No ratings yet.

Apa Pentingnya Memilih Nama Domain Yang Tepat?

Salah satu bagian terpenting dalam membangun situs web adalah memilih nama domain yang tepat yang sangat sesuai dengan tujuan, produk, dan layanan kamu. Jika kamu gagal melakukan ini dengan benar, kamu dapat merusak reputasi merek kamu.

Nama domain secara teknis adalah alamat situs web. Ini adalah bagian dari Domain Name System (DNS) yang memungkinkan pengguna internet memasukkan serangkaian kata daripada serangkaian angka. Juga, berfungsi tidak hanya sebagai alamat tetapi sebagai kesan pertama pengunjung tentang merek kamu

Hal ini terutama berlaku terlepas dari bidang keahlian kamu, apakah kamu seorang pemilik usaha kecil, perusahaan, penulis lepas, atau penyedia layanan profesional. Itulah mengapa nama domain yang tepat sama pentingnya dengan logo merek dan nama perusahaan kamu. 

Branding nama domain adalah langkah penting ketika membangun situs web. kamu ingin nama domain kamu sesederhana mungkin sehingga orang dapat dengan mudah mengenali dan mengingatnya. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan tips di atas untuk membuat nama domain pemenang yang dapat meningkatkan lalu lintas dan peringkat situs kamu.

Keuntungan Menggunakan Nama Domain Untuk Membangun Branding Online

Berikut adalah lima manfaat utama dan keuntungan kekuatan nama domain untuk membangun branding online:

Menetapkan Identitas Bisnis kamu

Kontak pertama kebanyakan orang dengan bisnis kamu adalah nama domain kamu. Nama domain kamu harus menyampaikan sesuatu tentang perusahaan kamu. Gunakan kesempatan ini untuk terhubung dengan industri kamu dan membangun identitas bisnis.

Misalnya, perusahaan IT harus menggunakan nama domain seperti www.computersolutions.tech. Ini menyampaikan keahlian di lapangan dan meningkatkan kualitas lalu lintas yang didorong ke situs mereka.

Mempersiapkan Masa Depan

Semua bisnis pada akhirnya akan membutuhkan situs web. Menggunakan nama domain seperti .tech atau .travel menunjukkan keahlian industri. Ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan kamu mengikuti tren digital.

Menemukan Market 

Semua pemilik bisnis tahu ini bukan hanya tentang ukuran audiens kamu, tetapi siapa yang ada di audiens kamu. Dengan nama domain kamu, kamu dapat membuat tautan langsung antara bisnis kamu dan pelanggan baru.

Membuat Hal-Hal Berkesan

Nama domain pendek dan bermerek menonjol. Mereka mudah diingat dan dibagikan. Plus,domain yang pendek cenderung tidak salah eja, mengarahkan lebih banyak orang ke halaman kamu.

Buat Halaman Promosi atau Halaman Khusus

Katakanlah kamu menjalankan penjualan pakaian dengan diskon 20%. kamu dapat menggunakan URL ini: www.yourdomain.com/springsale. Tetapi kamu dapat membuat sesuatu yang lebih berkesan, seperti www.bestclothing.sale. Sangat mudah diingat dan membantu lebih banyak orang menemukan halaman kamu.

kamu tidak memiliki batasan berapa banyak halaman yang kamu buat. Mereka juga berfungsi ganda sebagai alat SEO yang hebat. Ketika halaman-halaman ini semakin populer, backlink ke situs kamu akan meningkatkan otoritas domain kamu.

Memilih Nama Domain Yang Tepat untuk Branding Bisnis

Sekarang setelah kamu tahu betapa pentingnya branding nama domain, saatnya untuk membahas beberapa tips berguna yang dapat membantu kamu melakukannya dengan benar.

Pilih Ekstensi dengan Hati-Hati 

Ekstensi domain adalah segmen URL terakhir setelah nama domain. Ekstensi yang paling populer adalah .com, .net, .co, dan .org. Di antara opsi-opsi ini, .com adalah yang paling populer.

Tetapi bagaimana jika .com sudah diambil oleh orang lain? Apakah ini akhir dari situs web kamu? Tidak sama sekali. Seperti disebutkan sebelumnya, ada ekstensi populer lainnya yang dapat kamu gunakan selain dari .com. Selain itu, ekstensi lain seperti .xyz, .shop, .art, .inc, .online, dan .club, menjadi lebih umum. Selain itu, beberapa ekstensi dapat membantu kamu menjadi lebih relevan dalam industri tempat kamu berada, seperti .technology dan .marketing.

Ekstensi kode negara juga sedang meningkat seperti .id (untuk indonesia) .us (untuk Amerika Serikat), .ca (untuk Kanada), .au (untuk Australia), .uk (untuk Inggris), dan .sg (untuk Singapura). Terlepas dari jenis ekstensi ini, kamu menginginkan ekstensi yang kohesif, relevan, dan menunjukkan kredibilitas.

Gunakan Kata Kunci Bertarget

Kata kunci tidak hanya untuk konten tetapi juga untuk branding nama domain. Mesin pencari menganalisis nama domain untuk memahami situs web kamu dan membantu mereka menentukan peringkat situs kamu. Itulah mengapa penting untuk menambahkan kata kunci kamu sebanyak mungkin.

Namun, berhati-hatilah saat memilih kata kunci. kamu ingin memastikan kata kunci yang akan kamu gunakan relevan dengan merek kamu dan menargetkan audiens yang tepat. Jika kamu mengalami kesulitan memilih yang tepat, kamu dapat menggunakan alat pencarian kata kunci online. Alat ini dapat membantu kamu menjelajahi ribuan kata kunci berdasarkan berbagai faktor untuk menentukan istilah yang sering digunakan orang saat menjelajah internet.

Buat Nama Domain dengan Pelafalan yang Mudah

Saat memilih nama domain, pastikan itu adalah sesuatu yang orang akan ingat dengan mudah. Jika kamu mencoba menemukan kata-kata yang hanya dapat kamu pahami, orang akan bingung, bahkan jika kamu menggunakan ekstensi .com.

Meskipun dari mulut ke mulut adalah metode pemasaran yang kuat, itu akan berguna jika orang dapat mengingat dan mengucapkan domain kamu dengan benar. Ini dapat meningkatkan kemungkinan orang melewati dan mengunjungi situs web kamu. Jadi, apa yang harus kamu lakukan?

Gunakan kata-kata yang akrab bagi audiens target kamu. Jika kamu berencana untuk menjual alat pancing, kamu dapat mencoba nama domain seperti ustackles.com, fishandtackle.com, atau tacklesandreels.com. Seperti yang kamu lihat, ini sederhana dan mudah diingat daripada nama-nama lucu yang tidak berguna.

Jangan Gunakan Tanda Hubung

Tanda hubung membuatnya lebih sulit untuk mengetik nama domain situs web, menghasilkan pengalaman pengguna yang buruk. Ini berarti orang-orang yang ingin mengunjungi situs kamu mungkin akhirnya tidak mengunjunginya karena nama domain yang sulit, membuat mereka tidak punya pilihan selain pergi ke situs web lain.

Buat Nama Domain Tetap Singkat

Domain pendek bekerja jauh lebih baik daripada yang panjang. Alasannya cukup jelas: mudah diketik dan diingat, menghasilkan pengalaman pengguna yang positif.

Saat ini, nama domain pendek menjadi semakin penting karena jumlah pengguna ponsel terus meningkat. Itu karena mereka cocok dengan layar kecil dibandingkan dengan yang panjang, sehingga mudah bagi pengguna ponsel untuk mengingat situs yang mereka kunjungi. Selain itu, URL yang panjang sering menakut-nakuti pengunjung situs. Jika kamu membuat nama domain kamu tidak perlu rumit, audiens kamu mungkin menimbulkan kecurigaan tentang kamu.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian? 

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds