No ratings yet.

Internet adalah jaringan yang luas dan kompleks, dengan jumlah informasi yang tampaknya tak ada habisnya tersedia di ujung jari kita.

Namun, tahukah Anda bahwa hanya sebagian kecil dari internet yang dapat diakses oleh pengguna rata-rata? Itu benar, ada lebih banyak ke internet daripada yang terlihat, dan penting untuk memahami berbagai aspeknya untuk dapat menavigasi secara efektif dan aman. 

Salah satu hal yang sering dikaitkan dengan sisi gelap internet adalah deep web, yang berisi cybercrime, hacker, hingga virus komputer berbahaya. Bahkan, beberapa orang menganggap deep web sebagai tempat di mana informasi ilegal dan berbahaya disimpan.

Namun, faktanya, sebagian besar konten di deep web tidak berhubungan dengan kegiatan ilegal; lebih dari itu, kontennya lebih rahasia dan tidak dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh publik. Banyak orang tidak hanya menganggap internet sebagai sisi gelap, tetapi juga sering menganggap deep web dan dark web merupakan hal yang sama. Padahal keduanya sangat berbeda.

Pengertian Deep Web

Istilah ‘deep web’ tidak berarti sesuatu yang jahat – diperkirakan membentuk sekitar 99% dari keseluruhan web. Ini mengacu pada database web yang tidak diindeks dan konten lain yang tidak dapat dijelajahi dan dikatalogkan oleh mesin pencari. Deep web seperti arsip, berisi tumpukan situs web dan sumber daya yang tidak disortir yang sebagian besar tidak dapat diakses oleh pengguna normal. Ini dapat mencakup situs yang tidak tersedia secara otomatis untuk umum, seperti yang memerlukan kata sandi. Contohnya mungkin akun email atau forum khusus pendaftaran.

Ada juga jutaan server yang hanya menyimpan data yang tidak dapat diakses melalui halaman web publik. Pialang data seperti Local Blox, misalnya, merayapi web dan menyimpan informasi tentang bisnis dan konsumen untuk dijual untuk tujuan pemasaran.

Situs mendalam juga mencakup intranet perusahaan dan situs web pemerintah, misalnya situs web Uni Eropa. Anda mungkin dapat mencari halaman tersebut tetapi Anda melakukannya dengan menggunakan fungsi pencarian internal mereka sendiri, bukan mesin pencari seperti Bing atau Yahoo. Ini berarti konten situs tersebut tidak dapat diakses oleh perayap web.

Deep web juga mencakup sebagian besar konten akademik yang ditangani langsung oleh universitas. Pikirkan ini seperti mencari buku perpustakaan menggunakan file indeks fasilitas sendiri – Anda mungkin harus berada di perpustakaan untuk mencari di sana.

Pengertian Dark Web

Dark web, meskipun mendapat perhatian media besar-besaran, adalah bagian yang sangat kecil dari deep web. Istilah ini sangat umum, karena sebenarnya ada sejumlah ‘darknet’ yang tersedia seperti ‘Freenet’ dan ‘I2P’ tetapi jaringan TOR telah menjadi yang paling populer. Jadi, ketika kebanyakan orang merujuk pada jaring gelap, yang mereka maksud adalah Tor.

Tor, akronim singkatan dari The Onion Router. Referensi tentang cara kerja Tor; Mengirim lalu lintas terenkripsi melalui lapisan relay di seluruh dunia karena menyembunyikan konten, pengirim, dan lokasinya. Pengguna memerlukan browser khusus dengan perangkat lunak tambahan untuk mengakses dark web tor di tempat pertama.

Tidak hanya menjelajah melalui tor lebih aman, tetapi juga lebih pribadi karena secara efektif mematikan pelacak online. Browser Tor didasarkan pada Firefox dan menggunakan ekstensi seperti ‘NoScript’ untuk mencegah pemuatan kode berbahaya dan ada pemblokir iklan bawaan.

Meskipun tidak sempurna dalam melindungi privasi pengguna, ia bekerja cukup baik untuk memberi pengguna lebih banyak privasi di mana mereka pergi, konten yang diakses, dan melindungi identitas dan lokasi mereka. Beberapa relai membantu menjaga jarak dan anonimitas antara orang yang mengunjungi situs web, situs web itu sendiri, dan entitas apa pun yang mencoba menguping komunikasi antara keduanya.

Perbedaan Surface Web, Deep Web dan Dark Web

Penting untuk memahami perbedaan antara surface web, deep web, dan dark web, karena masing-masing memiliki karakteristik unik dan potensi bahaya. 

Surface web, juga dikenal sebagai visible web merupakan bagian dari World Wide Web (WWW) yang biasanya diakses oleh masyarakat umum dan dapat dicari menggunakan search engine web standar seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Surface web mudah diakses dan umumnya aman untuk penggunaan sehari-hari, namun sangat penting untuk berhati-hati dan memperhatikan masalah privasi saat menggunakan website atau media sosial.

Deep web tidak mudah diakses, tetapi umumnya dianggap aman untuk penggunaan sehari-hari selama kamu menggunakannya untuk tujuan yang sah. Dark web, disisi lain tidak aman dan harus dihindari jika memungkinkan. 

Internet sangat luas dan kompleks, dan tidak semuanya mudah diakses melalui mesin pencari seperti Google. Memahami perbedaan antara surface web, deep web, dan dark web dapat membantu kamu menavigasi ruang yang luas ini dengan kesadaran dan kehati0hatian yang lebih besar.

Sangat penting untuk memahami karakteristik unik dari setiap bagian internet, serta potensi bahaya yang mungkin ada sehingga Anda dapat menggunakan internet dengan aman dan efektif.

Apakah Dark Web Berbahaya?

Dark web menghadirkan beberapa masalah dunia maya yang signifikan yang harus ditangani oleh masyarakat dan lembaga penegak hukum. Anonimitas yang disediakan oleh dark web menarik unsur-unsur kriminal yang terlibat dalam perdagangan narkoba, perdagangan manusia, penjualan senjata, dan penyebaran konten ilegal seperti pornografi anak. Lembaga penegak hukum menghadapi tantangan berkelanjutan dalam memantau dan mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh dark web, dan menyelidiki aktivitas ini karena sifat dark web yang terenkripsi.

Kelompok dan individu ekstremis juga dapat menggunakan dark web untuk menyebarkan pidato kebencian, merekrut anggota, dan mengkoordinasikan kegiatan. Memantau dan memerangi kegiatan ini rumit karena sifat tersembunyi dari saluran komunikasi mereka.

Terlibat dalam aktivitas ilegal di dark web melanggar hukum di sebagian besar yurisdiksi. Mengakses dark web juga dapat mengekspos pengguna terhadap risiko keamanan yang signifikan, termasuk malware, penipuan, dan pengawasan penegakan hukum. Sangat disarankan untuk menghindari menjelajah ke area ini tanpa pengetahuan, alat, dan tindakan pencegahan yang tepat.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Meskipun orang cenderung menggunakan istilah “deep web” dan “dark web” secara bergantian, keduanya adalah konsep yang berbeda. Artikel ini telah mengklarifikasi kedua konsep tersebut beserta dengan perbedaan keduanya dengan surface web. 

Deep web adalah kumpulan situs web yang berisi informasi rahasia, seperti data pribadi seseorang. Karena itu, isi deep web adalah data yang tidak boleh diakses publik karena dapat disalahgunakan.

Bahkan manfaat deep web termasuk melindungi data pribadi seperti informasi kartu kredit, rekening bank, dan sebagainya. Sampai saat ini, Anda pasti belum menganggap Deep Web sebagai bagian gelap dan suram dari internet, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat, ya!Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds