No ratings yet.

Salah satu konsep SEO memiliki elemen yang dapat diterapkan untuk meningkatkan atau mengoptimalkan kualitas konten website, domain authority. Siapa pun yang bekerja di bidang SEO pasti tahu apa itu domain authority (biasa disebut DA). Namun elemen ini belum terlalu dikenal di kalangan orang yang belum familiar dengan konsep SEO.

Jadi apa sebenarnya domain authority itu? Secara garis besar, domain authority adalah metrik yang memprediksi seberapa besar kemungkinan suatu domain muncul di SERP dibandingkan dengan pesaingnya. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari apa itu otoritas domain, cara memeriksanya, dan cara meningkatkan otoritas domain situs web kamu. Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya!

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority (DA) adalah metrik yang pertama kali dikembangkan oleh Moz yang memprediksi seberapa besar kemungkinan domain muncul di SERP dibandingkan dengan pesaingnya.

Perlu diingat bahwa google tidak menggunakan domain authority sebagai faktor peringkat website. Jadi ini bukan metrik yang akan meningkatkan peringkat anda di halaman mesin pencari (Search Engine Results Page-SERP). Namun, domain authority adalah indikator yang baik yang akan membantu kamu menilai kinerja website kamu. 

Tools ini menghasilkan skor domain authority dengan menghitung beberapa faktor termasuk jumlah domain root yang menautkan ke situs web, jumlah total tautan, dan kekuatan tautan tersebut. Skor kemudian dikeluarkan dari 1-100. Skor domain authority yang tinggi menunjukkan bahwa sebuah situs cenderung dipercaya oleh Google dan mesin pencari lainnya. Demikian juga dengan skor domain authority yang rendah menunjukkan bahwa ia perlu lebih bekerja keras untuk mendapatkan peringkatnya terhadap kata kunci yang lebih kompetitif.

Mengapa Domain Authority Penting?

Domain authority penting karena memberikan metrik objektif tentang bagaimana website kamu jika dibandingkan dengan website pesaing. Ini juga membantu mengidentifikasi area potensial untuk perbaikan dan meningkatkan peringkat website di search engine result page (SERP).

Selain itu, domain authority merupakan faktor yang mempengaruhi jika berbicara tentang SEO dan strategi pemasaran organik. Skor domain authority yang tinggi dapat berarti website memiliki peluang yang lebih baik untuk peringkat lebih tinggi di SERP untuk kata kunci yang relevan, dan website dengan domain authority tinggi cenderung memiliki lebih banyak backlink daripada yang memiliki skor rendah.

Faktor yang Mempengaruhi Domain Authority

Mesin pencari memberikan peringkat situs web yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain:

Usia Domain

Semakin lama suatu domain ada dan semakin banyak aktivitasnya, maka semakin tinggi nilai domain authority untuk domain tersebut. Hal ini karena usia suatu domain menunjukkan konsistensi pengguna dalam mengelolanya.

Popularitas Domain

Selain usia domain, mesin pencari juga melihat popularitas domain. Untuk mengetahui popularitas suatu domain, kamu dapat memeriksa jumlah tautan yang diterimanya dari situs web berkualitas tinggi. Ini disebut inbound link dan artinya memberikan rekomendasi (backlink) ke website kamu. 

Ukuran Domain

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran domain kamu. FYI: Ukuran domain yang dimaksud adalah jumlah konten yang kamu publikasikan di website kamu. Semakin banyak konten dan postingan yang kamu miliki, semakin besar pula ukuran domainnya. Namun pastikan juga semua konten kamu berkualitas tinggi.

Perbedaan DA dan PA

Sementara domain authority (DA) mengukur probabilitas seluruh domain web untuk meningkatkan peringkat di SERP, page authority (PA) berfokus secara khusus pada probabilitas peringkat masing – masing halaman situs web secara individual. Ini memungkinkan kamu untuk menentukan kinerja masing – masing halaman untuk menganalisis mana yang mungkin memerlukan penyesuaian untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Indikator page authority dapat membantu anda memprioritaskan dan menentukan tindakan selanjutnya untuk dikembangkan dalam strategi digital kamu berdasarkan halaman dengan cakupan paling besar untuk dapat diperbaiki.

Cara Meningkatkan Domain Authority

1. Menghasilkan konten berkualitas tinggi

Langkah pertama adalah dengan menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk blog kamu secara teratur. Konten berkualitas tinggi tidak hanya akan secara langsung meningkatkan domain authority kamu, tetapi juga akan berfungsi sebagai anchor point untuk link yang kamu buat untuk domain kamu.

Konten berkualitas tinggi biasanya bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa, memiliki kosakata yang beragam, pola bicara alami, dan link ke source berharga lainnya. Dan yang paling penting, ini memberikan nilai bagi pembaca.

2. Dapatkan backlink dari website dengan domain authority tinggi

Langkah kamu selanjutnya adalah mendapatkan lebih banyak backlink untuk situs kamu. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan domain authority kamu, sekaligus menjadi cara yang paling sulit. Hal ini karena Google sangat menyadari kemungkinan bahwa webmaster membangun link palsu untuk meningkatkan domain authority dan peringkat pencarian mereka.

3. Minimalkan link berisi spam

Ini tidak hanya tentang mendapatkan link yang kuat, namun penting juga dalam menjaga domain authority yang tinggi. Jadi, penting untuk selalu membersihkan profil link kamu secara berkala dengan melakukan audit link dan menghapus atau menolak link spam secara manual.

4. Lakukan social media marketing

Kamu dapat memasukkan alamat situs web kamu di profil social media kamu dan membagikan artikel dan halaman dari situs web kamu menggunakan semua media sosial utama. Jika kamu seorang pebisnis yang juga memiliki kampanye produk, kamu dapat mengatur waktu tertentu terkait postingan tersebut. Misalnya saja kamu ingin menerbitkan artikel tentang makanan. Tentu saja lebih bermakna dan efektif jika diberikan pada siang hari atau sebelum makan malam.

5. Branding

Ada banyak strategi branding yang bisa diterapkan baik secara online maupun offline. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya tentang media sosial, juga bisa digunakan untuk branding. Kamu kemudian dapat membuat acara dan interaksi langsung secara offline. Kamu juga dapat mengadakan pelatihan dan seminar berbayar atau gratis untuk pelanggan kamu dan masyarakat.

Contoh Domain Authority

Di atas adalah contoh skor domain authority yang dilacak menggunakan platform Ahrefs. Hasilnya, website github memiliki skor otoritas domain yang cukup tinggi yaitu 96.  Selain Ahrefs, Moz juga bisa digunakan untuk melacak skor domain authority. 

Saatnya Beli Domain Impian dengan Harga Terjangkau

Nah, sekarang kamu sudah lebih mengenal apa itu domain authority bukan? Mari kita ulas sedikit penjelasan diatas. Domain authority adalah ukuran (1-100) seberapa dapat dipercaya website kamu di mata mesin pencari. Semakin tinggi skor DA kamu, semakin besar kemungkinan kamu mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skor domain authority. Salah satunya adalah tulis konten berkualitas yang konsisten. Ini karena mesin pencari akan mengetahui bahwa situs web kamu membahas beberapa topik yang berkualitas, sehingga lebih dapat dipercaya untuk dibaca. Kini, saatnya beli domain impianmu di RNA. Kunjungi reseller domain RNA dan dapatkan domain impianmu dengan harga yang ramah dikantong!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds