No ratings yet.

Ketika ingin membuat situs web, salah satu keputusan penting untuk dipertimbangkan adalah memilih nama domain. Nama domain adalah alamat yang akan digunakan orang untuk menemukan situs web kamu di internet. Sementara banyak orang memilih domain gratis, ada banyak keuntungan memilih domain berbayar. 

Sebelumnya, apakah kamu sudah tau apa itu domain berbayar? Domain berbayar adalah nama domain yang kamu beli untuk mendapat kendali penuh atas nama domain kamu dan situs web terkait, tanpa adanya batasan apapun yang diberlakukan oleh penyedia layanan hosting situs web. 

Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat perbedaan antara domain berbayar dengan domain gratis beserta dengan keunggulan dari domain berbayar, dan membantu kamu dalam membuat keputusan yang tepat untuk menggunakan domain berbayar. Mari kita mulai! 

Perbedaan Domain Berbayar dengan Domain Gratis 

Domain berbayar adalah layanan pembelian domain yang bisa kamu beli dari penyedia domain atau hosting web untuk perusahaan atau individu tertentu. Biaya dari domain berbayar  tergantung pada domain apa yang dibeli. Jadi ini semacam transaksi ekonomi di ranah digital.

Kamu juga bisa mendapatkan nama domain secara gratis dengan menggunakan domain gratis. Kamu dapat menentukan nama domain kamu sendiri berdasarkan identitas, asal, inspirasi, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.  Itulah mengapa disebut dengan domain gratis. Kamu bisa mendapatkannya dari penyedia layanan domain tanpa biaya.

Tidak seperti domain berbayar, domain gratis biasanya datang dengan beberapa batasan. Misalnya, nama domain mungkin harus dengan menyertakan nama host situs web, kemudian kamu juga mungkin dibatasi dalam jumlah penyimpanan dan bandwidth yang dapat kamu gunakan.

Sebenarnya, keduanya memiliki persamaan yakni sama – sama berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengakses situs web tanpa harus menghafal IP address yang panjang. Namun ada beberapa perbedaan yang mencolok dan keduanya. Berikut adalah perbedaan utama antara domain berbayar dengan domain gratis:

1. Biaya

Seperti disebutkan sebelumnya, perbedaan terbesar antara domain gratis dan domain berbayar adalah biayanya. Domain gratis tentu saja gratis, sementara domain berbayar dapat berharga fantastis dikarenakan keunikannya yang hanya memiliki dua sampai empat karakter saja.

2. Kontrol dan Kepemilikan

Dengan domain berbayar, kamu memiliki kontrol dan kepemilikan penuh atas nama domain dan situs web kamu. Dengan domain gratis, nama domain kamu mungkin termasuk nama host situs web, dan kamu mungkin dibatasi dalam jumlah penyimpanan dan bandwidth yang dapat kamu gunakan.

3. Profesional

Nama domain khusus dan berbayar memproyeksikan citra profesional dan membantu membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan pelanggan kamu. Domain gratis mungkin tidak memiliki tingkat profesionalisme yang sama dan mungkin tidak begitu berkesan.

4. Kustomisasi

Dengan domain berbayar, kamu dapat sepenuhnya menyesuaikan nama domain dan situs web kamu . Dengan domain gratis, kamu mungkin terbatas dalam opsi penyesuaian yang tersedia untuk kamu .

Beli Domain Premium Murah Hanya di RNA

Keunggulan Domain Berbayar 

1. Beragam Pilihan Domain TLD

Opsi domain tingkat atas (TLD) pertama lebih serbaguna. kamu dapat memilih TLD dengan Tujuan Umum (gTLD), Negara (ccTLD), atau Organisasi Pribadi (sTLD).

Contoh top level domain seperti .COM, .ID, .EDU… sebaiknya kamu pilih sesuai dengan kebutuhan website kamu. Jelas, ini berbeda dengan domain gratis, yang memiliki pilihan TLD yang lebih sempit dan kurang umum. Faktanya, dalam banyak kasus hanya satu domain ccTLD yang dapat dipilih. .TK, .ML, .GA, .GQ, dll.

2. Meningkatkan Kredibilitas Website

Apa kesan pertama Anda ketika menerima tautan undangan ke situs seperti toko.ml? Anda tentu merasa aneh dan gelisah. Jika contoh nama domain bisnis adalah toko.com, akan berbeda. Seperti yang Anda ingat, domain gratis biasanya hanya tersedia dalam format .TK, .ML, atau .GQ. Sebagian besar situs web dengan domain ini dicap sebagai situs web spam.

3. Meningkatkan Performa SEO Website

Jika berbicara mengenai reputasi situs web, sebaiknya kamu memikirkannya dengan matang dan tidak main – main. Hal Ini karena reputasi situs web akan mempengaruhi kinerja SEO situs web kamu.

Penting untuk diketahui bahwa situs yang direkomendasikan Google bukanlah situs yang memicu spam, tetapi situs web yang telah dijamin keasliannya. Nah, domain adalah salah satu faktor penilaian.

Selain itu, kamu juga dapat memaksimalkan strategi SEO kamu dengan memanfaatkan domain berbayar. Misalnya, jika kamu menargetkan pengunjung di wilayah Indonesia, gunakan ccTLD .id untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur lokal.

Tentu saja, potensi hasilnya lebih baik daripada menggunakan ccTLD seperti .kr. Alasannya adalah .TK adalah ccTLD dari Korea.

Beli Domain COM Murah Untuk Website Bisnismu

4. Fleksibel Untuk Digunakan dalam Kategori Website Apapun

Secara umum, kamu tidak bisa menggunakan domain gratis untuk tujuan komersial. Pelanggaran dapat mengakibatkan penghapusan situs. Untungnya, tidak demikian halnya dengan domain berbayar. Situs web gratis seperti apa yang Anda inginkan? Apakah Anda memiliki bisnis, blog, presentasi portofolio atau kebutuhan lainnya.

5. Fitur Domain Lengkap 

Keunggulan domain berbayar selanjutnya adalah fitur domainnya yang lengkap. Beberapa pengaturan domain yang bisa kamu temukan antara lain:

  1. Perpanjang domain tanpa ribet
  2. Buat email bisnis yang selaras dengan nama domain 
  3. Adanya domain lock yang dapat mencegah domain ditransfer ke layanan hosting web lainnya
  4. Proteksi WHOIS untuk meningkatkan privasi
  5. Transfer domain ke layanan lain
  6. DNS Management yang bisa kamu gunakan untuk mengarahkan domain ke berbagai layanan seperti blogspot tanpa menggunakan akun hosting

Dengan berbagai fitur unggulan domain berbayar ini, kamu dapat mengoptimalkan keamanan yang tidak hanya lebih terjamin namun juga dibarengi dengan kemudahan dalam pengelolaannya.

6. Tersedia Tim Support dari Penyedia Domain

Bagaimana jika kamu memiliki domain gratis dan suatu saat habis masa berlakunya dan kamu lupa memperbaruinya, atau bagaimana jika tiba-tiba domain tersebut tidak dapat diakses?

Tentu saja, dengan domain berbayar, kamu akan terhindar dari kemungkinan – kemungkinan tersebut dan kamu akan jauh lebih tenang. Selain kemungkinan kesalahan kecil, bantuan teknis sudah tersedia.

Sekarang kamu jadi lebih paham dengan domain berbayar serta perbedaannya dengan domain gratis dan keunggulannya. Kini kamu sudah tau, menggunakan domain berbayar membuat situs web kamu lebih profesional, performa situs yang lebih baik, dan keamanan yang terjamin terutama untuk situs web dengan penggunaan jangka panjang. Tetap saja, jangan hanya membeli domain berbayar. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas penyedia domain kamu. 

Jika kamu adalah seorang pebisnis atau blogger yang menginginkan untuk dapat melangkah lebih jauh lagi, RNA sangat menyarankan kamu untuk menggunakan domain berbayar, sebab domain berbayar bisa terhubung langsung dengan penyedia hosting. Jadi kamu bisa memilih hosting terbaik untuk mendapatkan performa situs web yang terbaik juga. 

Baca Juga : Beli Domain .ID Murah Terbaik

Nah, jika kamu tertarik untuk menjadi Reseller Domain , kamu dapat mengunjungi RNA untuk mengetahui penawaran menarik dan daftarkan dirimu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds