengan keahlian influencer. Inilah sebabnya mengapa pemasaran influencer dapat menjadi peluang efektif untuk menyebarkan kesadaran merek kepada audiens baru.

Memanusiakan Brand Menggunakan Nilai Brand

30% pemasar saat ini membuat konten yang mencerminkan nilai-nilai merek mereka, menjadikannya tren paling populer ketiga saat ini.  Ini memiliki ROI terbesar ke-5 dari tren apa pun dan akan melihat pertumbuhan pada tahun 2023. 16% pemasar berencana untuk memanfaatkan konten yang mencerminkan nilai-nilai merek mereka untuk pertama kalinya pada tahun 2023, dan 89% dari mereka yang sudah berinvestasi di dalamnya berencana untuk meningkatkan atau mempertahankan investasi mereka.

Rancang Website yang Ramah Pengguna

Desain situs kamu akan menampilkan kepribadian merek kamu dan membedakan bisnis kamu dari setiap bisnis online lainnya. Tapi itu lebih dari sekadar terlihat bagus – struktur situs yang lebih bersih dan lebih terorganisir dengan baik dapat mempengaruhi peringkat kamu di SERPS.

Optimasikan SEO

Google telah menjadi salah satu sumber terpenting bagi konsumen untuk menemukan produk secara online. Menurut penelitian dari Adweek, hingga 81% konsumen meneliti mesin pencari sebelum melakukan pembelian.

Artinya bisnis kamu harus mudah ditemukan melalui hasil pencarian Google. Membuat website adalah langkah awal agar mudah ditemukan di hasil pencarian. Selanjutnya, kamu perlu mengoptimalkan website kamu menggunakan SEO atau optimasi mesin pencari. Teknik SEO memudahkan website kamu ditemukan di hasil pencarian Google.

Menerapkan Program Afiliasi

Program afiliasi bukanlah hal baru di dunia pemasaran. Ada banyak perusahaan baik dalam negeri maupun internasional yang menawarkan program afiliasi. Amazon, eBay, Rakuten, dll. adalah perusahaan yang menawarkan program afiliasi di luar negeri. Banyak perusahaan dalam negeri juga menawarkan program afiliasi Indonesia. Ada berbagai program afiliasi dengan komisi, mulai dari Bukalapak, BliBli, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com hingga Shopee. Dengan pemasaran afiliasi, kamu dapat mengundang pelanggan tetap kamu untuk mempromosikan produk kamu ke teman dan pengikut mereka di media sosial.

Saatnya Brand kamu Go Online dengan Domain Website Sendiri 

Memperkenalkan pemasaran online untuk bisnis kamu bukan lagi sebuah pilihan melainkan sebuah kewajiban. Dengan menerapkan strategi pemasaran online, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara akurat dan memberikan dampak positif bagi bisnis kamu.kamu juga bisa memulai dengan membuat situs web dan mempromosikan produk dan layanan kamu di sana. Oleh karena itu, kamu perlu mencari domain yang sesuai dengan gambar website kamu terlebih dahulu. Jangan khawatir, RNA menyediakan reseller domain berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Tunggu apa lagi Kunjungi RNA sekarang dan miliki domain impian kamu!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds