3/5 (2)

Memilih domain yang tepat untuk sebuah situs web adalah hal penting karena dengan memilih domain yang selaras dengan situs web akan mempermudah kamu dalam menggambarkan citra situs web tersebut. Mungkin kamu tidak asing lagi dengan domain berakhiran .com, namun sebenarnya terdapat banyak sekali ekstensi yang dapat kamu pilih untuk melengkapi nama domain kamu, salah satunya adalah ekstensi domain my id.

Domain my.id sangat cocok digunakan untuk situs web dan blog pribadi. Ekstensi domain my.id sendiri mungkin jarang kamu temukan saat menjelajah internet. Kamu mungkin masih bingung dan belum yakin untuk memilih dan menggunakannya. Untuk itu, artikel ini akan membahas apa itu domain my id dan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh domain my.id. 

Apa Itu Domain MY ID?

Domain my.id adalah salah satu jenis domain .id yang dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang diperuntukkan untuk situs web personal. Domain my.id ini memiliki dua komponen yaitu my dan id. Dilihat dari komponen yang membentuknya, kata “my” memiliki arti milik pribadi atau personal dan “id”  berarti kode domain Indonesia. 

Domain ini diperuntukkan khusus untuk situs web personal, seperti blog dan email pribadi, hingga situs web portofolio. Jadi, domain ini sangat populer di kalangan content weiter maupun blogger yang memiliki situs web personal mereka sendiri. 

Pada saat diluncurkan, domain my.id memerlukan beberapa verifikasi data identitas dengan menggunakan KTP atau paspor. Akan tetapi saat ini proses verifikasi tersebut sudah tidak lagi diperlukan. Kamu bisa memiliki domain ini dengan hanya melakukan proses verifikasi email yang aktif saja. 

Dengan menggunakan domain my.id, situs web kamu akan memiliki potensi untuk berada di peringkat pertama dari search engine.Sebab domain ini merupakan salah satu tipe domain ccTLD (country code Top Level Domain) yang bisa dikatakan mempunyai sifat yang lebih spesifik dibanding dengan gTLD (generic Top Level Domain). Sederhananya, domain ini akan langsung memberikan informasi kepada pengunjung bahwa situs web kamu memiliki basis atau berlokasi di Indonesia. Sehingga ketika pengunjung Indonesia mencari sesuatu di search engine, maka search engine akan mengutamakan situs web yang berasal dari negara tertentu. 

Kelebihan Domain .my.id

Masih belum yakin dengan domain my.id? Ketahui kelebihan dalam menggunakan domain my.id sebagai berikut:

1. Harga Terjangkau

Dalam sisi harga, domain my.id termasuk domain yang sangat terjangkau. Hal tersebut akan membantu para pemula, baik itu blogger maupun pengusaha mikro untuk dapat mengembangkan situs web mereka tanpa perlu pusing dengan biaya domain yang tinggi. RNA menawarkan harga termurah yakni dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan domain tersebut. Sangat terjangkau bukan?

2. Beragam Pilihan Nama Domain

Jika dibandingkan dengan Top Level Domain yang lain seperti .com dan .net, domain my.id masih terbilang belum banyak digunakan. Ini berarti ketersediaan nama domain dengan menggunakan ekstensi my.id masih banyak. Jadi kamu tidak perlu takut nama domain yang kamu inginkan telah terdaftar karena kemungkinannya sangatlah kecil. Domain ini juga bisa kamu jadikan opsi jika ternyata nama domain yang kamu inginkan dengan ekstensi lain telah terdaftar. 

Baca Juga : Beli Domain NET untuk Website Bisnismu

3. Mempresentasikan Identitas Website Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, my.id dapat membantu pengguna dalam mengetahui basis atau lokasi situs web kamu benar – benar berasal dari Indonesia. Karena my.id sendiri telah merepresentasikan situs web kamu sebagai “my international domain” atau “my identity”. Tapi, perlu diingat jika nama domain yang bagus saja tidak cukup dalam menunjukkan identitas dengan baik. Maksimalkanlah isi konten dari situs web kamu dengan memberikan postingan – postingan yang terbaik.

Domain ini memiliki nilai positif yang lebih jika digunakan oleh situs web yang bergerak dibidang bisnis. Sebab secara tidak langsung situs web tersebut dapat memperkenalkan merek lokal dari Indonesia di mata dunia. 

4. Lebih Mudah Diingat

Jika kamu masih membangus situs web kamu dengan domain bawaan seperti wordpress.com atau blogspot.com maka nama domain yang akan muncul untuk situs web kamu adalah contohdomain.wordpress.com atau contohdomain.blogspot.com.  Nama domain dengan ekstensi domain bawaan cenderung susah diingat dan akan berakibat pada traffic situs web kamu.

Menggunakan domain my.id akan meringkas nama domain kamu sehingga akan membuat situs web kamu lebih mudah diingat oleh pengunjung. Dari yang awalnya contohdomain.blogspot.com menjadi contohdomain.my.id, lebih mudah diingat bukan?

Baca Juga : Beli Domain .COM untuk Website Lebih Berkelas

5. Berpeluang Muncul di Halaman Pertama Google

Domain my.id adalah domain dengan tipe ccTLD (country code TTop Level Domain). Dimana ccTLD dapat meningkatkan ranking situs web di halaman pencarian google terutama di Indonesia. Kok bisa? Ini dikarenakan google akan mendeteksi situs – situs web yang berhubungan dan relevan dengan area tertentu, dalam hal ini google akan memprioritaskan situs web dari Indonesia untuk pengunjung dari Indonesia. Jadi, jika kamu menargetkan audiens Indonesia untuk situs web kamu, domain my.id adalah pilihan yang sangat tepat.  

6. Akses Lebih Cepat

Domain my.id memiliki akses lebih cepat karena DNS (Domain Name Server) yang dikelola oleh PANDI yang berlokasi di Indonesia. Situs web yang memiliki performa lebih cepat serta lebih hemat bandwith akan lebih disenangi pengunjung. Hal ini akan membuat pengunjung puas dan memungkinkan mereka untuk kembali mengakses situs web kamu. Tak hanya sampai disitu, kemudahan akses juga akan mempengaruhi kualitas SEO kamu.

Sekarang kamu telah mengetahui apa itu domain my.id beserta dengan kelebihannya. Domain ini didesain untuk orang yang memiliki situs web maupun blog pribadi dan dengan menggunakan domain ini kamu dapat mengembangkan situs web kamu  lebih luas lagi, jadi bagi kamu yang memiliki situs web pribadi, domain my.id adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, situs kamu akan terlihat lebih mumpuni dan kompeten daripada banyak situs pribadi kompetitor di luar sana saat ini. Nah, syarat yang diperlukan sederhana bukan?. Selain itu, domain ini biasanya juga menyediakan lebih banyak nama situs, memberi kamu lebih banyak kebebasan untuk mencari nama domain. 

Selain itu, nama domain yang kamu buat harus mudah dikenali orang dan menarik banyak pengunjung. Karena domain ini biasanya digunakan oleh pembuat konten sebagai cara alternatif untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Jadi jangan ragu untuk menambahkan penggunaan domain my.id  ke situs web kamu..

Sekarang kamu sudah lebih yakin untuk memilih dan menggunakan domain my.id bukan? Tunggu apa lagi segera daftarkan nama domain situs web kamu dengan ekstensi domain my.id! Kamu juga dapat menjadi reseller domain my.id dan banyak top level domain lainnya loh. Caranya gampang, cek cara daftarnya di Reseller Domain Murah Indonesia – RNA.

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

Leave a Reply

daftar reseller

This will close in 0 seconds