No ratings yet.

Iklan produk adalah proses memasarkan produk kepada konsumen baik berupa barang maupun jasa. Dalam bisnis, promosi produk sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. Sebagai pemilik bisnis atau wirausaha, Anda tentu ingin produk yang Anda tawarkan bisa laris manis dan laris di pasaran.

Iklan produk meningkatkan minat konsumen untuk mempelajari dan mencoba produk yang ditawarkan dibandingkan produk pesaing. Jika Anda masih belum tahu cara mempromosikan produk Anda, cobalah cara di bawah ini!

Cara Menawarkan Produk Ke Konsumen

Tawarkan Promo

Siapa yang tidak suka barang promo? Pelanggan pasti akan senang jika produk favoritnya dijual dengan diskon besar. Tips beriklan ini juga dapat digunakan untuk membujuk konsumen agar melakukan pembelian. Selain diskon, toko kamu juga bisa menawarkan promosi khusus seperti voucher belanja atau jaminan khusus. Berikut adalah beberapa trik promo yang bisa kamu gunakan:

  • Dapatkan satu gratis untuk setiap pembelian. Untuk setiap produk yang dibeli, konsumen menerima produk lain secara gratis. Menerapkan diskon ini akan membantu kamu menjual inventaris kamu lebih cepat. 
  • Bebas biaya kirim. Jika produk kamu perlu dikirim melalui jasa kurir, kamu dapat menetapkan biaya pengiriman gratis untuk mendorong konsumen membeli. 
  • Penurunan harga. Kamu dapat menawarkan diskon untuk jumlah pembelian tertentu. Misalnya, pada pembelian Rp 200.000, konsumen akan mendapat diskon Rp 20.000. 
  • Bundling, atau mengemas atau menggabungkan beberapa produk menjadi satu dan menjualnya dengan harga lebih rendah. Diskon ini meningkatkan minat konsumen karena bisa mendapatkan lebih banyak produk dengan harga lebih murah. 
  • Diskon dengan persentase. Ini adalah jenis diskon yang sering Anda lihat dimana-mana. Misalnya diskon 50%, diskon 80%, atau diskon 50% + 30%.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Tidak mungkin untuk menggeneralisasi tingkat pengetahuan masing-masing konsumen terhadap produk kamu. Beberapa konsumen memiliki pemahaman rinci tentang produk, sementara yang lain tidak. Di sini, para pebisnis harus bisa menyederhanakan kata-kata yang mereka gunakan untuk mempromosikan produknya agar lebih menarik perhatian konsumen.

Gunakan Email Marketing

Email pemasaran produk biasanya berisi informasi diskon dan penawaran menarik. Misalnya menawarkan kupon diskon produk, penawaran gratis ongkos kirim, dan informasi lainnya. Email marketing juga dapat mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website produk Anda untuk mencari informasi lebih lanjut. Selain itu, email juga terasa lebih personal bagi konsumen. Karena email marketing dapat menjaga hubungan baik antara konsumen dan brand serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pahami Keinginan Konsumen

Penjualan terjadi ketika konsumen membeli produk dan jasa yang benar-benar mereka butuhkan. Pelaku bisnis harus tahu apa yang diinginkan konsumen. Dengan trik ini, kamu tidak akan pernah salah sasaran saat memasarkan produk kamu.

Melakukan Endorsement 

Para pebisnis bisa berkolaborasi dengan influencer untuk meningkatkan visibilitasnya. Review positif dari influencer dapat membantu mempromosikan produk kamu, terutama jika brand kamu tidak memiliki banyak pengikut di media sosial atau tidak dikenal banyak orang. Berkolaborasi dengan influencer dapat memperluas audiens bisnis kamu.

Giveaway

Dalam hal makanan dan minuman, sangat memungkinkan untuk menyediakan sampel atau tester produk agar konsumen dapat mencicipinya. Anda bisa memberikan sampel gratis kepada konsumen di pameran dagang mall atau acara tertentu.

Jika kamu menggunakan metode ini, kamu perlu memutuskan berapa banyak sampel yang akan diberikan kepada konsumen. Ketika terlalu banyak produk yang ditawarkan dengan harga tinggi, mau tidak mau timbul biaya tinggi. Jangan lupa sertakan logo brand kamu dan contact person yang dapat dihubungi konsumen ketika ingin melakukan pemesanan atau pembelian.

Tawarkan Upgrade Gratis

JIka bisnis kamu lebih berbasis layanan, seperti salon, pusat kebugaran, atau bisnis konsultasi, kamu dapat menawarkan upgrade bagi pelanggan untuk mencoba layanan baru kamu. Misalnya, kamu dapat menawarkan kepada konsumen setia kamu jika mereka memilih layanan spa akan mendapatkan gratis facial selama periode tertentu.

Promosi Secara Konsisten

Bagi para pebisnis, penting untuk terus beriklan. Promosi yang berkelanjutan menjadi dasar untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk dan perusahaan kamu. Jarang atau terlalu sering beriklan dapat berdampak negatif pada bisnis kamu.

Oleh karena itu, kegiatan promosi yang tepat adalah dengan konsisten. Contohnya seperti meluncurkan produk baru setiap beberapa bulan, mendekati momen perayaan tertentu, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Menawarkan Produk ke Konsumen

Menawarkan Produk Kecantikan

“Kami juga memiliki produk yang cocok untuk Anda. Kami juga menyarankan Anda mencoba rangkaian perawatan kulit kami, yang terdiri dari krim siang dengan niacinamide dan vitamin E, serta krim malam dengan minyak kelapa dan retinol.” telah terbukti sangat baik dalam melembabkan kulit dan menenangkan kulit sensitif.”

Menawarkan Obat

“Saya merekomendasikan obat diare yang disebut Diatabs. Obat ini bertindak sebagai sorben, membantu tubuh menyerap bakteri dan racun penyebab diare, menghilangkan atau menyembuhkan gejala. Selain itu, bahan aktif dalam New Diatabs, attapulgite, juga membantu mengontrol pergerakan usus dan meningkatkan konsistensi tinja yang encer. Jika Anda merasa gejala diare anda tidak kunjung membaik, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan nasihat medis”

Penawaran momen tertentu

Hari Valentine tinggal beberapa hari lagi. Butuh hadiah untuk orang tersayang di hari spesial ini?  Hari Valentine kali ini akan semakin spesial dengan diskon menarik dari kami. Dapatkan diskon hingga 50% untuk rangkaian lengkap koleksi coklat dan karangan bunga kami dari minimal pemesanan Rp 200.000.  Plus, jika Anda memesan dalam waktu 24 jam, pengiriman gratis. Dan dapatkan bungkus kado tambahan gratis saat checkout!

Penawaran launching produk baru

Halo Bestie, kami meluncurkan French press minimalis yang bisa Anda gunakan untuk membuat kopi nikmat di rumah. Produk ini adalah jenis produk khusus pelanggan. Dan saya ingin sebanyak mungkin orang merasakan perasaan itu.

Oleh karena itu, kami menawarkan diskon 25% hingga 50% untuk 7 hari ke depan. Jadi tunggu apa lagi? Stok terbatas, jadi jangan sampai kehabisan. Anda juga dapat mengklik link ini (tautan) untuk membelinya sekarang. Kami juga menawarkan pengiriman gratis selama periode promosi berlangsung!

Saatnya Bisnis Anda Go Online dengan Domain Website Sendiri 

Cara terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan baru Anda akan tergantung pada saluran apa yang sering dikunjungi audiens Anda dan apa perilaku online mereka. Semakin kohesif dan konsisten pesan Anda, dan semakin banyak audiens Anda mempelajarinya, semakin banyak keterlibatan yang dapat Anda harapkan. Cobalah strategi di atas untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari peluncuran produk berikutnya, peningkatan perangkat lunak, atau penawaran layanan baru.

Terlepas dari strategi diatas, ada satu strategi pemasaran yang bisa kamu coba yakni dengan blogging. Kamu dapat memulai membuat blog yang mengulas bisnis kamu. Namun, yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat blog adalah dengan memilih nama domain sesuai dengan image brand kamu. Tenang saja, RNA datang dengan beragam nama domain dengan top level domain. Yuk kunjungi halaman reseller domain RNA dan miliki domain impianmu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds