5/5 (1)

Membuat situs web membutuhkan banyak pertimbangan. Tidak cukup hanya membangun situs web dan menemukan penyedia hosting agar web tetap berjalan di world wide web, kamu juga memerlukan nama domain untuk menarik pengunjung dan pelanggan. Nama domain ini bertindak seperti alamat yang akan mengantarkan pengunjung ke situs web kamu. Tanpa domain, calon pelanggan tidak akan menemukan situs web kamu. 

Untungnya, membeli nama domain bukanlah proses yang rumit. Terlebih lagi ada beberapa penyedia domain gratis dimana kamu dapat mengambil nama domain tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Wah, menarik sekali bukan? Nevacloud telah merangkum 7 penyedia domain gratis beserta dengan cara mendapatkannya. Tanpa basa – basi lagi, langsung saja lihat daftarnya dibawah ini!

Penyedia Domain Gratis

1. Wix

Wix adalah pilihan bagus bagi mereka yang mencari penyedia domain gratis. Mengapa? Sebab wix hadir dengan paket level awal gratis yang menyertakan subdomain untuk mengakses situs web kamu. Wix kini dianggap sebagai raja pembuat situs web. Tidak hanya itu, menurut Wix Sites, dengan kualitasnya yang terkenal, domain mereka dapat menambah kredibilitas situs kamu dan membuat halaman web kamu terlihat lebih profesional.

Baca Juga : Beli Domain .ID Murah Terbaik

2. Freenom

Kamu juga dapat mencoba Freenom dan mendapatkan domain gratis. Melalui aplikasi ini kamu bisa mendapatkan berbagai jenis ekstensi domain seperti .tk, .ml, .ga, .cf, .gq. Freenom menggunakan .tk, nama domain untuk Tokelau, sebuah negara kecil berpenduduk sekitar 1.500 orang.

Domain .tk adalah ekstensi domain terbesar ke-5 di dunia, jadi jika kamu ingin mendapatkan domain gratis yang sangat populer, kamu dapat menggunakan Freenom. Mendapatkan domain Freenom itu mudah. Cukup kunjungi situs web Freenom dan ikuti panduannya nanti di halaman web.

3. Squarespace

Seperti Wix, Squarespace adalah pembuat situs web. Sistem yang digunakan oleh Squarespace memungkinkan pengguna dan bisnis biasa untuk mengelola dan membuat blog dan situs web mereka sendiri. Ini juga datang dengan nama domain gratis untuk kamu. Kamu hanya perlu mengunjungi situs mereka dan pilih beberapa opsi untuk mendapatkan nama domain yang kamu inginkan secara gratis.

Baca Juga : Beli Domain .COM Untuk Website Profesional

4. Weebly

Lalu ada situs Weebly, yang tidak hanya dapat digunakan untuk blogging, tetapi juga untuk menjual produk dan menampilkan portofolio kamu. Jadi tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Weebly dapat mengubah blog kamu menjadi toko online. Weebly adalah opsi domain blog gratis lainnya yang dapat kamu gunakan.  

Pembuat situs web ini mendukung ikon media sosial, langganan buletin, dan banyak lagi. Selain itu, platform ini juga memiliki analitik bawaan dan memungkinkan kamu untuk menggunakan domain kustom kamu sendiri.

5. Biz.nf

Jika kamu sedang mencari penyedia domain gratis yang tangguh, tidak ada salahnya mencoba layanan Biz.nf. Biz.nf adalah hosting situs web gratis dan fasilitator domain yang memungkinkan kamu mendaftarkan domain gratis dengan ekstensi domain .co.nf. Misalnya, domain terdaftar adalah “www.namadomain.co.nf”. Biz.nf sendiri sudah berbisnis sejak tahun 2008. Mereka menawarkan layanan hosting yang ramah dan mudah digunakan yang cocok untuk pemula.

Baca Juga : Beli Domain .NET Harga Murah Terbaik

6. Dot.tk

Dot.tk, seperti Freenom, adalah perusahaan yang berbasis di Tokelau yang menawarkan domain gratis dengan ekstensi .tk. Jika nanti kamu mendaftarkan domain kamu dengan Dot.tk, ekstensi nama domain situs web kamu akan menjadi “www.namadomain.tk”.  Dot.tk sendiri sudah menawarkan domain .tk gratis sejak tahun 2001. Namun, domain gratis memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, server Dot.tk sangat lambat.

7. DomaiNesia

DomaiNesia tidak hanya membuat situs web, tetapi juga menawarkan berbagai jenis layanan hosting.  Jadi ketika kamu membeli layanan hosting tertentu, otomatis kamu mendapatkan domain gratis melalui DomaiNesia. Layanan ini dapat dibeli di DomaiNesia langsung untuk hosting domain gratis. Apa yang kamu tunggu? Dapatkan berbagai domain murah DomaiNesia hari ini dan dapatkan nama yang sesuai dengan bisnis kamu.

Cara Mendapatkan Domain Gratis di DomaiNesia

Layanan Hosting DomaiNesia memungkinkan kamu untuk membeli hosting domain gratis dengan memilih paket individu atau bisnis. Jika kamu ingin memulai blog atau situs web bisnis, kamu memerlukan perusahaan hosting web.

Seperti disebutkan di atas, DomaiNesia adalah salah satu perusahaan web hosting yang dapat menawarkan domain gratis. Perusahaan tidak hanya menawarkan kecepatan dan keandalan uptime yang luar biasa, tetapi juga menawarkan nama domain gratis untuk tahun pertama.

Ini memungkinkan kamu menyiapkan domain dan hosting dalam satu langkah. Kamu bisa mendapatkan nama domain gratis bahkan jika kamu harus membayar untuk hosting. Berikut cara mendapatkan domain gratis dengan DomaiNesia;

  1. Kunjungi situs DomaiNesia. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs DomaiNesia. Kemudian pilih menu “Hosting” seperti pada gambar dibawah ini.
  1. Pilih hosting sesuai dengan kebutuhan kamu.

Hosting yang disediakan oleh DomaiNesia tentunya beragam. Pertama, paket personal terdiri dari 3 jenis paket hosting: Extra, Super dan Monster. Ini biasanya ditujukan untuk pengguna yang membuat situs web untuk penggunaan pribadi.misalnya untuk blog sederhana.

Kamu bisa memiliki domain gratis hanya dengan membeli mulai dari paket Super keatas. Kamu bisa mendapatkan paket bundle ini yang menawarkan domain gratis di DomaiNesia. DomaiNesia juga memiliki paket komersial yang terdiri dari empat jenis paket: mikro, mega, giga, dan exa.

Paket bisnis ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin membuat website dengan jumlah pengunjung yang banyak. Seperti misalnya pada website Toko online, website sekolah, website pemerintah, dan sebagainya.

Perlu kamu ketahui bahwa web hosting ini hadir dalam beberapa jenis seperti shared hosting, VPS hosting dan cloud hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu. Berikut adalah penjelasan jenis hosting, agar kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kamu:

  • Shared hosting

Jenis layanan hosting bersama ini sangat cocok jika kamu baru memulai situs web baru. Tidak hanya menawarkan harga yang sangat terjangkau, tetapi sebagai pengguna hosting, dapat memenuhi kebutuhan situs web kamu dengan lalu lintas rendah dan sangat efisien. Situs web kamu akan di hosting di server yang sama dengan situs web lain.

Namun, kerugiannya adalah jika salah satu situs di server mulai menggunakan terlalu banyak sumber daya, situs tersebut mungkin mengalami masalah kinerja.  Shared hosting paling cocok untuk orang yang tidak mengharapkan banyak lalu lintas atau untuk pemula yang tidak memiliki banyak pengetahuan teknis.

  • VPS hosting

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Service Hosting. Kategori ini mencakup paket untuk situs yang memerlukan kinerja lebih tinggi dan dapat menawarkan harga lebih tinggi. Hal yang baik tentang jenis hosting ini adalah hanya menjamin sumber daya.

Kamu secara teknis berbagi server dengan situs web lain, tetapi kamu memiliki server virtual dengan sumber daya khusus. Jenis layanan VPS hosting ini bisa dipertimbangkan jika kamu mengantisipasi lonjakan trafik.

  • Cloud hosting

Jenis hosting ini adalah salah satu layanan yang paling banyak diminta karena tidak ada downtime. Cloud hosting hampir sama dengan VPS, dengan keuntungan harga yang lebih murah.

Cloud hosting datang dengan server jarak jauh di mana masing – masing server memiliki tanggung jawab yang berbeda. Jika satu server gagal, server lain yang bertanggung jawab.

  1. Daftarkan domain kamu.

Setelah kamu memutuskan paket berlangganan hosting, DomaiNesia akan meminta kamu untuk mengatur domain kamu. Pada tahap ini, kamu memiliki dua opsi: membuat domain baru atau menggunakan domain yang sudah ada. Kamu dapat memilih opsi  Nama Domain untuk mencari domain yang tersedia. Masukkan domain yang ingin dibeli ke mesin pencari dan pilih ekstensi domain.

  1. Selesaikan persyaratan pembelian hosting.

Terakhir, setelah kamu memilih nama domain yang tersedia, yang harus kamu lakukan adalah membuat akun DomaiNesia dan menyelesaikan pembayaran paket hosting kamu untuk mendapatkan domain gratis kamu. Saat memilih paket tambahan, pastikan untuk mencentang opsi Privacy+Protection Domain.

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, kamu akan bisa mendapatkan paket shared hosting dengan domain gratis kamu.

Baca Juga : Domain Premium Terbaik Berkualitas Untuk Website Bisnis

Cara Lain Mendapatkan Domain Gratis

Beberapa pembuat situs web menawarkan subdomain. Subdomain itu sendiri adalah nama domain yang berada di domain pribadi kamu. Pembuat situs web seperti Wix, Weebly, dan Squarespace menawarkan subdomain kepada penggunanya. kamu juga bisa mendapatkan nama domain gratis dari fasilitas yang disediakan seperti website builder, web hosting dan search engine optimization (SEO) tools.

Nah, itulah 7 penyedia domain gratis beserta dengan cara mendapatkannya. Ternyata untuk mendapatkan nama domain dalam proses membangun situs web tidaklah rumit dan bisa dengan mudah didapatkan tanpa biaya. Tapi, pastikan untuk selalu membaca seluruh persyaratan dan keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan agar tetap sesuai dengan kebutuhan kamu. Tunggu apalagi? Segara dapatkan domain incaran kamu sekarang juga! Atau jika kamu tertarik untuk menjadi reseller domain, kamu dapat mengunjungi RNA dan daftarkan dirimu tanpa proses yang rumit!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds