No ratings yet.

Saham, obligasi, reksa dana, dan real estate. Semua bentuk investasi umum. Tapi tahukah kamu bahwa nama domain juga bisa menjadi investasi? Investasi domain adalah bentuk investasi lain yang bisa sama menguntungkannya dengan berinvestasi di pasar saham jika kamu melakukannya dengan benar.

Investasi domain adalah kegiatan bisnis membeli domain dan menjualnya kembali ketika harga mulai meroket. Salah satu bukti bahwa investasi domain bisa mendatangkan banyak uang adalah pembelian nama domain termahal oleh Business.com seharga $345 juta (Rp 5,1 triliun).

Tapi apakah investasi domain menguntungkan? Dan bagaimana kamu memulai jika kamu ingin mencobanya sendiri?. Tenang, RNA telah merangkum semua yang perlu kamu ketahui tentang investasi domain. Mari kita mulai!

Apa Itu Investasi Domain?

Investasi domain juga disebut sebagai domaining, dalam istilah yang paling sederhana, adalah ketika seseorang membeli satu atau lebih nama domain dengan maksud untuk kemudian menjual nama domain tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang dihasilkan dari investasi domain terjadi ketika nama domain dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada yang awalnya dibeli.

Lakukan ini beberapa kali, atau jual satu atau dua domain mahal untuk pengembalian yang sehat dan kamu dapat mulai melihat bagaimana berinvestasi di domain benar-benar dapat bertambah. Bahkan, beberapa investor (disebut “domainer”) bahkan melakukan ini sebagai pekerjaan penuh waktu mereka mengingat potensi pendapatan.

Investasi nama domain memiliki sifat yang mirip dengan investasi real estat dan properti, dengan perbedaan utama adalah bahwa nama domain adalah aset digital daripada aset fisik seperti bangunan atau tanah.

Pada dasarnya ada dua metode investasi domain yang berbeda tergantung pada tujuan, anggaran, dan kerangka waktu kamu. Kedua metode tersebut adalah:

1. Investasi jangka pendek atau domain flipping

Ketika domainer berbicara tentang membalik domain, mereka secara bergantian berbicara tentang investasi jangka pendek. Jika kamu berpikir tentang berinvestasi dalam hal real estat, seorang investor dapat membeli properti fixer-upper atau rumah berbiaya lebih rendah dengan maksud menjual kembali properti dengan harga yang jauh lebih tinggi untuk menghasilkan keuntungan.

Dalam real estate, praktik ini dikenal sebagai “membalik rumah.” Maka tidak mengherankan bahwa ketika melakukan ini dengan nama domain, praktiknya hanya disebut “membalik domain.”

Dalam kasus ini, investor domain mencoba membeli nama domain yang biayanya lebih rendah dan kemudian dengan cepat menjualnya seharga ratusan atau bahkan ribuan dolar lebih banyak daripada yang awalnya mereka bayarkan untuk domain tersebut.

2. Investasi domain jangka panjang

Ketika datang ke peluang investasi jangka panjang, investor domain sering mencoba untuk membeli nama yang lebih berharga dan kemudian memegangnya untuk jangka waktu yang lebih lama. Jenis nama domain ini disebut sebagai nama domain premium Pada dasarnya, ini adalah nama yang pendek, menarik, dan jauh lebih bermerek.

Idenya di sini adalah bahwa sebagai investor, kamu membeli domain yang sudah dianggap berharga dalam upaya untuk menjual nama itu ke orang lain, entitas, atau organisasi yang bersedia menghabiskan lebih dari harga tinggi yang awalnya kamu habiskan.

Apakah kamu memilih strategi investasi jangka pendek atau jangka panjang, penting untuk mengetahui apa yang terlibat saat mengejar investasi domain sebagai hobi atau sumber pendapatan

Apakah Investasi Domain Menguntungkan?

Jika kamu bertanya, “apakah investasi domain menguntungkan?,” jawabannya adalah YA! Berinvestasi dalam nama domain bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan ini adalah investasi yang relatif berisiko rendah.

Dengan bermodal mengetahui cara menemukan, mempromosikan, dan menjual domain sudah cukup. kamu bisa mulai dengan investasi kecil di domain ini terlebih dahulu. kamu dapat membeli beberapa domain potensial terlebih dahulu. Untungnya, setelah domain terjual, kamu dapat menggunakannya untuk biaya perpanjangan nama domain. Jika kamu memiliki sisa, kamu dapat menambahkannya ke daftar domain investasi kamu.

Berikut adalah beberapa contoh pembelian nama domain termahal:

  1. Business.com – 345 juta dollar
  2. LasVegas.com – 90 juta dollar
  3. Carinsurance.com – 49,7 juta dollar
  4. Insurance.com – 35,6 juta dollar
  5. Privatejet.com – 30 juta dollar
  6. Internet.com – 18 juta dollar
  7. 360.com – 17 juta dollar

Tentu saja, melihat daftar di atas, kamu dapat membayangkan berapa banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh jika kamu membeli domain sekarang dan menjualnya dalam beberapa tahun. Tapi jangan terburu-buru. Sobat Exabytes juga harus menggunakan ketajaman bisnis untuk mengamati dan meneliti domain apa yang populer dan diminati di masa depan.

Sedikit bocoran, ekstensi domain yang paling populer saat ini untuk Primadonna adalah .COM dan .ID. Jika target pasar kamu adalah perusahaan asing, sebaiknya pilih nama domain .COM sebagai target investasi kamu. Namun, jika target pasar kamu adalah bisnis lokal, pertimbangkan untuk berinvestasi dalam nama domain .ID.

Selain itu, PANDI juga menetapkan harga domain .ID akan naik menjadi Rp300.000 mulai 1 April 2022. Yang pasti, harga domain .ID yang terus menjadi perbincangan hangat setiap tahunnya merupakan peluang bisnis yang menggiurkan.

Strategi Bisnis Investasi Domain

Nah, sekarang kamu telah memahami apa itu investasi domain dan seberapa menguntungkannya melakukan investasi ini. Jika kamu tertarik untuk memulai investasi domain, simak strategi bisnis investasi domain berikut ini:

1. Melakukan Riset Tren dan Pasar

Di dunia digital, perubahan sangat cepat dan dinamis. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa tren domain website berubah dan terus diperbarui dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar meneliti keabadian (selalu laris, abadi), peristiwa terkini, tren budaya, teknologi, industri, dan tren internet.

Perubahan tren dan kondisi pasar juga dapat mempengaruhi perubahan minat pada domain tertentu. Alat seperti Google Trends dapat digunakan untuk memastikan bahwa kamu terus dipantau dan diperbarui tentang tren dan kebutuhan pasar saat ini. Jika kamu tidak melakukan riset pasar, pesaing kamu akan memanfaatkan kesempatan kamu.

2. Memilih Top Level Domain yang Potensial 

Strategi investasi domain selanjutnya adalah kamu harus memiliki ketajaman bisnis yang kuat. Karena pilihan yang tepat sangat diperlukan agar domain yang dibeli memiliki masa depan yang menjanjikan dan sukses.

kamu bisa mulai berinvestasi dengan membeli nama domain murah seperti ekstensi .COM. Mengapa? Karena domain ini adalah ekstensi domain paling populer di seluruh dunia. Berinvestasi dalam domain .COM lebih mungkin, tetapi itu tidak berarti membeli entitas lain lebih kecil kemungkinannya.

Selain .com, ada beberapa domain top level seperti .id, dan harga diperkirakan akan terus naik dari tahun ke tahun, sehingga prospek pasar Indonesia cukup menjanjikan.

3. Mempromosikan Domain

Seperti bisnis apa pun, jual beli domain memerlukan sesuatu yang disebut periklanan. Investasi dalam domain mendapatkan hasil terbaik jika didorong. kamu dapat beriklan dengan memasang iklan di banyak pasar domain dan membuat penawaran menarik.

Itulah beberapa strategi jika kamu ingin memulai investasi domain. Sehingga kamu bisa memulai bisnis ini secepatnya. Berbekal riset pasar yang baik dan sedikit kreativitas, Anda bisa mendapat untung besar di bidang perdagangan ini. Jika kamu juga tertarik untuk menjadi reseller domain, kunjungi situs Reseller Domain – RNA ID untuk melihat penawaran menarik dan segera bergabung dengan kami!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds