4.2/5 (5)

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan situs web yang memiliki ekstensi domain .id dibelakangnya. Seperti co.id, sch.id, dan ponpes.id. Namun apakah kamu pernah mendengar domain biz id? Ekstensi domain yang telah disebutkan diatas adalah beberapa contoh dari banyaknya nama domain jenis ccTLD (country code Top Level Domain). Domain ini menandakan bahwa situs web yang menggunakannya berasal dan berada di Indonesia. 

Domain biz.id adalah ekstensi domain yang khusus digunakan untuk kepentingan bisnis dan komersial. Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan ekstensi domain biz.id untuk bisnis kamu. Kali ini RNA akan memberi kamu informasi seputar domain biz.id mulai dari pengertian hingga syarat mendapatkannya. 

Apa Itu Domain BIZ ID?

Saat ini situs web memiliki peran yang sangat penting ditengah persaingan perdagangan di era digital. Setidaknya perusahaan memiliki situs web yang dapat diakses oleh pelanggan, memiliki halaman company profile agar pelanggan dapat mengenal perusahaan dan bisnis yang kamu jalankan. Faktanya situs web mampu menjangkau target audiens atau pelanggan dengan lebih luas. Memberikan solusi atas jarak dan waktu dengan adanya kemudahan akses pada produk atau jasa kamu.

Situs web yang baik tak hanya memikirkan seberapa baik menjangkau target audiens, tetapi juga tau bagaimana caranya untuk menarik kepercayaan pelanggan dan menjaganya. Kamu perlu untuk memikirkan tingkat profesionalitas dan kredibilitas situs web yang kamu miliki.Salah satu komponen yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan kredibilitas dan profesionalitas situs web bisnis kamu adalah dengan menggunakan domain biz.id.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, domain .id adalah domain yang dikelola PANDI dan dikhususkan untuk bisnis dan komersial. Domain ini terdiri dari dua kata yakni “biz” yang berarti bisnis dan “id” sebagai penanda ccTLD Indonesia. Ekstensi domain ini memiliki peran penting untuk mendukung bisnis kamu tampil di permukaan.

Domain biz.id adalah pilihan yang ideal untuk kamu yang memiliki bisnis. Sebab, domain ini dapat digunakan untuk segala jenis bisnis alias tidak terpaku pada satu bidang saja. Ini adalah domain yang paling sering digunakan untuk membangun kepercayaan pelanggan pada situs web bisnis kamu. 

Selain itu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan target pelanggan. Menggunakan domain biz.id akan memfokuskan kamu untuk menjaring pelanggan lokal. Situs web kamu juga akan semakin menonjol pada pelanggan lokal.

Ada satu lagi keuntungan ketika menggunakan domain biz.id. Domain ini membuka kesempatan yang sangat besar kepada kamu untuk mendapatkan nama yang sesuai dengan bisnis kamu. Sebab, ekstensi domain ini masih sedikit yang menggunakannya. Jadi, kamu akan mendapatkan nama unik yang SEO friendly untuk situs web kamu demi keberhasilan penjualan produk – produk dan jasa kamu.

Jangan khawatir. Saat ini, ada banyak penyedia hosting dan domain terkemuka yang dapat membantu kamu menentukan nama terbaik untuk situs web kamu. Penyedia juga meminta saran dari pelanggan mereka untuk memastikan bahwa paket yang mereka pilih telah efektif.

Pentingnya Domain .biz.id Bagi Website Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan jika kamu menggunakan domain biz.id pada situs web bisnis kamu:

1. Sebagai Media Informasi Bisnis

Situs web bisnis biasanya tidak hanya menampilkan produk – produk atau jasa yang ditawarkan. Tetapi juga menampilkan beberapa informasi yang dirasa penting dan membantu pelanggan. Seperti misalnya, ada halaman about us yang berfungsi sebagai halaman yang memperkenalkan perusahaan dan bisnis yang sedang kamu jalankan, informasi seperti adanya diskon, halaman bantuan yang pasti akan membantu pelanggan, dan sebagainya.

Halaman – halaman tersebut jika kamu terapkan dengan baik pada situs web kamu, maka secara tidak langsung akan menambah kepercayaan pelanggan kamu. Bayangkan jika kamu mengunjungi sebuah situs bisnis namun kamu hanya ditampilkan produk yang mereka jual tanpa tau perusahaan apa dan bisnis apa yang sedang berjalan. 

2. Mengenalkan Bisnis atau Jasa di Mesin Pencarian

Domain biz.id adalah jenis country code Top Level Domain atau ccTLD. Hal ini berarti ekstensi domain yang memiliki lokasi di Indonesia. Kamu harus tahu kalau pemberian peringkat SEO di search engine sangat dipengaruhi oleh domain. Dengan menggunakan domain yang memiliki basis di Indonesia, situs web kamu akan memiliki kesempatan untuk berada di urutan pertama hasil pencarian di search engine.

Bagaimana itu bisa terjadi? Search engine akan cenderung merekomendasikan situ web dengan bahasa yang digunakan sebagai keyword. Misalnya, kamu mencari “Apa itu domain biz.id”, search engine akan mencari situs dengan bahasa indonesia dan yang menggunakan domain ccTLD “id”. ccTLD disini berfungsi untuk membantu situs web kamu mendapatkan peringkat pada search engine.

Dengan begitu ketika calon pelanggan mencari produk atau jasa yang serupa dengan apa yang bisnis kamu tawarkan, search engine akan menampilkan situs web kamu pada peringkat atas. Pengguna akan mudah menemukan situs web bisnis kamu dan memungkinkan adanya pengguna baru.

Baca Juga : Beli Domain .COM Harga Terjangkau Berkualitas

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Menjadi Lebih Terpercaya

Kepercayaan pelanggan menjadi tolok ukur keberhasilan dalam membangun situs bisnis. Bisnis kamu tidak akan dapat berjalan dengan baik ketika kamu tidak memiliki pelanggan yang percaya untuk melakukan transaksi dalam bisnis kamu.

Menggunakan domain biz.id untuk bisnis kamu dapat meningkatkan kredibilitas bisnis menjadi lebih terpercaya. Bagaimana bisa? Banyak pelanggan merasa lebih percaya pada situs web yang menggunakan domain ccTLD, dalam hal ini biz.id ketika harus melakukan transaksi. Ekstensi domain .id akan membantu pelanggan mengetahui secara langsung bahwa itu adalah kode negara untuk situs web Indonesia. Jika situs web bisnis kamu selalu update maka itu juga akan membantu dalam mendapatkan reputasi yang bagus dan terpercaya. 

Dalam memiliki domain ini kamu tidak bisa asal mendapatkannya. Terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Hal itu menandakan bahwa situs web bisnis kamu terdaftar secara resmi dan terhindar dari anggapan sebagai situs abal – abal.

Syarat Menggunakan Domain .biz.id

Seperti halnya domain – domain lain yang berekstensi .id, biz.id memiliki beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk dapat memilikinya. Adapun beberapa dokumen yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut:

  1. Surat atau kartu identitas yang masih berlaku. Boleh KTP, SIM,atau Paspor).
  2. NPWP badan atau milik pribadi.

Wah, mudah sekali bukan? Kamu dapat mulai membelinya di penyedia jasa hosting dan domain dan segera membangun situs web pesantren. Jika kamu tertarik untuk menjadi reseller domain biz.id dan domain lainnya, kamu dapat mendaftarkan diri dengan mudah di Reseller Domain Indonesia RNA . Kunjungi situsnya untuk melihat tawaran menarik lainnya!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds