No ratings yet.

Jika kamu sedang memikirkan untuk memulai usaha yang simple dan tidak ribet namun tetap menguntungkan, kamu dapat mencoba memulai bisnis jual beli domain!

Seperti yang kita ketahui, saat ini kita berada dimana semua serba digital. Hal ini bisa kamu lihat dengan semakin banyaknya situs web yang akan terus bertambah tiap tahunnya. Artinya, kebutuhan domain pun akan selalu ada. 

Tak hanya itu saja, ada banyak sekali potensi peluang bisnis jual beli domain yang sayang untuk dilewatkan. Nah, simak artikel ini karena RNA telah merangkum beberapa informasi seputar jual beli domain mulai dari keuntungan hingga tips untuk memulainya. Langsung saja, mari kita mulai!

Keuntungan Bisnis Jual Beli Domain

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk membuka halaman suatu situs web. Banyak pebisnis yang memanfaatkan keberadaan situs web untuk digital marketing. Dengan demikian, semakin banyak peluang bisnis untuk membeli dan menjual domain. Lalu apa keuntungannya?

1. Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil

Apakah kamu khawatir tidak mempunyai modal awal yang besar untuk memulai jual beli domain? Tenang saja, jual beli domain tidak memerlukan modal yang besar. Bahkan, bisnis ini bisa kamu mulai dengan dana mulai dari belasan ribu rupiah saja loh! Selain dengan modal yang kecil, bisnis jual beli domain juga bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja.

Lalu domain mana yang bisa kamu dapatkan hanya dengan belasan ribu rupiah? jawabannya berada di domain XYZ. Domain XYZ cocok untuk semua jenis bisnis. Bahkan sekelas perusahaan besar Google juga menggunakan domain XYZ sebagai ekstensi domain tambahan.

2. Fleksibel, Bisa Dikerjakan dari Mana Saja

Jika kamu memanfaatkan potensi bisnis ini, kamu bisa melakukannya kapan saja, di mana saja. Tentu saja! Karena kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer dan jaringan internet yang bagus. Oleh karena itu, bisnis ini sangat fleksibel. ingin berlibur? juga bisa! Terus hasilkan pendapatan dari bisnis jual beli domain kamu.

3. Tingkat Persaingan Rendah

Bisnis jual beli domain memang masih terbilang baru, khususnya di Indonesia. Makanya tidak banyak orang yang menggeluti bidang ini. Tentu saja jika kamu tertarik menggeluti bisnis hosting dan domain, kamu akan melihat betapa bisnis ini memiliki potensi pasar yang menjanjikan dan tidak terlalu kompetitif. Apalagi semuanya saat ini serba digital. Dimana akan semakin banyak orang yang membutuhkan domain sebagai nama situs webnya.

4. Potensial Mendapatkan Penghasilan Besar

Persaingan rendah dan permintaan akan domain yang tinggi membuka potensi keuntungan yang sangat besar. Potensi pendapatan dari bisnis jual beli domain ini sangat besar, mulai dari Rp 14 juta hingga Rp 111 juta per tahun.

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Domain

Setelah mengetahui apa itu bisnis jual beli domain, sepertinya memang bisnis ini tak hanya cukup mudah dilakukan tetapi juga memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Tapi, jangan asal ketika ingin memulai bisnis jual beli domain. Simak beberapa tips untuk memulai bisnis jual beli domain berikut: 

1. Menentukan Fokus

Ada banyak sekali jenis situs web yang bisa kamu temukan di internet. Jika kamu tidak menentukan fokus, maka target pasar kamu akan terlalu luas sehingga akan mengaburkan arah bisnis kamu. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis jual beli domain, kamu harus menentukan fokus sesederhana ekstensi domain yang seperti apa yang sudah pasti laku pada segmentasi tertentu.

Lalu jenis – jenis situs web yang seperti apa sih yang bisa kamu jadikan fokus? Berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih:

  • E-commerce
  • Portal berita
  • Blog pribadi
  • Organisasi 
  • Instansi pemerintah
  • Dll

Perlu kamu ketahui jika jenis situs web diatas memiliki penggunaan ekstensi domain yang berbeda – beda pula. Jadi kamu juga perlu untuk mengetahui jenis dan penggunaan ekstensi domain yang tepat. 

2. Memahami Penggunaan Ekstensi Domain

Ketika menjadi seorang penjual, kamu pasti harus punya banyak pengetahuan tentang produk yang kamu jual. Ini juga berlaku pada bisnis jual beli domain. Kamu harus memahami dengan baik penggunaan ekstensi dari masing – masing domain. Sebab, ada beberapa jenis domain seperti misalnya ekstensi domain .com yang merupakan ekstensi yang digunakan untuk tujuan komersil, ekstensi domain .sch.id yang digunakan untuk situs web sekolah yang berada di Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Selain dari contoh yang telah disebutkan diatas, masih banyak tata cara penggunaan ekstensi domain dimana setiap ekstensi memiliki kelebihan masing – masing tergantung pada jenis situs webnya. Jadi, sebelum kamu memulai bisnis jual beli domain, kamu perlu untuk memahami penggunaannya agar kamu dapat merekomendasikan atau menjual domain tersebut dengan tepat.

3. Membuat Nama Domain yang Menjual

Tidak hanya ekstensi domain saja, kamu juga harus memperhatikan nama domain yang akan kamu jual. Tipsnya yaitu cobalah menjadi pelanggan. Jika kamu menjadi pelanggan apakah kamu akan memilih nama domain tersebut untuk situs webnya? Kemudian juga mengapa pelanggan membutuhkannya?

Ketika kamu mulai memikirkan hal tersebut, kamu sedang mengenali kebutuhan dari target pasar kamu. Berikut adalah beberapa strategi untuk membuat nama domain yang menjual;

  • Beli domain baru. Dengan kata lain, buat nama domain kamu sendiri. Jika kamu memilih untuk membuat nama domain sendiri, kamu harus mencari nama domain yang tidak terdaftar dan segera membelinya sebelum orang lain memilikinya.
  • Beli domain dengan Pagerank. Kamu dapat membeli domain bekas yang sudah memiliki reputasi baik di Google. Domain – domain ini biasanya berasal dari situs web yang telah kedaluwarsa dan domainnya belum diperbarui.
  • Beli domain baru sambil membangun pagerank kamu sendiri. Strategi gabungan ini melibatkan pembelian domain baru, dengan sengaja membangun peringkat halamannya menggunakan teknik SEO, lalu menjualnya kembali.

4. Memilih Layanan Penyedia Domain Berkualitas

Tips selanjutnya untuk memulai bisnis jual beli domain: Pilih layanan penyedia domain yang berkualitas. Secara garis besar, domain hanyalah alamat situs web. Namun, penyedia domain menentukan kelancaran bisnis kamu di masa depan. Bagaimana ini bisa terjadi? Pasalnya, setiap penyedia domain menawarkan layanan yang berbeda. Banyak penyedia domain yang berlomba untuk menawarkan berbagai fitur yang akan sangat membantu seperti misalnya dukungan teknis, ketersediaan jenis ekstensi, dan masih banyak lagi. Jadi pastikan kamu tidak asal memilih layanan penyedia domain ya!

Sekarang kamu sudah memiliki pemahaman yang baik tentang bisnis jual beli nama domain. Dapat disimpulkan bahwa bisnis ini pasti memiliki potensi di masa depan. Anda bisa mendapatkan penghasilan minimal Rp 14 juta per tahun dengan gaya kerja yang relatif santai.

Namun, perlu diingat bahwa menjual domain saja tidak cukup. Kamu juga memerlukan kemampuan untuk menyaring penyedia nama domain yang sesuai sebagai mitra bisnis. Jadi ketika ada kesalahan domain kamu sudah tahu ke mana harus mencari dan cara memperbaikinya.

Bisnis jual beli domain juga menjanjikan. Bagaimana Anda memahami tips bisnis jual beli domain ini? Tunggu apa lagi? Ayo wujudkan impian menjadi pebisnis sukses di bisnis jual beli domain! Atau jika kamu tertarik untuk menjadi Reseller Domain, kamu dapat bergabung dengan RNA. Kunjungi RNA dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds