5/5 (3)

Pada era yang serba digital saat ini, segala aktivitas bisa dilakukan hanya melalui internet. Termasuk dalam mencari cuan. Ada banyak cara dan usaha yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan internet untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan, bahkan hanya memerlukan modal yang kecil.

Semua orang memiliki peluang yang sama untuk bisa mendapatkan keuntungan dari internet, tak terkecuali kamu. Jika memang kamu memiliki keinginan, keterampilan, dan juga modal yang tidak seberapa, maka artikel kali ini cocok untuk kamu!

Sebab kali ini RNA akan membahas tuntas cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba mulai sekarang. Apa saja ya cara yang bisa dilakukan? Simak terus hingga akhir untuk mengetahui jawabannya!

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet?

Memang banyak sekali cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu coba dan manfaatkan.  Namun perlu diingat, bahwa tidak semua cara bisa dilakukan sembarangan dan membutuhkan skill dan keterampilan khusus dalam menjalankannya. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk mulai bahas satu per satu!

1. Mengikuti program afiliasi

Cara mendapatkan uang dari internet yang pertama yaitu dengan mengikuti program afiliasi. Program afiliasi kini sudah menjamur di semua sosial media baik Instagram, TikTok, Youtube, dan Facebook. Tapi, kamu sudah tahu apa itu program afiliasi? Jadi, afiliasi adalah program yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang menawarkan kerja sama dengan tujuan melakukan ekspansi bisnis.

Cara mendapatkan uang dari Internet

Lalu dimana keuntungan bisa didapatkan? Afiliasi tidak semata-mata menguntungkan perusahaan saja loh, sebab sang affiliator pastinya juga akan mendapatkan keuntungan yang biasanya berupa komisi dari hasil penjualan yang berhasil dilakukan.

Besaran komisi yang didapatkan bergantung pada perjanjian di awal. Tidak hanya komisi saja, seorang afiliator juga bisa mendapatkan produk atau potongan harga sebagai imbalannya. Apabila kamu pernah melihat seorang influencer atau content creator yang membuat video review produk dan menyematkan link pembelian.

Berarti dia adalah seorang afiliator. Bagaimana cara menjadi afiliator? Kamu bisa mengikuti berbagai program yang sudah disediakan oleh Shopee, Tokopedia, Amazon, dan masih banyak yang lain. Tinggal daftar untuk mengikuti program afiliasi, kenalkan produk yang akan kamu jual menggunakan cara yang kreatif dan menarik, dan jangan lupa untuk menyertakan link pembelian produk.

Wala! Kamu akan mendapatkan cuan hanya dari internet dan bahkan tanpa modal loh! Tertarik mengikuti cara mendapatkan uang dari internet yang pertama ini?

2. Membuka jasa untuk kursus online

Semenjak pandemi beberapa tahun yang lalu, rasanya pembelajaran online sudah menjadi hal yang lumrah dan banyak dilakukan. Salah satu cara mendapatkan uang dari internet berikutnya yaitu dengan membuka jasa kursus online. Kursus online adalah pembelajaran dimanfaatkan untuk meningkatkan skill dan kemampuan, baik itu dalam pelajaran, keterampilan, dan penggunaan bahasa.

Cara mendapatkan uang dari Internet dengan menjadi kursus online

Bagaimana langkah awal yang bisa dilakukan jika ingin membuka kursus online? Langkah awal yang harus kamu pertimbangkan yaitu pastikan bahwa kamu memiliki keahlian dalam bidang kursus online yang akan kamu tangani. Selain itu, kamu juga bisa mulai membuat website untuk Learning Management System atau LMS yang nanti sangat berguna dalam pembelajaran. Kamu tidak bisa membuat website sendiri? Tenang, kamu bisa kok memanfaatkan plugin WordPress yang memiliki fitur mumpuni.

3. Menjual domain

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi website. Domain juga bisa dijadikan sebagai identitas online dan branding bagi pemiliknya. Jadi tidak heran bahwa banyak perusahaan atau organisasi yang rela membayar mahal hanya untuk sebuah domain. Bahkan kamu bisa meraup keuntungan yang berlipat-lipat dari menjual nama domain.

Apabila kamu tertarik dengan cara mendapatkan uang dari internet dengan berjualan domain, kamu bisa mencoba memasarkan domain milikmu dengan bergabung dalam platform Sedo dan Flippa. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan keuntungan yang berlipat.
● Tentukan kategori domain yang memang sudah kamu pahami, misalnya mengenai teknologi. Jika domain Indonesia biasanya domain id
● Memilih penyedia layanan domain registrar  yang terpercaya.
● Membuat nama domain yang memiliki nilai jual tinggi.
● Lakukan pengecekan terhadap nama domain tersebut dari berbagai ekstensi.
● Pilih harga yang sesuai dengan nama domain yang sudah kamu tentukan.
● Manfaatkan sosial media untuk melakukan promosi.

4. Memiliki toko online

Semakin padatnya kegiatan manusia, maka mereka membutuhkan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya dalam mencari produk dan segala kebutuhan harian. Maka dari itu, peluang untuk memiliki toko online juga terbuka lebar untuk kamu.

Cara mendapatkan uang dari internet satu ini sangat menjanjikan loh! Sebab kamu bisa meraup banyak keuntungan hanya dengan berjualan di toko online. Berangkat dari pemasaran melalui sosial media, kamu juga bisa mulai berjualan melalui marketplace. Cara mendapatkan uang dari internet ini lebih dipilih ketimbang harus berjualan secara offline. Sebab modal yang dikeluarkan tidak sebesar berjualan langsung.

Cara mendapatkan uang dari Internet

Bagaimana tidak, kamu bisa menghemat biaya sewa, listrik, perawatan, dan biaya lain yang bisa kamu alokasikan untuk memasang iklan di berbagai sosial media agar toko onlinemu bisa
dikenal banyak orang. Sebagai contoh pemilik toko online yang sukses yaitu Hendrik Tio pemilik dari situs Bhineka.com. Berawal dari modal Rp 100 juta, situs yang berdiri sejak tahun 1999 itu kini berhasil mengantongi omzet hingga Rp 60 miliar per tahunnya. Wow fantastis bukan!

5. Menjadi influencer

Memang untuk menjadi influencer di sosial media itu tidak mudah. Perlu ketekunan dan keuletan dalam menciptakan sebuah karya yang berupa konten. Konten yang dihasilkan ini harus dikemas sedemikian rupa agar disukai oleh banyak orang. Darimana cuan akan didapatkan jika hanya membuat konten saja? Influencer biasa mendapatkan cuan dari endorsement. Endorsement adalah kerjasama yang dijalin antara seseorang dengan perusahaan yang nantinya akan dibayar sebesar persetujuan yang telah dilakukan. Selain itu, influencer juga bisa mendapatkan uang dari kerja sama dengan brand.

Jika kamu mengenal Magdalena, Indira Kalistha, dan Tasya Farasya maka mereka adalah contoh dari influencer. Menjadi influencer memang terlihat mudah sebab dengan sekali posting saja bisa meraup jutaan hingga puluhan juta. Jika kamu berminat dengan cara mendapatkan uang dari internet dengan cara menjadi influencer maka kuncinya adalah konsisten dalam bersosial media dan menciptakan konten yang inovatif. Selain kegigihan, kamu bisa mencoba untuk memanfaatkan platform seperti BuzzoHero dan SociaBuzz. Nah, apakah kamu tertarik mengikuti cara mendapatkan uang dari internet ini?

6. Membuat channel youtube

Sama seperti menjadi influencer, membuat channel Youtube juga tidak semudah kelihatannya. Jika kamu melihat Youtuber yang memiliki jumlah subscriber hingga jutaan dan juga penghasilan yang bisa mencapai ratusan juta membuat kamu tertarik untuk mengikuti jejaknya. Nah, jika kamu ingin menjadi Youtuber maka kamu harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, kegigihan dalam membuat konten, tidak menyerah jika sedikit yang menonton, dan kemampuan dalam mengambil video.

Cara mendapatkan uang dari Internet

Konten apa yang menarik untuk ditampilkan dalam channel Youtube? Mungkin kamu bisa memilih konten seperti review barang, vlog harian, video tutorial, dan masih banyak contoh konten menarik yang lain. Jika kamu ingin videomu ditonton banyak orang, pastikan bahwa video tersebut memiliki kualitas yang baik, audio yang jernih, dan pencahayaan yang cukup. Sebab dengan hal tersebut kamu bisa membuat penonton merasa nyaman dan penasaran dengan konten yang akan kamu buat selanjutnya.

7. Penulis lepas

Tidak perlu mengeluarkan modal yang besar sebab kamu hanya membutuhkan perangkat digital untuk menjadi seorang penulis lepas. Cara mendapatkan uang dari internet ini memang sedang banyak dibutuhkan baik untuk menulis konten sosial media, blog, website, atau artikel. Ingin menjadi penulis lepas? Coba pelajari terlebih dahulu bagaimana cara menulis konten menarik, menjual, dan juga memperhatikan SEO. Tawarkan jasamu ini pada website pribadi, platform freelancer, dan juga bisa melalui sosial media pribadimu.

8. Membuka jasa titip

Jika kamu pengguna sosial media terutama Instagram, pasti kamu sudah sangat familiar dengan istilah jastip atau jasa titip. Jastip adalah penawaran jasa yang dilakukan dengan membeli barang titipan dari seseorang dan nantinya keuntungan akan didapatkan dari biaya jasa dari setiap barang titipan.

Masih bingung? Contohnya seperti ini, saat kamu sedang berada di kota A yang notabenenya adalah kota besar yang pasti tersedia banyak produk yang tidak dimiliki kota lain, lalu saat disana kamu membuka jasa titip barang, maka yang jelas kamu akan mempromosikan jasa mu ini melalui sosial media.

Disini kamu tidak membutuhkan modal ya karena kamu hanya menjadi perantara pembelian produk yang dibutuhkan pelangganmu dengan uang yang sudah mereka transfer. Lalu dimana letak keuntungannya? Kamu bisa membandrol jasamu tadi dengan komisi sekitar Rp

5.000 hingga Rp 12.000 untuk per produknya. Bisa kamu bayangkan berapa
keuntungan jika ada hingga 100 atau 200 pcs saja. Cara mencari uang dari internet
ini cocok banget buat kamu yang hobi jalan-jalan! Jadi bisa cari uang sambil
liburan.

9. Menawarkan jasa desain grafis

Semakin banyaknya perusahaan yang menyadari akan pentingnya branding dalam sosial media dan website, membuat peluang menjadi desain grafis terbuka lebar untuk kamu. Sebab kebutuhan akan logo dan desain konten banyak dibutuhkan oleh perusahaan kecil maupun besar sekalipun.

Cara mendapatkan uang dari internet ini bisa kamu coba jika memang kamu memiliki keahlian dalam membuat desain grafis dan kemampuan untuk menggambar baik itu untuk konten sosial media atau website. Untuk mulai menawarkan jasa ini setidaknya kamu sudah memiliki pengalaman dan menguasai aplikasi desain seperti Coreldraw, Figma, dan Photoshop.

 

Cara mendapatkan uang dari internet dengan menawarkan jasa desain grafis ini bahkan bisa kamu lakukan hanya dari rumah saja. Dengan bantuan platform freelance khusus desain grafis terpercaya di Indonesia seperti Sribu.com, kamu bisa mendapatkan tawaran pekerjaan yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jasamu melalui sosial media dan yang pasti jangan lupa untuk melengkapi portofolio agar reputasimu semakin meningkat.

10. Berjualan software atau aplikasi

Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang memiliki keahlian dalam membuat program aplikasi. Banyak perusahaan yang membutuhkan software atau website yang pastinya digunakan untuk mendukung proses bisnisnya. Nah peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual website atau software yang sudah kamu buat sebelumnya dengan memperhatikan tingkat kebutuhan.

Misalnya saja saat ini Indonesia sedang menguatkan disisi UMKM, maka kamu bisa mencoba untuk membuat aplikasi Point of Sales atau POS yang bisa membantu mereka dalam memudahkan pekerjaannya. Jika kamu tertarik, apakah kamu sudah terbayang ingin membuat aplikasi apa?

11. Melakukan dropshipping

Melakukan dropshipping menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dicoba oleh pemula sekalipun. Tidak memerlukan modal namun cuan yang dihasilkan tidak main-main. Sebelum membahas lebih lanjut, sudah tahu apa perbedaan dropshipping dan reseller? Jika reseller kamu membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli produk yang ingin kamu jual dan kamu harus mengirimkannya sendiri ke pelangganmu, namun dropshipping ini lebih efektif lagi sebab kamu tidak memerlukan uang. Menjadi Reseller domain RNA juga bisa mendapatkan uang tanpa modal.

Kok bisa? Sebab kamu akan bekerja sama dengan penjual untuk memasarkan produk tersebut dengan harga yang tidak ditentukan, lalu jika sudah ada pelanggan yang ingin membeli produk tersebut maka penjual tadi yang akan langsung mengirimkannya.

Jadi bisa dibilang kamu hanyalah perantara yang bisa mendapatkan keuntungan besar sesuai dengan berapa kamu menaikkan harga produk dari harga aslinya. Cukup simpel kan? Namun, sebelum kamu mencoba cara mendapatkan uang dari internet ini kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa produk yang akan kamu jual tersebut memiliki kualitas yang baik.

12. Responden survei online

Cukup dengan menjawab banyak pertanyaan yang bisa dibilang mudah namun kamu bisa mendapatkan penghasilan. Yups, cara mendapatkan uang dari internet satu ini yaitu dengan menjadi responden survei online. Meskipun uang yang didapatkan tidak memiliki nominal yang besar, namun cara mendapatkan uang ini cukup digemari terutama bagi pemula yang belum memiliki keahlian.

Dimana kamu bisa bergabung untuk menjadi responden survei online? Bisa melalui platform survei online Indonesia seperti OpinionWorld dan YouGov Indonesia. Nantinya kamu akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher atau juga bisa dicairkan dalam bentuk uang. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti jika kamu tertarik dengan cara mendapatkan uang dari internet ini.
● Jangan menggunakan email pribadi utama karena akan dibanjiri dengan email penawaran yang masuk.
● Pilih platform survei online yang terpercaya.
● Jangan lupa untuk membaca secara detail syarat dan ketentuan yang
diberikan.

13. Menjadi proofreader

Cara mendapatkan uang dari internet yang terakhir yaitu dengan menjadi proofeader. Masih asing dengan istilah proofreader? Proofreader adalah orang yang melakukan pengecekan kesalahan dari sebuah tulisan baik dari tata bahasa, typo, dan format dalam penulisan agar tulisan tersebut siap untuk dipublikasikan.  Cara mendapatkan uang dari internet ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki tingkat ketelitian dan keuletan yang tinggi.

Tidak main-main, pendapatan dari seorang proofreader ini bisa mencapai $3200 di bulan pertama. Wow! Jadi bisa kamu lihat bahwa memang cara mendapatkan uang dari internet ini sangat menjanjikan. Jika bicara di Indonesia, tentu pendapatannya belum sebesar itu, tetapi jasanya banyak dicari dan terus meningkat.

Dari platform freelancer seperti Freelancer.co.id kamu bisa menemukannya. Kamu menguasai bahasa asing? Platform Scribendi bisa kamu manfaatkan. Atau bisa juga kamu menawarkan jasamu secara personal melalui website pribadi yang tentunya sudah dilengkapi dengan portofolio untuk meningkatkan kepercayaan orang terhadap kemampuanmu. Pilih Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Sesuaidengan Kemampuanmu!

Dari sekian banyak pilihan cara mendapatkan uang di atas, kamu bisa memilih mana yang memang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Sebab segala pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan akan membuat kamu tidak mudah menyerah dan menjalankannya dengan hati yang bahagia. Jika kamu memiliki ketelitian yang tinggi, bisa untuk mencoba menjadi penulis lepas dan menjadi proofreader.

Pun bagi kamu yang masih pemula juga memiliki peluang untuk bisa mencari uang dari internet dengan mengikuti survei online, menjadi dropshipper, membuka toko online, dan juga membuka jasa titip. Mana yang akan menjadi pilihan kamu? Tentu dalam memilih barengi dengan riset dan juga skill yang kamu punya agar hasilnya lebih maksimal. Selamat mencoba!

Rate this Article

About Author

Ayoni Sulthon

Leave a Reply

Your email address will not be published.