No ratings yet.

Di antara ribuan perusahaan di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan dengan nama yang menonjol dan memberikan kesan positif kepada konsumen. Walau begitu, masih banyak perusahaan dengan nama yang terkesan umum di luar sana. Contohnya seperti Abadi, Jaya, Sentosa, Sejahtera, dan lainnya. 

Persaingan yang ketat mewajibkan pemilik bisnis untuk memilih nama yang bagus dan menarik. Pemilihan nama usaha yang baik adalah langkah penting dalam tahap perencanaan. Hal itu, karena nama tersebut akan terlihat pada proposal usaha atau bisnis. Sehingga nama perusahaan yang unik dapat menarik perhatian investor untuk mendapatkan dukungan dana pengembangan usaha di masa depan.

Pentingnya Nama Perusahaan yang Bagus

Kesan pertama amatlah penting dalam dunia bisnis. Sehingga, Kamu perlu memilih nama perusahaan dengan baik agar dianggap serius dalam menjalankan dan mengelola perusahaanmu. Nama perusahaan dapat menjadi branding untuk pemasaran jika dipilih dengan tepat.

Selain itu, identitas dan karakter perusahaan sebagai pelaku dalam suatu bisnis tertentu juga dapat dilihat melalui nama perusahaan yang dipilih. Nama perusahaan membantu menunjukkan identitas perusahaan. Dengan kata lain, identitas perusahaanmu akan dikenal melalui penggunaan nama tersebut. Sangat penting untuk membuat nama perusahaan yang mencerminkan tujuan bisnis Kamu.

Apa yang Membuat Nama Perusahaan Bagus?

Perusahaan dengan nama yang bagus memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan saat menentukan nama perusahaannya, antara lain sebagai berikut :

Mencerminkan identitas bisnis

Nama perusahaan harus mencerminkan tujuan, visi, misi, dan target audiens bisnis. 

Mudah diingat

Sebuah perusahaan yang baik harus memiliki nama yang mudah diucapkan, menyenangkan, dan mudah diingat. 

Unik

Nama perusahaan harus unik dan tidak mudah tertukar dengan merek lain.

Makna

Nama perusahaan yang berkualitas memiliki arti yang mendalam, seperti harapan, visi, tujuan, dan gagasan.

Tidak mirip dengan kompetitor

Perusahaan yang baik memiliki nama yang berbeda dengan perusahaan kompetitor. Perusahaan yang baik sebaiknya tidak menggunakan angka dan karakter dalam nama.

Bernilai positif

Nama perusahaan yang baik memiliki nilai positif. Sehingga 

Tips Membuat Nama Perusahaan yang Bagus

Secara mendasar, tidak terdapat indikator spesifik untuk nama perusahaan yang baik. Inspirasi nama yang baik untuk perusahaan biasanya berasal dari preferensi individu. Namun, nama yang baik untuk perusahaan haruslah unik dan mencerminkan karakteristik yang membedakannya dari pesaing di industri yang sama.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menentukan nama yang bagus untuk perusahaan Kamu, sebagai berikut :

Sesuaikan dengan Nilai dan Visi Perusahaan

Sebelum membuat nama perusahaan, ketahui identitas bisnis Kamu terlebih dahulu. Nama perusahaan yang akan kamu buat harus mempresentasikan identitas dan karakter bisnis kamu, baik sesuai nilai-nilai perusahaan, visi dan misi perusahaan. Dengan menyesuaikan nama perusahaan dengan identitas bisnis, nama perusahaan kamu tidak hanya memiliki makna yang bagus, akan tetapi juga relevan dengan bisnis yang kamu jalankan

Pilih Nama yang Mudah Diingat dan Diucapkan

Kata-kata yang mudah diingat adalah kunci utama dalam membangun brand awareness. Nama perusahaan akan mudah diingat jika memiliki nama yang unik dan mudah diucapkan.

Nama yang mudah diucapkan juga dapat membuat pelanggan lebih mudah merekomendasikan perusahaan Kamu keada orang lain. Selain itu, penggunaan nama perusahaan yang mudah diingat juga dapat memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Kamu melalui pencarian online.

Cek Legalitas dan Domain Tersedia

Sebelum memutuskan nama perusahaan kamu, terlebih dahulu pastikan dan cek legalitas serta domain yang tersedia. Kamu dapat mengecek legalitas melalui situs resmi Dikretorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) untuk memastikan nama perusahaan yang kamu inginkan belum digunakan oleh perusahaan lain.

Selanjutnya, pastikan kamu juga melakukan pengecekan terkait ketersediaan domain website dengan nama yang kamu inginkan jika ingin membuat situs web bisnis perusahaan.

Hindari Nama yang Terlalu Panjang atau Rumit

Selanjutnya, kamu perlu menghindari penggunaan nama perusahaan yang terlalu panjang. Orang-orang cenderung lebih mudah mengingat nama yang pendek dan singkat. Oleh karena itu, pilih nama yang mudah diucapkan dan dieja.

Pertimbangkan Nama yang Fleksibel

Saat kamu ingin membuat nama perusahaan, sebaiknya gunakan nama yang fleksibel dan tidak terlalu spesifik. Terutama jika Kamu berencana untuk mengembangkan bisnis Kamu di segala bidang. nama perusahaan yang terlalu spesifik dapat membatasi perluasan bisnis perusahaan kamu

Rekomendasi Ide Nama Perusahaan yang Bagus

Berikut beberapa rekomendasi ide nama perusahaan yang bagus antara lain sebagai berikut :

Nama Perusahaan Berdasarkan Lokasi

Salah satu rekomendasi ide nama perusahaan yang bagus adalah membuat nama perusahaan kamu dengan memasukkan nama kota atau negara. Seperti Tokyo Gas Co., Ltd yang merupakan nama perusahaan berpusat di Tokyo, Jepang. Nama perusahaan ini memasukkan embel-embel kota sehingga namanya terdengar menarik. Selain itu berikut beberapa rekomendasi nama perusahaan berdasarkan lokasi : 

  • PT. Sukabumi Jaya Indah
  • PT. Web Indonesia
  • MediaIndo
  • Nusantara Merdeka
  • Gresik Mitra Utama

Nama Perusahaan yang Menggunakan Bahasa Asing

Nama perusahaan yang menggunakan bahasa asing terdengar keren. Selain itu dengan menggunakan bahasa Asing, bisnis yang Kamu jalankan dapat dikenal bukan hanya di satu negara, tapi juga dapat dikenal luas secara internasional. Berikut beberapa rekomendasi nama perusahaan menggunakan bahasa asing bahasa asing antara lain :

  • Crowd Agency
  • Titan Innovations
  • Horus Enterprise
  • AuroraDex Labs
  • Nimbus Tech

Nama Perusahaan yang Terinspirasi dari Alam

Jika kamu merupakan seorang pecinta alam maka kamu dapat memberi nama perusahaanmu dengan unsur alam. Berikut beberapa rekomendasi nama perusahaan yang terinspirasi dari alam antara lain :

  • Surya Bersinar
  • PT. Nada Rimba
  • Citra Bumi
  • PT. Gema
  • Nada Lautan

Nama Perusahaan yang Mengandung Kata Kerja atau Tindakan

Nama perusahaan juga dapat menunjukkan kreativitas kamu sehingga pelanggan akan semakin penasaran dan tertarik pada proses bisnis perusahaan kamu. Salah satunya adalah buat nama perusahaan yang mengandung kata kerja atau tindakan. Nama tersebut akan mudah diucapkan dan terdengar catchy bagi para pelanggan.

Berikut beberapa rekomendasi nama perusahaan yang mengandung kata kerja atau tindakan antara lain :

  • Ngopidulu
  • Posthink
  • Order Now
  • Sukarasa
  • Tanam Uang

Nama Perusahaan yang Berbasis Inisial

Selanjutnya adalah rekomendasi ide nama perusahaan berbasis inisial. Inisial mewakili nama perusahaan yang dapat digunakan sebagai nama perusahaan asalkan sesuai dengan identitas perusahaan kamu. Selain itu, dengan inisial, juga dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan pencarian online. Contoh perusahaan yang menggunakan nama perusahaan berbasis inisial adalah IKEA yang merupakan singkatan dari nama pendirinya, Ingvar Kamprad dan dua tempat yang terdapat di swedia yaitu Elmtaryd dan Agunnaryd.

Kesalahan Umum dalam Membuat Nama Perusahaan

Selain tips di atas, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat membuat nama perusahaan. Berikut beberapa kesalahan umum dalam membuat nama perusahaan antara lain ::  

Menghindari Penggunaan Angka

Penggunaan angka dalam nama perusahaan sebaiknya dihindari, dikarenakan hal tersebut akan memberikan kesan kurang profesional pada perusahaan Kamu. Selain itu, nama perusahaan akan sulit dibaca dan diingat.

Penggunaan angka diperbolehkan untuk nama produk yang memiliki versi tertentu, seperti produk ponsel, versi Android, dan lain sebagainya.

Karakter Tertentu

Kesalahan yang perlu dihindari dalam membuat nama perusahaan adalah penggunaan karakter khusus, Karakter tertentu atau special character seperti tanda baca.

Penggunaan karakter ini memiliki dampak negatif pada konsumen saat menulis, membaca, atau menyebutkan nama perusahaan, dan juga menyulitkan saat memilih domain.

Huruf Asing

Disarankan menggunakan huruf Latin untuk nama perusahaan. Dan menghindari penggunaan huruf dalam bahasa asing. Seperti huruf hiragana pada bahasa jepang atau huruf hangul pada bahasa korea, karena tidak semua konsumen yang jadi target perusahaan Kamu bisa mengerti artinya. Dengan menggunakan huruf Latin, Kamu telah menghindari menyebarkan informasi yang salah kepada orang-orang. Kamu juga tidak perlu menjelaskan lagi arti dari nama perusahaan Kamu. 

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Setelah menetapkan nama perusahaan, langkah selanjutnya adalah membuat website untuk meningkatkan profesionalisme dan menjadi tempat berjualan produk dari perusahaan kamu.

Maka dari itu, ayo buat website perusahaan untuk membantu Kamu dalam meningkatkan visibilitas dan kredibilitas bisnis Kamu. Kamu juga bisa memiliki nama domain dengan harga murah dan terjangkau. Segera join reseller domain dan beli domain murah sekarang!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds