No ratings yet.

Apa Itu Domain OR ID – Seperti yang kita ketahui, domain adalah nama unik yang mengidentifikasi server nama komputer kamu. Misalnya web server, e-mail server, jaringan internet, dan sebagainya. Domain ini biasa disebut tautan. Saat mengunjungi sebuah situs web, harus disebutkan di bagian atas bahwa itu adalah alamat atau tautan situs web. Bukankah begitu mudah untuk mengidentifikasi domain? 

Sebuah domain pada dasarnya adalah sebuah nama. Domain adalah nama dan alamat unik situs web kamu. Domain sendiri terdiri dari beberapa ekstensi seperti .com, .id, .co.id dan .net. Sebaliknya, Indonesia rata-rata menggunakan ekstensi id. Ekstensi ID sendiri juga memiliki domain khusus untuk wilayah Indonesia. Misalnya .id, .co.id, .web.id, .or.id. 

Sebenarnya, masih banyak domain yang bisa dipilih, mulai dari ekstensi reguler hingga ekstensi domain anti-mainstream. Secara khusus, domain .or.id adalah domain yang ditentukan oleh organisasi.

Organisasi yang memiliki situs web dengan menggunakan domain .or.id ini akan lebih mudah dalam mendistribusikan informasi mengenai organisasinya. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui apa itu domain or.id! 

Apa Itu Domain OR ID?

Faktanya, saat membuat situs web, pemilik situs web memutuskan ekstensi domain gratis. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memiliki nama domain. kenapa ini? Ini karena nama domain kamu dapat digunakan sebagai pengenal yang akan diingat dan diketahui oleh pengunjung situs web kamu di kemudian hari.

Jika kamu memiliki pilihan antara domain umum atau domain khusus sekolah yang menyertakan kode negara, sebaiknya gunakan ekstensi domain khusus. Jadi, jika kamu memiliki atau membuat organisasi yang berasal dari Indonesia, kamu mungkin ingin memilih domain organisasi tertentu di Indonesia sebagai nama domain situs web kamu.

Dan menurut sejarah domain dunia Verisign yang diterbitkan pada tahun 1985, ada enam nama domain di dunia. Sejak saat itu domain tersebut telah berkembang dan lebih dari 265 nama domain telah didaftarkan. Jika Anda membuat website untuk keperluan seperti sarana komunikasi, sebaiknya gunakan domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini memudahkan orang yang menelusuri di Internet untuk menemukan situs web Anda. Saat ini, menggunakan domain or.id adalah salah satu dari banyak jenis situs web di antara pembuat situs web.

Domain or.id berasal dari kata ‘organisasi’ dan id adalah ID Indonesia. Dalam hal ini, domain hanya dapat digunakan oleh satu organisasi. Oleh karena itu, sebagian besar pengguna domain ini adalah organisasi khusus yang menggunakan sejumlah situs untuk keuntungan mereka sendiri.

Pentingnya Domain .or.id Bagi Website Organisasi

Menggunakan situs web organisasi kamu dapat sangat membantu komunitas kamu menemukan informasi yang lebih mendalam terkait dengan pencarian yang mereka inginkan. Organisasi yang bersangkutan kemudian memberikan banyak informasi kepada pencari kerja.

Bahkan keberadaan situs web suatu organisasi akan membantu organisasi tersebut kedepannya. Contohnya adalah meminimalkan konsumsi sumber daya alam untuk menjaga eksistensi organisasi terkait. Kelebihan domain or.id adalah :

1. Sebagai Media Informasi Organisasi 

kamu dapat dengan mudah melihat berbagai informasi tentang organisasi dan administrator organisasi dari situs web organisasi kamu. Informasi organisasi seperti sejarah, visi, misi, manajemen dan simbol.

Selain informasi organisasi, Situs juga dapat berbagi informasi dengan anggota organisasi dan masyarakat umum. Misalnya informasi kalender kegiatan untuk anggota dan informasi khusus anggota untuk umum. Dengan memberikan informasi melalui situs web organisasi kamu, kamu dapat menyebarluaskan informasi dengan mudah, cepat dan efektif.

Baca Juga : Beli Domain COM Untuk Website Lebih Profesional

2. Mengenalkan Aktivitas Organisasi

Melalui situs web organisasi, organisasi juga dapat menunjukkan kegiatan rutin yang dilakukan organisasi. Misalnya, kampanye donor darah bulanan, jumat berkah, dan seminar pelatihan maupun workshop.

Situs web suatu organisasi tidak hanya dapat menampilkan kegiatan sehari-hari, tetapi juga menampilkan semua program yang mempengaruhi masyarakat umum melalui situs web organisasi tersebut.

3. Meningkatkan Kredibilitas Organisasi

Seperti halnya sekolah, organisasi membutuhkan tingkat kredibilitas yang tinggi di mata publik. Bagi organisasi, kredibilitas dapat diartikan sebagai harga diri organisasi. Mengapa bisa begitu? Memangnya ada organisasi yang tidak ingin diakui oleh masyarakat? Tentu saja tidak. Organisasi itu dibuat dengan tujuan utama untuk dapat diketahui khalayak ramai saja, tetapi juga dibuat untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat tersebut. Kredibilitas sangat penting untuk itu.

Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas organisasi kamu adalah dengan memiliki situs web organisasi. Jika suatu organisasi memiliki situs web, maka masyarakat akan mengetahui dan memahami bahwa organisasi yang dimaksud benar-benar ada dan tidak abal-abal. Dan juga sebagai bukti bahwa organisasi kamu bukanlah organisasi yang tidak jelas asal – usulnya.

Baca Juga : Beli Domain .NET Harga Murah Berkualitas

Syarat Menggunakan Domain .or.id

Setelah mengetahui pengertian domain or.id beserta dengan pentingnya menggunakannya, sekarang kamu harus mengetahui persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi jika ingin menggunakan domain ini. Sebab, seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa domain or.id adalah domain yang dikhususkan untuk organisasi di Indonesia. Sehingga legalitas dalam pembangunan situs web organisasi juga perlu dipenuhi. Berikut adalah persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  2. Akta Notaris atau surat keterangan dari instansi terkait
  3. Formulir aplikasi untuk mendaftarkan nama domain. Lihat draf dokumen.
  4. Nama domain yang terdaftar harus sesuai dengan nama organisasi yang mendaftar.

Nah, sekarang kamu telah memiliki informasi lebih detail mengenai domain or.id beserta dengan persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin menggunakan domain ini. Domain or.id ini didesain untuk orang yang yang memiliki organisasi dan menginginkan untuk membuat situs web untuk organisasi tersebut. Dengan menggunakan domain ini, situs web kamu akan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi sehingga situs web organisasi kamu akan terbebas dari dugaan situs organisasi abal – abal.

Selain itu situs web organisasi kamu dapat kamu jadikan sebagai media informasi untuk mengenalkan organisasi kamu. Sehingga, masyarakat luas akan mengetahui pada bidang apa organisasi kamu dan bagaimana organisasi kamu dapat membantu. Kamu dapat menampilkan aktivitas dari organisasi kamu di halaman situs web tersebut sehingga masyarakat akan dengan mudah mengetahui apa saja yang dilakukan dalam organisasi. Hal tersebut juga akan memberikan dampak peningkatan lalu lintas situs web kamu serta situs web organisasi kamu akan semakin dapat dikenal masyarakat luas.

Kamu dapat berbicara dengan anggota organisasi kamu untuk mendapatkan situs web dengan domain or.id untuk organisasi yang kamu pimpin. Selain itu, kamu dapat menunjuk anggota organisasi kamu yang ahli, memahami, dan bertanggung jawab untuk mengelola situs web dan domain organisasi kamu..

Kini kamu sudah merasa percaya diri dalam memilih dan menggunakan domain my.id. Daftarkan nama domain website Anda dengan ekstensi domain my.id. Kamu juga bisa menjadi reseller domain my.id dan banyak domain top level lainnya. itu mudah. Reseller Domain Murah Indonesia – Simak cara daftar Reseller domain RNA .

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds