No ratings yet.

Apakah kamu akrab dengan kamu domain email Dan manfaat yang bisa ditawarkannya? Sama seperti alamat jalan yang unik untuk rumah kamu, domain email kamu adalah pengidentifikasi unik untuk kamu Akun email. Tapi tahukah kamu bahwa memiliki Domain email kustom Dapat membantu bisnis kamu terlihat lebih profesional, membangun pengenalan merek, dan meningkatkan keamanan? Di artikel ini, kita akan membahas apa itu domain email, cara mendapatkannya, manfaat memilikinya, dan banyak lagi. Bersiaplah untuk meningkatkan permainan email kamu!

Apa Itu Domain Email?

Domain email adalah bagian dari alamat email kamu yang muncul setelah simbol “@”. Ini adalah pengidentifikasi unik untuk akun email kamu, seperti alamat jalan adalah pengidentifikasi unik untuk rumah kamu. Misalnya, di alamat email “[email protected],” “contoh.com” adalah domain email.

Domain email dapat disesuaikan untuk mencerminkan merek pribadi atau bisnis kamu. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis bernama “ABC Consulting,” kamu dapat mengatur domain email seperti “[email protected].” Ini akan membuat alamat email kamu terlihat profesional dan membantu membangun kepercayaan dengan klien atau pelanggan kamu.

Apakah kamu akrab dengan domain email kamu dan manfaat yang dapat ditawarkannya? Sama seperti alamat jalan yang unik untuk rumah kamu, domain email kamu adalah pengidentifikasi unik untuk akun email kamu. Tapi tahukah kamu bahwa memiliki domain email khusus dapat membantu bisnis kamu terlihat lebih profesional, membangun pengenalan merek, dan meningkatkan keamanan? Di blog ini, kita akan membahas apa itu domain email, cara mendapatkannya, manfaat memilikinya, dan banyak lagi. Bersiaplah untuk meningkatkan permainan email kamu!

Manfaat Menggunakan Domain Email Sendiri

Menggunakan email gratis mungkin tampak memikat, tetapi ada banyak manfaat untuk memiliki domain email untuk perusahaan kamu. Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan ketika menggunakan domain email sendiri, yuk perrtimbangkan beberapa hal berikut.

Membangun kepercayaan

Email domain yang dipersonalisasi membuat pesan kamu tampak lebih kredibel. Hal ini dikarenakan orang akan dengan cepat mengidentifikasi sumbernya. Hasilnya adalah kepercayaan. Mereka tahu bahwa mereka tidak akan mendapatkan ancaman email saat membuka email dari kamu.

Mendorong penjualan

Peluang orang yang lebih tinggi membuka email kamu juga berarti kemungkinan yang lebih signifikan untuk menarik prospek baru dan mengonversi lebih banyak penjualan jika kamu ingin menggunakan email marketing.

Keamanan yang ditingkatkan

Dengan domain email, kamu memiliki kontrol yang lebih besar atas langkah – langkah keamanan seperti menerapkan filter spam tingkat lanjut, protokol enkripsi, dan autentikasi multifaktor. Ini membantu melindungi komunikasi email dan informasi sensitif kamu dari akses yang tidak sah.

Kustomisasi dan fleksibilitas

Domain email memberi kamu fleksibilitas untuk membuat beberapa alamat email untuk tujuan atau departemen yang berbeda dalam organisasi kamu. Misalnya, kamu dapat memiliki [email protected] untuk pertanyaan umum dan [email protected] untuk dukungan pelanggan. Kustomisasi ini meningkatkan efisiensi organisasi dan membantu mengelola korespondensi email secara efektif.

Cara Membuat Email Domain Sendiri

Setiap penyedia akan memerlukan jenis pengaturan yang sedikit berbeda, terutama jika domain email kamu terkait dengan situs web kamu. Saat memilih domain email, penting untuk mempertimbangkan merek kamu dan citra yang ingin kamu sampaikan kepada pelanggan atau klien kamu. Jika kamu seorang pemilik usaha kecil, menggunakan nama bisnis kamu sebagai domain email kamu dapat membantu membangun pengenalan dan kepercayaan merek.

kamu juga harus mempertimbangkan ketersediaan nama domain. Beberapa nama domain mungkin sudah diambil, jadi kamu mungkin perlu berkreasi dengan domain email kamu. Misalnya, kamu dapat menggunakan variasi nama bisnis kamu, seperti “[email protected]” atau “[email protected]”.

Penting juga untuk memilih domain email yang mudah diingat dan diketik. Hindari menggunakan kata-kata yang rumit atau sulit dieja, yang dapat menyebabkan alamat email salah eja dan pesan yang tidak terjawab. Ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk gambaran umum:

Pilih penyedia email

Pilih penyedia layanan email yang mendukung domain kustom. Ini bisa berupa Spike for Teams, Google Workspace, Namecheap, atau penyedia lain dari daftar.

Beli nama domain

Jika belum memiliki domain, kamu harus mendaftarkannya. kamu dapat melakukan ini melalui pendaftar domain seperti RNA, DomaiNesia, atau pendaftar domain lain pilihan kamu.

Verifikasi kepemilikan domain

Setelah membeli domain, kamu harus memverifikasi bahwa kamu adalah pemiliknya. Ini biasanya melibatkan penambahan data DNS tertentu yang disediakan oleh penyedia email kamu ke setelan DNS domain kamu.

Siapkan catatan DNS 

kamu harus mengkonfigurasi catatan DNS agar mengarah ke server penyedia email kamu. Ini biasanya melibatkan penambahan catatan MX (Mail Exchange) untuk mengarahkan lalu lintas email ke server yang benar.

Buat akun email

Masuk ke antarmuka penyedia email pilihan kamu dan siapkan akun email menggunakan domain kustom kamu. kamu biasanya harus memberikan nama pengguna, kata sandi, dan informasi relevan lainnya.

Konfigurasi klien email

Jika kamu menggunakan perangkat lunak email seperti Outlook atau Thunderbird, kamu harus mengkonfigurasinya untuk terhubung ke server penyedia email kamu. Ini biasanya melibatkan memasukkan detail server, alamat email, dan kata sandi kamu.

Uji pengiriman dan penerimaan email

Kirim email percobaan untuk memastikan bahwa kamu dapat mengirim dan menerima email menggunakan domain kustom kamu.

Siapkan fitur tambahan (opsional)

Konfigurasikan fitur tambahan apa pun yang ditawarkan penyedia email kamu, seperti kalender, sinkronisasi kontak, atau autentikasi dua faktor.

Konfigurasi filter spam dan setelan keamanan

Sesuaikan filter spam dan pengaturan keamanan sesuai keinginan kamu untuk memastikan email kamu terlindungi.

Lakukan perawatan rutin

Awasi layanan email kamu untuk pembaruan, peringatan keamanan, atau perubahan konfigurasi yang mungkin diperlukan.

Perbedaan antara nama domain dan email domain

Nama domain adalah pengidentifikasian unik untuk situs web kamu, sedangkan email domain adalah pengidentifikasian unik untuk akun email kamu. Nama domain adalah apa yang di ketik orang ke mesin pencarian untuk menemukan website kamu, sementara alamat email atau email domain adalah apa yang digunakan orang untuk mengirimi kamu email.

Misalnya, jika nama domain kamu adalah “abcorp.com”, alamat email atau email domain kamu bisa saja menjadi “[email protected]. Nama domain sama untuk semua akun email yang terkait dengan situs web kamu, sedangkan email domain unik untuk setiap akun email individual. 

Saatnya Beli Domain Impian dengan Harga Terjangkau

Nah, itulah tadi serba serbi email domain. Jika kamu adalah pemilik bisnis, tidak perlu khawatir domain email bisnis mana yang berkualitas baik. Layanan reseller domain RNA membantu kamu menemukan domain yang tepat untuk bisnis kamu. Saatnya miliki domain impianmu dengan harga yang ramah dikantong. Yuk kunjungi RNA dan temukan tawaran menariknya!.

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds