5/5 (2)

Apa itu domain id? Ada banyak sekali ekstensi domain yang hadir di dunia internet saat ini. Ekstensi-ekstensi tersebut kemudian dikelompokkan ke beberapa tipe domain. Tipe-tipe domain tersebut adalah Top-Level Domain (TLD), Country Code Top-Level Domain (ccTLD), Generic Top-Level Domain (gTLD), Second-Level Domain (SLD), Third-Level Domain, dan Premium Domain.

Di kesempatan ini akan dibahas lebih banyak mengenai ccTLD, yang salah satunya adalah domain .ID. Apa itu domain .ID? Domain .ID adalah bagian dari ccTLD yang khusus digunakan untuk masyarakat Indonesia. Tentu saja, domain Indonesia tidak hanya domain .ID saja. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu domain .ID? Simak penjelasan apa itu domain .ID dan beberapa kelebihannya pada penjelasan kali ini.

apa itu domain id

Apa itu Domain ID?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tentang apa itu domain ID, bahwa domain ID merupakan salah satu ccTLD yang khusus diciptakan untuk digunakan masyarakat Indonesia. Sama seperti di dunia nyata, di dunia maya pun kita memerlukan identitas. Salah satu cara untuk memperlihatkan identitas adalah dengan menggunakan ccTLD pada nama domain.

Contohnya adalah alamat website resmi Pandi di www.pandi.id. Pandi merupakan singkatan dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Pandi adalah Registri Nama Domain Tingkat Atas Indonesia. Untuk memberikan identitas pada website resminya, Pandi menggunakan ekstensi domain .ID yang merupakan identitas Indonesia di dunia internet.

Salah satu jawaban dari apa itu domain .ID adalah ccTLD tersebut merupakan identitas masyarakat Indonesia di dunia internet. Menggunakan domain .ID pun ada kelebihan serta perbedaannya dengan ekstensi domain lain seperti .COM.

5 Kelebihan Menggunakan Domain ID

Setelah mempelajari apa itu domain .ID, sekarang saatnya mencari tahu apa saja kelebihan-kelebihan menggunakan domain ID. 5 kelebihan menggunakan domain .ID adalah sebagai berikut:

Murah dan Mudah Didapatkan

Meskipun ada banyak domain Indonesia selain ID, namun domain .ID adalah ccTLD yang paling banyak digunakan oleh masyarakatnya. Domain .ID lebih banyak digunakan karena murah dan mudah untuk mendapat nama domain dengan ekstensi .ID.

Untuk Jenis Website Apapun

Ekstensi domain ID cocok digunakan untuk jenis website apapun. Website untuk keperluan toko online, profil perusahaan, portofolio pribadi, atau blog sehari-hari bisa menggunakan ekstensi ini. Website bisa dikenali dengan mudah karena identitas website ada pada ekstensi nama domain. 

pengertian domain indonesia

Banyak Kesempatan dan Pilihan Esktensi Domain

Tidak seperti ekstensi domain .COM, domain .ID memiliki lebih banyak kesempatan untuk kamu memiliki nama domain yang kamu inginkan. Karena ekstensi domain .COM adalah ekstensi domain yang sudah lama ada, sehingga sulit untuk menemukan nama yang belum teregistrasi.

Domain .ID juga memiliki ekstensi lain yang bisa digunakan, seperti .CO.ID, MY,ID, WEB.ID, BIZ.ID dan lain-lain. Jika kamu ingin menjadi reseller domain kamu bisa mendaftar di RNA.

Menambah Nilai Kredibilitas

Dengan menggunakan domain asli Indonesia, nilai kredibilitas pada website akan bertambah. Apalagi kalau website kamu digunakan sebagai toko online. Pengunjung baik dari Indonesia maupun luar negeri akan memberikan kepercayaan lebih.

Aman, Cepat, dan Meningkatkan Nilai SEO

Domain .ID ada dibawah pengawasan Pandi, sehingga website akan aman dari kejahatan siber. Website juga akan lebih cepat diakses di wilayah Indonesia karena letak Domain Name Server ada di Indonesia.

Sebuah website tentu juga tidak bisa lepas dari SEO, jika ingin tampil pada peringkat yang baik di Google. Nah, dengan menggunakan domain .ID ini kamu juga akan mendapat keuntungan dari sisi SEO. Pengoptimalan website akan menjadi lebih mudah karena Google mendahulukan hasil pencarian lokal.

Macam-macam Domain .ID

Domain .ID

Apa itu domain .ID? Domain .ID adalah ekstensi domain Indonesia yang dikelola oleh Pandi. Domain ini merupakan domain yang paling banyak diregistrasikan untuk nama website Indonesia. Domain .ID banyak digunakan karena cocok untuk segala jenis website, dan harganya pun terjangkau.

Di Indonesia sendiri, tidak hanya masyarakat yang menggunakan domain .ID sebagai ekstensi domain. Ada banyak website yang dikelola pemerintah juga menggunakan domain .ID. Domain ini sangat mudah didapatkan karena kamu tidak perlu menyiapkan dokumen untuk melakukan registrasi.

Domain .CO.ID

Kepanjangan CO pada .CO.ID bisa diartikan sebagai Corporate. Domain .CO.ID sangat cocok digunakan untuk kebutuhan korporat seperti company profile. Jika kamu kesulitan meregistrasikan nama domain .COM, domain .CO.ID bisa jadi jawabannya. Jangan salah sangka, meskipun termasuk dalam ccTLD, domain .CO.ID sudah sangat terkenal di Indonesia. Namanya terdengar familiar, sama halnya dengan .COM.

Untuk bisa meregistrasikan nama domain dengan .CO.ID kamu harus menyiapkan beberapa dokumen, yaitu:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • NPWP Perusahaan/ SIUP / TDP / Akta Pendirian Perusahaan / Surat izin yang setara. (Surat izin yang setara adalah surat izin dari Kemenkumham)
  • Sertifikat merek (jika ada)
  • Nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama instansi yang mendaftarkan.

Domain .WEB.ID

Seperti namanya, ekstensi domain .WEB.ID cocok digunakan untuk website atau blog pribadi. Blog pribadi juga bisa menghasilkan uang tambahan kalau kamu menggunakannya dengan benar. Menggunakan domain berbayar seperti domain .WEB.ID akan menambah kepercayaan pengunjung website. Dimulai dari kepercayaan pengunjung, bisa menjadi pelanggan tetap.

Jika kamu ingin memiliki nama domain dengan .WEB.ID, kamu hanya perlu mempersiapkan satu dokumen saja, yaitu kartu identitas. Kamu bisa menggunakan KTP atau Paspor yang masih berlaku.

Domain .MY.ID

Sama seperti domain .MY.ID, kamu bisa menggunakan domain .MY.ID untuk website atau blog pribadi. Kamu juga bisa membuat nama domain unik dengan menggunakan domain ini. Domain ini juga sangat mudah didapatkan dengan harga yang sangat murah. 

DomaiNesia merupakan salah satu penyedia domain .ID dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa melakukan registrasi domain .MY.ID di DomaiNesia. Tidak seperti .CO.ID, kamu tidak perlu mempersiapkan dokumen apapun untuk mendapatkan domain .MY.ID.

Domain BIZ.ID

Domain .BIZ.ID cocok digunakan untuk jenis website bisnis. Jika kamu adalah pelaku UMKM, kamu bisa meningkatkan awareness dengan membuat website. Selain memudahkan pelanggan menemukan UMKM milikmu, memiliki website juga akan menambah penghasilan. 

Tidak harus selalu toko online, kamu bisa menggunakan .BIZ.ID untuk company profile. Pilihan ini cocok untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran untuk website, karena harganya lebih murah dibanding domain. CO.ID. Bukan hanya harga, kamu juga tidak memerlukan dokumen apapun saat melakukan registrasi nama domain. 

Domain OR.ID

Domain .OR.ID digunakan untuk jenis website organisasi. Sangat disarankan untuk menggunakan ekstensi domain ini jika kamu membuat website untuk organisasi resmi. Ingat, bahwa nama domain juga merupakan identitas website milikmu. Organisasi akan lebih mudah dikenali dan ditemukan oleh pengunjung. Nama domain ini penting, karena pasti ada banyak informasi yang harus diketahui oleh pengunjung tentang organisasi kamu.

Mengingat bahwa website organisasi sangat penting, untuk mendapatkannya kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen, yaitu:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Akta Notaris atau Surat Keterangan dari organisasi yang bersangkutan
  • Surat permohonan pendaftaran nama domain. Lihat draf dokumen.
  • Nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama organisasi yang mendaftarkan.

Domain AC.ID

Domain .AC.ID hanya bisa digunakan untuk website resmi akademi atau perguruan tinggi. Tentu saja tidak bisa digunakan secara bebas seperti .MY.ID atau .WEB.ID. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia menggunakan ekstensi domain .AC.ID untuk website resminya, seperti www.ui.ac.id atau www.ugm.ac.id

Karena domain ini hanya bisa digunakan oleh instansi resmi, kamu perlu mempersiapkan dokumen-dokumen sebelum melakukan registrasi. Dokumen yang perlu disiapkan adalah:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian / Lembaga yang berwenang sesuai Peraturan perundang-undangan
  • Surat Keterangan Rektor atau Pimpinan Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama lembaga yang mendaftarkan.

Domain SCH.ID

Serupa tapi tak sama, domain .SCH.ID juga digunakan pada lingkungan akademik. Bedanya, domain .SCH.ID hanya bisa digunakan untuk website resmi sekolah. Untuk melakukan registrasi domain ini, kamu memerlukan dokumen-dokumen, yaitu:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama sekolah yang mendaftarkan.

Jika kamu memiliki lembaga pendidikan non-formal, kamu juga bisa melakukan registrasi domain .SCH.ID dengan mempersiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • SK Pendirian Lembaga dari Kementerian atau SKPD terkait
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama lembaga yang mendaftarkan.

Domain PONPES.ID

Ponpes adalah kepanjangan dari Pondok Pesantren. Kamu sudah tahu kan ekstensi domain ini untuk jenis website apa? Ya, betul sekali, .PONPES.ID adalah ekstensi domain khusus untuk pondok pesantren di Indonesia. Untuk melakukan registrasi, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen, diantaranya:

  • KTP Republik Indonesia / Paspor yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Kepala Sekolah atau Kepala Lembaga. Lihat draf dokumen
  • Untuk nama domain yang didaftarkan harus sesuai dengan nama sekolah yang mendaftarkan.

Registrasikan Nama Domain ID Sekarang Juga!

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu domain ID dan kelebihan-kelebihannya. Apa itu domain .ID? Domain .ID adalah ekstensi domain Indonesia yang dikelola oleh Pandi dan merupakan domain yang paling banyak diregistrasikan. Domain .ID merupakan salah satu ccTLD yang diciptakan sebagai identitas masyarakat Indonesia di dunia maya.

Ada berbagai macam domain yang dikelola oleh Pandi, yaitu domain .ID, domain .MY.ID, domain .CO.ID, domain .BIZ.ID, domain .WEB.ID, domain .OR.ID, domain .AC.ID, domain .SCH.ID, dan domain .PONPES.ID. Cara mendapatkan domain .ID sangat mudah, kamu hanya perlu membuka website DomaiNesia dan mempersiapkan dokumen jika diperlukan.

Rate this Article

About Author

Ayoni Sulthon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *