No ratings yet.

Saat ini ada dua versi Internet Protocol (IP): IPv4 dan IPv6. Kedua jenis memungkinkan jaringan online dan pertukaran data, tetapi kedua versi mengidentifikasi perangkat secara berbeda dan menawarkan fitur yang berbeda. Jadi, mana yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman?

Artikel ini menawarkan perbandingan head-to-head IPv4 dan IPv6, dua IP yang tersedia saat ini untuk merutekan lalu lintas di Internet. Baca terus untuk mengetahui perbedaan utama antara kedua protokol dan lihat mengapa beralih ke IPv6 sangat penting untuk kesehatan jangka panjang Internet.

Apa yang Dimaksud dengan IP Address?

Internet Protocol (IP) adalah seperangkat aturan jaringan yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui internet. IP memiliki dua tujuan utama yakni memungkinkan komputer yang berbeda untuk bertukar data melalui internet sambil memastikan file yang dikirim tiba di tujuan yang benar, dan mengidentifikasi setiap perangkat dan domain yang terhubung ke internet dengan menetapkan IP address unik (serangkaian digit yang mengidentifikasi komputer atau perangkat tertentu)

Ketika kamu mengirim sesuatu secara online, IP memecah data menjadi potongan-potongan kecil yang disebut paket. Setiap paket memiliki info IP terlampir yang memastikan apa pun yang kamu kirim mencapai penerima yang tepat.

Protokol Internet tidak menetapkan alamat IP secara acak. Sebuah organisasi nirlaba bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengalokasikan alamat IP ke Penyedia Layanan Internet (ISP) yang menetapkan alamat ke perangkat pengguna akhir.

Sebagian besar jaringan menggabungkan IP dengan TCP (Transmission Control Protocol) atau UDP (User Datagram Protocol) untuk membentuk koneksi antar perangkat. Ketiganya adalah bagian dari Internet Protocol Suite (TCP / IP) yang lebih luas yang mengatur aturan untuk routing dan menerima data melalui jaringan.

Apa Itu IPv4?

IPv4 address terdiri dari dua hal yaitu network address dan host address. Itu singkatan dari Internet Protocol versi empat. Ini diperkenalkan pada tahun 1981 oleh DARPA dan merupakan versi pertama yang digunakan pada tahun 1982 untuk produksi di SATNET dan di ARPANET pada Januari 1983.

IPv4 (Internet Protocol version 4) adalah format alamat standar yang memungkinkan semua mesin di internet berkomunikasi satu sama lain. IPv4 ditulis sebagai string digit 32-bit, dan alamat IPv4 terdiri dari empat angka, masing-masing antara 0 dan 255, dan dipisahkan oleh titik. Misalnya, Alamat IPv4 dapat ditulis sebagai 189.123.123.90.

IPv4 memungkinkan pembuatan dan penggunaan 4.294.967.296 alamat unik (lebih sering dinyatakan sebagai 2^32). Pada 1980-an dan 1990-an, lebih dari 4 miliar alamat yang tersedia tampaknya cukup untuk memenuhi permintaan dunia online. Namun, dengan cepat menjadi jelas bahwa kekurangan akan datang.

Saat ini, ada lebih dari 7,75 miliar orang di seluruh dunia, dan kebanyakan dari kita menggunakan dua atau lebih perangkat pintar. Lebih dari empat miliar alamat IP tidak lagi cukup, jadi pakar TI harus “mengelabui” perangkat agar menggunakan kembali alamat yang sama.

Teknik yang paling umum untuk menggunakan kembali alamat IPv4 adalah Network Address Translation (NAT). NAT memungkinkan kamu untuk mewakili sekelompok perangkat dengan satu alamat IP, yang menghemat bandwidth dan memperlambat penipisan alamat IP.

Apa Itu IPv6?

IPv6 didasarkan pada IPv4 dan singkatan dari Internet Protocol version 6. Ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Desember 1995 oleh Internet Engineering Task Force. IP versi 6 adalah versi baru dari Internet Protocol, yang jauh lebih baik daripada IP versi 4 dalam hal kompleksitas dan efisiensi. IPv6 ditulis sebagai kelompok 8 angka heksadesimal yang dipisahkan oleh titik dua (:). Ini dapat ditulis sebagai 128 bit 0s dan 1s.

Perbedaan  IPv4 dan  IPv6

Mari simak perbedaan IPv4 dan IPv6 pada tabel dibawah ini:

Titik Perbandingan IPv4 IPv6
Ukuran IP address 32-bit (4 byte) 128-bit (16 byte)
Jumlah alamat IP yang tersedia 4,3 miliar (harus menggunakan kembali dan menutupi alamat) 340 undecillion (setiap perangkat dapat memiliki alamat unik)
Notasi alamat IP Alamat desimal, 4 bidang (oktet) dipisahkan oleh titik (.) Alamat alfanumerik, 8 bidang (hextet atau kuartet) dipisahkan oleh titik dua (:)
Nilai jual utama Didukung secara luas dan mudah digunakan Jumlah alamat IP yang hampir tidak terbatas
Masa pakai alamat IP Bukan konsep yang berlaku Dua masa kehidupan: lebih disukai dan valid (masa hidup pilihan selalu lebih kecil atau sama dengan valid)
Konfigurasi DHCP atau konfigurasi manual Konfigurasi otomatis alamat stateless (melalui Internet Control Message Protocol versi 6 (ICMPv6) atau DHCPv6)
Jumlah bidang header 12 (panjang 20-60 byte) 8 (panjang tetap 40 byte)
Ukuran paket Ukuran paket minimum adalah 576 byte Ukuran paket minimum adalah 1208 byte
Fragmentasi paket Dilakukan oleh router dan node pengirim Dilakukan oleh node pengirim saja
Protokol Informasi Perutean (RIP) Didukung oleh daemon yang dirutekan RIP tidak mendukung IPv6 (menggunakan rute statis untuk fungsi jaringan)
Protokol mobilitas Menggunakan IPv4 Seluler (MIPv4) Menggunakan IPv6 Seluler (serah terima, perutean, dan mobilitas hierarkis yang lebih cepat)
Alokasi alamat Awalnya dialokasikan oleh kelas jaringan, sekarang bergantung pada alokasi yang lebih kecil dari Classless Inter-Domain Routing (CIDR) Alokasi masih dalam tahap awal, tetapi ruang alamat cukup besar untuk memberi semua orang panjang awalan subnet /48

Selanjutnya, RNA memeriksa perbedaan antara IPv4 dan IPv6 melalui lensa kecepatan,  Bagaimana IPv4 dan IPv6 dibandingkan dalam hal kecepatan? Blog keamanan Sucuri menjalankan serangkaian tes di mana mereka menemukan bahwa dalam koneksi langsung, IPv4 dan IPv6 memberikan kecepatan yang sama. IPv4 sesekali memenangkan tes.

Secara teori, IPv6 harus sedikit lebih cepat karena siklus tidak harus disia-siakan pada NAT (Network Address Translation). Tetapi IPv6 juga memiliki paket yang lebih besar, yang mungkin membuatnya lebih lambat untuk beberapa kasus penggunaan. Apa yang benar-benar membuat perbedaan pada titik ini adalah bahwa jaringan IPv4 sudah matang dan dengan demikian sangat dioptimalkan, lebih dari jaringan IPv6. Sehingga dengan waktu dan tuning, jaringan IPv6 akan semakin cepat.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

IPv4 akan bertahan lama karena masalah biaya dan kompatibilitas beralih ke IPv6. Namun, pergeseran ke IPv6 sangat penting untuk kesehatan jangka panjang Internet, jadi hanya masalah waktu sebelum IPv6 menjadi norma. Transisi bertahap mungkin memakan waktu bertahun-tahun, tetapi peralihan permanen ke IPv6 seharusnya sudah ada dalam perencanaan bisnis dan radar TI kamu.Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds