No ratings yet.

Apa sebenarnya homepage itu? kamu mungkin familiar dengan istilah homepage. Seperti namanya, halaman beranda situs web berisi ikhtisar seluruh konten situs web, sehingga memungkinkan pengunjung dengan cepat mengidentifikasi situs web mana yang mereka kunjungi.

Mengetahui deskripsi homepage ini penting karena mengetahui deskripsi dan fungsinya akan membantu kamu memutuskan konten apa yang akan disertakan di halaman beranda situs web kamu.

Apa Itu Homepage?

Halaman teratas atau utama suatu website disebut dengan homepage. Saat kamu membuat website, halaman beranda merupakan halaman utama yang dilihat pengunjung saat mengakses URL website kamu.

URL yang digunakan untuk homepage biasanya merupakan nama domain dasar situs web. Misalnya mengetik https://rna.id/ di kotak pencarian Google akan membawa kamu ke halaman beranda RNA.

Dengan kata lain, halaman beranda adalah halaman default yang dirancang untuk menarik perhatian pengunjung dan memberitahu mereka tentang situs web kamu. Sebuah situs web dapat memiliki beberapa homepage, misalnya, situs web multibahasa di mana kamu perlu membuat beberapa homepage berdasarkan bahasa tertentu.

Saat membuat beranda, kamu harus berhati-hati dalam membuat desain web dengan tampilan menarik dan navigasi yang mudah diakses oleh pengunjung kamu. Karena homepage merupakan halaman yang berperan penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik kepada pengunjung kamu.

Lalu apa bedanya dengan web page? Web page atau halaman web adalah halaman apa pun yang berisi konten tertentu yang muncul di suatu situs web. Sedangkan homepage sekarang menjadi jenis situs web. Sebuah situs web biasanya memiliki beberapa web page, yang dapat diakses melalui tautan internal yang terhubung ke homepage.

Fungsi Homepage

Halaman beranda atau homepage adalah halaman terpenting dalam sebuah website, memiliki fitur-fitur lain yang berguna bagi operator website bisnis. Berikut adalah beberapa fitur beranda yang harus kamu ketahui.

Halaman Utama Website

Fungsi pertama dari homepage adalah untuk mewakili identitas website, ditempatkan pada halaman pertama. Kami telah menyebutkan bahwa halaman beranda adalah halaman utama situs web kamu dan memfasilitasi navigasi ke halaman lain.

Menampilkan Seluruh Konten Website

Homepage juga berfungsi sebagai summary atau rangkuman halaman lain di situs web kamu. Halaman beranda biasanya merangkum semua konten dan memberikan gambaran umum kepada pengunjung sebelum menjelajahi semua tab di situs web kamu.

Cara Membuat Homepage yang Baik

Pemilik bisnis pasti ingin memiliki homepage atau halaman utama website yang menarik untuk bisnisnya. Hal ini membantu pelanggan merasa nyaman dan menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi situs web bisnis kamu.

Homepage kamu juga memberikan kesan pertama kepada pengunjung tentang beranda dan merek kamu. Oleh karena itu, homepage yang dibuat pada website suatu perusahaan harus memberikan kesan yang baik kepada pengunjungnya. RNA telah merangkum beberapa tips untuk membuat homepage yang baik, langsung saja lets get to the list!

Menampilkan Produk dengan Jelas

Gunakan gambar dan teks yang menarik untuk memberitahu pengunjung kamu apa yang ditawarkan di halaman beranda situs web kamu. Meskipun fokus beranda bisnis adalah grafis dan bukan teks, keduanya diperlukan saat merencanakan tema homepage.

Memakai Gambar HD

Jangan pernah menggunakan gambar berkualitas rendah atau berhak cipta di situs web kamu. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas website bisnis kamu. Gunakan gambar asli atau berkualitas tinggi (HD) untuk meningkatkan kualitas situs web kamu.

Pengunjung akan lebih menyukai gambar asli dari produk yang ditawarkan karena membantu mereka membayangkan persona pembeli yang menggunakan produk kamu. Penggunaan gambar asli atau berkualitas tinggi sebaiknya diterapkan pada semua tab di website kamu, bukan hanya halaman beranda saja.

Menggunakan Perpaduan Warna yang Baik

Sebagai contoh Warna yang kontras dapat menarik perhatian pengunjung website kamu. Misalnya, gunakan warna kontras untuk kolom formulir dan kolom undangan untuk menarik perhatian pengunjung situs web ke kolom tersebut. Oleh karena itu, pengunjung langsung mengklik kolom tersebut dan membeli produk yang ditawarkan.

Menambahkan Petunjuk Arah

Cara lain untuk melibatkan pengunjung kamu adalah dengan memberikan arahan. Petunjuk arah, seperti panah atau gambar seseorang yang melihat/menunjuk ke arah tertentu, membantu pengunjung memahami alur situs dari satu bagian beranda ke bagian lainnya. Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, kamu secara tidak langsung dapat memandu pengunjung kamu untuk mengikuti langkah-langkah dalam proses penjualan produk kamu.

Menambahkan Fitur Pencarian

Fungsi pencarian bisa sangat membantu pengunjung untuk dengan cepat menemukan produk yang mereka cari di website kamu, terutama jika website kamu memuat banyak konten atau produk.

Fitur ini tidak harus selalu ada di halaman beranda sebuah website, namun fitur pencarian atau search bar merupakan ide bagus bagi pemilik website. Pasalnya, fitur pencarian memungkinkan pemilik memahami apa yang dicari pengunjung saat menelusuri suatu website.

Menggunakan Kata yang Lugas

Buat kalimat tetap pendek, dan pertahankan paragraf maksimal 2-3 kalimat. Terlalu banyak teks akan membuat beranda kamu terlihat berantakan dan tidak menarik. Jika kamu ingin menarik perhatian pengunjung dengan konten kamu, gunakan teknik copywriting yang baik untuk mendorong mereka mengklik dan menjelajahi halaman lain.

Contoh Homepage 

Sekarang setelah kamu memahami apa itu beranda dan fungsinya, mari kita lihat beberapa contoh homepage website di bawah ini.

DomaiNesia

Contoh homepage pertama adalah homepage website DomaiNesia. Tampilan dari homepage ini cukup sederhana dengan berisi logo, menu, dan search bar yang akan sangat membantu pengunjung website untuk menemukan produk yang mereka cari. Selain itu, terdapat beberapa deskripsi layanan yang mereka tawarkan sehingga pengunjung langsung mengetahui keunggulan layanan mereka.

RNA

Homepage RNA terlihat bersih dan langsung memberikan poin dari website yakni reseller domain. Dalam homepage website ini, pengunjung akan langsung melihat ajakan untuk menjadi reseller domain dengan adanya tombol “Daftar Reseller”. 

NevaCloud

Seperti pada contoh homepage sebelumnya, homepage website NevaCloud juga memiliki tampilan yang sederhana dan to the point pada tujuan website. Pengguna akan melihat ajakan untuk menggunakan cloud server mereka dengan adanya tombol “Order Sekarang”.  

Saatnya Bangun Website Bisnis Anda dengan Domain Impian

Nah, sekarang kamu telah memiliki pengetahuan lebih setelah RNA menjelaskan pentingnya, fungsi, dan cara membuat homepage yang menarik untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Tak heran jika saat ini banyak pebisnis yang memperhatikan cara membuat homepage website agar dapat menarik banyak pengguna.Kini saatnya kamu membangun website bisnis kamu dengan domain impian. Kamu tidak perlu bingung untuk mencari domain yang sesuai dengan image bisnis kamu. Reseller domain Indonesia RNA memiliki beragam top level domain yang bisa kamu pasangkan dengan nama domain impianmu. Tunggu apalagi, kunjungi dan dapatkan domain website bisnismu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds