No ratings yet.

Domain GO.ID – Kamu harus tahu bahwa setiap situs web memerlukan nama domain dan ekstensi domain agar pengguna Internet dapat situs web tersebut. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan nama domain, yakni nama unik yang akan mengidentifikasi server komputer kamu.apa itu Sederhananya, domain adalah nama situs web kamu yang dikenal oleh pengguna. Lalu bagaimana dengan ekstensi domain?

Ekstensi domain adalah akhiran alamat situs web yang menunjukkan di sektor mana situs web bergerak. Seperti misalnya ekstensi .com untuk website komersial atau ekstensi or.id untuk situs web organisasi di Indonesia. Ekstensi ini berada tepat di sebelah nama domain kamu, di bagian paling kiri.

Ada berbagai ekstensi domain yang bisa digunakan untuk menyusun alamat situs web. salah satunya adalah domain go.id.  Apakah kamu tahu apa itu domain .go.id? Untuk apakah ekstensi domain .go.id digunakan dan apakah semua orang bebas untuk memilikinya? Kali ini RNA telah merangkum informasi seputar salah satu ekstensi domain .id yaitu domain .go.id untuk kamu. Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Domain .go.id?

Ekstensi domain .go.id merupakan singkatan dari government dan Indonesia. Hal ini berarti ekstensi domain .go.id ini digunakan oleh semua situs resmi Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, baik yang berada di pusat maupun daerah. Badan – badan administrasi negara yang dimaksud meliputi kelembagaan pemerintah, pelayanan publik, dan kegiatan resmi pemerintahan.

Nama domain biasanya berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi situs web yang dihosting di server web. Saat pengguna memasukkan nama domain, pencarian data halaman web dilakukan di server web target agar sesuai dengan identitas alamat IP yang digunakan.

Tujuan dari penggunaan ekstensi domain go.id adalah untuk mendukung pengembangan dan implementasi e-Government di Indonesia. Ekstensi domain ini tidak dapat digunakan oleh masyarakat umum karena merupakan akhiran domain khusus untuk situs web resmi suatu badan administrasi nasional.

Khusus untuk ekstensi domain go.id, pendaftarnya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan Elektronik. Menurut situs resmi domain go.id saat ini sudah ada 3.338 instansi pemerintah yang mendaftarkan website menggunakan ekstensi domain ini.

Baca Juga : Beli Domain Premium Indonesia Harga Terbaik di RNA

Pentingnya Domain .go.id Bagi website Pemerintahan

Era seperti sekarang ini, dimana segala sesuatu serba digital, tentunya akan memudahkan aktivitas kita sebagai manusia. seperti mengirim dan menerima informasi.Ini merupakan tanda bahwa instansi pemerintah harus memiliki situs web agar informasi dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat.

Manfaat situs web pemerintah sangat besar, baik untuk kepentingan instansi tertentu maupun untuk masyarakat luas. Pemerintah dapat menginformasikan kepada publik tentang visi dan misi mereka, tugas yang dilakukan, dll. Transparansi ini berguna untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat. Secara umum, berikut adalah pentingnya mengembangkan situs web pemerintah:

1. Sebagai Media Informasi Pemerintahan 

Situs web dianggap lebih efisien dan terperinci dibandingkan dengan bentuk lain untuk menyampaikan informasi baik audio maupun visual. Informasi yang diberikan lebih interaktif terkait dengan evaluasi informasi dan pembangunan daerah yang sedang berlangsung di daerah tertentu.

Memiliki situs web pemerintah yang terpelihara dengan baik, dan selalu up to date dapat menjadi sarana sosialisasi kebijakan dan program pemerintah kepada masyarakat luas, terutama yang telah memiliki akses internet. Media ini dinilai efektif karena juga memungkinkan masyarakat untuk bertukar pendapat dan memberikan saran yang konstruktif terhadap kebijakan.

Kemudahan yang diberikan kepada masyarakat dalam memberikan komentar dan saran merupakan feedback yang baik bagi pemerintah. Situs tersebut nantinya akan menjadi satu-satunya portal yang menyediakan informasi, kajian, dan potensi lokal yang lebih komprehensif dan terintegrasi kepada masyarakat.

2. Wadah Menyampaikan Aspirasi 

Seperti yang telah disebutkan, penggunaan situs web ini menghormati prinsip transparansi. Sehingga masyarakat bisa menyampaikan keinginannya di sini tanpa takut dikritik atau semacamnya.

Keberadaan situs web pemerintah menguntungkan semua orang yang terlibat, tidak hanya masyarakat. Bahkan, organisasi berbasis TI tumbuh dengan ketersediaan alat seperti komputer. Situs web dengan domain .go.id  telah menjadi fitur situs web pemerintah Indonesia. Terwujudnya situs web yang dinamis harus menjadi sumber informasi terbaik antara pemerintah dengan publik dan sebaliknya. Tentu saja, akan ada rasa komunitas yang lebih besar dan kebutuhan komunitas yang lebih besar terhadap situs web pemerintah ini.

Untuk itu, sangat penting untuk membuat website Anda terlihat menarik dan kontennya. Anda juga harus menggunakan nama domain yang mudah dibaca dan, yang terpenting, sesuai untuk wilayah kamu.

3. Meningkatkan Kredibilitas Pemerintahan

Sama halnya dengan situs web sekolah maupun organisasi, situs web pemerintah memerlukan kredibilitas yang tinggi di mata publik. Kredibilitas atau kepercayaan publik sangat berarti untuk reputasi situs web pemerintah. Sebab, tujuan dibangunnya situs web pemerintah adalah sebagai sarana untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas. Apa jadinya jika situs web pemerintah tidak memiliki kredibilitas yang tinggi di mata publik? Itu akan sia – sia saja.

Dibandingkan dengan informasi yang dikutip media lain, situs web pemerintah dinilai lebih terpercaya karena dikelola oleh pemerintah. Dengan situs web pemerintah daerah yang terus diperbarui, masyarakat selalu dapat mengikuti lingkungan mereka melalui media sosial.

Baca Juga : Beli Domain .COM Harga Murah Terbaik Hanya di RNA

Syarat Menggunakan Domain .go.id

Sekarang kamu telah mengerti apa itu domain .go.id dan mengapa itu menjadi penting untuk digunakan. Nah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh lembaga pemerintah yang ingin mendaftarkan situs web mereka dengan ekstensi domain .go.id.

  1. Nama domain yang diusulkan harus memenuhi standar penamaan.
  2. Nama domain harus menghormati dan tidak bertentangan dengan hak kekayaan intelektual, HAKI dan hak paten/merek dagang.
  3. Jika diperlukan, PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) meminta klarifikasi berupa klarifikasi/klarifikasi/petunjuk sesuai Pasal 23 (2) UU No. 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Selain itu ada beberapa dokumen resmi yang perlu kamu siapkan, antara lain:

  1. Kartu tanda pegawai negeri sipil resmi, kartu anggota TNI, kartu anggota Polri atau kartu identitas tetap yang masih berlaku.
  2. Formulir Permohonan Nama Domain Kelembagaan dari Direktur Badan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.
  3. Surat Kuasa.
  4. Peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar Lembaga Kepaniteraan

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ekstensi domain go.id berari government dan Indonesia, yang hanya dapat digunakan oleh Pemerintah Indonesia atau lembaga resmi pemerintah Indonesia. Pendaftaran membutuhkan berbagai dokumen resmi seperti PNS, TNI, POLRI, dan KTP pegawai tetap. Aturan penggunaan dan pendaftaran ekstensi domain GO.ID tertuang dalam Keputusan Menteri Nomor 5 Tahun 2015.

Oh iya, jika kamu ingin berpartisipasi dalam distribusi  domain Indonesia dan internasional, kamu bisa bergabung bersama kami menjadi Reseller domain Murah di RNA. Yuk kunjungi dan daftarkan diri kamu sekarang juga!

Rate this Article

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast

daftar reseller

This will close in 0 seconds