No ratings yet.

Pengertian Sertifikat SSL

SSL atau Secure Socket layer, adalah protokol keamanan internet berbasis enkripsi. Ini pertama kali dikembangkan oleh Netscape pada tahun 1995 untuk tujuan memastikan privasi, otentikasi, dan integritas data dalam komunikasi internet. SSL adalah pendahulu enkripsi TLS modern yang digunakan saat ini. 

Sertifikat SSL adalah sertifikat digital yang mengautentikasi identitas situs web dan memungkinkan koneksi terenkripsi. SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer, protokol keamanan yang membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser web. Perusahaan dan organisasi perlu menambahkan sertifikat SSL ke situs web mereka untuk mengamankan transaksi online dan menjaga informasi pelanggan tetap pribadi dan aman.

Singkatnya: SSL menjaga koneksi internet tetap aman dan mencegah penjahat membaca atau memodifikasi informasi yang ditransfer antara dua sistem. Ketika Anda melihat ikon gembok di sebelah URL di bilah alamat, itu berarti SSL melindungi situs web yang Anda kunjungi.

Cara Kerja Sertifikat SSL

SSL bekerja dengan memastikan bahwa setiap data yang ditransfer antara pengguna dan situs web, atau antara dua sistem, tetap tidak mungkin dibaca. Ini menggunakan algoritma enkripsi untuk mengacak data dalam perjalanan, yang mencegah peretas membacanya saat dikirim melalui koneksi. Data ini mencakup informasi yang berpotensi sensitif seperti nama, alamat, nomor kartu kredit, atau detail keuangan lainnya. Prosesnya bekerja seperti ini:

  1. Browser atau server mencoba terhubung ke situs web (yaitu, server web) yang diamankan dengan SSL.
  2. Browser atau server meminta server web mengidentifikasi dirinya sendiri.
  3. Server web mengirimkan browser atau server salinan sertifikat SSL-nya sebagai tanggapan.
  4. Browser atau server memeriksa untuk melihat apakah ia mempercayai sertifikat SSL. Jika ya, itu menandakan ini ke server web.
  5. Server web kemudian mengembalikan pengakuan yang ditandatangani secara digital untuk memulai sesi terenkripsi SSL.
  6. Data terenkripsi dibagi antara browser atau server dan server web.

Manfaat Sertifikat SSL

Keamanan

Tujuan utama sertifikat SSL adalah untuk mengenkripsi informasi sehingga hanya dapat dibaca oleh penerima yang dituju. Informasi yang disampaikan melalui internet memiliki peluang tinggi untuk sampai ke tangan pihak ketiga. Karena sertifikat SSL mengenkripsi data, karakter acak dimasukkan ke dalamnya. Bahkan jika penyusup dapat memperoleh informasi ini, mereka tidak akan dapat memahaminya. Dengan demikian, SSL membuatnya ideal untuk melindungi informasi sensitif seperti ID Pengguna, kata sandi dan nomor kartu kredit.

Otentikasi

SSL memastikan bahwa apapun informasi yang ada di situs Anda mencapai server yang benar. Untuk mencapai SSL ini menggunakan perlindungan yang dikenal sebagai sertifikat Server. Sertifikat Server ini memastikan bahwa penyedia sertifikat SSL dipercaya dengan bertindak sebagai orang tengah antara browser dan server SSL.

Keandalan

Setiap kali sertifikat SSL digunakan di situs, ia memberikan verifikasi. Oleh karena itu, ketika pengunjung mengunjungi sebuah situs, itu memberikan rasa percaya bahwa situs ini sah dan tidak palsu. Umumnya situs otentikasi SSL akan menampilkan kunci hijau pada bilah alamat. Kunci ini menyebutkan bahwa situs telah mengambil langkah-langkah keamanan dan cukup andal untuk melakukan transaksi.

Cegah Phishing

Terkadang pengguna mungkin menerima email phishing (Seringkali dalam bentuk iklan dan penegasan pengiriman) yang mengarahkan tautan ke situs lain. Satu-satunya tujuan dari situs-situs ini adalah untuk mengumpulkan informasi sensitif seperti rincian kartu kredit. Namun, hampir tidak mungkin bagi situs-situs ini untuk mendapatkan sertifikat SSL asli. Ketika pengunjung tidak melihat sertifikat SSL, mereka mungkin tidak akan memasukkan informasi rahasia apa pun.

SEO

Baru-baru ini Google membuat pengumuman bahwa memiliki sertifikat SSL adalah salah satu faktor untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Algoritma dibuat sedemikian rupa sehingga situs dengan sertifikat SSL akan peringkat lebih tinggi di Search Engine Result Pages (SERP). Hampir semua situs yang berperingkat lebih tinggi di Google memang memiliki sertifikat SSL.

Jenis-Jenis Sertifikat SSL

Extended Validation SSL Certificate (EV)

Sertifikat ini menunjukkan gembok, HTTPS, nama bisnis, dan negara bisnis di bilah alamat agar tidak disalah artikan sebagai situs web spam. SSL Extended Validation (SV) adalah SSL yang paling mahal untuk diperoleh, tetapi mereka berharga dalam menunjukkan keabsahan domain Anda dari bilah alamat. Untuk menyiapkan EV SSL, Anda harus membuktikan bahwa Anda berwenang untuk memiliki domain yang Anda kirimkan. Ini memastikan pengguna bahwa Anda secara hukum mengumpulkan data yang diperlukan untuk melakukan tindakan tertentu – seperti nomor kartu kredit untuk transaksi online.

Sertifikat SSL EV dapat diperoleh oleh bisnis apa pun, dan itu harus menjadi prioritas terutama bagi mereka yang membutuhkan jaminan identitas. Misalnya, jika situs web Anda memproses pembayaran web atau mengumpulkan data, Anda ingin mendapatkan sertifikat ini.

Organization Validated Certificate (OV)

Sertifikat ini memverifikasi bahwa organisasi dan validasi domain Anda nyata. Sertifikat SSL Organization Validated (OV) menawarkan enkripsi tingkat menengah dan diperoleh dalam dua langkah. Pertama, CA akan memverifikasi siapa yang memiliki domain dan apakah organisasi beroperasi secara legal.

Di browser, pengguna akan melihat gembok hijau kecil dengan nama perusahaan mengikuti. Gunakan jenis sertifikat ini jika Anda tidak memiliki sumber daya keuangan untuk SSL EV tetapi masih ingin menawarkan enkripsi tingkat sedang.

Domain Validation Certificate (DV)

Domain validation certificate menawarkan enkripsi tingkat rendah yang ditampilkan sebagai gembok hijau di sebelah URL di bilah alamat. Ini adalah validasi tercepat yang dapat Anda terima, dan Anda hanya memerlukan beberapa dokumen perusahaan untuk mendaftar.

Verifikasi ini terjadi saat Anda menambahkan DNS ke CA. Untuk sertifikat ini, CA akan meninjau hak pemohon untuk memiliki domain yang dikirimkan. (Catatan: DV tidak mengamankan subdomain, hanya domain itu sendiri).

Tidak seperti EV SSL, CA tidak akan memeriksa data identitas apa pun, jadi Anda tidak akan tahu siapa yang menerima informasi terenkripsi Anda. Tetapi jika Anda adalah bagian dari bisnis yang tidak mampu membeli SSL tingkat tinggi, menggunakan DV adalah opsi yang paling optimal.

Wildcard Certificate

Wildcard certificate berada dalam kategori “nomor domain dan subdomain”. SSL Wildcard memastikan bahwa jika anda membeli sertifikat untuk satu domain, anda dapat menggunakan sertifikat yang sama untuk subdomain.

Misalnya, jika Anda membeli Wildcard untuk example.com, itu dapat diterapkan ke mail.example.com dan blog.example.com. Opsi seperti ini lebih murah daripada mendapatkan beberapa sertifikat SSL untuk nomor atau domain.

Cara Memilih Sertifikat SSL

Jika Anda ingin menggunakan SSL gratis untuk website dengan harga terjangkau, Cloudflare dapat menawarkan SSL gratis. Namun, karena SSL yang Anda gunakan adalah SSL gratis, Anda tidak dapat menggunakan fitur premium. Setelah website Anda mulai berkembang, Anda dapat memulai upgrade ke SSL berbayar seperti SV SSL.

Jika Anda adalah pemilik perusahaan, memilih Organization Validated SSL (OV SSL) adalah pilihan yang baik karena Anda sudah memiliki semua data yang diperlukan untuk validasi OV SSL, seperti nama perusahaan, lokasi, legalitas, dan informasi lainnya.

Extended Validation SSL (EV SSL) adalah pilihan yang bagus untuk pengembangan e-commerce yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi karena mencakup data pembeli. Dengan menggunakan SSL jenis ini, Anda dapat mendapatkan tingkat keamanan terbaik dan memastikan bahwa data pembeli tetap aman.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds