No ratings yet.

Internet telah merevolusi dunia. Setiap aspek kehidupan masyarakat telah tersentuh oleh teknologi ini. Mulai dari pekerjaan dan hiburan, hingga pendidikan, dan kesehatan. Internet tentu telah membuat banyak hal lebih mudah. Kita bisa berbelanja, belajar, dan bekerja dari rumah. Kita dapat langsung berkomunikasi dengan siapa pun yang dekat atau jauh. Dan kita memiliki banyak informasi hanya dengan menggerakkan ujung jari kita.

Tapi apa yang telah diambil internet dari kita? Apakah rentang perhatian kita telah dipersingkat? Apakah kita menghabiskan waktu untuk tidak melakukan apa-apa, atau apakah kita perlu merasa terhubung 24 jam sehari?

Artikel kali ini akan membahas dampak positif dan negatif dari penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana cara mengatasi dampak negatif yang timbul dari penggunaannya. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Dampak Positif Internet Dalam Kehidupan?

Informasi dan Pengetahuan

Dengan akses internet dan World Wide Web (WWW), kita sekarang dapat mengakses sejumlah besar informasi dan memanfaatkan hal yang sama untuk penelitian dan untuk mengumpulkan data terkait. Berkat internet, kita sekarang dapat mengakses informasi tentang topik apapun, mempelajarinya secara rinci dan menggunakan informasi yang komprehensif untuk membangun pengetahuan kita. 

Internet memberi kita keuntungan yang mudah karena memungkinkan kita mengakses banyak data secara instan sehingga menghemat waktu kita yang berharga dalam prosesnya. Kamu tidak perlu lagi mengunjungi perpustakaan, sebaliknya kamu dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan meneliti topik secara online.

Komunikasi

Berkat internet, kita sekarang dapat berkomunikasi dengan seseorang di sisi lain dari bumi dan secara instan pada saat itu juga. Kita dapat mengobrol dengan mereka secara real time, bahkan melakukan panggilan video dengan banyak orang secara bersamaan.

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya berbagai kemajuan yang dibuat internet selama beberapa tahun terakhir.

Kenyamanan

Berkat internet, kamu sekarang bisa menikmati teknologi seperti bank online, dimana kamu bisa mengirim pembayaran secara global menggunakan berbagai portal online. Kamu juga bisa menikmati teknologi seperti Gojek dan Grab untuk memesan makanan, mengurus tagihan listrik, hingga membayar pajak kendaraan secara online berkat adanya internet. Teknologi ini semua tentunya membantu membuat hidup kamu lebih mudah dan lebih nyaman.

Mendorong Kreativitas

Ekspresi diri adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan, dan internet dapat membantu itu. Melalui platform seperti TikTok, Instagram, dan YouTUbe, siapapun yang memiliki kreativitas dapat mengasah keterampilan dan membagikannya dengan teman dan pengikut anda secara online.

Meningkatkan Sektor Kesehatan dan Keuangan

Healthcare baru-baru ini menjadi digital. Bayangkan kamu yang dulunya harus duduk berjam jam di ruang tunggu untuk menunggu diagnosis dokter, setelah internet muncul, anda hanya perlu mengakses aplikasi healthcare seperti Halodoc dan kamu sudah dapat berkonsultasi dengan dokter ahli.

Di sektor keuangan, internet telah secara dramatis mengubah biaya dan kemampuan untuk pemasaran, distribusi, dan servis produk keuangan. Internet juga memainkan peran utama dalam segmen industri lainnya, seperti informasi keuangan dan berita, layanan pemeringkatan dan perbandingan, perencanaan keuangan dan perbankan investasi.

Apa Dampak Negatif Internet Dalam Kehidupan?

Adiktif

Aktivitas tertentu seperti game online bisa menjadi sangat adiktif. orang -orang telah dikenal kecanduan sampai mengorbankan kesehatan mereka sendiri. Untuk meletakkannya dalam perspektif. Ada sebuah kasus di Korea Selatan dimana mereka begitu asyik dengan game online sehingga mereka membiarkan bayi mereka kelaparan. Ini adalah contoh bagaimana internet bisa menjadi sangat adiktif.

Selain itu, bermain game online selama berjam-jam dapat memiliki efek berbahaya pada tubuh. Dan terlebih lagi, tidak aktif secara fisik untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah sendi, bermain game selama berjam-jam akan menyebabkan kamu mengalami ketegangan mata yang parah.

Privasi

Masalahnya saat ini adalah bahwa informasi apapun yang kamu bagikan secara online hampir tidak lagi bersifat pribadi. Beberapa situs yang kamu gunakan secara teratur dapat memantau perilaku kamu sehingga dapat lebih memahami bagaimana kamu berperilaku. Oknum yang tidak bertanggung jawab dapat memasarkan data ini ke pihak ketiga seperti yang dilakukan Facebook baru-baru ini.

Dan ketika menyangkut data pribadi, kamu tidak pernah tahu apakah itu akan dijaga kerahasiaannya. Inilah sebabnya mengapa penting bagi kamu untuk berhati-hati agar tidak mengunggah informasi penting tetapi hanya seminimal yang diperlukan.

Malware dan ancaman keamanan lainnya

Berkat internet, berbagai bentuk ancaman online seperti malware dan virus lainnya berhasil menginfeksi komputer di seluruh dunia. Virus ini dapat menginfeksi sistem kamu dengan tujuan meretas data kamu atau menyebabkan sistem kamu tidak berfungsi.

Informasi yang Berlebihan

Memiliki terlalu banyak informasi untuk dapat untuk memahami masalah secara memadai atau membuat keputusan yang efektif. Informasi kelebihan dikaitkan dengan kehilangan kendali, perasaan kewalahan, mengurangi kinerja intelektual, dan mengurangi kepuasan kerja. Studi menunjukkan Informasi yang berlebihan itu memengaruhi hingga 20-30% orang.

Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Negatif Internet?

Nah, sekarang kamu telah mengetahui apa dampak positif dan negatif dari internet. Lalu, bagaimana cara mengatasi dampak negatifnya? Simak beberapa tips berikut untuk mengatasi dampak negatif internet:

  • Aktifkan verifikasi dua langkah pada kata sandi anda. Praktek sederhana ini mencegah serangkaian serangan dan gangguan cyber.
  • Perbarui versi sistem operasi dan perangkat lunak yang diinstal di perangkat anda. Banyak pembaruan pengembang yang bertujuan meningkatkan keamanan.
  • Jangan pernah mengunduh file atau program yang asalnya diragukan.
  • mempromosikan teknologi yang melindungi sosial dengan lebih baik institusi, merangsang atau mengharuskan perusahaan teknologi untuk memperkenalkan produk dan layanan yang melindungi institusi sosial dan pengguna internet dengan lebih baik;
  • Membatasi pemakaian internet harian agar tidak terjadi kecanduan dengan media sosial. 
  • Gunakan koneksi internet yang aman. Meskipun menggunakan Wifi publik tidak disarankan, terkadang tidak dapat dihindari saat Anda bepergian. Namun, saat Anda online di tempat umum dan menggunakan koneksi Wifi publik, Anda tidak memiliki kendali langsung atas keamanannya, yang dapat membuat Anda rentan terhadap serangan dunia maya. Jadi, jika Anda menggunakan Wi-Fi publik, hindari melakukan transaksi pribadi yang menggunakan data sensitif, seperti perbankan online atau belanja online.
  • Gunakan VPN. Jika kamu masih bertanya pada diri sendiri, “apakah saya memerlukan VPN?” jawabannya adalah ya! VPN memastikan anonimitas kamu dengan menyembunyikan alamat IP dan aktivitas kamu.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari Internet. Sulit membayangkan dunia kita tanpanya karena kita telah benar-benar terjalin dengan segala sesuatu yang ditawarkan jaring kepada kita. Apa yang bisa kita lakukan adalah mengimbangi beberapa hal negatif dan menemukan cara untuk membantu mengurangi sisanya.Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds