No ratings yet.

Domain PONPES ID – Pemerintah melalui Kominfo (Kemenkominfo) akan terus menggalakkan penggunaan internet di pesantren. Selain itu, peluncuran domain .ponpes.id merupakan tanda kecintaan kepada seluruh civitas akademika di lingkungan  pesantren.

Ekstensi baru ini disediakan PANDI untuk membedakannya dengan lembaga pendidikan lain yang telah memiliki nama domain sendiri. Kamu tidak perlu khawatir soal harga karena sangat murah untuk memasang domain yang satu ini.

Biaya pendaftaran nama domain .ponpes.id yang terbilang terjangkau membuat pengurus pondok pesantren tidak perlu bingung dalam memilih nama domain yang sesuai dengan pesantren dengan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Wah, menarik sekali bukan? Yuk ikuti terus artikel ini karena RNA telah merangkum informasi penting seputar domain ponpes.id!

Apa Itu Domain .ponpes.id?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, domain ponpes.id adalah ekstensi domain yang dirancang khusus untuk situs web pondok pesantren. Jika dilihat dari namanya, domain ini memiliki dua bagian yakni “ponpes” yang berarti pondok pesantren dan “id” yang menandakan domain ini memiliki basis atau berlokasi di Indonesia. Kedua bagian tersebut digunakan secara bersamaan dan tidak dapat dipisah.

Domain ponpes.id berfungsi sebagai kode “pondok pesantren” saat kamu mulai membangun situs web pondok pesantren kamu. Dengan menambahkan “id” pada ekstensi domain akan membuat situs web pesantren kamu lebih kredibel dan dapat dipercaya. Situs ini telah digunakan oleh banyak pondok pesantren segera setelah PANDI merilisnya.

Saat ini banyak pondok pesantren yang mulai membangun situs web mereka tidak hanya berfokus pada penyebaran informasi namun juga digunakan sebagai media pembelajaran dimana para santri dapat mengakses materi – materi yang diajarkan di pesantren. Pengurus pesantren juga akan dimudahkan dalam mengelola kegiatan pondok pesantren.

Ketika kamu menggunakan domain ponpes.id kamu akan dengan mudah mengoptimasi situs web pesantren kamu. Kecepatan untuk mengakses situs web pesantren juga lebih cepat karena domain ponpes.id menggunakan server yang berada di Indonesia. 

Alasan lain untuk menggunakan domain ini adalah masa berlaku domain ini seumur hidup tanpa mempengaruhi status situs web kamu. Yang penting, situs web tidak langsung dinonaktifkan saat domain habis masa berlakunya.

Sebelum situs web pesantren akhirnya dibekukan (jika tidak diperpanjang masa berlakunya), ada beberapa langkah atau proses yang harus diselesaikan. Ada beberapa fase yang dilaluinya. Yaitu, periode perpanjangan otomatis 35 hari, periode penebusan 30 hari, dan penghapusan tertunda 7 hari.

Ekstensi domain ponpes.id menjadi pilihan yang menarik bagi pengelola pesantren karena menunjukkan identitas pesantren secara jelas kepada pengunjung sebelum membuka website kamu. Ekstensi domain ini tentunya tidak palsu dan memiliki perlindungan hukum tersendiri sehingga lebih dipercaya.

Mengutip mudah, harga terjangkau, dan koneksi mudah ke target audiens kamu adalah alasan kuat mengapa kamu harus menggunakan domain ponpes.id untuk profil situs web pesantren kamu. Untuk mendapatkan domain ini, terlebih dahulu Anda bisa mendapatkan saran yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Pentingnya Domain .ponpes.id Bagi Website Pondok Pesantren

Seberapa pentingkah untuk memiliki situs web dengan menggunakan ekstensi domain ponpes.id untuk pondok pesantren? Mungkin jika dibandingkan dengan situs web sekolah, pesantren yang memiliki situs web sendiri masih sangat sedikit. Kebanyakan dari mereka masih tidak familiar dengan adanya situs web yang penting untuk dalam menunjang kegiatan pesantren. Sehingga berakhir dengan tetap menjadi silent majority dalam dunia maya karena tidak memperoleh dukungan melalui situs web pesantren.

Agar bisa kamu jadikan bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa akan kamu rasakan jika kamu mulai membangun situs web pesantren dengan menggunakan domain ponpes.id:

1. Sebagai Media Informasi Pondok Pesantren

Layaknya domain sch.id yang diperuntukkan untuk sekolah, domain ponpes.id juga datang dengan berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan. Membuat situs web pesantren dengan menggunakan domain ini juga akan membantu masyarakat lebih dapat mengenal pesantren. Mereka dapat mencari dan menemukan informasi – informasi penting seputar pondok pesantren. Terlebih biasanya orang tua akan selektif untuk menentukan pesantren. 

Kamu dapat menampilkan berbagai informasi ke dalam situs web tersebut. Mulai dari visi misi pesantren, prestasi, informasi pendaftaran santri baru, dan sebagainya. Situs web ini bisa kamu maksimalkan untuk menyebarkan informasi dan citra baik pondok pesantren kamu. Dengan begitu, informasi seputar pesantren akan mudah dijangkau oleh banyak orang.

2. Mengenalkan Aktivitas Pondok Pesantren

Tidak hanya berisikan informasi – informasi penting mengenai pondok pesantren, disini kamu juga dapat mengenalkan aktivitas pondok pesantren kamu. Membuat situs web akan memudahkan kamu dalam  menyebarkan apa saja sih kegiatan yang dilakukan selama menjadi santri di pondok kamu. Seperti misalnya, mengaji bersama, sholat berjamaah, tadarus al quran, dan lain sebagainya. 

Mengenalkan aktivitas pondok pada situs web akan memudahkan orang – orang khususnya orang tua calon santri untuk mengetahui kegiatan apa saja yang ada di pondok pesantren. Terkadang hal tersebut juga sedikit banyak mempengaruhi mereka dalam memilih pondok pesantren untuk anak mereka. Jadi, maksimalkan situs web ini untuk menunjukkan kegiatan yang bermutu di pondok pesantren kamu!

3. Meningkatkan Kredibilitas Pondok Pesantren

Kepercayaan santri dan wali santri menjadi tolok ukur keberhasilan dalam membangun dan menjalankan pondok pesantren. Pondok pesantren harus memiliki kredibilitas yang tinggi agar wali santri dapat memberikan kepercayaannya untuk mengantar anaknya ke pondok pesantren tersebut. Kepercayaan tersebut sudah pasti akan meningkat jika suatu pondok pesantren memiliki situs web yang terpercaya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, domain ponpes.id menggunakan ekstensi domain “id” yang menandakan bahwa situs web ini adalah situs web yang memiliki basis di Indonesia. Domain id adalah salah satu Top Level domain yang sudah tidak perlu lagi diragukan kredibilitasnya. Menggunakannya untuk situs web pesantren kamu tentu saja akan membantu meningkatkan kredibilitas pondok pesantren.

Jika situs web pesantren kamu selalu update mengenai informasi dan kegiatan pesantren, maka dapat dipastikan bahwa pondok pesantren kamu memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya. Sederhananya, jika pesantren dapat menunjukkan melalui situs web pesantren apakah pesantren tersebut lebih mengutamakan kuantitas atau kualitas. 

Syarat Menggunakan Domain .ponpes.id

Seperti halnya domain – domain lain yang berekstensi .id, ponpes.id memiliki beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk dapat memilikinya. Adapun beberapa dokumen yang harus kamu penuhi adalah sebagai berikut:

  1. KTP penanggung jawab situs web yang masih berlaku
  2. Surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren atau instansi terkait perihal pendaftaran nama domain pesantren.

Wah, mudah sekali bukan? Kamu dapat mulai membelinya di penyedia jasa hosting dan domain dan segera membangun situs web pesantren. Jika kamu tertarik untuk menjadi reseller domain ponpes.id dan domain lainnya, kamu dapat mendaftarkan diri dengan mudah di Reseller Domain RNA . Kunjungi situsnya untuk melihat tawaran menarik lainnya!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds