No ratings yet.

Sebagian besar konsumen mencari informasi online yang akan membantu mereka membuat keputusan pembelian mereka. Bahkan, menurut eCommerce Foundation, 88% konsumen akan meneliti informasi produk sebelum mereka melakukan pembelian secara online atau langsung ke toko. Tren perilaku pembelian ini menekankan pentingnya website bagi bisnis saat ini.

Website bagi bisnis dapat menjadi strategi marketing untuk memperluas aspek digital marketing bisnis kamu. Penting untuk website dapat memberi konsumen gagasan yang jelas tentang apa brand dan jenis produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Cara Membuat Website Bisnis Bagi Pemula 

Kini saatnya kamu memulai untuk membuat website bisnis kamu sendiri. Jika kamu adalah pemula yang belum memiliki banyak pengalaman, tutorial di bawah ini bisa membantu kamu dalam merealisasikan rancangan website kamu. Langsung saja mari kita mulai cara membuat website bisnis bagi pemula:

1. Buat Desain Rancangan Website Bisnis

Sebelum kamu mulai membuat situs, siapkan terlebih dahulu strukturnya. Berdasarkan identitas perusahaan kamu dan kelompok sasaran, jenis situs web mana yang cocok? Formal, kasual, atau interaktif? Desain situs web dapat dilakukan pada awalnya di atas kertas atau dengan keahlian khusus dalam desain situs web. Jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat membuatnya satu menggunakan template website.

2. Pilih Domain Website yang Mudah Diingat

Selain nama brand kamu, domain website kamu juga harus mudah diingat. Hal ini memungkinkan pengunjung menemukan halaman bisnis kamu dengan mudah. Kemudian lengkapi dengan memasukkan top level domain sederhana seperti .com atau .co.id. Nama domain dan domain tingkat atas kemudian digabungkan menjadi satu URL sebagai contoh rna.id. Tidak perlu bingung, kamu bisa menemukan dan memiliki domain website dengan top level domain yang beragam di RNA dengan harga yang ramah dikantong!

3. Pilih Web Hosting Terbaik

Web hosting adalah platform yang menyimpan data situs web atau aplikasi kamu dan membuatnya dapat diakses secara online. Layanan hosting web memungkinkan kamu membuka dan menggunakan situs web kamu di berbagai perangkat, mulai dari komputer, tablet, hingga ponsel. Ada platform berbayar, tetapi juga bisa memilih yang gratis.

Namun apakah memang ada web hosting gratis dan apakah keamanannya terjamin? Jawabannya adalah ada beberapa layanan hosting website gratis dan aman. Lihatlah kinerja masing-masing platform. Namun pengguna disarankan untuk melakukan backup data secara rutin. Jika bisnis kamu sudah lebih maju, kamu bisa beralih ke web hosting berbayar.

Kamu dapat memilih penyedia layanan hosting seperti DomaiNesia yang menyediakan beragam paket web hosting yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Dengan harga yang ramah dikantong, mulai dari Rp 12.250 saja kamu sudah dapat menghosting website bisnis kamu!

4. Pilih Platform Website yang Mudah Dikelola

Salah satu tantangan saat berlatih membuat website bisnis, apalagi jika kamu masih pemula, adalah mengelola website kamu. Oleh karena itu, pilihlah platform yang mudah diakses dan dikelola. Fitur website seperti itu biasanya menyediakan konfigurasi melalui dashboard sederhana. Dasbor memungkinkan administrator situs web mengubah tampilan dan mengakses komentar halaman dalam satu kunjungan.

5. Membuat Template Website Bisnis yang Siap Untuk Publish

Langkah selanjutnya adalah membuat template dari desain pilihan kamu. Jadi jika kamu melakukan perubahan pada website, kamu tidak harus memulai dari awal. Karena seiring berjalannya waktu, seiring berkembangnya bisnis kamu, kamu pasti akan melakukan perubahan pada situs web bisnis kamu. Oleh karena itu, pastikan desain web yang kamu buat dapat dengan mudah dimodifikasi tanpa harus membuatnya dari awal.

6. Melengkapi Fitur Website Bisnis

Saat membuat situs web untuk bisnis, kamu perlu mempertimbangkan fungsionalitas situs web kamu. Fitur yang dipilih harus memenuhi kebutuhan pembeli. Misalnya, kamu dapat menambahkan fungsi keranjang belanja pada website kamu sehingga pembeli dapat melakukan pembelian langsung dari website kamu tanpa harus bolak-balik.

Ada juga fitur Kontak WhatsApp. Hal ini biasanya berguna ketika pembeli menghubungi merek. Hal ini memungkinkan pembeli untuk berbicara langsung tentang merek perusahaan kamu.

7. Membuat Katalog Produk Website Bisnis

Berapa jenis produk yang kamu jual saat ini? Kamu mungkin memiliki lebih dari satu produk atau layanan, bukan? Oleh karena itu, buatlah katalog produk agar pengunjung kamu lebih mudah mengenali semua produk kamu, baik barang maupun jasa.

Jika produk kamu berbentuk produk, tambahkan foto dan deskripsi yang jelas. Dan jika produk kamu berbentuk jasa, jelaskan layanan yang kamu berikan dan bagaimana hal itu membantu masalah pembeli.

8. Mencantumkan Informasi Kontak Bisnis

Bukan tidak mungkin calon pembeli langsung tertarik untuk mencoba produk kamu setelah mengunjungi website kamu. Oleh karena itu, tambahkan informasi kontak bisnis kamu ke situs web kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk menghubungi mereka secara langsung tanpa harus mencari informasi kontak di tempat lain. Kenyamanan seperti ini merupakan keuntungan bagi bisnis kamu.

9. Menghubungkan Link Website Bisnis ke Channel Marketing Lainnya

Di era digital saat ini, situs web kamu mungkin bukan lagi satu-satunya platform yang kamu gunakan untuk berjualan. Misalnya, siapa pun yang menawarkan produk berupa komoditas juga bisa menjualnya di website e-commerce. Belum lagi penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk beriklan.

Oleh karena itu, hubungkan situs web kamu ke channel atau platform penjualan mana pun. Hal ini memungkinkan calon pembeli memilih channel penjualan yang paling nyaman bagi mereka. Menambahkan tautan ke setiap channel akan membantu calon pembeli mengakses platform yang diinginkan dengan cepat.

10. Mempromosikan Website Bisnis

Sehebat apapun website kamu, percuma jika tidak ada yang mengunjunginya. Oleh karena itu, ingatlah untuk mempromosikan website kamu dengan hati-hati. Sertakan tautan ke situs web perusahaan Anda di setiap platform penjualan dan periklanan, seperti: situs web e-commerce, Instagram, TikTok, Twitter, dll.

Contoh Website Bisnis di Indonesia

Ada beberapa perusahaan yang bisa menjadi referensi dalam pembuatan website perusahaan. Dengan begitu, apa yang Anda persiapkan bersama tim menjadi lebih terukur.

Kedua website bisnis diatas berasal dari brand fashion lokal dan furniture yang berhasil menerapkan pemasaran digital dan mendukungnya dengan situs web yang dikhususkan untuk pembeli.  Situs web CRSL (sebelah kiri)i memungkinkan pengunjung untuk membeli berbagai items fashion seperti baju dan tas dengan mudah dari situs web. Website Informa ini juga  memberikan kemudahan dalam pembelian produk furniture. 

Saatnya Bisnis Anda Go Online dengan Domain Website Sendiri

Pada akhirnya, tanpa situs web seperti pesaing kamu, bisnis kamu mungkin menjadi kurang kompetitif. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu menjaga website bisnis agar dapat menunjang situasi digital marketing perusahaan kamu. Saatnya kamu memulai untuk memperkenalkan bisnismu go online dengan domain website dari RNA. Temukan domain yang sesuai dengan citra bisnismu di RNA sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds