No ratings yet.

Jenis Website Berdasarkan Sifat

Website Statis

Website statis terdiri dari halaman web yang dibuat menggunakan HTML, CSS, dan Javascript. Setiap halaman di situs web statis disimpan sebagai file HTML tunggal, yang dikirim langsung dari server ke halaman web persis seperti apa adanya. Konten ini pada dasarnya menjadi bagian dari desain di halaman kamu, dan tidak akan berubah kecuali file HTML asli diedit pada tingkat kode.

Perubahan pada situs web ini hanya dapat dilakukan secara manual, dari file HTML demi file HTML. Misalnya, pengeditan yang dilakukan pada file HTML halaman beranda hanya akan tercermin di halaman beranda. Ini berlaku bahkan untuk elemen yang identik di seluruh situs, seperti footer. Jika kamu menggunakan pembuat situs web, perubahan pada halaman statis akan dilakukan secara otomatis setiap kali kamu menggunakan editor situs web.

Website Dinamis

Dibangun menggunakan bahasa dan teknologi sisi server, situs web dinamis memungkinkan konten setiap halaman dikirim dan ditampilkan secara dinamis, atau on-the-fly, sesuai dengan perilaku pengguna atau dari konten buatan pengguna.

Dengan situs web dinamis, semua data dan konten kamu diatur dalam database atau content management systems (CMS) backend, yang terhubung ke halaman situs web kamu. Cara informasi ini diatur dan terhubung ke desain situs kamu mengontrol bagaimana dan kapan kontennya terungkap pada halaman.

Apa artinya semua ini? Nah, konten dinamis memberi kamu kemampuan untuk menyesuaikan dan mempersonalisasi pengalaman situs web, dan apa yang ditampilkan, untuk pengguna tertentu. Ini juga memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada banyak halaman secara bersamaan, karena modifikasi yang dilakukan pada satu halaman dinamis dapat secara otomatis dilakukan secara bersamaan.

Jenis Website Berdasarkan Platform

Website Builder

Website builder adalah platform online yang memungkinkan pengguna membuat situs web mereka sendiri berdasarkan pilihan template. Kamu tidak perlu tahu cara membuat kode untuk menggunakan web builder – mereka umumnya sangat mudah digunakan, dan kamu akan membayar biaya bulanan untuk mempertahankannya. Mereka sempurna untuk situs web bisnis, situs web ecommerce, blog, dan portofolio. Situs web yang lebih kompleks seperti  portal dan situs media – kemungkinan besar perlu dibangun dengan sistem CMS.

CMS

Opsi kedua adalah membangun situs web menggunakan Content Management System (CMS), seperti WordPress. Kamu dapat melakukannya sendiri dengan mengunduh WordPress atau sistem CMS lain, membeli template, dan membangun situs kamu menggunakan kode. Kamu harus membayar untuk nama domain, dan untuk meng-host situs web kamu juga. Ada keuntungan untuk membangun situs dengan cara ini, tetapi kamu memerlukan beberapa pengetahuan teknis untuk membawa kamu dapat membangun situs web yang lebih optimal.

Simple (HTML & CSS)

Jenis website berbasis platform yang terakhir adalah website yang menggunakan HTML dan CSS. Ingat jenis website di awal artikel ini hanya website statis. Situs web statis biasanya dibuat menggunakan metode ini.

Metode pembuatan website yang terakhir ini membutuhkan pengetahuan coding dan pemrograman dengan HTML dan CSS. kamu dapat menggunakan perangkat lunak seperti Notepad++, Textwrangler, Sublime Text untuk membuat kode situs web kamu.

Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Blog

Kata “blog” adalah kependekan dari “weblog” yang berarti jurnal digital. Jenis situs web ini tak hanya menawarkan bahan bacaan tetapi ada juga jenis blog lainnya yang memungkinkan kamu untuk menjual produk hingga menyewakan ruang di blog kamu untuk iklan.

Konten dalam blog diperbarui secara berkala dengan artikel, video, dan foto yang relevan yang dimaksudkan untuk menginformasikan, menghibur, dan mendidik audiens kamu. Blog terkadang merupakan platform untuk menyuarakan pendapat individu, atau perusahaan mungkin memilikinya untuk menawarkan konten yang berharga kepada pelanggan mereka. Jenis situs web ini dapat menempatkan fokus utama pada blog itu sendiri – memusatkan situs di sekitar konten yang diperbarui secara berkala – atau dibangun ke dalam situs web yang lebih besar.

Website eCommerce / Toko Online

Website ecommerce mungkinkan pengguna untuk berbelanja dan membeli produk atau layanan secara online. Amazon, Bookshop, dan retail lain yang menjual produk melalui toko online adalah contoh bagus dari situs ecommerce. Situs web ini memudahkan kamu  untuk memasukkan barang ke keranjang dan checkout menggunakan kartu kredit kamu, layanan pembayaran seperti Dana atau platform ecommerce seperti Tokopedia.

Website Perusahaan / Bisnis

Website bisnis adalah segala jenis situs web yang mewakili bisnis kamu. Bahkan bisnis lokal kecil membutuhkan kehadiran online sederhana untuk dianggap serius di dunia yang berpikiran digital saat ini.  Situs web adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan tentang bisnis kamu, dan menemukan pelanggan baru adalah hal yang sangat penting. Situs web kamu harus memiliki halaman tentang, dan detail tentang bagaimana orang dapat menemukan perusahaan kamu..

Website Portfolio

Website portfolio adalah situs web yang harus kamu bangun jika kamu ingin memamerkan karya kamu. Website ini menampilkan gambar proyek atau seni yang kamu hasilkan sehingga orang – orang akan lebih mengenal karya kamu. Website portfolio adalah website yang ideal untuk dibuat jika kamu ingin mendapatkan atensi dari para pemberi kerja atau klien dengan menunjukkan contoh langsung pekerjaan yang telah kamu selesaikan. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapat pekerjaan.

Website Entertainment

Website entertainment adalah platform bagi orang – orang untuk mempelajari keterampilan baru, berbagi informasi, atau hanya sekedar menikmati dunia digital yang bisa diakses dengan mudah dari mana saja. Ini memungkinkan kamu untuk menemukan segala jenis hiburan mulai dari games, film, music, dan masih banyak lagi lainnya. 

Website Pemerintah

Website pemerintah adalah situs web resmi instansi pemerintah. Fungsi situs web pemerintah adalah menyediakan informasi tentang lembaga pemerintah, termasuk program, kebijakan, dan layanan yang ditawarkan.  Situs web pemerintah biasanya menggunakan domain khusus.  Misalnya, di Indonesia digunakan oleh pemerintah kota, kementerian, dan lembaga negara.

Website Media

Situs web media berisi konten yang diperbarui secara berkala tentang urusan terkini, cuaca, olahraga, dan hiburan. Situs berita seperti CNN dan situs hiburan seperti ELLE keduanya termasuk dalam kategori ini. CNN adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana menyusun dan mengatur konten situs web media: tata letak dan navigasinya memudahkan untuk menemukan artikel dan galeri yang paling diminati penggunanya. Konten di situs media bersifat dinamis, artinya diperbarui secara berkala. Situs media besar akan menerbitkan banyak artikel dan video setiap hari.

Website Pendidikan

Website pendidikan dibuat untuk mempopulerkan lembaga pendidikan (atau direktori lembaga) dan berisi informasi komprehensif tentang suatu lembaga, kehidupannya, staf pengajar, peluang bagi siswa, dan prestasi. Situs pendidikan modern harus mematuhi kriteria yang memungkinkan memaksimalkan kesadaran pengunjung terhadap institusi.

Situs web pendidikan menggunakan kombinasi games, artikel, video, dan gambar apa pun untuk mendidik audiens mereka. Ini mungkin diarahkan untuk pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak, atau menawarkan kursus untuk orang dewasa, seperti Coursera dan EdX.

Website Organisasi Nirlaba

Website organisasi nirlaba adalah situs web yang dibuat untuk dan dikelola oleh organisasi nirlaba. Organisasi nirlaba adalah organisasi yang tidak mencari keuntungan, melainkan untuk melayani tujuan sosial, lingkungan, atau kemanusiaan. Website organisasi nirlaba bertujuan untuk mempromosikan misi, kegiatan, dan layanan organisasi, serta meyakinkan donatur untuk memberi mereka donasi.

Website Forum / Komunitas

Situs web forum atau komunitas dicirikan oleh konten buatan pengguna – dan berfungsi sebagai platform online untuk diskusi dan berbagi informasi.Pengguna dapat membuat utas atau topik baru – lalu memulai percakapan dengan memposting pesan dalam utas tersebut. Website forum biasanya membagi konten mereka ke dalam kategori atau bagian yang berbeda, sehingga memudahkan pengguna untuk menavigasi dan menemukan diskusi yang relevan bagi mereka: dan mempromosikan lingkungan yang terstruktur dan terorganisir.

Contoh paling terkenal dari situs forum adalah Reddit. Situs ini mengumpulkan berita dan konten sosial – dan memberi penggunanya tempat untuk mengirimkan konten seperti posting teks, gambar, tautan, dan video, yang dapat dipilih oleh pengguna lain. Dengan logo ikonik dan skema warna orange / putih, Reddit segera dikenali sebagai situs web forum – dan merek yang kuat.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Berbagai jenis website di atas bisa dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk membuat website seperti apa. Nah sebelum meluncurkan website, kamu perlu memiliki domain untuk website kamu. Kamu bisa memilih nama domain impian kamu di RNA dengan harga yang tentunya ramah dikantong. Yuk kunjungi Reseller Domain RNA dan miliki domain impianmu sekarang juga.

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds