No ratings yet.

Apa Itu Digital Marketing Plan?

Digital marketing plan adalah usaha yang menguraikan tujuan perusahaan untuk mempromosikan produk dan layanan secara online dan bagaimana mereka akan terhubung dengan pelanggan. Ini berfokus pada metode yang akan digunakan tim pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang penawaran perusahaan kepada target market mereka.

Plan ini memungkinkan tim pemasaran untuk mengatur strategi untuk mencapai tujuan dengan menggunakan penelitian dan menentukan siapa target market mereka dan bagaimana mereka berencana untuk melakukannya. Ini termasuk strategi, jadwal dan anggaran untuk menerapkan dan memelihara kampanye digital marketing. Tim juga dapat menyertakan metrik untuk mengevaluasi kinerja kampanye yang dapat membantu mereka memantau keberhasilannya dan membuat perubahan sesuai kebutuhan.

Pentingnya Digital Marketing Plan Bagi Bisnis

Setiap marketing plan saat ini mencakup strategi digital. Ini karena tujuan pemasaran biasanya berfokus pada bagaimana bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan meningkatkan penjualan. Dan saat ini, itu semua dapat diraih secara online.

Rencana pemasaran digital mencakup tujuan bisnis, strategi, analisis persaingan, jadwal, anggaran, saluran digital, dan banyak lagi. Ini mirip dengan peta jalan yang memandu Anda menyusuri rute tertentu.

Tanpa rencana, upaya pemasaran digital Anda akan kurang efektif dan efisien. Ini mungkin membuang-buang waktu dan sumber daya, tapi tidak akan berdampak besar.Membuat rencana pemasaran digital juga meningkatkan peluang kesuksesan bisnis Anda. Karena dengan begitu Anda bisa lebih memahami kelompok sasaran Anda. Menetapkan tujuan akan memudahkan untuk memahami tindakan mereka. 

 Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih menyesuaikan model penjualan Anda. Dengan begitu, Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan bersiap mengembangkan produk baru yang sesuai atau relevan.

Cara Membuat Digital Marketing Plan 

1. Tentukan sasaran digital marketing kamu

Memiliki tujuan yang jelas sebelum membuat digital marketing plan akan menghemat banyak waktu dan mengurangi potensi kesalahan. Cara terbaik untuk menentukan tujuan adalah dengan menggunakan kerangka tujuan SMART (Specific, Measurable, Attainable, Realistic, and Time-bound). Tujuan yang tidak ditentukan dengan spesifik akan memiliki target yang ambigu. Sebagai contoh, daripada “meningkatkan penjualan” akan lebih spesifik dengan menggunakan “mendapatkan 1000 prospek baru dalam 90 hari”.

2. Bangun persona pembeli untuk menentukan audiens ideal

Setelah kamu mengetahui dengan jelas apa tujuan kamu, menciptakan persona pembeli untuk mensegmentasikan target market kamu adalah langkah besar berikutnya. Persona pembeli adalah karakter fiksi yang diciptakan perusahaan melalui penelitian yang menguraikan berbagai karakteristik pelanggan potensial. Persona pembeli yang akurat akan membantu kamu membuat kampanye pemasaran yang sangat bertarget.

Bergantung pada atribut penentu persona pembeli kamu, kamu dapat mengelompokkannya berdasarkan demografi, minat, tujuan, atau karakteristik relevan lainnya.

3. Analisis pesaing dan posisi pasar kamu

Melakukan analisis ini sebelum mengembangkan digital marketing plan akan membantu kamu mengidentifikasi pesaing, pangsa pasar, posisi mereka, dan strategi yang mereka gunakan dalam kampanye digital marketing mereka.

Lakukan analisis SWOT terhadap produk kamu dan penawaran pesaing kamu untuk menemukan apa kekuatan dan kelemahan perusahaan kamu. menganalisis posisi pasar kamu dalam industri membantu menginformasikan manfaat atau fitur produk apa yang harus disorot dalam pemasaran dan apa yang harus menjadi fokus konten kamu.

4. Pilih channel digital 

Channel digital marketing yang kamu pilih harus bergantung pada tujuan pemasaran kamu dan perilaku online target market kamu. Misalnya, menggunakan video berdurasi pendek di TikTok untuk mendapatkan perhatian pelanggan dan kemudian mengarahkan mereka ke halaman Instagram kamu, di mana kamu memiliki testimonial dan ulasan dari pembeli sebelumnya, yang menunjukkan bukti sosial. Dengan ajakan bertindak yang jelas dan konsisten di bio Instagram dan keterangan posting, mengarahkan calon pembeli ke situs web kamu, di mana mereka akhirnya memutuskan untuk membeli produk kamu.

5. Tetapkan metrik untuk meningkatkan performa

Digital marketing plan yang baik, akan menetapkan metrik yang relevan untuk memantau kinerja dan melacak kemajuan kampanye digital marketing kamu. Kampanye pemasaran berbasis data adalah cara paling praktis untuk mendapatkan hasil terbaik dari upaya digital marketing. Ini akan membantu kamu menemukan masalah dalam menentukan strategi selanjutnya. 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Digital Marketing Plan

Anggaran Pemasaran

Anggaran pemasaran kamu adalah elemen kunci dalam digital marketing plan. Kamu perlu memutuskan berapa banyak uang yang dapat kamu alokasikan untuk upaya pemasaran digital kamu.  Hal ini mempengaruhi pilihan platform, strategi, dan taktik yang dapat digunakan. Pastikan untuk menetapkan anggaran yang realistis dan memenuhi tujuan bisnis kamu.

Analisis Pesaing

Untuk menjadi sukses dalam pemasaran digital, kamu perlu memahami pesaing kamu. Lakukan analisis pesaing untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing kamu dengan pemasaran digital. Identifikasi kekuatan dan kelemahan mereka serta peluang yang tersedia bagi kamu. Dengan memahami pesaing kamu lebih baik, kamu dapat mengembangkan strategi yang dapat membedakan produk kamu di pasar.

Platform Digital

Ada banyak platform digital yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk bisnis kamu. Namun, tidak semua platform cocok untuk produk kamu. Kamu harus memilih platform yang sesuai dengan target pasar dan tujuan pemasaran kamu. Misalnya, jika target audiens kamu adalah generasi muda, platform media sosial seperti Instagram dan TikTok mungkin lebih efektif dibandingkan platform tradisional.

Contoh Digital Marketing Plan

Berbeda dengan pemasaran tradisional, praktik pemasaran online berpusat pada penggunaan Internet. Sebagai contoh, pembahasan berikut menunjukkan empat ekspresi spesifik.

Email Marketing

Email adalah metode pemasaran langsung yang melibatkan pengiriman pesan promosi ke kelompok prospek atau pelanggan yang tersegmentasi. Pemasaran email terus menjadi pendekatan yang efektif untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi yang menargetkan kebutuhan dan minat pelanggan. Ini paling populer untuk bisnis e-commerce sebagai cara untuk tetap diingat oleh konsumen.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO berfokus pada peningkatan lalu lintas organik ke situs web kamu. Kegiatan SEO mencakup taktik teknis dan kreatif untuk meningkatkan peringkat dan meningkatkan kesadaran di mesin pencari. Mesin pencari yang paling banyak digunakan termasuk Google, Bing, dan Yahoo. Manajer pemasaran digital fokus pada pengoptimalan tuas – seperti kata kunci, tautan silang, tautan balik, dan konten asli – untuk mempertahankan peringkat yang kuat.

Social Media Marketing

Social media marketing adalah adalah komponen kunci dari digital marketing Platform seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Tumblr, LinkedIn, dan bahkan YouTube memberi manajer pemasaran digital peluang berbayar untuk menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Kampanye digital marketing sering menggabungkan upaya organik dengan konten bersponsor dan promosi iklan berbayar di saluran media sosial utama untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan meningkatkan peningkatan merek.

Saatnya Bisnis Anda Go Online dengan Domain Website Sendiri 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, rencana pemasaran digital yang efektif adalah kunci sukses membangun citra produk bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah dan strategi yang dibahas, Kamu dapat mengoptimalkan upaya pemasaran digital Anda dan mencapai hasil yang lebih baik. Ingatlah selalu untuk melakukan riset pasar, membangun branding yang kuat, dan mengukur kinerja secara rutin.

Sekarang saatnya raih kesuksesan online dengan domain situs web kamu sendiri. Kamu dapat memulainya dengan situs blogging dan dapatkan domain yang sesuai image brand kamu di RNA. kunjungi reseller domain RNA dan dapatkan domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds