No ratings yet.

Apa Itu Reseller?

Reseller adalah kegiatan membeli jasa atau barang untuk dijual kembali. Seorang reseller akan membeli barang untuk dijual kembali dan menghasilkan keuntungan, retailer membeli barang dari produsen yang kemudian akan dijualnya kepada pelanggannya. Pada kebanyakan kesempatan, reseller biasanya struktur bisnis terdaftar atau individu yang membeli dan menjual barang dan jasa untuk menghasilkan pendapatan per transaksi penjualan.

Dalam rantai ritel, ini lebih seperti proses distribusi di mana pedagang masuk untuk menjual barang dari grosir, langsung ke konsumen. Untuk membuat margin keuntungan yang signifikan pada setiap produk yang terjual, reseller harus menyesuaikan harga komoditas.

Harga jual untuk reseller biasanya tidak jauh dari harga eceran yang disarankan produsen. Karena pedagang grosir juga menjual produk yang bersumber dari pemasok, itu, tentu saja, membuat mereka reseller secara default. Produsen juga dapat dianggap sebagai reseller karena mereka menjual produk mereka ke grosir yang pada gilirannya menjualnya ke pengecer.

Cara Kerja Reseller

Cara kerja reseller adalah menjual produk yang  dibeli dari supplier. Oleh karena itu, pastikan  memilih produk yang berkualitas tinggi untuk mendapatkan kepercayaan calon konsumen. 

Reseller dapat menjual produk secara online dan offline. Secara online, kamu bisa menggunakan website toko online, bergabung dengan marketplace, dan berjualan melalui media sosial. Sebaliknya di warung offline dan toko fisik. Singkatnya, berikut cara kerja reseller:

  1. Lakukan Riset dan Mencari Supplier

Pengecer perlu meneliti dan menemukan pemasok. Karena supplier merupakan tempat reseller membeli produk untuk dijual kembali. Bisnis penjualan kembali tidak akan ada tanpa kerjasama dengan pemasok. Faktanya, lebih baik bagi pengecer untuk memiliki banyak pemasok. Hal ini hanya berlaku jika stok supplier habis. Masih ada alternatif pemasok yang bisa kamu andalkan. 

  1. Mempersiapkan Modal

Selanjutnya reseller harus menyediakan modal untuk membeli produk dari supplier. Namun, mungkin saja ada reseller yang menerapkan sistem pre-order untuk mencegah risiko kerugian.

  1. Memilih Produk

Pengecer biasanya memiliki berbagai macam produk untuk dijual. Toko penjualan kembali dapat menjual berbagai macam produk, termasuk peralatan masak dan dapur, peralatan rumah tangga, bahkan aksesoris rambut. 

  1. Memiliki Toko 

Dengan menawarkan produk dalam jumlah banyak, calon konsumen bisa menyadari bahwa reseller membutuhkan toko online atau offline untuk menjual produknya. Persaingan antar reseller juga sangat ketat. Oleh karena itu, reseller harus pintar dan menawarkan platform penjualan yang berbeda untuk memfasilitasi pembelian mereka. Pengecer mencakup situs web, Facebook, dan banyak lagi. Reseller membutuhkan berbagai hal.

  1. Mempromosikan Produk

Reseller biasanya mempromosikan produknya melalui media sosial  seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Selain itu, kamu dapat menggunakan penjualan langsung, dari mulut ke mulut, dan metode lainnya. 

  1. Memperhatikan Kualitas Layanan

Reseller perlu membangun hubungan baik dengan pelanggannya untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen. Layanan pelanggan yang berkualitas akan memberikan reputasi merek yang lebih baik kepada pengecer kamu dibandingkan pesaing kamu. Hal ini meningkatkan kemungkinan pelanggan kamu akan membeli lagi dari toko kamu.

Keuntungan Reseller

Proses Bisnis yang Efisien

Begitu mereka memiliki pasar yang baik, reseller dapat dengan cepat memenuhi pesanan untuk klien. Melakukan hal ini dimungkinkan karena mereka sudah memiliki sederet pemasok andal yang dapat memenuhi pesanan dalam waktu singkat. Reseller kemudian dapat menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk mendapatkan klien baru dan mencari produk yang lebih menguntungkan untuk dijual dan dipromosikan.

Keleluasaan

Reselling memberikan fleksibilitas dalam jalur karier kamu, karena memungkinkan kamu memilih dari berbagai produsen dan produk untuk dijual. Jika kamu adalah reseller kecil yang tidak membawa inventaris besar, kamu mungkin memiliki kemampuan untuk dengan cepat beralih produk untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi risiko jika permintaan pasar untuk produk kamu berfluktuasi.

Ekspansi Cepat

Fleksibilitas dan profitabilitas penjualan kembali dapat memudahkan untuk memperluas bisnis dengan cepat, terutama jika kamu menggunakan saluran pemasaran dan penjualan online. Dengan pemahaman tentang pasar dan hubungan yang kuat dengan pemasok, kamu mungkin dapat mencapai skala dengan cepat dengan biaya yang relatif rendah.

Dukungan Produsen

Reseller sering menikmati berbagai dukungan dari produsen dan produsen produk. Produsen dan produsen memberikan dukungan teknis, pemasaran dan logistik untuk membantu operasi reseller mereka. Mereka juga dapat memberikan pelatihan untuk membantu reseller memahami fitur, fungsi, dan manfaat barang dagangan mereka. Beberapa produsen dan produsen juga menyediakan saluran pemasaran yang dapat membantu reseller meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan.

Lingkungan Kerja Fleksibel

Reseller dapat bekerja di berbagai lingkungan tergantung pada skala operasi dan pelanggan mereka. Pengecer yang bekerja dalam skala yang lebih kecil dapat bekerja dari rumah, menyimpan barang dagangan di kamar cadangan atau ruang penyimpanan. Pengecer mapan dengan operasi yang lebih besar mungkin memiliki gudang fisik. Beberapa reseller memfasilitasi transaksi melalui toko online dan website, terutama yang bergerak di bidang dropshipping dan jenis e-commerce lainnya.

Contoh Reseller 

Contoh reseller antara lain pembelian produk tertentu seperti pakaian, produk kecantikan, domain, dll. Mereka kemudian menjual barang tersebut dengan harga  lebih tinggi. Mari kita bahas salah satu contohnya, yakni reseller domain.

Reseller domain adalah entitas yang menjual nama domain atas nama registar. Reseller domain sering kali merupakan perusahaan hosting web atau bisnis lain yang menawarkan domain sebagai layanan tambahan. Mereka membeli nama domain dari pendaftar domain dalam jumlah besar dan kemudian menjualnya kembali kepada pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.

RNA memiliki program reseller domain yang dapat kamu coba sebagai langkah awal memulai bisnis reseller. Program ini hadir dengan harga domain yang terjangkau serta layanan yang profesional. Cek website RNA untuk informasi lebih lengkapnya.

Cara Menjadi Reseller 

Setelah kamu memahami apa itu reseller, kamu pasti sudah memahami cara kerja model bisnis ini. Sistem bisnis ini menjadi pilihan bagi mereka yang ingin memulai bisnis sendiri karena bisa mendapatkan produk dari mana saja, baik dari produsen maupun reseller lainnya. Oleh karena itu, menjadi reseller sebenarnya tidak terlalu rumit. Selama kamu mempunyai modal untuk membeli persediaan produk, kamu bisa menjadi reseller. Jika kamu sudah memiliki stok produk, kamu bisa mulai memasarkannya. 

Jika berbicara tentang toko online, ini berarti kamu dapat mempromosikan produk kamu dengan mengambil fotonya dan membagikan informasi tentang produk tersebut di saluran media sosial kamu. Saat ini media sosial memang dianggap sebagai platform yang paling efektif untuk berbisnis reseller. Meskipun begitu, kamu selalu bisa memanfaatkan kanal-kanal lain, seperti blog, aplikasi khusus berjualan online, dan lain-lain.  

Saat ini, media sosial dinilai menjadi platform  paling efektif untuk bisnis jual kembali. Namun, Anda selalu dapat menggunakan saluran lain seperti blog atau aplikasi penjualan online khusus. Untuk menjadi reseller resmi suatu produk,  hubungi terlebih dahulu penjual produk yang bersangkutan. Meskipun umumnya terdapat program penjualan kembali yang berbeda untuk produk  yang berbeda, hal ini tidak menghalangi pemasok atau pemilik produk untuk menawarkan diskon khusus kepada pengecer, sehingga meningkatkan keuntungan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, RNA memiliki program reseller domain yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1.  Kunjungi website RNA. Pada halaman beranda, kamu akan menemukan tombol ajakan “Daftar Reseller”. Klik tombol tersebut.
  1. Kamu akan diarahkan ke halaman daftar reseller. Disana kamu dapat menemukan beragam informasi mengenai program reseller RNA. Kamu hanya perlu untuk registrasi dan deposit sebesar Rp 300.000 dan kamu akan mendapatkan domain harga termurah. Deposit ini nantinya akan menjadi balance yang dapat kamu gunakan untuk registrasi domain.

Program reseller ini tidak memungut biaya tambahan. Baik administrasi maupun penutupan akun reseller domain. Deposit yang kamu bayarkan sepenuhnya akan menjadi milik kamu! Tunggu apalagi, mulai bisnis reseller mu dengan menjadi reseller domain terbaik di RNA!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds