No ratings yet.

Saat ini, panel kontrol internet yang kamu gunakan dapat membangun atau menghancurkan desain server dan pengalaman akun hosting kamu. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kamu memilih yang benar yang memenuhi harapan kamu. Saat ini, ada dua alternatif utama di pasar. Namun, ketika datang untuk memilih antara DirectAdmin vs cPanel, itu bisa menjadi tantangan.

Apakah kamu bertanya-tanya control panel mana yang harus dipilih antara DirectAdmin atau cPanel? Jika kamu mulai masuk ke web hosting, kamu mungkin ingin tahu control panel apa yang lebih efektif untuk menunjang pekerjaan kamu. 

Pengertian DirectAdmin Vs cPanel

Control panel hosting web seperti detak jantung dari setiap pengaturan website. Kamu dapat membayangkan DirectAdmin dan cPanel sebagai wajah yang ramah dari dunia manajemen web yang seringkali kompleks. Terletak di dalam server host web kamu, control panel ini memberimu kekuatan untuk mengubah dan menyesuaikan akun hosting web sesuai selera.

DirectAdmin adalah panel kontrol berbasis internet grafis untuk web hosting yang bertujuan membuat proses administrasi halaman web lebih sederhana. Seringkali, ini dikategorikan sebagai panel kontrol ringan yang dapat mendukung OS Linux. Selain itu, panel kontrol khusus ini sangat efektif karena menggunakan sumber daya sistem dalam jumlah minimal. Pada gilirannya, ini membuatnya cocok untuk berbagai sistem, termasuk komponen VPS low-end dan dedicated server yang sarat muatan.

DirectAdmin (DA) menawarkan banyak manfaat bagi admin web untuk menjalankan website yang membuat perangkat lunak ini sangat diminati. Perbedaan signifikan dari DirectAdmin dari control panel serupa adalah persyaratan sistem yang rendah untuk instalasi dan kerangka kerja GUI yang hebat.

Hal ini memungkinkan admin untuk menambah atau menghapus informasi dari server DirectAdmin dan memodifikasi pengaturan MX. Klien juga dapat mengembangkan, menghapus, atau memperoleh informasi sub-domain. Ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk protokol transfer file yang mudah digunakan dan cepat. DirectAdmin adalah pilihan ideal untuk menjaga pengembangan dan pemeliharaan situs web lebih nyaman dan lebih cepat. Dengan menggunakan panel kontrol ini, kamu dapat dengan cepat mengembangkan, mengubah, dan menghapus MySQL dengan nyaman.

Sementara itu, banyak yang menganggap cPanel sebagai salah satu control panel web tingkat atas dengan basis penggunanya yang luas di seluruh dunia. cPanel memberdayakan penggemar web untuk mengarahkan website mereka dengan mudah dan efisien. Kompatibel dengan Linux, CentOS, RedHat, dan CloudLinux OS, perangkat lunak ini menawarkan seperangkat tools yang dirancang untuk membuat manajemen web menjadi lebih mudah. 

Dengan cPanel, kamu tidak lagi bergelut dengan perintah yang rumit. Sebaliknya, dashboard intuitifnya menawarkan segala yang kamu butuhkan semudah mengetukkan jari. Baik kamu menyiapkan sistem manajemen konten, menangani cadangan, mengelola email, database, atau nama domain, cPanel telah membantu kamu.  

Kelebihan dan Kekurangan DirectAdmin

Kelebihan

  1. Pertama dan terpenting, ini mudah digunakan. Bahkan jika kamu baru memulai, kamu akan merasa seperti di rumah sendiri.
  2. Tidak ada lagi mengelola file dengan cara yang sulit. Dengan pengelola file bawaannya, mengunggah dan mengunduh file ke situs kamu menjadi sangat mudah
  3. Punya pertanyaan? Tim dukungan mereka selalu siaga, siap untuk terjun dan membantu.
  4. Dompet kamu akan berterima kasih. DirectAdmin menawarkan manfaat besar untuk uang kamu, menjadi terjangkau dan dapat diandalkan. Plus, ini ringan pada sumber daya, sehingga berjalan lancar tanpa memonopoli memori.
  5. Mereka selalu meningkatkan permainan mereka. Pembaruan rutin berarti kamu mendapatkan fitur terbaru dan pengalaman yang cepat dan stabil secara konsisten.
  6. Dan bagi mereka yang menyukai sentuhan pribadi, kamu dapat meramaikan antarmuka agar sesuai dengan gaya atau merek kamu.

Kekurangan

  1. DirectAdmin tidak dapat digunakan di server Windows
  2. Karena DirectAdmin berbasis web, terkadang kamu akan mengalami load yang lumayan lama ketika ada banyak traffic pada situs
  3. Tidak sepopuler beberapa panel kontrol lainnya. Itu berarti jika kamu mengalami hambatan, kamu mungkin menemukan lebih sedikit bantuan di luar sana.

Kelebihan dan Kekurangan cPanel

Kelebihan

  1. Pertama, cPanel sangat mudah digunakan. Bahkan jika kamu baru mengenalnya, kamu akan menemukan jalan dalam waktu singkat.
  2. Ini tidak hanya ramah pengguna; Ini penuh dengan fitur. Dari mengutak-atik pengaturan situs web kamu hingga mengoptimalkan kinerjanya, cPanel telah membantu kamu.
  3. Ingin menginstal perangkat lunak? cPanel punya kartu as: instalasi otomatis untuk lebih dari 400 aplikasi populer.
  4. Tim di belakang cPanel tidak berpuas diri. Mereka selalu menambahkan lonceng dan peluit baru, menjadikannya salah satu panel kontrol terbaru di luar sana.
  5. Jika kamu pernah mengalami hambatan, jangan khawatir. Mengingat berapa banyak web host yang menggunakan cPanel, ada komunitas besar yang siap membantu.
  6. cPanel berbicara bahasa kamu. Secara harfiah. Dengan dukungan multibahasa, ini adalah alat untuk semua orang, di mana saja.

Kekurangan

  1. Dengan begitu banyak fitur, itu bisa menjadi sedikit membingungkan pada awalnya.
  2. Jika kamu menjalankan server atau pengaturan hosting yang lebih kecil, cPanel mungkin bukan menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu pilih.
  3. Di bagian keamanan mereka terdapat celah yakni otentikasi dua faktornya dapat menjadi target untuk serangan brute force
  4. cPanel dapat memiliki momen lambat dan glitchy yang tidak menyenangkan ketika kamu mencoba menyelesaikan sesuatu.
  5. cPanel bukan open source, jika kamu mengelola beberapa website, lisensi cPanel tersebut dapat menyebabkan pembengkakan biaya.

Mana yang Lebih Baik untuk Hosting

Menempatkan DirectAdmin vs cPanel, keduanya adalah jenis panel kontrol web dan menyediakan antarmuka untuk mengelola situs web kamu. Dan mereka berdua memiliki pro dan kontra, dengan fitur unik mereka. Tapi mana yang terbaik untuk kamu?

Memilih antara DirectAdmin dan cPanel sangat tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Kedua platform menawarkan keuntungan yang berbeda untuk webmaster. Beberapa mungkin tertarik pada cPanel karena fitur-fiturnya yang luas untuk pengembangan web, sementara yang lain mungkin menemukan DirectAdmin lebih cocok.

Sangat penting untuk mengevaluasi secara menyeluruh fitur unik dari setiap platform, membandingkan DirectAdmin dan cPanel secara langsung, dan mempertimbangkan kebutuhan spesifik kamu sebelum membuat keputusan. DirectAdmin mungkin menjadi pilihan yang lebih disukai bagi mereka yang memiliki keterbatasan anggaran atau mereka yang baru mengenal web hosting. Di sisi lain, untuk situs web yang lebih besar yang membutuhkan memori yang luas dan set fitur yang lebih luas, cPanel mungkin lebih tepat.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Meringkas seluruh diskusi, kita dapat mengatakan bahwa kedua panel kontrol ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal mengelola akun hosting. Mereka memiliki beberapa persamaan dan perbedaan yang telah dibahas di blog ini untuk memberi kamu gambaran tentang pemahaman teknis panel kontrol ini sehingga kamu dapat melakukan pembelian yang lebih baik.Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds