5/5 (1)

Domain SCH ID– Hidup di era perkembangan teknologi yang pesat memudahkan kita dalam segala hal. Termasuk dengan mudahnya akses informasi – informasi yang dulu sulit diakses. Ada berbagai macam situs yang muncul untuk berbagi informasi dengan beragam topik. Diantaranya yaitu situs web sekolah

Untuk mendorong kegiatan belajar dan meningkatkan citra sekolah, banyak pihak sekolah mulai membuat dan meluncurkan situs web sekolah. Hal ini akan membantu siswa untuk dapat menerima bahan ajar dan memudahkan akses orang yang ingin mengetahui tentang informasi seputar sekolah. 

Namun, apakah kamu tahu jika situs web terdiri dari beberapa komponen yang disatukan hingga situs tersebut muncul di internet? Komponen ini berupa nama dan kode domain sch.id. Lalu apa itu domain sch.id dan seberapa pentingnya untuk digunakan pada situs web sekolah? Yuk mari simak ulasan dibawah ini!

Apa Itu Domain SCH ID?

Pada tahun 1985, sebuah domain bernama symbolics com muncul. Nama domain dikendalikan oleh perusahaan komputer bernama Symbolics Inc., Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Dengan demikian, ini adalah perusahaan pertama di dunia yang mendaftarkan nama domain. Domain murah pertama di dunia. Nama .sch telah disesuaikan dengan ukuran situs itu sendiri. “.sch” adalah singkatan dari sekolah.

Selanjutnya, kata “.id” untuk Indonesia. Keduanya selalu digunakan bersama dan tidak dapat digunakan secara terpisah. Oleh karena itu, domain ini merupakan domain yang digunakan untuk Situs web sekolah di Indonesia. Domain ini khusus digunakan di negara Indonesia, dengan tambahan Subject ID setelahnya, sesuai dengan negara tempat pembuatan Situs web atau kodenya. Hampir semua Situs web sekolah di Indonesia menggunakan domain .sch.id ini. Domain ini berlisensi dan dapat digunakan untuk situs web sekolah mana pun. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan layanan pembuat situs web sekolah gratis kami.

Domain Sch adalah domain yang berfungsi sebagai kode “sekolah” akademik saat membangun situs web atau sederhananya digunakan untuk situs web sekolah. Menambahkan “id” adalah tanda bahwa akademisi tersebut berada di Indonesia. Situs ini merupakan situs domain resmi yang banyak digunakan oleh institusi akademik dan digunakan sebagai kode situs mereka. Sebagai ciri pembeda dari universitas yang menggunakan domain ac.

Keuntungan menggunakan domain yang diakui secara resmi, terutama yang memiliki identitas tambahan seperti “id”, biasanya adalah kepercayaan atau kredibilitas yang tinggi. Situs web dengan ekstensi id sebagai domain tampak lebih dapat dipercaya. Selain itu, situs lebih dikenal orang dan dapat diakses dengan cepat ke domain sch. Kami juga membedakan situs antar universitas sehingga setiap sekolah memiliki situs web masing-masing. Memasang domain juga merupakan pilihan yang baik jika ingin dikenal dan menemukannya lebih cepat.

Selain membuat Situs web sekolah yang berisi informasi umum tentang sekolah, sekolah juga membuat Situs web sekolah online keanggotaan dan sekolah online untuk memastikan kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan lancar.

Situs web sekolah jenis ini biasanya memberikan informasi tentang sekolah mulai dari alamat, akreditasi, foto sekolah, informasi penerimaan siswa baru, berita terbaru dari sekolah serta data tentang siswa, staf pendidik yang ada dan kelas/fakultas/jurusan yang tersedia.

Untuk sekolah yang merasa tidak aman mengadakan pelajaran secara offline, membuat portal sekolah sangat disarankan. Situs web sekolah untuk pembelajaran online dapat berisi materi untuk dipelajari siswa, mengadakan kelas online langsung, dan mengunduh video instruksional untuk siswa.

Situs web keanggotaan sekolah memudahkan siswa untuk mengetahui kelas apa yang akan mereka ambil pada semester tersebut beserta informasi nilai dan penyerahan tugas jika tersedia kelas online. Pendidik juga dapat dengan mudah melacak siswa dan mengelola kegiatan belajar mengajar mereka.

Pentingnya Domain .sch.id Bagi Situs web Sekolah

Menggunakan nama domain .sch.id untuk membuat Situs web sekolah memiliki banyak keuntungan dan sangat direkomendasikan untuk sekolah non universitas.

Salah satu kelebihan domain sch id adalah Situs web dengan domain sch id sudah disetujui secara resmi, sehingga langsung dikenali sebagai situs sekolah. Situs web sekolah Anda akan tampil lebih bereputasi dan terpercaya dengan menggunakan domain sch id resmi, yang digunakan oleh banyak Situs web sekolah lainnya.

Selain itu, pengguna Situs web sekolah dengan domain sch id, baik staf pengajar maupun siswa, khususnya pengguna dengan email khusus sekolah .sch.id, dapat menggunakan operasional sekolah seperti G Suite for Education, Canva for Education, dll. Anda dapat mengakses Github dengan layanan perangkat lunak yang mendukungnya. untuk pendidikan.

Baca Juga : Beli Domain COM Untuk Website Lebih Profesional

1. Menjadi Identitas Seputar Media Informasi Sekolah

Berbagai informasi tentang sekolah, siswa, guru, dan orang tua dapat dengan mudah dilihat dan diumumkan di Situs web sekolah. Informasi sekolah seperti sejarah, visi, misi, patron dan simbol. Selain informasi tentang sekolah, Situs web juga memungkinkan kita untuk berbagi informasi dengan siswa, guru, dan orang tua siswa.

Contoh: informasi PPDB, informasi jadwal siswa, informasi guru, informasi kemajuan sekolah orang tua. Semua informasi tersedia dari Situs web sekolah, sehingga informasi ini dapat disebarluaskan dengan mudah, cepat dan efisien.

Situs web sekolah juga dapat digunakan sebagai media promosi untuk kesejahteraan identitas sekolah. Promosi yang ditampilkan di situs web sekolah biasanya terkait dengan kinerja sekolah dan siswa. nilai sekolah. Penghargaan sekolah Adiwiyata, dll.

2. Meningkatkan Kredibilitas Sekolah

Dengan menggunakan sch.id kredibilitas di sekolah sangat penting. Kepercayaan siswa dan orang tua menjadi tolak ukur keberhasilan membangun sekolah.Halaman beranda sekolah dapat digunakan untuk membangun kepercayaan di sekolah. Tidak diragukan lagi bahwa kepercayaan meningkat ketika sebuah sekolah memiliki situs web.

Jika Situs web aktif di update, dipastikan sekolah tersebut bereputasi baik dan terpercaya (bertanggung jawab). Dengan kata lain lembaga dapat menunjukkan melalui Situs web sekolah apakah sekolah yang bersangkutan mengutamakan kualitas dan kuantitas pendidikan.

Baca Juga : Beli Domain .NET Harga Murah Berkualitas

Syarat Menggunakan Domain .sch.id

Domain SCH ID adalah produk ekstensi domain PANDI, jadi Anda harus memenuhi beberapa persyaratan untuk memilikinya. Beberapa persyaratan tersebut nantinya secara legal digunakan sebagai legalitas Situs web sekolah. Lalu apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk memiliki domain SCH-ID?

Untuk sekolah resmi, Anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  1. KTP / Paspor Republik Indonesia yang masih berlaku
  2. Surat keterangan kepala sekolah atau pimpinan lembaga. Lihat draf dokumen
  3. Nama domain yang terdaftar harus sesuai dengan nama sekolah yang terdaftar.

Sedangkan untuk pendidikan nonformal (kecuali pondok pesantren) yang disetujui oleh SKPD, maka dokumen yang harus disiapkan adalah sebagai berikut.

  1. KTP / Paspor  Republik Indonesia yang masih berlaku
  2. Surat keputusan tentang pembentukan kelembagaan kementerian atau SKPD yang berwenang
  3. Nama domain yang terdaftar harus sesuai dengan nama registrar.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Mungkin terlihat sedikit ribet, namun untuk legalitas Situs web sekolah kamu harus dipenuhi secara hukum.

Nah sekarang kamu sudah mengetahui apa itu domain sch.id beserta dengan persyaratan Tertarik untuk menjadi reseller domain sch.id? Kamu dapat mendaftarkan diri dan menemukan layanan di situs Reseller Domain RNA.

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

Leave a Reply

daftar reseller

This will close in 0 seconds