5/5 (1)

IP address adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet aray jaringan lokal. IP adalah singkatan dari “Internet Protocol” yang merupakan seperangkat aturan yang mengatur format data yang dikirim melalui internet atau jaringan lokal. Lalu, apa itu IP address dan apa fungsinya di internet.

Pengertian IP Address

IP address adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. IP address dinyatakan sebagai satu set empat angka. Sebagai contoh 192.155.1.38. Setiap angka dalam set berkisar dari 0 hingga 255. Jadi rentang IP address yang lengkap berkisar antara 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

IP address tidak acak. Mereka secara matematis diproduksi dan dialokasikan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah divisi dari Internet for Assigned Names and Numbers (ICANN).  ICANN adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1998 untuk membantu menjaga keamanan internet dan memungkinkannya digunakan oleh semua orang. Setiap kali seseorang mendaftarkan domain di internet, mereka pergi melalui pendaftar nama domain, yang membayar sedikit biaya kepada ICANN untuk mendaftarkan domain.

Memahami Fungsi IP Address

1.Memberikan Alamat Unik ke Perangkat

Karena setiap perangkat yang terhubung ke Internet atau jaringan komputer membutuhkan alamat unik, fungsi pertama dan utama dari alamat IP adalah memberikan alamat unik kepada setiap perangkat. IP address adalah kumpulan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang ada di jaringan dan memungkinkan jaringan mengirimkan data ke perangkat yang sesuai.

2.Menjalankan Protokol Komunikasi Internet

IP address memiliki fungsi selanjutnya, yaitu mereka dapat membantu menjalankan protokol komunikasi Internet. IP address merupakan bagian dari Protokol Pengendalian Transmisi/Protokol Internet (TCP/IP), yang merupakan salah satu protokol komunikasi Internet. 

3.Identifikasi Jaringan 

Memberikan alamat unik kepada setiap perangkat yang terhubung ke Internet atau jaringan komputer adalah tujuan utama dari alamat IP. IP address adalah set angka yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang ada di jaringan dan memungkinkan jaringan mengirimkan data ke perangkat tersebut.

4.Mengarahkan Lalu Lintas Data

Dengan mengirimkan datagram ke router yang terdekat dengan alamat tujuan, IP address membantu mengarahkan lalu lintas data. Router akan membaca IP address datagram dan menentukan jalur terbaik untuk mengirimkannya ke alamat tujuan. Setelah sampai di router terdekat dengan alamat tujuan, datagram akan diteruskan ke perangkat yang memiliki alamat tujuan tersebut.

5.Mengatur Akses Jaringan

IP address juga dapat mengatur akses ke jaringan atau situs web tertentu. Sebuah perusahaan, misalnya, dapat menggunakan IP address untuk mengatur akses ke jaringan internal perusahaan. Hanya perangkat yang memiliki IP address yang telah ditentukan oleh perusahaan yang dapat terhubung ke jaringan internal perusahaan.

6.Memantau Aktivitas Jaringan

IP address dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau memantau aktivitas di dalam jaringan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menggunakan IP address perangkat untuk mengidentifikasi siapa yang terhubung ke jaringan internal perusahaan, yang memungkinkan perusahaan untuk mengetahui siapa yang menggunakan jaringan internal perusahaan dan apa yang mereka lakukan.

7.Memecahkan Masalah Jaringan

IP address suatu perangkat yang terlibat ketika terjadi masalah di dalam jaringan dapat memberikan informasi penting tentang lokasi masalah tersebut. Misalnya, jika sebuah perangkat tidak dapat terhubung ke Internet, IP address dapat memberitahu Anda tentang masalah ini. Anda dapat mengetahui apakah perangkat yang Anda gunakan terhubung ke jaringan yang tepat dengan memeriksa IP address perangkat tersebut.

8.Memelihara Keamanan Jaringan

IP address dapat digunakan untuk mencegah perangkat yang tidak diinginkan mengakses jaringan atau situs web tertentu. Perangkat yang tidak memiliki IP address yang telah ditentukan dapat diblokir dari mengakses jaringan internal pribadi atau komunitas.

9.Routing IP

Dalam proses routing, IP Address digunakan untuk mengarahkan paket data dari sumber ke tujuan melalui jaringan internet. Setiap perangkat jaringan, seperti router, menggunakan IP Address untuk menentukan jalur terbaik bagi paket data untuk mencapai tujuan dengan cepat.

10.Menentukan Lokasi Geografis

IP Address juga dapat memberikan informasi tentang lokasi geografis perangkat yang terhubung ke internet. Layanan atau aplikasi tertentu dapat menggunakan analisis IP Address untuk mengetahui lokasi kasar pengguna untuk tujuan seperti menyesuaikan konten, menargetkan iklan, atau memberikan izin akses berbasis lokasi.

Perbedaan IP Public dan IP Private

Perbedaan penting antara alamat IP public dan IP private adalah bahwa IP public dapat dilihat oleh perangkat lain di Internet, sedangkan IP private tidak bisa. Oleh karena itu, IP public digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi secara online, sementara IP private beroperasi dalam jaringan lokal. Tabel dibawah ini meringkas perbedaan utama antara IP public dan IP private: 

AspekIP PublicIP Private
Ruang LingkupMemiliki jangkauan globalHanya jangkauan lokal
KomunikasiDigunakan untuk berkomunikasi melalui internetDigunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan pribadi
KeunikanAlamat unik yang tidak digunakan oleh perangkat lain di internetAlamat dari rentang yang lebih kecil yang digunakan oleh perangkat lain di jaringan lokal lainnya
AsalDitugaskan oleh Internet Service Provider (ISP)Ditugaskan oleh router ke perangkat tertentu di jaringan lokal
LingkupIP apapun yang tidak berada dalam rentang IP privateAlamat apapun dari rentang berikut:10.0.0.0 – 10.255.255.255;172.16.0.0 – 172.31.255.255;192.168.0.0 – 192.168.255.255
KeamananIP public memerlukan langkah-langkah keamanan tambahan, mereka rentan terhadap seranganIP private lebih aman jika dibandingkan dengan IP public
Contoh82.129.73.11110.0.0.0

Mengapa IP Address Bisa Berbeda? 

Beberapa IP address berubah setiap kali kamu menggunakan perangkat untuk terhubung ke jaringan. Ini terutama karena kamu memiliki jaringan DHCP yang dikonfigurasi di komputer kamu. DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol dimana server pusat ditugaskan untuk memberikan IP address ke setiap perangkat yang terhubung ke jaringan. IP address dalam jaringan DHCP adalah IP address dinamis yang berarti kamu mendapatkan IP address baru setiap kali kamu masuk dan keluar dari jaringan.

IP address berubah untuk membantu mencegah peretas dan orang lain masuk dan mendapatkan akses ke komputer kamu. Itu membuat peretasan dan mengakses komputer kamu dari jarak jauh lebih sulit karena kamu tidak memiliki satu IP address setiap saat.

Karena IP address berubah, orang yang memiliki niat jahat akan kesulitan mengakses file di komputer kamu. Mengubah IP address ada untuk membantu kamu membuat pengalaman jaringan menjadi lebih mudah dan menjaga data kamu dari peretas.

Ingin Buat Website Keren dengan Domain Impian?

Terlepas dari itu, jika kamu ingin membuat website keren dengan domain impian, kamu dapat menggunakan domain berkualitas dari RNA! Tunggu apalagi? kunjungi website RNA dan temukan beragam penawaran menariknya!

Rate this Article

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.

daftar reseller

This will close in 0 seconds