No ratings yet.

Indonesia semakin hari semakin maju dalam teknologi. Internet of Things, atau IoT, adalah salah satu inovasi baru yang mulai muncul. Meskipun Internet of Things sudah ada sejak lama, namanya baru-baru ini menjadi lebih populer.

Apa sih Internet of Things? Apa komponen yang membentuknya? Apa manfaatnya menggunakan Internet of Things? Dan industri apa saja yang menggunakan Internet of Things? Mari kita simak artikel dibawah ini

Pengertian Internet of things

Internet of Things (IoT) mengacu pada jaringan kolektif perangkat yang terhubung dan teknologi yang memfasilitasi komunikasi antara perangkat dan cloud, serta antara perangkat itu sendiri. Berkat munculnya chip  komputer murah dan telekomunikasi bandwidth tinggi, kita sekarang memiliki miliaran perangkat yang terhubung ke internet. Ini berarti perangkat sehari-hari seperti sikat gigi, vakum, mobil, dan mesin dapat menggunakan sensor untuk mengumpulkan data dan merespons pengguna secara cerdas.

Internet of Things mengintegrasikan “hal-hal” sehari-hari dengan internet. insinyur Komputer telah menambahkan sensor dan prosesor ke benda sehari-hari sejak tahun 90-an. Namun, kemajuan awalnya lambat karena chipnya besar dan besar. Chip komputer berdaya rendah yang disebut tag RFID pertama kali digunakan untuk melacak peralatan mahal. Ketika perangkat komputasi menyusut ukurannya, chip ini juga menjadi lebih kecil, lebih cepat, dan lebih pintar dari waktu ke waktu.

Biaya mengintegrasikan daya komputasi ke dalam benda-benda kecil kini telah turun drastis. Misalnya, kamu dapat menambahkan konektivitas dengan kemampuan layanan suara Alexa ke MCU dengan RAM tertanam kurang dari 1MB, seperti untuk saklar lampu. Seluruh industri bermunculan dengan fokus mengisi rumah, bisnis, dan kantor kita dengan perangkat IoT. Objek pintar ini dapat secara otomatis mengirimkan data ke dan dari Internet. Semua “perangkat komputasi tak terlihat” ini dan teknologi yang terkait dengannya secara kolektif disebut sebagai Internet of Things.

Unsur pembentuk ekosistem IoT

Kita tidak hanya memerlukan perangkat pintar, tetapi juga berbagai komponen pendukung untuk membuat ekosistem Internet of Things. Berikut adalah beberapa komponen yang membentuk Internet of Things:

Artificial intelligence 

Yang pertama adalah kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan (AI) adalah sistem kecerdasan yang diprogram dan diterapkan pada mesin sehingga mesin dapat bertindak dan berpikir seperti manusia. Machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan. Hampir semua mesin atau alat di Internet of Things dapat dianggap sebagai mesin pintar. Ini menunjukkan bahwa Internet of Things memiliki dampak yang signifikan pada semua aspek kehidupan kita. Mengumpulkan data, membuat algoritma, dan membangun jaringan adalah semua tugas AI ini.

Sensor

Selanjutnya, ada sensor. Sensor ini membedakan mesin IoT dari mesin canggih lainnya. Dengan memilikinya, mesin dapat menemukan instrumen yang dapat mengubah mesin IoT dari pasif menjadi alat atau mesin yang terintegrasi.

Konektivitas

Terakhir, konektivitas. Ini biasanya disebut koneksi antar jaringan. Di lingkungan Internet of Things, kita mungkin perlu membuat jaringan baru yang dirancang khusus untuk perangkat IoT.

Manfaat internet of things di berbagai bidang

Setelah mengetahui tentang penjelasan dan komponen yang membentuk suatu ekosistem Internet of Things, sekarang kami akan menjelaskan manfaat internet of things dalam berbagai konteks. 

Internet of things memiliki banyak manfaat ketika digunakan sendiri. Selain manfaat utamanya untuk mempermudah pekerjaan manusia, internet of things juga menguntungkan dalam banyak bidang. Beberapa di antaranya adalah:

Internet of Thing dalam pertanian 

Kita mulai dengan pertanian. IoT dapat diterapkan pada sektor pertanian dengan berbagai cara. Salah satunya bertanggung jawab atas pengumpulan data. Petani dapat mengumpulkan data penting seperti suhu, kelembapan, curah hujan, kadar air dalam tanah, dan pemantauan hama. 

Internet of Things dalam perawatan kesehatan

IoT membantu mengurangi kebutuhan akan pencatatan tradisional dan melindungi pasien dengan peringatan waktu nyata. Misalnya, monitor glukosa dapat mengingatkan pasien atau pengasuh ketika kadar glukosa menjadi bermasalah dan meminta tindakan yang tepat.

Internet of Things dalam bisnis

IoT sangat penting untuk bisnis. Itu memungkinkan untuk mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar data secara real time. Perangkat IoT juga memungkinkan otomatisasi. Mereka memungkinkan orang untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas lingkungan, kesehatan, dan bahkan keselamatan mereka. Misalnya, sistem keamanan rumah pintar dapat secara otomatis menilai ancaman seperti pencurian atau keracunan karbon monoksida dan meminta bantuan.

Internet of Things dalam transportasi

Selanjutnya, sektor transportasi. Orang dapat menggunakan Internet of Things untuk mengintegrasikan, mengontrol, dan memproses data di sistem transportasi. Teknologi internet of things (IoT) dapat diterapkan pada mesin kendaraan atau fungsi kemudinya karena pertumbuhannya yang cepat.

Mobil yang dapat memarkir sendiri dan mobil yang dapat berjalan sendiri, juga dikenal sebagai autopilot, adalah contoh internet of things dalam industri transportasi. Dengan masuknya Internet of Things (IoT) ke sektor transportasi ini, diharapkan angka kecelakaan akan secara signifikan menurun.

Internet of Things dalam lingkungan

Terakhir, IoT digunakan dalam sektor lingkungan. Ini biasanya menggunakan aplikasi dan perangkat IoT yang menggunakan sensor dalam sektor ini. Contoh aplikasi dan perangkat ini termasuk alat yang dapat memantau kualitas udara, alat yang dapat dipasangkan ke penangkaran satwa liar, pengecekan kondisi air, dan lainnya. Sistem peringatan dini bencana bahkan dapat menggunakan internet of things.

Contoh internet of things

Rumah Pintar

Perangkat rumah pintar terutama difokuskan pada peningkatan efisiensi dan keamanan rumah, serta meningkatkan jaringan rumah. Perangkat seperti outlet pintar memantau penggunaan listrik dan termostat pintar memberikan kontrol suhu yang lebih baik. Sistem hidroponik dapat menggunakan sensor IoT untuk mengelola kebun sementara detektor asap IoT dapat mendeteksi asap tembakau. Sistem keamanan rumah seperti kunci pintu, kamera keamanan, dan detektor kebocoran air dapat mendeteksi dan mencegah ancaman, dan mengirim peringatan kepada pemilik rumah.

Mobil Pintar

Ada banyak cara kendaraan, seperti mobil, dapat terhubung ke internet. Bisa melalui dashcam pintar, sistem infotainment, atau bahkan gateway yang terhubung dengan kendaraan. Mereka mengumpulkan data dari akselerator, rem, speedometer, odometer, roda, dan tangki bahan bakar untuk memantau kinerja pengemudi dan kesehatan kendaraan. Mobil yang terhubung memiliki berbagai kegunaan:

SmartWatch

Salah satu contoh Internet of Things yang paling umum adalah jam tangan pintar. Teknologi IoT yang dapat dikenakan seperti Fitbits dan Apple Watch terhubung ke perangkat lain (seperti ponsel cerdas kamu) untuk berbagi data. Mereka biasanya juga terhubung ke internet untuk melacak lokasi GPS.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Jadi, ini adalah topik diskusi tentang internet of things. Itu menarik, bukan? Di masa depan, diperkirakan perangkat IoT saat ini akan lebih canggih dan membantu manusia di berbagai bidang. Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds