No ratings yet.

Rekomendasi Inspirasi Contoh Website Kampus / Universitas Terbaik

Harvard University

Sebagai salah satu universitas ternama di dunia, Harvard tidak perlu melakukan banyak penjelasan di beranda mereka. Bagaimanapun, semua orang tahu apa itu Harvard. Sebaliknya, mereka memiliki halaman yang dirancang secara unik yang menyoroti proyek tertentu. Dalam contoh di atas, tiga ahli Harvard menjelaskan bagaimana infrastruktur (jalan raya, jaringan listrik, dll.) bekerja.

Apakah universitas kamu terkenal di lokasi geografis kamu atau di antara komunitas kamu? Cobalah untuk tidak menyia-nyiakan ruang beranda yang berharga untuk menjelaskan hal-hal yang mungkin sudah diketahui oleh calon siswa. Sebaliknya, gunakan homepage sebagai blog untuk menampilkan proyek dan berita menarik.

Bucknell University

Situs web Bucknell, dibangun oleh Fastspot dan dinominasikan untuk Desain Ulang Situs Web Terbaik di Webby’s pada tahun 2014, adalah contoh bagus dari personalisasi situs web di tempat kerja. Pertama kali kamu mengunjungi situs web mereka, kamu bertemu dengan beranda default dan impersonal yang dirancang dengan indah dengan visual definisi tinggi, banyak ruang negatif, dan navigasi sederhana. Tetapi kamu akan melihat bahwa tepat di bawah gambar, pengguna memiliki opsi untuk menyesuaikan halaman. Lihat di bagian bawah sana?

Ketika kamu mengklik “Start Customizing,” kamu bertemu dengan opsi untuk mematikan bagian mana pun dari beranda default yang kamu inginkan. Tidak tertarik dengan pembaruan seni dan budaya, tetapi ingin menyimpan barang-barang olahraga dan rekreasi? Cukup matikan Seni dan Budaya. Saat berikutnya kamu mengunjungi situs web di perangkat yang sama, kamu tidak akan melihat Seni dan Budaya — meskipun kamu dapat mengaktifkannya kembali kapan saja.

Middlebury

Pengguna dapat mengarahkan mouse mereka ke setiap bilah untuk melihat ke mana mengkliknya akan mengarahkan mereka – seperti cuplikan video komunitas, sorotan mudik, berita tentang pendanaan baru, dan sebagainya. Efek hover seperti ini adalah alat yang hebat untuk membantu pengalaman pengguna. Desainnya tidak mengganggu, namun membantu pengunjung web melacak di mana mereka mencari di halaman.

McGill University

McGill University adalah universitas riset publik yang berlokasi di Montreal, Kanada. Ini adalah salah satu universitas top Kanada dan dikenal dengan program akademik dan penelitiannya yang bergengsi. Situs web mereka menyediakan banyak informasi tentang universitas, termasuk sejarah, fakultas, kehidupan mahasiswa, dan inisiatif penelitiannya.

Beranda McGill bersih dan minimalis sambil tetap menyediakan konten penting bagi penggunanya. Mereka menggunakan gambar dan video nyata di seluruh situs mereka, dengan video “Made by McGill Anthem” yang kuat menjadi pusat perhatian di beranda mereka. Film adalah cara yang bagus bagi calon siswa untuk merasakan institusi kamu.

UPenn

University of Pennsylvania (UPenn) adalah salah satu dari sembilan perguruan tinggi kolonial yang didirikan sebelum penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan. Situs web UPenn menawarkan pandangan langsung dan jelas tentang prioritas sekolah, termasuk komitmen terhadap keberlanjutan, keragaman, dan inklusi.

Segera setelah pengguna tiba di beranda UPenn, mereka disambut dengan gambar pahlawan yang menarik dengan detail tentang berita sekolah dan peristiwa terkini. Menggulir lebih jauh ke bawah beranda, pengguna diberikan tautan cepat untuk terhubung dengan sekolah melalui berbagai saluran online, termasuk Flickr, Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, dan YouTube.

Setiap halaman mempertahankan gaya visual, skema warna, dan tipografi yang konsisten untuk menciptakan tampilan yang terpadu dan profesional.

University of Texas

University of Texas (UT) di Austin adalah universitas riset publik yang berlokasi di Austin, Texas, dengan lebih dari 51.000 siswa terdaftar. Branding dan identitas visual universitas terlihat jelas di seluruh situs web.

Website ini memiliki beberapa elemen desain web yang efektif seperti bilah navigasi drop-down yang komprehensif membantu pengunjung menemukan apa yang mereka cari, Gambar beresolusi tinggi dan grafik yang menarik meningkatkan keseluruhan tampilan dan nuansa situs web.

Notre Dame

Universitas ini terkenal karena tim sepak bolanya serta akademisinya yang bergengsi, dengan kedua elemen tercermin di situs webnya yang kuat. Sistem navigasi yang jelas dan konsisten memudahkan semua pengguna untuk menemukan dan mengakses berbagai bagian situs web.

Semua elemen interaktif, seperti tombol dan formulir, dapat diakses dan diaktifkan hanya dengan menggunakan keyboard, yang sangat penting bagi individu yang tidak dapat menggunakan mouse. Serta Header diatur secara logis dan hierarkis, membantu pembaca layar menavigasi konten dengan mudah dan meningkatkan keterbacaan secara keseluruhan.

Rice University

Rice University adalah universitas riset swasta yang berlokasi di Houston, Texas. Rice terkenal karena tingkat penelitiannya yang tinggi serta reputasi akademisnya yang kuat, dengan rasio siswa-ke-fakultas 6: 1. Situs ini menawarkan twist yang menyenangkan pada tipikal Tur Virtual di Universitas Rice Dengan tata letak grafis tak terduga yang masih intuitif untuk digunakan.

Website ini juga memiliki Peta interaktif memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai area kampus, termasuk gedung akademik, asrama, fasilitas olahraga, dan banyak lagi.

Morehouse College

Kampus ini terkenal karena memainkan peran penting dalam gerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat serta jaringan alumninya yang kuat, yang dikenal sebagai “Morehouse Men.” highlight dari website ini adalah adanya  Tur Virtual untuk Morehouse College Ditampilkan di situs mereka termasuk elemen interaktif yang dapat diklik pengguna untuk membaca lebih lanjut tentang landmark, alumni, dan program terkenal. Tur ini mencakup tautan ke akun media sosial perguruan tinggi, yang memungkinkan calon mahasiswa untuk lebih mengeksplorasi kehidupan kampus dan tetap mengikuti perkembangan terkini.

Kenyon

Kenyon adalah perguruan tinggi seni liberal swasta kecil yang berbasis di Gambier, Ohio. Meskipun populasi siswa Kenyon hanya 1.660, desain situs webnya yang unik dan ramping menempatkannya di atas banyak situs sekolah yang lebih besar.

Beranda mengambil pendekatan yang berani dan minimalis dengan kutipan yang menonjol dan perspektif gambar mata burung yang unik. Situs ini memiliki kalender acara yang dinamis dan terkini yang menampilkan inisiatif kampus, kuliah, dan kegiatan menarik lainnya. Sisa situs menyoroti prestasi dan kisah mahasiswa dan alumni saat ini, menampilkan keberhasilan dan pengalaman mereka di perguruan tinggi.

University of Melbourne

Sebagai universitas tertua kedua di Australia, University of Melbourne memiliki majalah yang menampilkan perkembangan terbaru, wawancara, podcast, dan konten lain yang berkaitan dengan universitas.

Apakah kamu memiliki blog atau majalah untuk universitas kamu sendiri? Jika tidak, pertimbangkan untuk membuatnya. Majalah adalah cara terbaik untuk berbagi berita, terlibat dengan alumni, dan menarik calon siswa.

Stanford University

Stanford adalah universitas terkenal di dunia yang terletak di jantung Silicon Valley. Terkenal karena hubungannya dengan industri teknologi, universitas ini juga dikenal dengan kampusnya yang besar, yang merupakan salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat.

Di kampus, Stanford menyelenggarakan berbagai macam acara, yang mereka bagikan dalam kalender acara langsung di beranda situs web mereka. Apakah acara lokal merupakan bagian penting dari institusi pendidikan kam? Sebaiknya tampilkan di halaman beranda kam dan bagikan dengan mahasiswa, profesor, alumni, calon peserta, dan siapa pun yang tertarik!

Saatnya Bangun Website Kampus Anda dengan Domain Impian

Itulah beberapa rekomendasi website kampus dengan desain terbaik dari RNA. Kamu sudah mendapatkan inspirasi dari website mana yang akan kamu terapkan ke website kamu? Jika kamu mulai membangun website kampus, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan domain yang sesuai dengan image kampus kamu. Dapatkan domain impianmu di reseller domain RNA sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds